Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Ini Produk Palestina yang Gratis Bea Masuk ke Indonesia

by | Nov 11, 2023 | Impor

Beberapa produk Palestina juga diimpor dan dijual bebas di Indonesia. Pemerintah RI bahkan telah menghapus tarif bea masuk produk kurma dan minyak zaitun asal Palestina sejak tahun 2019 lalu. Hal itu dilakukan sebagai komitmen RI mendukung Palestina. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai produk palestina yang gratis bea masuk ke Indonesia.

Pemerintah Indonesia Berikan Tarif Nol Persen

Dikutip dari laman resmi Kementerian Perdagangan RI, pemerintah Indonesia telah menghapus tarif bea masuk untuk produk Palestina sejak 2019. Ketentuan tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 126/PMK.010/2018 tentang penetapan tarif bea masuk dalam rangka fasilitasi perdagangan untuk produk tertentu yang berasal dari wilayah Palestina.

Pada 2019, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan bahwa Indonesia menghapus tarif bea masuk produk kurma dan minyak zaitun asal Palestina. Kurma dan zaitun merupakan produk yang belum banyak diproduksi di Indonesia sehingga pemerintah menerapkan penghapusan tarif bea masuk.

Langkah penghapusan tarif ini juga menjadi momentum penting bagi peningkatan hubungan perdagangan bilateral Indonesia-Palestina. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, total perdagangan Indonesia-Palestina pada 2018 mencapai 3,5 juta dolar AS, terdiri dari ekspor Indonesia sebesar 2,8 juta dolar AS atau naik 34 persen dibanding 2017 ), dan impor sebesar 727 ribu dolar AS atau naik 113 persen.

Produk Palestina yang Gratis Bea Masuk

produk palestina
Agensi Anadolu/Mustafa Hassona

Produk Palestina ternyata cukup banyak beredar di Indonesia. Ada beberapa produk Palestina yang diimpor serta dijual bebas di Indonesia. Produk Palestina yang banyak beredar di Indonesia antara lain adalah kurma segar atau kurma yang dikeringkan, minyak zaitun, baut, mur dan sekrup.

Pada tahun 2022 lalu, Presiden Joko Widodo juga menyatakan telah memberikan fasilitas unilateral berupa pembebasan bea masuk untuk kurma dan zaitun dari Palestina ke Indonesia. Fasilitas tersebut juga akan diberikan kepada produk-produk lain dari Palestina sebagai bentuk dukungan Indonesia kepada Palestina.

Indonesia juga memberikan bantuan pengembangan kapasitas sumber daya manusia dalam rangka mempersiapkan negara Palestina yang merdeka. Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 2.000 warga Palestina.

Baca juga : Pebisnis Pangan Wajib Impor Daging Sapi Australia Kualitas Tinggi

Produk Unggulan Pertanian Palestina

produk palestina
Agensi Anadolu/Mustafa Hassona

Selain kurma dan zaitun, Palestina juga memiliki porduk unggulan dari hasil pertanian. Bertani telah menjadi pekerjaan andalan penduduk Palestina, terutama yang bermukim di Jalur Gaza. Data dari Badan Pusat Statistik Palestina pada 2010 menunjukkan ada 292.000 tenaga kerja di sektor pertanian dengan 52 persen bekerja penuh waktu.

Palestina memiliki area pertanian seluas 121 hektare di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Dari area seluas itu, 68% di antaranya dimanfaatkan untuk bertani, 10% beternak, dan 21,8% kombinasi dari bertani dan beternak. Berikut hasil unggulan pertanian Gaza : 

1. Jeruk

Buah ini terkenal dihasilkan dari kerja keras para petani di Khan Younis.

2. Anggur

Buah anggur yang dihasilkan di lahan pertanian Khan Younis dijuluki sebagai “emas kuning” karena kualitasnya yang bagus.

3. Stroberi

Buah ini menjadi produk unggulan para petani di Um Naser dan Dier Balah. Selain stroberi, dua wilayah pertanian tersebut juga menghasilkan tomat, ubi jalar, dan aneka sayuran.

4. Semangka

oresponden Pusat Informasi Palestina menyebut, petani Gaza mengatakan satu dunam atau 1.000 meter persegi, mampu menghasilkan antara 6 dan 10 ton, sesuai dengan kualitas bibit, sifat tanah, dan air yang tersedia untuk irigasi.

Produk-produk pertanian Gaza biasanya dipasarkan ke beberapa negara terdekat, seperti Israel, Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Yordania. Lantaran masih diblokade Israel, setiap produk pertanian Gaza juga terpaksa dikirimkan lewat Israel.

5. Kacang Mediterania

Kacang seperti almond dan kenari tumbuh subur di tanah Palestina. Fokus pada manfaat kesehatan, cara mengolahnya, dan bagaimana produk ini menjadi bagian penting dari kuliner Palestina.

6. Sayuran Organik

Tanah subur Palestina mendukung pertanian sayuran organik. Bahas keberagaman sayuran, praktik pertanian organik, dan dampak positifnya terhadap kesehatan dan lingkungan.

7. Herbal dan Rempah-rempah

Tanaman herbal dan rempah-rempah tumbuh subur di Palestina. Fokus pada kegunaan tradisional, nilai kuliner, dan keunikan dari berbagai herbal dan rempah-rempah.

Baca juga : Cara Impor Produk India ke Indonesia

Impor Produk Unggulan Bersama AsiaCommerce

Jika Ascomers ingin membeli produk impor unggulan, Anda bisa impor dengan aman dan lancar menggunakan soulusi impor dari AsiaCommerce. Anda cukup memberitahukan produk yang ingin diimpor, lalu kami akan mencarikan produk terbaik untuk Anda. Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot mengurus dokumen bea cukai atau khawatir adanya biaya tambahan. Kami akan urus semua prosesnya, Anda hanya perlu menunggu di rumah karena barangnya akan kami antarkan sampai tujuan dengan aman. Kami juga akan bantu kalkulasi biaya all in dari pengiriman sampai alamat tujuan. Jadi Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnismu. Yuk tunggu apalagi, klik di sini atau banner di bawah ini agar Anda bisa segera mendapatkan kemudahan dalam melakukan impor.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments