Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Peluang Usaha Jualan Rekomendasi Boxing Gloves Impor Terbaik

by | Nov 18, 2023 | Impor

Boxing merupakan salah satu olahraga bela diri yang cukup ramai akhir-akhir ini. Olahraga ini banyak disukai karena selain olahraga bela diri, kegiatan ini juga merupakan seni. Banyak yang memulai boxing karena ingin ke tingkat profesional, untuk kebugaran, maupun sekedar hobi saja. Ada beberapa perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga boxing, salah satunya boxing gloves. Berikut ini pembahasan mengenai olahraga boxing serta peluang usaha jualan boxing gloves.

Apa Itu Boxing

boxing gloves
Olympics.com

Tinju atau boxing adalah olahraga dan seni bela diri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian pertandingan berinterval satu atau tiga menit yang disebut ronde. Baik dalam Olimpiade ataupun olahraga profesional, kedua petinju menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya.

Nilai diberikan untuk pukulan yang bersih dan mantap sampe bonyok ke bagian depan pinggang ke atas ke muka ke otak yang sah dari lawan, dengan pukulan ke kepala dan dada mendapat nilai lebih. Petinju dengan nilai yang lebih tinggi setelah sejumlah ronde yang direncanakan akan dinyatakan sebagai pemenang. Kemenangan juga dapat dicapai jika lawan dipukul jatuh dan tidak dapat bangkit sampai hitungan kesepuluh dari wasit (suatu Knockout atau KO) atau jika lawan dinyatakan tidak mampu melanjutkan pertandingan (suatu Technical Knockout atau TKO). Untuk keperluan rekor pertandingan , TKO dihitung sebagai KO.

Peralatan Boxing

rookieroad.com

Ketika kita berbicara tentang sebuah olahraga kita tak akan pernah lepas dari yang namanya alat latihan dalam olahraga. Alat latihan dalam olahraga bisa beraneka ragam jenis merek dan coraknya. Harga yang ditawarkan pun bermacam-macam mulai harga yang ratusan ribu bahkan ada yang mencapai jutaan rupiah. Tak terkecuali dengan alat-alat latihan dalam dunia tinju. Merek serta model alat yang ada dalam latihan tinju memang sangat beragam dan beraneka jenis macamnya. Yuk kita intip alat-alat apa saja yang biasa digunakan dalam latihan tinju :

1. Sarung Tangan Tinju

Sarung tangan adalah simbol paling ikonik dari tinju. Jika Anda berencana untuk berlatih tinju, Anda membutuhkan sepasang sarung tangan yang bagus dengan ukuran yang tepat.

Ukuran sarung tangan tinju diukur dalam berat yang dilambangkan dalam berat ons dan ditulis ‘OZ’, bukan ukuran umum seperti S, M, L, XL. Secara umum, semakin berat tubuhmu, semakin berat sarung tangan yang Anda butuhkan.

Sarung tangan yang lebih berat menggunakan lebih banyak bantalan busa, yang menawarkan lebih banyak penyerapan benturan. Meski begitu, sarung tangan yang lebih berat juga akan memperlambat pukulan.

2. Samsak

Dalam latihan tinju, gerakan memukul adalah intinya. Jadi, untuk hal ini Anda memerlukan sesuatu untuk dipukul. Samsak harus masuk dalam list perlengkapan tinjumu.

Ada beragam jenis dan model samsak tergantung selera masing-masing. Namun, direkomendasikan untuk memiliki 2 jenis samsak, yakni heavy bag dan speed bag.

Heavy bag dipakai untuk melatih kekuatan pukulanmu, sementara speed bag digunakan untuk melatih kecepatan pukulanmu. Untuk memilih samsak berkualitas, pastikan Anda memperhatikan bagian material dan isi samsaknya.

3. Hand Wraps

Setelah sarung tangan, selanjutnya adalah hand wraps. Hand wraps mirip dengan tali panjang yang dililitkan di bagian tangan dan pergelangan tangan petinju. Meski terbilang sederhana, alat ini harus dimiliki oleh seorang petinju.

Hand wraps dirancang untuk melindungi pergelangan tangan dan tangan dari risiko pergeseran tulang dan otot saat seseorang berlatih tinju.

Saat memakai hand wraps, pastikan Anda tahu cara melilitkannya karena jika salah akan mengakibatkan cedera. Untuk cara pemakaiannya, Anda bisa menonton video tutorial di bawah ini.

4. Punching Mitt

Punching mitt menjadi satu-satunya alat yang dibutuhkan rekan pelatihanmu, dan ini menjadi perlengkapan penting. Setiap pelatih tinju memiliki sepasang punching mitt yang bagus untuk membantu mengubah petarung mereka menjadi monster tinju yang kuat.

Memiliki rekan latihan yang dapat memegang punching mitt akan meningkatkan dinamisme dalam pendekatan pukulan dan mengubahmu menjadi petinju yang lebih baik.

Gerakan dari punching mitt yang dapat diprediksi akan mempertajam fokus keterampilanmu dan membawamu ke level berikutnya.

5. Head Guard

Head guard adalah helm empuk yang melindungi kepala selama latihan sparring. Seperti yang kita semua tahu, kepala adalah area pukulan utama dalam tinju, jadi sangat penting untuk meminimalkan dampak di area tersebut saat tinju.

Sebagian besar head guard akan menutupi dahi, pelipis, telinga, samping dan belakang kepala, membiarkan wajah terbuka untuk visibilitas dan kemudahan bernapas.

6. Mouth Guard

Mouth guard berfungsi untuk melindungi area mulut dan mencegah gigi tanggal akibat pukulan selama latihan tinju. Alat ini biasanya terbuat dari bahan karet.

Bahkan, inovasi mouth guard sekarang tidak hanya melindungi gigi, tapi juga membatasi dampak cedera ke seluruh area mulut. Jadi, apa pun jenis gerakan tinju yang dilakukan, meski itu hanya ringan, Anda harus memakainya.

7. Boxing Hand Weights

Pokok lain dari pelatihan tinju adalah tinju bayangan. Salah satu cara petinju pro meningkatkan intensitas sesi tinju bayangan mereka adalah dengan menggunakan beban tangan.

Alat ini adalah bobot tangan paling unik di pasaran dan satu-satunya yang dibuat khusus untuk petinju. Boxing hand weight adalah tambahan yang bagus untuk koleksi peralatan tinju di rumah.

8. Tali Skipping

Tali skipping menjadi alat latihan tinju yang digunakan semua petinju. Biasanya tali skipping digunakan untuk latihan pemanasan sebelum berlatih tinju.

Namun, yang perlu Anda ingat adalah Anda harus menggunakan jenis tali skipping yang berat. Pasalnya, tali skipping yang berat adalah pilihan latihan yang ideal untuk pemanasan. Plus, jenis ini tahan lama, tidak kusut, dan memiliki bobot yang diperlukan untuk latihan yang intens.

Fungsi Boxing Gloves

Alasan utama sarung tangan digunakan dalam olahraga tinju adalah untuk melindungi tangan petinju dari cedera. Cedera tangan sangat umum dalam olahraga pertarungan, meskipun telah menggunakan sarung tangan. Selain melindungi pergelangan dari cedera, boxing gloves juga berfungsi pada beberapa hal penting lainnya, seperti daftar uraian di bawah ini:

1. Mencegah Perpindahan Sendi Jari

Salah satu fungsi utama boxing gloves adalah untuk memberikan bantalan pada persendian jari Anda. Sendi jari adalah bagian tubuh yang paling rentan terhadap pukulan, dan efeknya dapat menyebabkan beberapa kerusakan serius pada buku-buku jari Anda. Penggunaan sarung tangan tinju bertindak sebagai perisai perlindungan.

2. Melindungi Lawan

Dampak gaya pada benda yang bergerak dikenal sebagai momentum dan tinju adalah momentum. Tanpa sarung tangan, efek momentum jauh lebih tinggi dan efektif dibandingkan dengan sarung tangan.

Tanpa sarung tangan, momentum yang dibawa oleh pukulan mengakibatkan kerusakan berat dan cedera parah pada lawan Anda. Penggunaan sarung tangan tinju membantu melindungi lawan dari cedera serius.

3. Dukungan Pergelangan Tangan

Dari sudut pandang medis, pukulan yang kuat dapat menyebabkan kerusakan yang cukup serius, tapi perlindungan dari kerusakan tersebut dapat diberikan dengan menggunakan sarung tangan. Cedera pergelangan tangan memiliki efek jangka panjang yang membutuhkan sedikit waktu untuk sembuh.

Hal tersebut menempatkan ancaman yang cukup besar terhadap karir seorang petinju. Penggunaan boxing gloves sangat penting karena memberikan stabilitas pergelangan tangan selama melakukan pukulan dan membantu petinju menghindari cedera pada pergelangan tangan mereka.

4. Mengurangi Pendarahan

Pendarahan dalam kompetisi tinju adalah hal yang sering terjadi, seperti berdarah pada dahi, hidung dan area lainnya. Namun, pukulan yang kuat dan serius dapat menyebabkan pendarahan yang parah.

Kehilangan darah karena perkelahian lebih sering terjadi jika petinju tidak menggunakan sarung tangan. Menggunakan boxing gloves dapat mengurangi pendarahan dan secara drastis meningkatkan kekuatan.

Jenis-jenis Boxing Gloves

Boxing gloves mungkin terlihat sama satu sama lain, tapi jika diperhatikan lebih detail, Anda akan melihat perbedaannya. Ada beberapa jenis boxing gloves yang berbeda untuk memenuhi tujuan yang berbeda. Mari kita bahas 4 jenis utama boxing gloves dari daftar berikut:

1. Training Gloves

Training gloves mengacu pada boxing gloves yang cocok untuk penggunaan sehari-hari di gym untuk pelatihan mitt atau pad standar, heavy bag training dan partner drills. Jenis ini dirancang untuk memberikan keseimbangan optimal antara perlindungan dan kinerja. Training gloves biasanya memiliki penutup hook-and-loop sehingga dapat dipakai atau dilepas dengan mudah.

2. Sparring Gloves

Sparring gloves dipakai untuk meminimalkan cedera selama latihan sparring. Sarung tangan yang lebih berat dengan bantalan lebih direkomendasikan untuk sparring karena lebih menyerap benturan. Di sebagian besar gym, sparring gloves harus berukuran 16oz ke atas untuk menurunkan risiko cedera sparring. Petinju dalam kategori bobot yang lebih ringan bisa menggunakan ukuran sarung tangan 14oz.

3. Bag Gloves

Seperti namanya, bag gloves digunakan untuk memukul samsak yang berat. Sarung tangan ini memiliki bantalan yang lebih sedikit dibandingkan dengan sarung tangan latihan biasa untuk mengoptimalkan kecepatan dan menekankan pada bentuk pukulan. Bag gloves lebih populer di kalangan petarung profesional dan kurang populer di kalangan praktisi olahraga tempur rekreasi.

4. Competition Gloves

Competition gloves adalah sarung tinju yang digunakan untuk tujuan kompetisi dalam tinju, kickboxing, dan muay thai. Sarung tangan ini lebih ringan daripada sarung tangan latihan lainnya dengan bantalan yang lebih sedikit yang memberikan dampak dan kerusakan lebih besar. Competition gloves memiliki berat dari 6-10oz tergantung pada badan pemberi sanksi dan divisi berat.

Ukuran Boxing Gloves

Ukuran boxing gloves diukur dalam berat yang dilambangkan dalam berat ons dan ditulis oz, bukan ukuran umum, seperti S, M, L, XL. Sarung tangan yang lebih berat menggunakan lebih banyak bantalan busa yang menawarkan lebih banyak penyerapan benturan.

Secara umum, semakin berat Anda, semakin berat sarung tangan yang Anda butuhkan. Ukuran ini juga sangat penting untuk sparring, di mana sarung tangan yang lebih berat dari 16oz ke atas biasanya diwajibkan. Untuk pelatihan reguler seperti mitts, pads dan bag training, direkomendasikan sarung tangan 10-14oz yang juga dapat berfungsi ganda sebagai sarung tangan kompetisi amatir.

Tabel ukuran boxing gloves berfungsi sebagai panduan umum untuk memilih berat sarung tangan yang paling sesuai. Berikut adalah tabel ukuran untuk membantu Anda memilih ukuran boxing gloves yang ideal berdasarkan berat dan penggunaan Anda:

Weight TrainingSparringPro FightAmateur Fight
< 100 lbs< 45 kg8-10oz12-14oz6oz10-12oz
100-125 lbs45-57 kg8-12oz14-16oz6oz10-12oz
125-150 lbs57-68 kg10-12oc14-16oz8oz10-12oz
150-180 lbs68-80 kg10-12oz16-18oz10oz10-12oz
> 180 lbs> 80 kg12-16oz18oz10oz10-12oz

Impor Boxing Gloves dengan Layanan Sourcing AsiaCommerce

Jika Ascomers ingin membeli boxing gloves impor, Anda bisa impor dengan aman dan lancar menggunakan soulusi impor dari AsiaCommerce. Anda cukup memberitahukan barang yang ingin diimpor, lalu kami akan mencarikan produk terbaik untuk Anda. Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot mengurus dokumen bea cukai atau khawatir adanya biaya tambahan. Kami akan urus semua prosesnya, Anda hanya perlu menunggu di rumah karena barangnya akan kami antarkan sampai tujuan dengan aman. Kami juga akan bantu kalkulasi biaya all in dari pengiriman sampai alamat tujuan. Jadi Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnismu. Yuk tunggu apalagi, klik di sini atau banner di bawah ini agar Anda bisa segera mendapatkan kemudahan dalam melakukan impor.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments