Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

12 Komoditas Ekspor Filipina yang Paling Laris di Dunia

by | Dec 2, 2023 | Ekspor

Di tengah pesatnya pertumbuhan ekonomi, Filipina berhasil mengukir namanya melalui penjualan berbagai komoditas yang diminati di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi komoditas ekspor Filipina yang paling laris di pasar internasional. Dari produk pertanian hingga barang manufaktur, Filipina memiliki sejumlah besar barang yang dikenal dan dicari oleh pelanggan global. Mari kita telusuri ragam kekayaan ekspor Filipina yang telah membuka pintu-pintu kesuksesan di kancah dunia internasional.

Daftar Komoditas Ekspor Filipina

Berikut ini adalah daftar komoditas ekspor Filipina yang didapatkan dari dhl.com dan tradeimex.in.

1. Produk Elektronik

Industri produk elektronik menjadi daftar komoditas ekspor Filipina pertama dengan besaran persentase mencapai 58% dari total ekspor negara tersebut, dengan nilai mencapai US$3.51 miliar. Menurut data dari Statista, barang-barang elektronik yang populer diekspor bersama dengan nilai total ekspor mereka mencakup semikonduktor sebesar US$2756 juta, pemrosesan data elektronik sebesar US$568 juta, telekomunikasi sebesar US$89 juta, barang elektronik konsumen sebesar US$75 juta, dan peralatan kantor sebesar US$57 juta.

2. Barang-barang Manufaktur 

Komoditas ekspor Filipina selanjutnya adalah barang-barang manufaktur yang mencatatkan nilai ekspor sebesar US$450 juta, menyumbang 7.5% dari total ekspor negara ini. Produk manufaktur yang diproduksi di Filipina melibatkan berbagai sektor, mulai dari baja, bahan kimia, kertas, tekstil, pesawat, mesin, pakaian, kendaraan, produk minyak bumi yang disuling, hingga produk lainnya. Negara-negara yang menjadi tujuan impor untuk barang-barang ini termasuk Amerika Serikat, China, Jepang, Korea Selatan, Hong Kong, dan Singapura.

12 Komoditas Ekspor Filipina yang Paling Laris di Dunia
(Freepik/Lifestylememory)

3. Katoda dan Bagian Tembaga Halus

Daftar komoditas ekspor Filipina selanjutnya adalah katoda dan bagian tembaga halus. Katoda dan bagian tembaga halus menyumbang sekitar 3.8% dari total nilai ekspor (US$231.7 juta), seperti dilaporkan oleh Statista. Filipina berhasil mengekspor katoda dan bagian tembaga halus dengan nilai mencapai sekitar PH₱93 miliar pada tahun 2021

4. Minyak Kelapa

Komoditas ekspor Filipina yang paling laris selanjutnya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa menjadi salah satu produk makanan populer yang berhasil menembus pasar internasional. Data terbaru dari PSA per Januari 2022 mencatat nilai total ekspor minyak kelapa mencapai US$178 juta. Tercatat bahwa dari tahun 2021 hingga 2022, ekspor minyak kelapa mencatat peningkatan tahunan sebesar 110.1%, menunjukkan bahwa produk ini tengah mengalami tingkat permintaan yang tinggi.

5. Set Kabel Pengapian dan Komponen Kabel Lainnya untuk Pesawat, Kendaraan, dan Kapal

Komoditas ekspor Filipina selanjutnya adalah set kabel pengapian dan komponen-komponen kabel lainnya menjadi kelompok komoditas dengan nilai total ekspor mencapai US$175,9 juta. Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Spanyol, dan Korea menjadi importir utama untuk kelompok komoditas ini.

Kelompok produk ini mencakup set kabel pengapian dan berbagai komponen kabel lainnya yang digunakan dalam pesawat, kendaraan, dan kapal. Keberhasilan Filipina dalam mengekspor produk-produk ini menunjukkan tingginya permintaan untuk komponen kelistrikan khusus ini di pasar global.

6. Barang Mekanikal, Ketel, dan Reaktor Nuklir

Beranjak ke komoditas ekspor Filipina selanjutnya. Sektor barang mekanikal, ketel, dan reaktor nuklir, Filipina memuncaki daftar dengan pendapatan ekspor sebesar USD 9,45 juta pada tahun 2021. Keberhasilan Filipina dalam mengekspor barang mekanikal ini tidak hanya menciptakan keberagaman dalam portofolio ekspor, tetapi juga mencerminkan kemajuan teknologi di era modern.

Meskipun nilai ekspornya relatif lebih rendah, kontribusi dari sektor ini menunjukkan bahwa Filipina menjadi pemain yang tak bisa diabaikan dalam pasar barang-barang mekanikal global.

7. Barang Optik dan Medis

Dari data komoditas ekspor Filipina pada tahun 2021, barang optik dan medis memainkan peran penting dengan nilai ekspor sebesar USD 2,20 juta. Filipina berhasil mengekspor produk-optik, alat medis, dan barang-barang presisi yang tidak hanya berkualitas tinggi tetapi juga memunculkan inspirasi.

Keberhasilan ekspor dalam sektor ini menciptakan keberagaman dalam ekspor non-mekanikal, mengukuhkan Filipina sebagai pemain kunci dalam industri presisi global.

12 Komoditas Ekspor Filipina yang Paling Laris di Dunia
(Freepik/Freepik)

8. Bijih, Terak, dan Abu dari Produk-produk

Bijih, terak, dan abu dari produk-produk menjadi komoditas ekspor Filipina selanjutnya, mencapai nilai sebesar USD 1,98 juta. Kontribusi dari ekspor bijih, terak, dan abu ini memberikan lapisan tambahan pada kekayaan sumber daya ekspor Filipina, mengungkap potensi tersembunyi yang dapat memperkuat posisinya dalam industri global.

9. Makanan seperti Buah, Kacang, dan Melon

Makanan, khususnya buah, kacang, dan melon, turut memuncaki daftar komoditas ekspor Filipina dengan nilai sebesar USD 1,91 juta. Filipina berhasil mengekspor produk makanan yang tidak hanya memberikan kenikmatan dalam aroma dan rasa tetapi juga menciptakan keberagaman dalam sektor ekspor. Kontribusi dari ekspor makanan ini tidak hanya terbatas pada nilai ekonomi tetapi juga memperkenalkan kekayaan kuliner Filipina ke seluruh dunia. 

12 Komoditas Ekspor Filipina yang Paling Laris di Dunia
(Freepik/jcomp)

10. Lemak dan Minyak Hewan serta Tumbuhan

Lemak dan minyak hewan serta tumbuhan menjadi salah satu komoditas ekspor Filipina yang laris di dunia dengan nilai sebesar USD 1,49 juta. Kontribusi dari ekspor lemak dan minyak ini tidak hanya berperan dalam industri pangan dan manufaktur tetapi juga mencerminkan tanggung jawab Filipina terhadap sumber daya alam terbarukan.

11. Barang Plastik

Barang plastik muncul sebagai komoditas ekspor Filipina selanjutnya dengan nilai sebesar USD 1,26 juta. Filipina berhasil mengekspor berbagai produk plastik, menunjukkan inovasi dan komitmen terhadap keberlanjutan dalam industri plastik global. Kontribusi dari sektor barang plastik ini bukan hanya berperan dalam kehidupan sehari-hari tetapi juga memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan limbah plastik.

| Baca juga: Jenis Plastik Kemasan Makanan Ringan yang Wajib Kamu Ketahui!

12. Mobil, Khususnya Empat Roda dan Kendaraan Bermotor

Komoditas ekspor Filipina selanjutnya adalah mobil, khususnya empat roda dan kendaraan bermotor yang mencapai nilai ekspor sebesar USD 1,17 juta. Komoditas ekspor Filipina ini menciptakan variasi dalam kontribusinya pada sektor ekspor dan mencerminkan kontribusi Filipina dalam menciptakan mobilitas masa depan.

| Baca juga: 10 Mobil Impor Paling Laris di Indonesia 2023

Temukan Pelanggan Internasionalmu dengan Layanan Ekspor dari AsiaCommerce!

Jika kamu ingin membawa bisnismu ke kancah global, AsiaCommerce adalah kunci keberhasilanmu. Kami memahami tantangan yang kamu hadapi dalam menembus pasar internasional, dan itulah mengapa AsiaCommerce hadir untuk membantumu. Dengan layanan pengurusan bea cukai, logistik, dan dokumen ekspor, kami memastikan perjalanan ekspormu berlangsung mulus, tanpa kerumitan.

Selain itu, kami tak hanya membantu mengatasi hambatan administratif, tapi juga aktif mencarikan calon pembeli untuk produkmu. Tim kami yang berdedikasi akan memastikan bisnismu tidak hanya berkembang, tetapi juga terkoneksi dengan jaringan global yang luas.

Jadi, jangan ragu untuk mengambil langkah besar ini. Temukan pelanggan internasionalmu sekarang dengan AsiaCommerce melalui tautan berikut atau banner di bawah ini!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments