Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Marketing Dropship Internasional Dengan Facebook

by | Jun 28, 2019 | Tips & Strategi Bisnis

Dropship Model – Photo Credits: Feedough.com

Marketing dropship internasional memang membutuhkan skills dan knowledge di level yang lebih tinggi. Sebelum kita membahas lebih dalam, harus dimengerti dahulu dasar dari dropshipping. Kata Dropship sudah tidak asing lagi bagi semua kalangan, khususnya bagi kalangan anak muda. Dropship merupakan sebuah model bisnis dimana pelaku usaha (Dropshipper) menjadi jembatan bagi supplier dengan konsumen tanpa perlu memiliki modal yang banyak. Banyak dropshipper yang sudah menggabungkan konsep dropship menjadi online, sehingga dengan bermodalkan laptop/komputer saja mereka bisa mendapatkan keuntungan hingga ratusan juta. Namun ada sebuah model bisnis yang lebih menggiurkan lagi, yaitu ‘International Dropship‘ atau dropship internasional.

Banyak hal yang dapat dilakukan dengan dropship internasional. Konsep ini pun sebenarnya sama dengan local dropshipping, namun yang menjadi pembeda terbesarnya ialah market yang dituju. dropship internasional menggunakan pasar internasional untuk berjualan sedangkan local dropship menggunakan pasar lokal untuk berjualan. Tentu teknik pemasaran menjadi lebih rumit, sehingga harus melakukan pendekatan yang berbeda.

Pendekatan yang paling umum namun paling powerful adalah dengan menggunakan social media seperti Instagram dan Facebook. Audience yang sangat luas dan Time Spent dalam sosial media lah yang menjadikan sosial media sangat kuat dalam pemasaran. Namun, kali ini AsiaCommerce akan membahas tentang media terkuat untuk dropship internasional, yaitu Facebook.

Facebook marketing sangat dibutuhkan bagi international dropshipper, karena fitur bisnisnya yang sangat mendukung penjual untuk menganalisa market agar lebih akurat. Namun ada beberapa alasan penting kenapa kita harus menggunakan Facebook sebagai alat marketing kita, yaitu:

Market Internasional yang Sangat Luas

Salah satu cara untuk marketing dropship internasional yaitu dengan Facebook. Seperti yang kita tahu bahwa Facebook adalah salah satu platform yang memiliki user terbanyak dengan angka lebih dari 2.1 Milliar di tahun 2018 lalu. Market yang luas tersebut dapat digunakan dengan baik oleh international dropshipper untuk mempromosikan barangnya dan mendapat sales yang luar biasa. Banyak pembelian terjadi di Facebook, sehingga ini adalah peluang besar bagi dropshipper untuk memasuki market yang sangat luas tersebut.

Buat Market Audience Sendiri

Facebook Marketing – Photo Credit: Hubspot

Pada awal tahun 2019, pengguna aktif Facebook tiap bulannya mencapai angka 2,38 miliar. Oleh karena itu, Facebook mendukung kita untuk membuat audience kita sendiri agar dapat mendukung sales lebih banyak lagi. Mungkin anda bertanya tentang bagaimana caranya membuat market audience sendiri? Facebook memberikan kita akses untuk mengatur lokasi (negara, wilayah, kota), umur dan gender, hingga interest & hobby audience yang ingin ditarget. Fitur ini sangat diperlukan untuk seller agar dapat masuk ke target spesifik mereka dengan baik. Mengingat bahwa pasar yang sangat luas ini berpotensi sangat besar untuk menjadikan Facebook sebagai Sales Machine’ kita. Cara ini sangat ampuh untuk mengembangkan strategi marketing dropship internasional kita.

Page Insight untuk Analisa

Facebook Page Insight – Photo Credit: Megalytic

Cara terpenting selanjutnya untuk marketingdropship internasional adalah dengan melihat tools di Facebook. Dalam Insight page ini, kita bisa melihat seberapa besar potensi advertisement kita. Facebook insight dapat menunjukan kepada kita informasi penting terkait audience kita, yaitu: People, Reach, Actions on Page, likes, Videos, dll. Tidak hanya itu, setiap informasi juga akan langsung di kalkulasi oleh Facebook untuk menunjukan data statistiknya. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai informasi di Facebook Insight:

People: Pada bagian People, kita dapat melihat segala informasi terkait gender, umur, interest, bahkan pekerjaan mereka sekalipun. Saat kita mengetahui informasi ini, kita akan lebih mudah untuk menentukan target jualan kita.

Reach: Pada bagian Reach, kita akan mendapat informasi terkait seberapa luas iklan kita sudah tersebar.

Actions on Page: Pada bagian ini, kita akan diberi informasi mengenai berapa jumlah audience yang sudah melakukan aksi dalam iklan. Dengan informasi ini, kita sudah mulai dapat gambaran seberapa audience tertarik dengan iklan kita.

Page likes: Pada bagian Likes, kita akan diberi informasi mengenai berapa jumlah audience yang sudah menekan tombol ‘like’.

Videos: Saat kita memberi iklan dalam bentuk video, Facebook akan menunjukan kita total audience yang sudah menontonnya. Biasanya, iklan dalam bentuk video akan lebih mudah mempengaruhi perilaku market.

Sebagai seller di Facebook, mengetahui informasi tersebut sangatlah penting! Dengan mendapat akses untuk mengetahui market dengan baik, kita dapat memanfaatkan data tersebut untuk membuat sales yang aktif. Namun, itu hanya beberapa dari fitur Facebook yang ditunjukan. Ada sebuah tool dari Facebook yang akan memberikan informasi lebih dalam terkait relasi market dengan bisnis kita, yaitu ‘Facebook Pixel’.

Facebook Pixel

Facebook Pixel – Photo Credit: nelipatel.com

Cara berikutnya untuk marketing dropship internasional yaitu dengan menggunakan temuan dari Facebook. Mungkin masih ada yang belum pernah mendengar tentang ‘Facebook Pixel’. Banyak sekali hal-hal hebat yang dapat dilakukan oleh Facebook Pixel seperti menghitung kerugian dan keuntungan dari iklan atau Return On Ad Spend (ROAS), melihat reaksi audience saat memasuki facebook page kita, menyimpan data audience secara spesifik, membuat ‘look a like audience” yang dapat membantu mencari audience yang serupa dari target kalian, hingga retargeting marketing yang wajib dilakukan.

Retargeting adalah hal yang wajib dilakukan oleh International Dropshipper untuk meningkatkan sales hingga 70%. Facebook Pixel menyimpan data audience di dalam website kita, mulai dari yang sudah pernah ‘add to cart’ namun tidak checkout, orang yang sudah pernah sign up, menulis komen di website kita, dan seterusnya. Dengan itu, Facebook Pixel memungkinkan kita untuk melakukan follow up ulang kepada audience tersebut. Dengan melakukan retargeting yang benar dan persuasif, justru ‘stratnger’ akan bisa menjadi ‘promotor’ kita.

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh Facebook untuk membantu kita melakukan marketing dropship internasional. Hanya dengan beberapa klik, pemasaran kita bisa menyentuh jutaan orang sekaligus dengan sangat optimal. Jika kalian masih ragu dan bingung bagaimana cara mencari produk yang tepat untuk dropship internasional hingga cara marketingnya, silahkan bergabung bersama AsiaCommerce untuk menjadi penyedia solusi bagi bisnis anda.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments