Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

5 Ide Bisnis Setelah Lebaran yang Bikin Cuan

by | Apr 19, 2023 | Tips & Strategi Bisnis

Bulan Ramadhan sebentar lagi berakhir, namun sebenarnya masih banyak ide bisnis yang bisa dijalankan meskipun setelah lebaran sekalipun. Prospek bisnisnya juga tak kalah menarik karena pada momen setelah lebaran, orang-orang mulai kembali beraktivitas seperti biasanya.

Daya beli masyarakat setelah lebaran juga cenderung lebih tinggi, itu karena banyak dari mereka yang mendapatkan THR. Baik anak-anak maupun orang dewasa yang mendapat THR, ada kemungkinan untuk digunakan berbelanja kebutuhan mereka.

Nah, bagi Ascomers yang ingin memanfaatkan uang THR untuk membuka bisnis yuk simak pembahasan ide bisnis setelah lebaran berikut ini.

 

1. Catering Makanan Sehat

Setelah berpuasa selama sebulan penuh, pasti kebanyakan orang akan makan sepuasnya saat lebaran tiba. Hal itu juga mengakibatkan pola makan jadi kurang sehat dan kurang terjaga. Apalagi makanan edisi lebaran biasanya banyak mengandung kolesterol dan gula yang tinggi seperti gulai, opor, rendang, serta minuman-minuman manis.

Setelah lebaran, biasanya banyak orang yang ingin mengembalikan pola makan yang sehat dan menurunkan berat badan. Inilah salah satu alasan untuk menjalankan usaha catering makanan sehat bisa menjadi sebuah peluang.

Apabila Ascomers ingin mencoba membuka bisnis ini, kamu bisa mulai dari menyediakan menu sederhana atau masakan rumahan, kemudian melakukan survei dan mencari supplier yang berkualitas dan menawarkan harga yang terjangkau. Pastikan juga kualitas dan rasa selalu konsisten agar kepuasan konsumen tetap terjaga.

Jangan lupakan juga dalam memilih kemasan yang kokoh dan rapi agar kebersihan dan tampilannya lebih menarik konsumen untuk membeli lagi.

 

2. Perangkat Elektronik dan Aksesorisnya

Menurut laporan dari Google pada Ramadhan tahun 2020 lalu, banyak orang yang menunda membeli barang-barang dengan harga yang cukup tinggi. Mereka menunggu momentum setelah Ramadhan untuk memastikan kebutuhan dasar mereka sudah terpenuhi terlebih dahulu. 

Setelah lebaran lewat, barulah konsumen akan menggunakan uang lebihnya untuk berbelanja gadget atau alat elektronik beserta aksesorisnya. Jika ingin memulau dengan modal usaha yang kecil, Ascomers bisa menjalankan ide bisnis setelah lebaran dengan menjual aksesoris perangkat elektronik seperti power bank, kabel charger, kabel usb, dan lain-lain.

Jika memiliki modal lebih, kamu juga bisa menjual perangkat elektronik yang harganya cukup tinggi seperti smartphone, laptop, aksesoris gaming, aksesoris komputer, dan sebagainya. Bisnis ini merupakan peluang yang cukup bagus karena kebanyakan orang akan mengandalkan gadget-nya untuk mencari hiburan atau keperluan produktifitas seperti kuliah maupun bekerja.

Baca juga : Cari Barang Murah Untuk Dijual yang Untungnya Berlimpah

 

3. Bisnis Mainan & Barang Hobi

Bagi anak-anak, momen Idul Fitri menjadi kesempatan untuk mereka mendapatkan uang dari saudara mereka. Setelah lebaran, tentunya mereka ingin membelanjakan uangnya untuk membeli mainan. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun juga menggunakan uang THR yang tersisa untuk membeli barang-barang hobi atau menambah koleksi.

Hal ini bisa menjadi ide bisnis setelah lebaran tanpa modal yang bisa Ascomers jalankan. Kamu bisa memulai sebagai dropshipper atau reseller sehingga tidak perlu memproduksi atau mengelola produknya sendiri.

Jenis mainan dan barang hobi yang bisa kamu jual pun sangat beragam. Mulai dari mainan dan barang hobi yang tren hingga mainan dan barang hobi yang unik untuk dikoleksi. Jika kamu memilih untuk menjadi dropshipper atau reseller, pastikan distributor yang kamu pilih benar-benar terpercaya.

Pilihlah distributor yang memang menjual mainan dan barang hobi yang asli sehingga terbukti kualitasnya. Perhatikan juga pengemasan dan layanan pengiriman barangnya agar mainan atau barang hobu pesanan dari pelanggan tetap dapaat diterima dalam kondisi yang aman.

 

4. Bisnis Laundry

 Saat lebaran pasti banyak orang yang sibuk karena mudik untuk silaturahmi ke rumah sanak saudara baik yang masih satu kota maupun di luarr kota. Hal tersebut membuat tak sedikit orang tidak sempat atau mungkin malas untuk mencuci bajunya setelah kembali ke rumah usah mudik lebaran.

Banyak orang akhirnya memilih untuk menggunakan jasa laundry untuk meringankan pekerjaan rumah salah satunya cucian yang menumpuk tadi. Walaupun saat ini bisnis laundry sudah banyak, namun ide bisnis setelah lebaran yang satu ini tetap bisa kamu jalankan dengan mencari lokasi-lokasi strategis dan belum terdapat usaha laundry.

Cara alternatifnya adalah dengan memulai dari orang-orang terdekat dan tetapkan harga yang terjangkau untuk menarik customer baru.

 

5. Hewan Kurban

Sebagai pebisnis, Ascomer juga harus bisa menangkap peluang-peluang yang ada. Setelah lebaran lewat, momen selanjutnya yang bisa menjadi peluang bisnis adalah Idul Adha. Di momen ini, hewan kurban akan menjadi sesuatu yang banyak dicari. Walau bisa dibilang bisnis ini hanya musiman, akan tetapi kamu bisa mendapatkan cuan yang banyak dari ide bisnis setelah lebaran yang satu ini.

Selagi masih cukup banyak waktu yang tersedia, kamu bisa mulai menyiapkan bisnis ini dari sekarang. Agar saat momen Idul Adha tiba, bisnis bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, persiapan sejak dini akan memudahkanmu untuk mendapatkan hewan kurban yang berkualitas dengan harga yang masih rendah.

Semakin mendekati Idul Adha, harga hewan kurban biasanya akan semakin naik. Peluang ini bisa menjadi ide bisnis setelah lebaran yang bisa Ascomers coba karena keuntungannya sangat menjanjikan. Namun, pastikan kamu memiliki modal usaha yang cukup banyak untuk membeli hewan kurban, menyiapkan kandang, serta menyediakan pakannya.

Baca juga : 5 Strategi Branding Produk yang Wajib Kamu Coba!

 

Nah itu dia ide bisnis setelah lebaran yang bisa cuan banget untuk dicoba. Kamu ingin memulai bisnis tapi bingung mau mulai dari mana? Yuk join AsiaCommerce sebagai reseller! Di AsiaCommerce, kamu akan dibimbing bagaimana langkah-langkah sukses dalam menjual produk dari supplier terpercaya. Kamu juga bisa memulai bisnis sebagai reseller bersama AsiaCommerce dengan cara mendownload aplikasi di Android atau iOS dan juga bisa melakukan Konsultasi Gratis dengan chat ke Customer Support Whatsapp kami.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments