Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Menentukan Nama Brand Sendiri dengan Mudah

by | May 6, 2021 | Tips & Strategi Bisnis

Nama brand akan selalu menjadi first impression dan akan selalu jadi bagian penting dalam sebuah brand. Nah, yang paling penting ternyata gak cuman dari menentukan produk yang akan dijual, harganya berapa atau segala promosinya. Tetapi, dimulai dari memikirkan dan memutuskan nama brand yang perfect untuk bisnis Anda. Kenapa? Karena, kalau sampai punya nama brand yang buruk, kurang memorable, berarti Anda rela memulai bisnis Anda dengan “kecacatan”.

Makanya, supaya hal itu gak kejadian di bisnis Ascomers, alangkah baiknya berhati-hati dalam menentukan nama brand. Bagaimana langkah-langkahnya? AsiaCommerce sudah merangkumnya untuk Anda simak di bawah berikut.

Baca juga: Brand & Produk : Manakah Yang Lebih Penting dalam bisnis?

Kenapa punya nama brand yang bagus itu urgent banget?

Sebelum kita kupas satu per satu langkah-langkahnya, ada beberapa alasan utama yang perlu Anda ketahui dahulu mengapa punya brand dengan nama yang baik itu se-urgent itu?

  • Yang pelanggan lihat pertama kali adalah nama brand-nya

Kalau bisa dibilang sih, fundamental. Nama brand adalah hal yang akan diucapkan oleh orang-orang dalam membicarakan bisnis Anda. Entah itu secara verbal maupun digital. Semisal Anda ingin mengiklankan brand Anda pun, nama brand juga yang terpampang.

Selain itu, brand apa yang ingin Anda orang-orang kenal saat terpintas dipikiran mereka akan menjadi decision-making saat membeli produk Anda. Istilahnya, kesan pertama yang memengaruhi cinta pada pandangan pertama orang-orang terhadap brand Anda.

  • Stand out dari yang lain di industri serupa

Anda pasti akan memiliki kompetitor dalam industri yang serupa. Mereka juga lah yang akan memerhatikan target audiens yang Anda nantinya. Alhasil, memiliki nama brand yang baik juga menjadi langkah awal dalam menentukan unique position Anda dalam industri. Siapa yang punya nama brand yang bagus, akan stand out dari kompetitornya.

  • Jadi representatif brand

Punya nama brand yang perfect juga bisa loh jadi bahan orang-orang dalam membayangkan visi dan misi dari owner brand. Dari beberapa kata itu nantinya bisa menjadi representasi tentang value (nilai) Anda, produk yang dijual hingga perusahaan apa yang Anda jalankan. Maka dari itu, Anda bisa meyakinkan mereka dengan nama brand yang well-represented mengenai bisnis yang Anda jalani.

5 langkah untuk menentukan nama brand Anda

Nah, kalau sudah tahu kenapa punya nama brand yang perfect itu krusial dalam tahap awal berbisnis, pastinya Anda bertanya, what’s next? Ikuti yuk lamgkah-langkah di bawah ini yang sudah AsiaCommerce rangkum untuk Anda.

Brainstorming terlebih dahulu

Selain harus perfect, punya nama brand juga perlu kreatif. Pikirkan apa yang bisa mendeskripsikan usaha Anda hanya dengan beberapa kata. Lalu, tulis di kertas dalam waktu kurang lebih 20 menit atau hingga satu jam dan jangan berhenti menulis. Nantinya, tulisan tersebut bisa Anda eksekusi untuk nama usaha. Selanjutnya, Anda bisa cari sinonim atau hal yang berkaitan dengan apa yang sudah Anda tulis.

Jika sudah, Anda bisa menggunakan name generator. Tool tersebut berguna untuk Anda yang sedang menentukan nama usaha terbaik. Ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk menambah referensi nama usaha diantaranya namesnack.com, Name Mesh dan Wordoid.

 Buat daftar nama usaha yang menurut Anda paling “oke”

Setelah menggunakan cara-cara di atas, Anda pastinya sudah memiliki nama-nama pilihan. Selanjutnya, Anda harus merefleksikan ke beberapa poin berikut:

  • Apakah sudah sesuai dengan value bisnis Anda? Dalam memulai bisnis, banyak diantara kita yang punya ambisi besar untuk menaklukkan pasar dan sukses secara finansial. Namun, jangan lupa tanyakan pertanyaan ini ke diri Anda dan juga tim, apa memang sudah menjabarkan sebuah brand yang baik? Sehingga saat orang-orang baru pertama kali lihat brand Anda di platform digital, ini adalah brand yang mereka cari.
  • Gampang diingat gak, ya? Apa gampang diucap? Menarik kah? Balik lagi, sebuah nama brand harus mudah diingat oleh orang-orang. Karena, saat semisal Anda berusaha keras dalam membuat campaign marketing semenarik apapun dan mereka tidak ingat brand nya dibaliknya, bisa dibilang brand Anda masih gagal untuk dikenang masyarakat. Selain mudah dikenang juga nama usaha Anda perlu mudah diucap. Hal ini dikarenakan agar tidak menyulitkan orang-orang saat mencari brand Anda di internet. Maka dari itu, buatlah nama brand yang sederhana, menarik dan juga mudah diingat.

Ikuti aturan struktur penamaan bisnis

  • Perseroan Terbatas, pertama, nama perusahaan bisa menyertakan frasa ‘perseroan terbatas’. Anda dilarang menamai bisnis Anda sedemikian rupa yang bisa membingungkan lembaga pemerintah. Terakhir, Anda mungkin memerlukan dispensasi dan pengaturan khusus lebih lanjut untuk menggunakan kata-kata tertentu. Ini pun berlaku untuk ‘Universitas’, ‘Bank’, dan ‘Pengacara’.
  • C Corp, kedua, Anda bisa menggunakan entitas C Corp yang lebih kompleks dibanding PT. Karena, tipe perusahaan ini berlaku dalam melindungi aset pribadi pemilik bisnis, pemegang saham, karyawan, dan lain sebagainya. Adapula hukum negara yang berlaku untuk ini.
  • Perusahaan Perseorangan (Sole Proprietorship) dan Persekutuan (Partnerships), biasanya penamaan bisnis ini diikuti banyak startup, karena gak serumit PT atau C Corp, tapi bukan berarti tidak sulit. Bedanya Perseorangan dan Persekutuan terletak pada pemiliknya. Sesuai dengan Namanya, Persekutuan dimiliki oleh lebih dari satu owner. Perusahaan harus beroperasi dengan menyebutkan nama belakang owner. Namun, Anda bisa mengajukan DBA atau doing business as agar bisnis Anda bergerak di bawah nama resmi dan bukan hanya nama belakang Anda.

Cek dahulu, apakah bisnis dengan nama tersebut sudah ada?

Setelah dapat nama yang perfect dan sudah mengikuti struktur penamaan bisnis, ada tahap selanjutnya yang gak kalah penting. Ya, memastikan eksistensi nama brand tersebut. Jangan sampai Anda mengurus nama brand yang ternyata sudah direbut orang lain. Agar tidak kejadian, simak cara berikut.

  • Cek domain, eksistensi brand secara online sangat penting. Tentunya, domain yang ingin Anda buat setidaknya sama dengan nama brand yang sudah ditentukan. Caranya, Anda bisa cek melalui website generator yang sudah disebutkan. Jikalau ada dot com dibelakang nama brand Anda, tandanya Anda bisa menggunakan nama tersebut untuk usaha Anda.
  • Cek jejak merk, sudah oke dengan domain, saatnya melacak jejak merk di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kemenkumham. Lalu, pencarian tersebut akan bekerja dan akan memberi tanda jika memang nama brand Anda bisa digunakan.

Daftarkan segera nama brand Anda

Tahap terakhir yang menjadi penutup untuk langkah-langkah di atasadalah mendaftarkan segera nama brand yang sudah Anda pilih. Agar Anda terhindar dari plagiarisme, berbadan hukum dan dapat dipercaya calon konsumen. Anda bisa menuju website dgip.go.id untuk mengisi form permohonan. Selanjutnya, Anda bisa secepatnya mendaftarkan domain untuk bisnis Anda agar orang lain tidak merebutnya.

Dapatkan E-book Download Panduan Sourcing Impor dari China

Solusi Bisnis Online dengan Marketplace Distribution dan Fulfillment

Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk menentukan langkah awal Anda dalam berbisnis. Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Nah, jika Anda tertarik untuk memulai bisnis di e-commerce namun bingung dalam teknisnya. Tenang, ada jasa fulfillment dan marketplace distribution solution untuk Anda dari AsiaCommerce.

Melalui jasa Fulfillment, AsiaCommerce akan memberikan fasilitas berupa storage untuk penyimpanan barang serta membantu untuk pendistribusian barang melalui e-commerce ternama di Indonesia dengan menggunakan sistem warehouse ter-update. Pastinya, jasa AsiaCommerce akan selalu memberikan end-to-end solutions untuk Anda.

Selain itu, keuntungan yang bisa anda dapatkan yakni seperti jasa packing dengan material packaging, proses pengiriman orderan yang gesit dan cepat. Serta, fasilitas warehouse keren yang disediakan AsiaCommerce yang membuat bisnis Anda akan berjalan semakin efektif dan berkembang. Terlebih lagi, warehouse kita sudah tersebar di berbagai negara.

Yuk, ringankan beban Anda dan perbanyak waktu untuk mengembangkan bisnis sekarang juga! Caranya gampang, cukup dengan satu klik pada link ini. Lalu Anda tinggal mengisi form sesuai kebutuhan. Setelah itu, tim kami akan segera menghubungi Anda!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments