Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Mudah, Cara Jitu Dapatkan Buyer Luar Negeri!

by | Feb 28, 2023 | Tips & Strategi Bisnis

Siapa bilang menjadi eksportir hanya diperuntukan untuk perusahaan – perusahaan besar saja ? Seiring perkembangan zaman, siapapun bisa menjalankan bisnis ekspor barang ke luar negeri dengan mudah. Di era teknologi yang berkembang dengan sangat pesat, memberikan banyak kemudahan untuk siapa saja yang ingin menjadi eksportir. Tidak sedikit UMKM lokal yang saat ini telah berhasil memasuki pasar internasional. Dengan cara seperti ini pastinya akan membuat bisnis lebih cepat berkembang dan mendatangkan untung yang lebih besar.

Dalam kegiatan ekspor, buyer menjadi ujung tombak dalam hal tersebut. Walaupun semua bentuk persiapan dan barang sudah siap, jika masih belum menemukan buyer yang berasal dari luar negeri, tentu kegiatan ekspor masih belum dikatakan berhasil. 

Hal ini tidak jarang menjadi kendala bagi pembisnis yang ingin terjun ke dunia ekspor. Ada yang pernah mengalaminya ? Lalu bagaimana cara mendapatkan buyer ekspor, untuk memperluas pasar kita ?

Menemukan buyer atau pembeli yang poitensial dengan tujuan ekspor tidak semudah membalikkan kedua telapak tangan, hal itu dikarenakan permintaan pasarnya berbeda – beda di setiap negara yang ingin dituju. 

Secara umum, mencari buyer bisa dilakukan via online ataupun offline.

Mencari Buyer Secara Online

Selain mudah dan cepat, pemanfaatan digital marketing adalah cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan buyer dari luar negeri. Ada beberapa cara untuk mendapatkan buyer yang potensial. 

1. Membuka Toko Online B2B di Berbagai E-commerce

Di era sekarang, platform e-commerce jadi salah satu hal yang menjanjikan dan diminati oleh berbagai model bisnis, tak terkecuali untuk model bisnis B2B. Yang dimaksud B2B adalah bisnis ke bisnis. Jadi, produsen tidak menjual barangnya ke konsumen akhir, melainkan ke sesama pembisnis lain yang membutuhkan supplier untuk menjalankan usahanya. Dengan pemanfaatan platform inilah, para pembsinis bisa lebih fokus untuk penyediaan barang yang bersumber dari satu bisnis ke bisnis lainnya dengan cara online.

Saat ini banyak e-commerce B2B yang bisa dijadikan pilihan, seperti Amazon.com, eBay.com dan Alibaba.com. Selain lebih menguntungkan, pembelian B2B biasanya memiliki jumlah yang lebih banyak, sehingga biaya pengiriman akan lebih efisien.

 

2. Membuat Web Berbahasa Inggris

Apabila ingin memperluas pasar ke luar negeri, mempunyai website resmi berbahasa inggris hukumnya adalah wajib. Dengan memiliki website tersebut, menunjukkan profesionalitas dan kredibilitas dari bisnis itu sendiri. Website tidak hanya sebagai informasi mengenai bisnis anda, tetapi juga bisa berfungsi sebagai etalase online, dimana buyer bisa langsung dengan leluasa melihat informasi apa saja terkait yang perusahaan butuhkan melalui website tesebut. Kenapa harus berbahasa inggris ? hal ini untuk menyesuaikan target market dari luar negeri.

 

3. Melakukan Blog walking

Blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog lain dengan tujuan tertentu, tujuannya tentu mendapatkan buyer yang potensial untuk kegiatan ekspor. Bagaimana cara blog walking ? Anda cukup berkunjung ke blog lain yang sesuai dengan market anda, lalu tinggalkan komentar yang positif, siapa tau pemilik toko tertarik untuk bekerja sama dengan anda.

 

4. Ciptakan Konten yang SEO Friendly

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara optimasi website supaya mudah ditemukan pengunjung. Dengan cara menempatkan website di halaman teratas mesin pencarian, karena sebagian pengunjung akan mengunjungi website yang pertama kali muncul. Inilah peluang yang harus dimanfaatkan. 

Caranya adalah dengan mencari kata kunci yang sesuai dengan bisnis dan target pasar anda. Setelah menemukan kata kunci yang tepat, buatlah artikel yang tidak hanya informatif dan enak dibaca, tapi juga mememnuhi kaidah SEO. Semakin sering mengupdate konten, semakin cepat website berada di halaman mesin pencarian.

 

5. Melakukan Promosi Dengan Google Ads dan Facebook Ads

Untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas, memanfaatkan fitur iklan online sangat disarankan. Karena di era sekarang hampir semua orang menggunakan internet, oleh karena itu pemanfaatan internet sangat berguna untuk mencari buyer yang potensial untuk bisnis ekspor anda. 

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan google ads ataupun facebook ads, iklan online ini tentunya lebih terjangkau daripada iklan konvensional, seperti memasang spanduk, billboard, baliho atau lain sebagainya.

 

Cara mendapatkan buyer secara offline

Tehnik menjual secara offline ini sudah sejak lama dipraktekkan oleh para eksportir Indonesia dan biasa kita sebut dengan tehnik pemasaran konvensional. Ada beberapa tehnik tersebut yang bisa kita praktekkan.

1. Mengikuti Pameran Dagang Internasional

Pameran dagang internasional sering diselenggarakan oleh berbagai pihak, baik swasta maupun pemerintah (berbagai negara). Biasanya pameran seperti ini sifatnya ada yang bisa diikuti oleh berbagai produk atau hanya spesifik untuk suatu produk tertentu (misal pameran untuk produk mesin-mesin industri). Penyelenggaraan pameran ada yang di dalam negeri Indonesia maupun di luar negeri. Jika anda memiliki budget untuk mengikuti pameran silahkan join pada pameran yang kiranya sesuai. Karena salah satu keunggulan cara ini adalah kita bisa bertemu dan berkomunikasi langsung dengan buyer (lebih menumbuhkan trust) dan bagi buyer juga bisa melihat secara detil (meraba & menyentuh fisik) dari produk yang kita jual.

2. Memanfaatkan Kunjungan ke Luar Negeri

Jika anda suka berlibur keluar negeri, manfaatkan kesempatan ini untuk melihat negara yang sekiranya bisa menjadi target pasar untuk produk anda. Selain itu anda bisa mengunjungi tempat yang sekiranya cocok dengan produk andan untuk mempelajari regulasinya, apakah memungkinkan untuk memasukkan produk disana. Dengan begitu trip anda akan lebih bermanfaat dan mengesankan.

Nah, itulah cara mudah untuk mendapatkan buyer dari luar negeri. Memang tidak mudah namun, jika kamu menerapkan cara di atas secara konsisten bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan buyer dari luar negeri. Jadi tunggu apa lagi, jika kamu ingin melakukan ekspor barang ke luar negeri dan dibantu dalam pengiriman serta pengurusan berbagai berkas, kamu bisa gabung dengan AsiaCommerce. AsiaCommerce memungkinkan untuk mempermudah kamu dalam melakukan kegiatan ekspor dengan layanan yang terbaik. Klik disini untuk informasi lebih lanjut atau pada banner dibawah.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments