Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Pentingnya Memahami Open Account Dalam Kegiatan Ekspor-Impor

by | Sep 18, 2023 | Impor

Open account adalah salah satu metode pembayaran dalam perdagangan internasional yang sudah seringi digunakan. Khususnya pada kegiatan ekspor dan impor, di mana importir tidak akan melakukan pembayaran sebelum menerima barang pesanannya. Yuk simak pembahasannya mengenai apa itu open account, keuntungannya, dan bagaimana cara kerjanya pada blog berikut ini.

Apa itu Open Account?

Dalam perdagangan internasional, bentuk pembayaran melalui rekening terbuka atau open account adalah hal yang umum terjadi. Dengan menggunakan metode tersebut, barang yang dikirim oleh eksportir bisa diterima importir sebelum pembayaran dilakukan.

Dalam hal ini, pengiriman barang dan dokumen dilakukan terlebih dahulu oleh eksportir. Setelah itu, pembayaran dilakukan sesuai kesepakatan antara penjual dan pembeli. Batas waktu pembayaran oleh importir biasanya sekitar 90 hari. Pada dasarnya, penggunaan open account tidak memiliki ketentuan internasional. Namun pelaksanaannya didasarkan pada kontrak jual beli antara pihak eksportir dan importir. Oleh karena itu, isi dari kesepakatannya harus dibuat dengan rinci dan jelas agar tidak terjadi salah tafsir.

Pembayaran melalui open account dilakukan oleh partner bisnis di bawah naungan perusahaan yang sama. Metode tersebut biasanya diterapkan apabila kedua belah pihak sudah memiliki hubungan bisnis yang lama.

Keuntungan Open Account

Setelah mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan open account, Ascomers juga perlu mengetahui keuntungannya dalam bisnis. Menggunakan rekening terbuka sebagai alat pembayaran perdagangan internasional memiliki beberapa keuntungan, utamanya bagi pihak importir atau pembeli. Sebaliknya, metode tersebut memiliki risiko tersendiri bagi eksportir.

Lalu mengapa sistem open account masih tetap digunakan sebagai metode pembayaran oleh penjual atau eksportir? Karena pembeli atau importir sering menekan penjual untuk menggunakan sistem open account. Apabila tidak setuju dengan ketentuan yang diberikan, maka eksportir akan kalah dengan pesaingnya dan kehilangan pasarnya. Berikut ini perbedaan keuntungan untuk penjual dan pembeli.

Untuk Penjual

Penerapan sistem open account cenderung berisiko untuk penjual. Meskipun begitu, pihak eksportir masih bisa mendapatkan beberapa keuntungan yang disediakan oleh jasa pembayaran tersebut. Beberapa keuntungan open account bagi penjual antara lain :

  • Peluang untuk mendapatkan harga jual lebih tinggi dibandingkan sistem penjualan Collection atau Letter of Credit
  • Pondasi kuat bagi hubungan kerja sama antara penjual dan pembeli dalam jangka waktu lama

Pada dasarnya, penerapan sistem open account adalah cara efektif untuk meningkatkan persaingan dalam perdagangan internasional. Meskipun begitu, para eksportir diharapkan untuk tetap mempertimbangkan risiko ekonomi, politik, dan komersial untuk memastikan pembayaran diterima secara penuh dan tepat waktu.

Untuk Pembeli

Penggunaan rekening terbuka sebagai alat pembayaran perdagangan internasional pada umumnya menguntungkan para pembeli. Dengan sistem tersebut, importir dapat memesan barang tanpa harus membayar terlebih dahulu kepada pihak eksportir. Dalam penerapannya, terdapat beberapa keuntungan open account bagi pembeli. Berikut ini adalah keuntungan dari penggunaannya untuk importir atau pembeli dalam kegiatan perdagangan internasional : 

  • Pembeli dapat melakukan pembayaran setelah barang dijual kepada pihak ketiga
  • Pihak importir atau pembeli hanya perlu membayar biaya pengiriman dana kepada bank
  • Tidak memberlakukan biaya penerbitan kepada pihak pembayar
  • Harga jual barang di pasar bersaing sehingga menguntungkan pembeli atau importir

Dalam hal ini, salah satu contohnya adalah suatu perusahaan melakukan kegiatan impor kertas dengan memesan barang terlebih dahulu. Kemudian produk akan dikirimkan bersamaan dengan dokumen terkait transaksi tersebut. Setelah itu, pembeli melakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui oleh kedua belah pihak. 

Baca juga : Memahami Pentingnya Asuransi Pengiriman Barang untuk Impor

Sistem Kerja Open Account

Setelah mengenal pengertian dan keuntungan dari open account, Ascomers juga perlu mengetahui bagaimana cara kerja sistem pembayaran tersebut dalam aktivitas ekspor dan impor. Langkah-langkah terkait penggunaan rekening terbuka penting diterapkan agar tidak terjadi kesalahan tafsir. Penerapan open account adalah hal krusial yang mengharuskan adanya persyaratan tertentu. Pada umumnya, persetujuan dalam sistem pembayaran tersebut perlu mempertimbangkan hal seperti keadaan ekonomi dan politik negara importir serta kredibilitas eksportir.

Apabila pihak eksportir dan importir telah mencapai persetujuan terkait ketentuan open account, maka proses pembayaran bisa dilakukan. Maka dari itu, berikut sistem kerja atau prosedur penerapan rekening terbuka yang perlu Ascomers ketahui :

1. Penandatanganan Kontrak Penjualan

Hal utama dalam penerapan open account adalah persetujuan atas ketentuan transaksi antara pihak eksportir dan importir. Pada umumnya, ketentuan seperti periode batas pembayaran memerlukan kesepakatan kedua belah pihak.

2. Detail Pengiriman Barang

Setelah kontrak disepakati, selanjutnya pihak eksportir akan mengirimkan detail terkait pengiriman barang. Hal tersebut dilakukan agar pembeli dapat bersiap-siap untuk menerima paket yang dikirimkan.

3. Pengiriman Dokumen Ekspor

Pihak eksportir perlu mengirimkan dokumen terkait kegiatan ekspor kepada pihak importir. Kegiatan ini dilakukan tanpa perantara sehingga pembeli menerima dokumen tersebut secara langsung dan melihat keabsahannya.

4. Penerimaan Barang

Untuk mendapatkan produk yang dipesan, pihak importir perlu mendatangi maskapai pengangkutan dengan membawa dokumen terkait pengiriman barang. Sesampainya di tempat, pembeli dapat melakukan klaim pada produk terkait.

5. Pembayaran Sesuai Ketentuan

Tahap terakhir adalah pembayaran yang harus dilakukan sesuai kesepakatan. Biasanya pihak eksportir akan menagih pembayaran melalui telepon, surat, atau melalui jasa pengumpulan dana lainnya.

Baca juga : Eksportir & Importir Wajib Waspadai Hambatan Perdagangan Internasional Ini!

Impor Aman Tanpa Ribet Urus Pembayaran

Setelah memahami pentingnya open account dalam kegiatan ekspor impor, Ascomers juga bisa impor aman tanpa harus ribet urus pembayaran. AsiaCommerce siap membantu kamu mengurus perdagangan bisnis internasional. Kami mengerti betapa pentingnya kelancaran bisnis impor kamu, dan itulah mengapa kami hadir untuk mendukung kamu dalam setiap langkahnya.

Layanan kami mencakup segala yang kamu butuhkan untuk impor barang dari luar negeri. Kami akan mengurus semua aspek, termasuk pengurusan bea cukai, sehingga kamu tidak perlu repot-repot menghadapi kendala administratif. Dengan AsiaCommerce, kamu akan mendapatkan visibilitas penuh atas barang impormu. Kami akan memantau setiap tahapan, mulai dari pemesanan hingga proses pengiriman, sehingga kamu selalu tahu di mana barangmu berada.

Kami juga memiliki tim yang ahli dalam negosiasi harga barang. Dengan dukungan kami, kamu dapat memastikan bahwa kamu mendapatkan kesepakatan terbaik dalam transaksi impormu. Quality control adalah hal yang tak boleh diabaikan, dan kami memahaminya. Barang yang kamu impor akan selalu sesuai dengan standar kualitas yang telah disepakati.
AsiaCommerce berkomitmen untuk membantu pebisnis impor seperti kamu mencapai kesuksesan internasional. Tunggu apa lagi? Segera bergabung bersama kami melalui link atau banner di bawah ini agar bisnis impormu tanpa ribet urus pembayaran.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments