Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Potensi Ekspor Daun Pisang ke Luar Negeri

by | Dec 5, 2023 | Ekspor

Indonesia sebagai salah satu penghasil utama buah pisang, memiliki potensi besar untuk ekspor daun pisang ke luar negeri. Pada blog ini akan membahas potensi pasar internasional untuk daun pisang, syarat ekspor, serta tips bisnis ekspor daun pisang.

Syarat Ekspor Daun Pisang

ekspor daun pisang

Syarat ekspor daun pisang tergantung pada peraturan dan kebijakan pemerintah setempat. Namun, secara umum beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi untuk ekspor daun pisang antara lain :

1. Melengkapi Izin Ekspor

Produk harus mendapatkan izin ekspor dari Kementerian Perdagangan dan/atau Kementerian Kesehatan. Izin ini diperlukan untuk memastikan bahwa produk telah memenuhi persyaratan yang berlaku di Indonesia dan negara tujuan ekspor.

2. Memenuhi Standar Kualitas

Daun pisang yang akan diekspor harus memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh negara tujuan. Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah tingkat kebersihan, keutuhan, kesegaran, dan bebas dari hama dan penyakit.

Pemeriksaan kualitas dapat dilakukan oleh Badan Karantina Pertanian (Barantan) atau instansi terkait lainnya. Sebelum diekspor, daun pisang juga perlu melewati prosedur karantina tumbuhan yang ditetapkan oleh Indonesia dan negara tujuan ekspor. Beberapa langkah yang perlu diikuti adalah pemeriksaan fumigasi, pemeriksaan dokumen, dan pemeriksaan fisik.

3. Memenuhi Persyaratan Fitosanitasi

Daun pisang yang akan diekspor harus memenuhi persyaratan fitosanitasi yang ditetapkan oleh negara tujuan ekspor. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain batas toleransi residu pestisida, persyaratan label dan tanda, serta ketentuan pengemasan.

4. Pengujian Kesehatan dan Keamanan

Beberapa jenis uji kesehatan dan keamanan yang perlu dilakukan untuk ekspor daun pisang ke luar negeri, antara lain :

  • Uji residu pestisida,
  • Uji kandungan logam berat, 
  • Uji bakteri dan mikroba,
  • Uji kandungan nutrisi.

Pengujian kesehatan dan keamanan untuk produk daun pisang dapat dilakukan di laboratorium yang telah terakreditasi oleh badan pengawas atau lembaga kesehatan Indonesia dan yang telah diakui oleh pemerintah negara tujuan. 

Misalnya, Laboratorium Kesehatan dan Keamanan Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Laboratorium Standar Nasional Indonesia (LSNI).

5. Pengepakan dan Labeling

Pengepakan perlu dilakukan dengan hati-hati agar produk tetap segar dan terhindar dari kerusakan selama proses pengiriman. Daun pisang harus disimpan dalam kondisi yang tepat untuk mencegah kerusakan akibat suhu atau kelembapan yang tidak tepat. Pengepakan juga harus mempertimbangkan beban dan volume produk agar tidak melebihi batas yang ditetapkan oleh peraturan pengiriman internasional. 

Sedangkan, labeling dilakukan untuk memberikan informasi penting mengenai produk, seperti nama dan alamat produsen atau eksportir, nomor seri produk, tanggal produksi, tanggal kadaluarsa, dan instruksi penggunaan atau penyimpanan. 

Pihak eksportir juga harus memastikan bahwa label produk sesuai dengan persyaratan yang berlaku, seperti persyaratan bahasa, ukuran huruf, dan informasi produk yang harus dicantumkan.

Potensi Bisnis Eskpor Daun Pisang ke Jepang

Jepang adalah pasar yang menarik untuk bisnis ekspor daun pisang. Pasalnya, daun pisang sangat diminati oleh masyarakat Jepang sebagai bahan untuk menyajikan makanan tradisional, diolah menjadi obat herbal, dan juga digunakan dalam industri kreatif seperti pembuatan kerajinan tangan dan desain interior.

Sebenarnya daun pisang ada di Jepang, tetapi jumlahnya tidak sebanyak di negara-negara tropis seperti Indonesia. Hal ini karena iklim Jepang yang cenderung lebih dingin daripada negara-negara tropis membuat pertumbuhan dan penanaman pohon pisang menjadi sulit.

Menurut laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor daun pisang Indonesia pada tahun 2020 mencapai 6,9 juta dolar AS, dengan Jepang sebagai salah satu negara tujuan utama. Meskipun jumlah ekspor yang relatif kecil, potensi bisnis ekspor daun pisang ke Jepang sangat besar.

Untuk memasuki pasar ekspor daun pisang ke Jepang, produsen harus memenuhi persyaratan yang ketat terutama dalam hal kualitas dan keamanan produk. 

Produsen harus memastikan bahwa daun pisang yang mereka kirim tidak mengandung pestisida atau bahan kimia berbahaya lainnya. Selain itu, produsen harus memastikan bahwa daun pisang dalam kondisi baik dan segar ketika sampai di Jepang.

Tips Bisnis Ekspor Daun Pisang

Jika Anda berminat untuk memulai bisnis ekspor daun pisang, berikut ini beberapa tips untuk ekspor daun pisang : 

1. Siapkan Daun Pisang yang Berkualitas

Ketika melakukan eskpor daun pisang, siapkanlah daun pisang yang berkualitas. Berkualitas di sini artinya secara fisik memang bagus, sesuai dengan kebutuhan customer, dan disajikan dengan baik dalam foto maupun kemasan.

2. Mencari Customer

Alternatif cara mendapatkan customer dari Jepang ialah memposting daun pisang di marketplace luar, seperti Amazon. Karena menggunakan situs marketplace akan membuat ekspor daun pisang akan lebih aman dan terpercaya.

3. Pastikan Mengantongi Izin Usaha

Meskipun ini hanya pengiriman daun pisang. Pastikan sudah mengantongi izin usaha, karena selain menjadi syarat ekspor barang ke luar negeri dan produk Anda akan dipercaya karena sudah memiliki izin usaha dari pemerintah.

4. Carilah Jasa Pengiriman

Cari jasa pengiriman tepercaya untuk mendapatkan ongkos kirim ekspor daun pisang yang layak. Saat ini cukup mudah mendapatkan jasa ekspedisi yang melayani jasa pengiriman ke beberapa negara termasuk ke Jepang.

AsiaCommerce Siap Bantu Ekspor Produk Terbaikmu

Bagi Ascomers yang ingin ekspansi bisnis dengan ekspor produk Anda ke luar negeri, semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat untuk bisnis Anda. Jika Anda tertarik dan ingin melakukan ekspansi bisnis dengan cara ekspor produk, Anda tidak perlu khawatir. Karena AsiaCommerce siap membantu Anda dengan berbagai layanan yang akan memudahkan Anda dalam melakukan ekspor. Sehingga Anda bisa tetap fokus untuk mengembangkan ekspansi bisnis Anda. Klik di sini atau banner di bawah untuk informasi lebih lanjut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments