Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Mengenal Lebih Dekat dengan Fulfillment 

by | Aug 29, 2022 | Logistik

Fulfillment merupakan salah satu faktor peting dalam operasional bisnis khususnya bisnis e-commerce. Kehadiran e-commerce telah mendorong kebutuhan pengiriman yang serba cepat. Proses ini mencakup pengeloaan pesanan, pengemasan dan pengiriman logistik pihak ketiga (3PL). Pemenuhan pesanan tidak sulit jika kamu memiliki tenaga kerja dan jumlah pesanan yang sesuai dengan waktu. Namun, ketika jumlah pesanan meningkat secara eksponensial, proses pemenuhan pesanan membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha, sehingga mengurangi biaya operasi yang tinggi. 

Apa Itu Fulfillment ? 

pengertian fulfillment

Fulfillment adalah tempat penyimpanan sementara barang atau produk yang dikelola oleh gudang pemenuhan. Dalam pengertian ini, layanan jasa fulfillment mungkin merupakan istilah baru dalam industri logistik di bidang business to business (B2B) atau mungkin business to consumer (B2C). 

Secara garis besar, layanan fulfillment merupakan layanan pemenuhan di gudang (warehouses) dan proses pemesanan (packing and delivery order). Fulfillment dilengkapi dengan sistem canggih yang membuat operasi lebih profesional dan mencapai tingkat akurasi yang tinggi. 

Jadi bisa diartikan ini adalah gudang bersama di mana semua perusahaan dapat menempatkan stok mereka. Maka dari itu pebisnis tidak perlu lagi khawatir dan repot untuk mendirikan gudang mereka sendiri. 

Semua proses ditangani langsung oleh pusat fulfillment, memungkinkan pebisnis untuk hanya fokus pada penjualan. 

Saat berada dalam gudang bersama, pemilik gudang mengambil alih proses dari pengumpulan hingga pengepakan dan pengiriman. Pebisnis hanya perlu duduk saja dan menunggu pesanan datang. 

Ada beberapa vendor atau penyedia layanan yang memfasilitasi proses bisnis online dengan menawarkan layanan fulfillment. 

Selain fulfillment, ada juga yang disebut pemenuhan e-fulfillment. Perbedaan keduanya adalah e-fulfillment secara khusus untuk melayani jasa yang berbentuk digital seperti e-commerce marketplace Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.ID, Bukalapak. Sedangkan fulfillment itu sendiri, di sisi lain, tidak hanya berlaku untuk pasar e-commerce Indonesia, tetapi juga untuk yang lain. 

Perbedaan Fulfillment center dengan Warehouse 

Fulfillment Center 

  • Menyediakan manajemen inventaris termasuk penyimpanan barang 
  • Menyediakan pengemasan barang pesanan dan pengiriman barang 

Warehouse 

  • Umumnya menyediakan tempat penyimpanan barang saja 
  • Kamu perlu mengambilnya sendiri dan mengirimkan nya sendiri ke tempat tujuan 

Jika fulfillment merupakan tempat penyimpanan sementara untuk barang atau produk yang sedang dititipkan. Apa perbedaan antara fulfillment dan warehouse? 

Berdasarkan pengertiannya, warehouse adalah bagian dari logistik pengiriman perusahaan yang berfungsi sebagai gudang barang (bahan mentah, suku cadang, produk setengah jadi, barang jadi) yang dikirim kembali oleh perusahaan ke alamat tujuan. 

Kemudian perbedaan paling signifikan antara fulfillment center dan warehouse adalah pada layanan yang ditawarkan oleh keduanya. Dalam hal warehouse/gudang, jasa yang ditawarkan umumnya hanya menyediakan tempat untuk menyimpan barang. Jika nanti kamu membutuhkan barang yang disimpan di gudang, kamu harus mengambilnya sendiri dan mengirimkannya ke tempat tujuan. 

Sementara fulfillment center itu sendiri menyediakan layanan di luar penyimpanan, tetapi juga mencakup logistik seperti pergudangan, manajemen inventaris, penempatan dan pengemasan produk yang dipesan, dan pengiriman produk. 

Lantas Apa Keuntungan dari Fulfillment ?

keuntungan fulfillment

Berdasarkan informasi yang telah jelaskan sebelumnya mengenai layanan yang diberikan oleh fulfillment ini bisa dikatakan bahwa jasa ini sendiri datang dan hadir sebagai solusi dari masalah yang ada, lalu apa keuntungan menggunakan jasa fulfillment? 

Penyimpanan barang dengan Manajemen Stok 

Manajemen stok dan penyimpanan barang merupakan salah satu yang terpenting dalam arus barang, karena dengan manajemen stok yang baik semuanya tercatat dan diperhitungkan dengan jelas. 

Perhitungan stok yang jelas juga dengan jelas menunjukkan perhitungan produk mana yang akan diprioritaskan dan produk mana yang tidak begitu diprioritaskan. 

Pengemasan dan Pengiriman Barang 

Jasa ini juga menawarkan layanan pengemasan atau fasilitas yang disediakan. Hal Ini dapat digunakan untuk mengurangi biaya tenaga kerja karena tidak perlu membutuhkan karyawan sendiri untuk melakukannya dan biasanya ditugaskan dalam manajemen stok. Dengan menggunakan jasa dari pihak ketiga ini kamu jadi menghemat biaya tenaga kerja mulai dari manajer gudang hingga staf pengepakan dan pengiriman. terlebih lagi jika terjadi lonjakan pemesanan pada saat penjualan. 

Tidak sedikit pengusaha yang merasa kewalahan dengan pengemasan dan pengiriman pesanan, dan tidak sedikit pula yang secara tidak sengaja membatalkan pesanan karena kesalahan manusia. 

Proses Pemesanan 

Merupakan serangkaian proses untuk memenuhi persyaratan pesanan pelanggan. Proses di sini berarti proses mulai dari penerimaan pesanan, persiapan, pengepakan dan pengiriman pesanan. 

Proses Pemesanan yang baik biasanya mendatangkan kepercayaan yang baik pula dari pelanggan. Karena manajemen stok yang baik maka kehabisan produk jarang terjadi dan kecepatan pengiriman pun cenderung akan lebih tinggi. Itu sebabnya alasan kenyamanan dan kepercayaan pelanggan meningkat. 

Model penggunaan dalam E-Commerce 

Dari perspektif model bisnis, pengoperasian jasa ini memiliki berbagai bentuk dan berbeda-beda. Secara umum, jasa fulfillment sering digunakan dalam beberapa bisnis berikut : 

1. Engineer to Order (ETO). Model operasi ini adalah produk yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Perusahaan yang banyak menggunakan model ini adalah produk perhiasan.

2. Make-to-order ( MTO). produk diproduk baru diproduksi setelah adanya permintaan pemesanan dari customer.

3. Assemble-to-order ( ATO). Pembuatan produk yang berdasar modul dari berbagai komponen yang tersedia.

4. Make to Stock (MTS). Semua produk standar. Biasanya dibuat untuk mengisi persediaan.

5. Digital Copy (DC). Salinan digital suatu produk dibuat dengan mengunduh produk secara digital dimana inventory yang dihasilkan dari master digital.

Penggunaan fulfillment center dapat menjadi bentuk investasi dalam mengembangkan bisnis e-commerce mu. Fulfillment center memberikan solusi bagi pengusaha e-commerce untuk mengurangi waktu dan tenaga yang mereka keluarkan hanya untuk memenuhi pesanan online dari pelanggannya. Hal tersebut membuat penjual agar lebih fokus pada pengembangan produk dan strategi pemasaran mereka daripada waktu yang dihabiskan untuk proses pemenuhan pesanan. 

Fulfillment, Solusi Untuk Bisnis Onlinemu 

Ini merupakan sebuah solusi dari permasalahan yang paling sering dialami oleh para pebisnis. Buat mereka yang suka mengeluh stoknya rusak dan kesulitan mengelola gudang, ini adalah sebuah cara terbaik untuk mengatasi masalah. Fulfillment ditujukan untuk para pebisnis di berbagai sektor mulai dari B2B, B2C, B2E dan sebagainya. 

AsiaCommerce bisa menjadi solusinya, AsiaCommerce merupakan salah satu penyedia fulfillment yang bergerak pada sektor B2B dan B2C yang ada di Indonesia. Bekerja sama dengan partner logistik terpercaya, AsiaCommerce dapat membantu pemenuhan stok dalam bisnismu, serta mampu memproses banyak pesanan dengan cepat. 

Jika kamu sedang mencari jasa fulfillment, AsiaCommerce bisa membantu kamu. Untuk info lebih lanjut bisa klik disini atau banner dibawah.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments