Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

7 Ide Usaha di Bulan Ramadhan

by | Mar 25, 2023 | Tips & Strategi Bisnis

Bulan Ramadhan menjadi salah satu momentum yang pas untuk membuka sebuah usaha loh, Ascomers. Ada banyak ide bisnis di bulan Ramadhan yang bisa Ascomers coba untuk meraup pundi-pundi rupiah dalam rangka menyambut hari lebaran. Nah, apa saja ya ide bisnis di bulan Ramadhan yang bisa Ascomers coba dan akan menghasilkan banyak keuntungan? Berikut ide bisnis yang bisa kamu coba di bulan Ramadhan.

 

1. Hidangan Buka Puasa

Waktu berbuka puasa pasti menjadi yang paling ditunggu oleh semua orang. Setelah seharian menahan rasa lapar dan haus. Rasa ingin mencicipi makanan dan minuman yang enak pasti tinggi.

 

Menjelang berbuka puasa pasti banyak orang yang ngabuburit sambil berburu menu buka puasa di pinggir jalan. Menu yang dijual biasanya beragam baik makanan maupun minuman. Karena hidangan buka puasa pasti banyak dicari, tidak ada salahnya jika Ascomers mencoba membuka usaha ini.

 

Ada banyak ide jualan makanan atau minuman di bulan puasa. Misalnya minuman segar seperti es teh, es buah, es dawet, dan sebagainya. Jika mempunyai modal lebih, Ascomers juga bisa menjual makanan seperti jajanan pasar, gorengan, kolak, dan masih banyak lagi.

 

2. Hidangan Sahur

ide usaha di bulan ramadhan

Selain hidangan buka puasa, hidangan sahur juga menjadi menu yang dicari orang-orang. Mungkin ada yang sudah mempersiapkan pada malam hari maupun pada pagi harinya. Namun, ada sebagian orang yang tidak mempunyai waktu untuk menyiapkan hidangan sahur. Ini bisa menjadi peluang usaha untuk Ascomers.

 

Tidak harus dengan membuka usaha catering atau warung makan. Ascomers bisa mulai dengan menawarkan dulu kepada tetangga atau orang-orang terdekat yang membutuhkan. Jika pelanggan puas dengan masakanmu, maka besar kemungkinan mereka akan mempromosikan usahamu kepada orang lain.

 

3. Lauk Matang

Menjual lauk matang untuk hidangan buka puasa dapat menjadi usaha yang menguntungkan, terutama di bulan Ramadhan ketika banyak orang mencari makanan yang siap saji untuk berbuka. Kamu perlu menentukan akan menjual jenis lauk matang apa saja. Misalnya sate, ayam goreng, rendang, atau sayur sop dan sejenisnya. Lauk siap saji ini bisa menjadi pilihan menu alternatif untuk orang yang tidak sempat memasak untuk hidangan berbuka maupun sahur.

 

4. Kue Kering

ide usaha di bulan ramadhan

Lebaran identik dengan kue kering, maka hal ini pun juga bisa menjadi sebuah ide usaha di bulan Ramadhan yang bisa Ascomers coba. Membuat kue sebenarnya membutuhkan sedikit kemampuan khusus untuk meracik bahan-bahannya. Salah takaran dan cara pengolahan bisa berujung hasil yang didapatkan kurang enak.

 

Hal tersebutlah yang membuat orang-orang lebih sering membeli kue lebaran di pasaran atau memesan ke tempat produksi kue kering. Jika kamu hobi memasak dan membuat kue, tidak ada salahnya Ascomers mencoba untuk memulai bisnis kue kering. Kreasikan kue lebaran untuk menarik lebih banyak pelanggan.

 

5. Peralatan Ibadah

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk menambah amalan dan pahala. Tidak heran banyak orang berbondong-bondong untuk beribada di masjid. Dengan waktu ibadah yang padat, pastinya diperlukan peralatan ibadah yang cukup banyak.

 

Bukan hanya individu saja yang membutuhkan peralatan ibadah, masjid-masjid juga butuh menyediakan Al-Qur’an, mukena, sarung, atau sajadah dengan jumlah lebih yang disiapkan untuk digunakan oleh jamaah. Kebutuhan tersebutlah menjadikan peralatan ibadah cukup bagus sebagai ide usaha di bulan Ramadhan.

 

6. Busana Muslim

Selain makanan dan minuman, fashion juga menjadi salah satu ide usaha di bulan Ramadhan. Busana muslim berupa jilbab, baju koko, maupun setelan pasti banyak diburu apalagi jika sudah mendekati hari raya lebaran. Dari sisi penjual juga pasti diuntungkan karena meningkatknya permintaan pasar akan kebutuhan busana muslim.

 

Hal yang sama juga berlaku bagi Ascomers, ini bisa menjadi ide usaha yang bagus. Dengan berjualan busana muslim, Ascomers tidak hanya mendapatkan pundi-pundi uang tetapi sekaligus memfasilitasi orang-orang yang ingin mengubah penampilannya.

 

7. Parcel

ide usaha di bulan ramadhan

Berkirim parcel sudah menjadi tradisi di Indonesia, apalagi saat lebaran tiba. Pegawai kantoran juga sering mendapatkan tunjangan hari raya dalam bentuk parcel. Jika kamu memulai usaha ini sebagai produsen, sudah pasti akan kebanjiran pesanan.

 

Namun, dalam memulai usah parcel tidak bisa asal-asalan. Ascomers perlu membuat desain parcel yang unik dan semenarik mungkin agar pelanggan puas dengan produk yang kamu jual.

Baca juga : 5 Strategi Pemasaran di Bulan Ramadhan 2023

Nah itu dia 7 ide usaha di bulan Ramadhan yang bisa Ascomers coba. Kamu ingin memulai bisnis tapi bingung mau mulai dari mana? Yuk join AsiaCommerce sebagai reseller! Di AsiaCommerce, kamu akan dibimbing bagaimana langkah-langkah sukses dalam menjual produk dari supplier terpercaya. Kamu juga bisa memulai bisnis sebagai reseller bersama AsiaCommerce dengan cara mendownload aplikasi di Android atau iOS. Jika ada pertanyaan, kamu bisa melakukan Konsultasi Gratis dengan chat ke Customer Support Whatsapp kami.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments