Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Mengenal Freight Forwader, Jasa Layanan Impor Langsung dari China

by | Feb 27, 2023 | Impor

Di era sekarang ini pengiriman barang dari China ke Indonesia sangat masif. Hal ini ditandai dengan angka impor berbagai produk asal China yang semakin tumbuh. Seperti yang kita ketauhi harga produk made in china cenderung terjangkau dengan kualitas yang baik, ini tentu sangat menguntungkan pembisnis Indonesia karena mereka bisa menjual kembali dengan harga yang tidak terlalu mahal. 

Dalam aktifitas impor, jasa layanan freight forwarder yang digunakan juga cenderung mudah, mulai dari bea cukai, mengurus izin ataupun aktifitas lainnya. 

Apa itu Jasa Freight Forwarder?

Apakah sebelumnya sudah ada yang pernah mendengar jasa Freight Forwarder ini ? 

Freight Forwarder merupakan tim atau perusahaan yang ahli dan berpengalaman dalam menghubungkan atau meneruskan pengiriman dan penerimaan barang Export dan Impor. Jadi Freight Forwarder memiliki banyak kerjasama dan memiliki kontrak kerja dengan para Shipping Agent. Seperti halnya jasa pengiriman barang ke luar negeri, jasa Freight Forwarder juga menawarkan solusi terbaik untuk menjamin keamanan paket sampai ke alamat tujuan. Dengan memilih forwarder China Indonesia terpercaya, para pembisnis akan mendapatkan berbagai fasilitas penuh termasuk pelacakannya. Jasa freight forwarding bisa menangani berbagai jenis proses pengiriman mulai dari penyimpanan barang, packing, armada pengiriman, pengurusan dokumen pengiriman hingga memastikan barang sampai ke penerima dengan aman.

Akan tetapi perusahaan freight forwarding tidak sama dengan perusahaan jasa angkut barang. Perusahaan jasa angkut barang biasanya disebut dengan perusahaan cargo, dimana perusahaan yang memiliki bisnis utama sebagai pengangkut barang.

Perusahaan jasa angkut barang biasanya mempunyai armada sendiri dan tidak melayani jasa lain diluar perpindahan barang dari A ke B.

Perusahaan jasa angkut barang yang terkenal misalnya JNE, TIKI, J&T, Herona dsb.

Sedangkan freight forwarding secara umum tidak memiliki armada. Perusahaan freight forwarding menghubungi sebuah perusahaan jasa angkut atau beberapa perusahaan jasa angkut hingga ke tempat yang dituju.

Perusahaan freight forwarder dapat melakukan pengiriman secara satu kontainer penuh (FCL Full Container Loaded) atau tidak satu kontainer penuh (LCL Less Container Loaded).

Bila pengiriman dengan LCL, maka freight forwarder akan mengumpulkan barang barang dari beberapa pemilik berbeda dalam satu kontainer pengiriman. Setelah sampai di pelabuhan yang dituju, dilakukan pembongkaran dan pengiriman kepada masing masing pemilik barang.

Tips Memilih jasa Freight Forwarder Terpercaya

Sebagai seorang pembisnis, pastikan untuk tidak salah dalam memilih jasa pengiriman barang dari luar negeri. Jika kalian memilih jasa forwarder yang terpercaya, tetunya proses pengiriman barang akan lebih mudah. 

Salah satu ciri memilih jasa forwarder yang aman adalah pastikan forwarder tersebut memiliki surat izin dan kantor jelas di Indonesia. Jika forwarder tidak memiliki surat izin, tentunya keamanan dan keselamatan barang kurang terjamin. Jika forwarder tersebut memiliki kantor, maka anda bisa mengunjungi kantor tersebut untuk mendapatkan informasi tentang barang anda, serta jaminan keamanan. Hindari forwarder yang hanya menawarkan jasa melalui internet, karena hal tersebut sangat rawan terhadap penipuan.

Tips lainnya yaitu pastikan forwarder yang anda pilih memiliki garansi untuk setiap pengirimannya. Garansi tersebut sebagai bentuk tanggung jawab terhadap barang yang dikirim, dan juga menjadi penjamin bahwa barang pesanan anda akan tiba tepat waktu dengan keadaan baik. 

Ciri lain dari forwarder impor terpercaya ialah forwarder tersebut selalu transparan akan harga yang dibebankan untuk barang yang dikirim. Pagi importir pemula yang belum ada pengalaman dalam melakukan impor barang pasti belum terlalu paham akan besaran biaya impor yang harus dibayarkan. Jika anda memilih forwarder yang terpercaya maka anda akan tau berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan dalam setiap pengiriman, karena forwarder menyajikan biaya tersebut secara transparan. Anda nantinya juga bisa mengetauhi berapa biaya untuk Bea Cukai dan yang lainnya. Jika forwarder tidak transparan, bisa saja terjadi manipulasi harga nantinya. Jika anda tidak ingin hal ini terjadi, maka pastikan selalu untuk memilih forwarder impor yang terpercaya.

Keutaman Memakai Jasa Forwarder China Indonesia

Ada banyak jasa forwarder China yang memang menawarkan fasilitas lengkap dan mampu memudahkan para pembisnis mendapatkan barang secara cepat. Selain hal itu terdapat beberapa keuntungan lain untuk konsumen ataupun pebisnis yang bisa dinikmati seperti berikut :

 

1. Konsultasi Gratis

Bisa mendapatkan layanan konsultasi gratis tanpa dipungut biaya untuk kebutuhan impor barang dari china. Layanannya diberikan ketika awal proses impor dilakukan, kalian bisa menanyakan mengenai harga, lama pengiriman maupun fasilitas yang didapatkan.

2. Berlisensi Negara

Memiliki izin resmi sesuai aturan pemerintah Indonesia sehingga mampu memudahkan pengiriman barang dari China. Konsumen tidak perlu kawatir terjadi kasus barang ilegal ataupun tidak sampai tujuan.

3. Dukungan Call Center

Mempunyai dukungan call center dimana akan membantu kalian ketika proses pengiriman dan ketika barang hilang atau rusak.

AsiaCommerce Network

Kini kamu tidak perlu khawatir lagi, karena ada AsiaCommerce yang akan memudahkan kamu untuk melakukan impor barang dari China. AsiaCommerce adalah sebuah perusahaan jasa pengadaan barang impor dan pengiriman barang impor. AsiaCommerce menyediakan solusi dan layanan mulai dari klasifikasi produk hingga pengiriman yang mudah. Dengan layanan konsultasi impor, konsolidasi paket, pengiriman logistik, inspeksi kualitas, pengadaan barang, jasa pengiriman, sampai pengurusan beacukai, agar kamu dapat secara penuh fokus kedalam bisnis yang kamu jalani.

Jangan khawatir akan keamanannya, karena AsiaCommerce merupakan jasa importir yang legal dan transparan. Dengan keunggulan fiturnya yang dapat membatu importir melakukan pembelian hingga fitur join reseller gratis. 

Jadi tunggu apa lagi? Mulai saja dulu dengan layanan Impor anti ribet bersama AsiaCommerce dan nikmati kemudahan dalam bisnismu. Klik disini atau pada banner untuk mendaftar sekarang juga!

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments