Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Pahami EMKL Untuk Kelancaran Bisnis Impormu

by | Aug 11, 2023 | Impor, Logistik

Dalam dunia logistik, memilih jasa ekspedisi yang tepat bisa berpengaruh untuk kelangsungan sebuah bisnis. Dalam bidang logistik sudah pasti banyak kegiatan pengirman barang dari penjual ke pembeli. Namun ada layanan jasa ekspedisi yang bisa menjadi alternatif untuk perusahaan atau pebisnis yang sering mengirimkan barang dalam skala besar. Jasa yang dimaksud adalah Ekspedisi Muatan Kapal Laut atau EMKL. Lalu apa itu EMKL? Berikut pembahasan lengkapnya mengenai pengertian EMKL, sistem pengiriman, jenis-jenis, serta biayanya.

Pengertian EMKL

Jasa ekspedisi kargo laut adalah salah satu pilihan pengiriman barang yang sering dipilih oleh kebanyakan perusahaan dan pebisnis berskala besar. EMKL merupakan singkatan dari Ekspedisi Muatan Kapal Laut yang di dalamnya tergabung beberapa perusahaan jasa ekspedisi yang melayani permintaan kirim barang jalur laut.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan jasa ekspedisi yang tergabung ke dalam EMKL. Tak hanya jasa ekspedisi yang mendapatkan keuntungan, pihak pengirim barang juga akan mendapatkan biaya yang lebih murah secara kumulatif.

Jenis EMKL

Jenis armada kapal yang digunakan untuk jasa ekspedisi kargo laut ada banyak macamnya. Armada kapal yang digunakan bergantung dari kapasitas maksimal barang yang bisa dibawa, jenis barang yang dibawah, hingga kecepatan pengiriman dari armada kapal.

Beberapa jenis armada kapal laut yang biasa digunakan untuk Ekspedisi Muatan Kapal Laut atau EMKL adalah kapal Roro yang merupakan ekspedisi laut kapal cepat. Untuk ekspedisi laut kapal barang menggunakan kapal kargo, ekspedisi peti kemas atau container dan ekspedisi laut kapal PELNI.

Jika dilihat dari rute pengiriman yang digunakan, maka terdapat dua jenis kapal pengiriman jalur laut, yaitu Kapal Linier dan Kapal Tamper. Kapal Linier adalah jenis kapal dengan jadwal keberangkatan tetap, biaya yang tetap dan tujuan pengiriman yang tetap. Sedangkan Kapal Tramper adalah jenis kapal dengan jadwal keberangkatan tetap namun tujuan pengirimannya bisa berubah-ubah. Karena rute Kapal Tramper yang berubah-ubah, tentu saja berpengaruh pada jarak tempuh serta biayanya yang ikut berubah.

Sistem Pengiriman EMKL

emkl

Jasa ekspedisi melalui sistem EMKL dibagi menjadi beberapa cara pengiriman. Cara pengiriman yang ditawarkan bergantung pada kebijakan perusahaan ekspedisi, di antaranya : 

1. Sistem Pengiriman Door to Door

Dalam sistem pengiriman door to door, pihak jasa ekspedisi akan mengambil barang logistik dari gudang atau warehouse pengirim untuk diangkut menuju pelabuhan. Selanjutnya pihak jasa ekspedisi akan membawa barang logistik tersebut melalui rute perjalanan via laut. Saat tiba di pelabuhan, jasa ekspediai akan mengirim barang logistik tersebut ke alamat penerima. Sistem pengiriman door to door cenderung lebih disukai pengirim dan penerima barang karena lebih mudah dan tidak ribet. Namun tidak semua penyedia jasa ekspedisi menyediakan fasilitas ini.

Baca juga : Jasa Import Door to Door Dari China, Ini Tips Lengkap Memilihnya!

2. Sistem Pengiriman Port to Door

Sistem pengiriman port to door adalah sistem pengiriman barang logistik dari pelabuhan ke “pintu” alamat si penerima. Dengan sistem pengiriman port to door, pihak pengirim barang logistik harus membawa sendiri barangnya ke pelabuhan. Kemudian pihak Ekspedisi Muatan Kapal Laut atau EMK akan meneruskan pengiriman barang logistik langsung ke alamat penerima barang.

3. Sistem Pengiriman Port to Port

Yang terakhir yaitu sistem pengiriman port to port adalah layanan jasa ekspedisi yang membawa barang dari pelabuhan ke pelabuhan. Sistem pengiriman ini menjadi salah satu jenis pengiriman yang sering dipilih oleh perusahaan logistik.

Di dalam sistem pengiriman port to port, pengirim harus mengantarkan sendiri barang logistik yang akan dikirimkan ke pelabuhan. Lalu pihak penerima barang logistik yang harus mengambil atau menjemput sendiri barang logistik. Jadi pelabuhan menjadi titik antar sekaligus titik jemput untuk barang logistiknya.

Kelebihan dan Kekurangan EMKL

Setelah mengetahui beberapa jenis sistem pengiriman menggunakan jasa Ekspedisi Muatan Kapal Laut atau EMKL, tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu : 

Kelebihan EMKL

  1. Ongkos Kirim Lebih Murah

Kelebihan utama dari menggunakan jasa kirim Ekspedisi Muatan Kapal Laut adalah biaya kirimnya yang lebih murah. Hal tersebut dikarenakan cara perhitungan ongkos kirim barang dihitung berdasarkan total bobot barang dalam satuan kilogram atau berat kubikasi yang dibagi dengan biaya kirim.

Biaya kirim menggunakan Ekspedisi Muatan Laut jauh lebih murah dibandingkan kargo udara karena perhitungannya dihitung berdasarkan per kilogram berat barang dengan biaya yang sangat murah.

  1. Kapasitas Barang dan Biaya Lebih Efektif

Ekspedisi Muatan Kapal Laut atau EMKL memiliki kapasitas muatan barang yang dikirimkan dalam jumlah besar. Hal ini membuat jasa EMKL menjadi pilihan utama perusahaan dan pebisnis berskala besar untuk mengirimkan logistik dalam jumlah yang besar dan harga lebih murah.

Para distributor dan pedagang besar sangat diuntungkan dengan keberadaan EMKL karena biaya pengirimannya bisa ditekan seminimal mungkin. Selain itu, pengirim juga tidak perlu khawatir dengan ukuran dimensi barang yang besar.

  1. Menguntungkan Untuk Pengiriman dalam Jumlah Besar

Dalam Ekspedisi Muatan Kapal Laut, semakin besar barang yang dikirimkan maka biaya kirimnya akan semakin murah. Hal ini akan sangat menguntungkan untuk para pedagangan besar yang harus mengirimkan barang logistiknya dalam jumlah atau dimensi yang besar. Dari pihak penyedia jasa akan memberikan biaya kirim yang lebih murah jika boto barang logistiknya semakin besar.

Kekurangan EMKL

  1. Terdapat Batas Minimum Bobot Kirim Barang

Salah satu kekurangan utama dari jasa kirim Ekspedisi Muatan Kapal Laut adalah terdapat batas minimum bobot kirim barang. Sehingga layanan ini tidak ramah untuk perusahaan atau pebisnis yang memiliki skala pengiriman dalam jumlah kecil.

Ketentuan minimum bobot kirim bisa berbeda-beda setiap penyedia jasa ekspedisi. Pada umumnya bobot minimum yang ditetapkan kisaran 50kg sampai 100kg. Bobot sebesar 50kg atau 100kg bukan bobot yang biasa dikirim oleh bisnis-bisnis kecil. Hal tersebut membuat bisnis berskala kecil harus mencari opsi lainnya yang lebih terjangkau dan sesuai kebutuhan.

  1. Membawa atau Menjemput Barang ke Pelabuhan

Kebanyakan perusahaan penyedia jasa Ekspedisi Muatan Kapal Laut atau EMKL hanya menawarkan pelayanan sistem pengiriman port to port. Hal ini membuat baik pengirim dan penerima barang harus ke pelabuhan untuk mengirim atau mengambil barang. 

Ekspedisi Muatan Kapal Laut atau EMKL terdiri dari berbagai perusahaan jasa ekspedisi terpercaya dan profesional yang memang sudah berpengalaman di jasa ekspedisi via laut. Keberadaan EMKL yang menghadirkan berbagai keuntungan terutama dari segi biaya membuatnya mendapat respon luar biasa.

Biaya

ekspedisi muatan kapal laut

Biaya Ekspedisi Muatan Kapal Laut pada umumnya lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jasa ekspedisi logistik lainnya. Perhitungan biaya kirim menggunakan EMKL berdasarkan total berat barang dalam satuan kilogram yang dibagi Rp 4000 untuk setiap biaya kirim. Beberapa jasa ekspedisi kargo kapal laut memberlakukan bobot minimal barang yang dikirim di atas 100 kg. Namun angka yang disebutkan sebelumnya tidak berlaku pada semua penyedia jasa EMKL.

Gunakan Solusi Impor dari AsiaCommerce Agar Bisnismu Lancar

Jika Ascomers mengalami kendala dalam memilih jasa ekspedisi pengiriman barang, kamu bisa menggunakan layanan solusi impor dari AsiaCommerce. Kamu hanya perlu memberitahukan produk apa yang ingin dimpor, lalu kami akan mencarikan produk terbaik untukmu. Selain itu, kamu tidak perlu repot-repot mengurus dokumen bea cukai ataupun pengiriman barangnya. Kami akan urus semua prosesnya, kamu hanya perlu menunggu di rumah karena barangnya akan kami antarkan sampai tujuan dengan aman. Jadi kamu bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnismu.

Baca juga : Cara Menekan Biaya Logistik Lewat Digitalisasi

Nah itu dia penjelasan mengenai Ekspedisi Muatan Kapal Laut atau EMKL. Agar memudahkah proses pengiriman logistik, kamu bisa menggunakan layanan impor AsiaCommerce. Dengan layanan impor request, kamu hanya perlu menyerahkan nama produk, jenis produk, kriteria produk, dan informasi tambahan lainnya pada form request. Kami akan membantu kamu mulai dari quality check produknya, pengurusan segala berkas, pengiriman sampai alamat tujuan. Yuk tunggu apalagi, klik di sini atau banner di bawah ini agar kamu bisa segera mendapatkan kemudahan dalam melakukan impor!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments