Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Merek Makanan Asal Indonesia yang Diekspor ke Luar Negeri

by | May 29, 2023 | Ekspor

Berbagai merek makanan yang kita konsumsi sehari-hari mungkin seringkali tidak kita sadari bahwa merek tersebut merupakan produk dengan kualitas yang tinggi. Bagaimana tidak, banyak sekali merek-merek yang dijual di warung-warung di samping rumah kita ternyata dijual juga di warung-warung yang begitu jauh dari rumah kita, dari negara kita. Betul, merek-merek tersebut dipasarkan juga di mancanegara. Akan tetapi, kalimat tersebut bukan bermaksud bahwa merek tersebut merupakan hasil import. Justru sebaliknya, merek-merek tersebut merupakan merek makanan asal Indonesia yang telah diekspor ke luar negeri.

Penasaran dengan merek-merek makanan apa saja yang berhasil diekspor ke luar negeri? Mari kita cari tahu merek-merek tersebut

Kacang Garuda

Kacang Kulit Garuda dan Kacang Garuda Rosta adalah contoh merek kacang-kacangan yang mudah sekali untuk ditemui di warung-warung sekitar. Ternyata merek-merek ini telah dipasarkan di mancanegara! Di bawah naungan PT Garudafood Putra Putri Jaya TBK, merek-merek ini menjadi salah satu merek asal Indonesia yang diekspor ke luar negeri.

Kacang Garuda telah diekspor ke lebih dari 30 negara. Merek ini memfokuskan distribusi ke negara-negara di Asia Tenggara, China, dan India. Selain Kacang Garuda, Biskuit Gery yang diproduksi oleh PT yang sama pun turut diekspor ke berbagai negara.

Kopiko

Saat mendengar merek ini, tentu yang muncul di benak kita adalah permen manis dengan rasa kopi yang akan menghilangkan kantuk kita sehingga kita bisa beraktifitas dengan lebih fokus. Rupanya, Kopiko merupakan salah satu merek asal Indonesia yang telah diekspor ke luar negeri. Lebih dari 80 negara sudah merasakan manisnya kopiko untuk menemani hari mereka.

Kopiko diproduksi di Indonesia oleh PT Mayora Indah Tbk. Nama Kopiko diambil dari nama biji kopi kōpiko berasal dari Hawaii. Selain memproduksi permen kopiko, PT Mayora Indah Tbk juga memproduksi produk minuman kopi siap minum serta kopi instan. Produk Kopiko siap minum pasti pernah kita beli ketika istirahat sekolah atau ketika bermain ke rumah teman karena harganya sangat murah.

Bagi pecinta drama korea, pasti sudah sering melihat merek kopiko ini muncul dalam layar kaca. Misalnya saja dalam drama korea yang berjudul “Vincenzo” yang dibintangi oleh aktor terkenal Song Joong-Ki. Hal menarik lainnya, selain diekspor ke luar negeri, Kopiko juga pernah menuju luar angkasa, lho! Produk permen kopi ini terbang bersama Nasa Astronaut beberapa tahun yang lalu. Setelah melalui tes yang ketat dan lulus uji NASA, dapat kita ketahui bahwa kualitas permen kopiko ini tidak main-main. Senangnya bisa mengonsumsi permen yang bisa dikonsumsi dalam keadaan gravitasi nol meski tidak berada di luar angkasa.

Baca juga : Inilah Komoditas yang Diekspor Indonesia ke Iran

SilverQueen

Bagi yang pernah memberikan coklat kepada seseorang yang spesial pada tanggal 14 Februari, Silver Queen menjadi salah satu merek populer yang akan dipilih. Siapa sangka, meski namanya tidak Indonesia sekali, tidak seperti merek-merek sebelumnya, Silver Queen ternyata berasal dari Indonesia. Lebih tepatnya berasal dari kota Garut sebelum akhirnya pindah ke Bandung.

Saat ini, perusahaan produsen SilverQueen memiliki kantor pusat di Singapura di bawah naungan Petra Foods Limited. Merek makanan asal Indonesia keempat di dalam daftar ini telah diekspor ke berbagai negara di Asia Tenggara.

La Fonte

Meski namanya Italia banget, tapi nyatanya merek pasta ini adalah merek asli Indonesia. Merek yang lebih sering ditemui di supermarket ini diproduksi oleh PT Bogasari Flour Mills. PT Bogasari Flour Mills yang merupakan pabrik penggilingan gandum mulai memproduksi berbagai macam pasta pada tahun 1991. Berbagai jenis pasta seperti spaghetti, spaghettini, fettucini, vermicelli, dan macaroni diproduksi dengan menggunakan merek La Fonte.

Kini, PT Bogasari Flour Mills menjadi salah satu divisi di PT Indofood Sukses Makmur Tbk milik Salim Group. La Fonte menjadi merek asal Indonesia lainnya yang diekspor ke luar negeri. Filipina, Korea, Hongkong, Thailand dan Malaysia adalah negara-negara awal yang menjadi tujuan ekspornya. Saat ini, distribusi La Fonte semakin meluas, tidak hanya di negara Asia, negara lain seperti Bahrain, Kuwait, Uni Emirat Arab, Nigeria dan Zambia menjadi tujuan ekspor terkini merek La Fonte.

Indomie

Nama Indomie sudah dikaitkan dengan kata “mie”. Ketika ingin membeli mie instan, secara tidak sadar kita menyebutkan nama merek yang satu ini kepada penjaga warung, meski nyatanya kita membeli produk dari merek lain. Ini menjadi bukti betapa terkenalnya merek Indomie di negara ini. Akan tetapi, tidak hanya di sini, merek asal Indonesia ini diekspor juga ke luar negeri, lho!

Makanan yang sering diidentikan dengan makanan para anak kos juga nyatanya dinikmati oleh orang-orang yang berada di mancanegara. Arab Saudi, Amerika Serikat, Australia, Taiwan, Hongkong, Irak, Turki, Nigeria adalah beberapa negara dari 80 lebih negara yang telah merasakan kelezatan merek asal Indonesia ini.

Baca juga: Rekomendasi Tren Fashion 2023 yang Booming untuk Bisnis Kamu

Itulah beberapa merek makanan asal Indonesia yang telah diekspor ke luar negeri. Jika kamu ingin produkmu diekspor ke luar negeri juga, kamu hanya perlu menghubungi AsiaCommerce. Kami siap membantu menjawab semua kebingungan dan pertanyaan kamu mengenai ekspor barang. Klik di sini atau banner di bawah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Ekspor lebih mudah

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments