Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

10 Produk Terlaris di Pasar Australia Untuk Ide Bisnis Ekspor

by | Jan 18, 2024 | Ekspor

Sebelum melakukan ekspansi bisnis, sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan analisis pasar dan mengetahui apa saja produk terlaris di pasar Australia untuk memudahkan perencanaan bisnis dan proses ekspor yang lancar. Pada blog ini akan membahas tentang kenapa harus ekspor ke pasar Australia, tren konsumen Australia, produk terlaris, serta peluang bisnis ekspor ke pasar Australia.

Kenapa Harus Ekspor ke Pasar Australia?

Freepik//freepik

Mengenal pasar yang akan dituju menjadi standar keberhasilan ekspor di Australia maupun negara tujuan ekspor lainnya. Bagi para pengusaha Indonesia, pasar Australia merupakan salah satu tujuan ekspor yang patut dipertimbangkan. Hal ini disebabkan cukup banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang menetap di Australia.

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Biro Statistik Australia, terdapat setidaknya 88.740 orang kelahiran Indonesia yang tinggal di Australia pada tahun 2019. Angka ini terus meningkat hingga mencapai angka setidaknya 150.000 orang Indonesia di seluruh Australia sebagaimana disampaikan oleh Ayu Maryam selaku Direktur dari Indonesia Trade Promotion Center (ITPC).

Ditambah dengan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Australia serta posisi geografis yang saling berdekatan, terbuka banyak kesempatan ekspor Indonesia ke pasar Australia. Hanya saja, kesempatan yang baik juga membutuhkan perencanaan yang matang sehingga produk dapat menyasar ke sasaran yang tepat.

Untuk itu, sangat penting bagi pelaku bisnis yang hendak melakukan ekspansi bisnis dan kegiatan ekspor ke Australia untuk terlebih dahulu melakukan analisis pasar Australia. Tujuan analisis pasar ini adalah untuk mengenali lebih dalam tentang potensi-potensi bisnis yang ditawarkan serta memudahkan pelaku usaha dalam trend forecasting.

Trend forecasting merupakan sebuah proses dimana pelaku usaha dapat memprediksi perubahan tren dan pola baik dalam industri, pasar, maupun perilaku konsumen melalui kegiatan analisis.

Tujuan utama dari trend forecasting adalah agar pelaku usaha dapat dengan mudah mengenali trend yang sedang berkembang dan memprediksi trend yang akan datang. Dengan begitu, pelaku usaha dapat merencanakan strategi bisnis maupun strategi penjualan yang tepat untuk mengantisipasi serta menghadapi perubahan trend tersebut.

Tidak hanya itu, dengan memahami tren konsumen Australia, Anda juga dapat melakukan inovasi terhadap produk dan layanan sesuai dengan permintaan maupun minat pasar sehingga Anda memiliki peluang yang lebih besar dalam melebarkan jangkauan pangsa pasar Anda.

Tren Konsumen di Australia

Secara umum, ada beberapa faktor yang mempengaruhi trend konsumen, diantaranya : 

Kemajuan Teknologi dan Transformasi Digital

Salah satu katalisator utama dari terjadinya tren baru di pasar adalah kehadiran dari kemajuan teknologi. Inovasi dari segi teknologi memungkinkan para konsumen memiliki cara pendekatan baru untuk melakukan interaksi terhadap sebuah produk dan layanan sehingga peluang untuk terciptanya bisnis baru juga semakin terbuka lebar.

Kemajuan teknologi ini kemudian mendorong terjadinya transformasi digital, dimana para konsumen dapat dengan mudah mendapatkan akses informasi seputar produk, melakukan pembelanjaan produk, hingga secara langsung terlibat dalam interaksi dengan suatu merek.

Kehadiran adopsi digital dalam pasar jual beli turut berperan aktif dalam membentuk sebuah tren baru yang mendukung tren e-commerce serta transaksi online.

Faktor Ekonomi

Rasio pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran dan inflasi, serta tinggi rendahnya suku bunga menjadi beberapa tolak ukur yang mempengaruhi daya beli dan pola pembelian konsumen. Beberapa hal ini juga yang menjadi salah satu titik penting yang menjadi penggerak roda trend pasar.

Kebijakan Pemerintah

Dalam ranah perdagangan internasional, tidak dapat dipungkiri bahwa pemerintah dan regulasi merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh. Adanya kebijakan-kebijakan baru seputar ekonomi, regulasi, dan pajak, serta deklarasi kerjasama internasional yang dipublikasikan oleh pemerintah memiliki peran penting terhadap bisnis dan perilaku konsumen.

Terjadinya perubahan kebijakan pemerintah, dapat secara signifikan mempengaruhi transformasi tren di pasar.

Sebagai pengusaha, Anda harus dapat dengan cermat dan tepat melakukan prediksi tren konsumen Australia. Mengingat masyarakat Australia yang kian hari kian melek terhadap isu kesehatan dan kontrol atas kehidupannya sendiri, produk-produk dengan kata kunci sehat dan bergizi memiliki potensi besar untuk mendapatkan perhatian dan minat pasar.

Produk Terlaris di Pasar Australia

pasar australia
Freepik/freepik

Nah, setelah melakukan analisis pasar dan mengetahui karakteristik dari konsumen Australia, dalam pembahasan selanjutnya membahas produk terlaris Australia dari Indonesia. Beberapa kategori produk populer Australia, diantaranya:

1. Produk Fashion

Penduduk Australia secara konstan berbelanja produk pakaian dan alas kaki. Sebagai negara yang memiliki empat musim, tren pakaian di Australia juga mengalami pergantian yang cukup konstan. Namun secara umum, produk fashion terlaris di pasar Australia masih didominasi pakaian berbahan jeans, alas kaki berjenis boots, serta scarf untuk aksesoris tambahan.

Beberapa jenis tren fesyen tersebut dapat dikategorikan sebagai jenis produk pakaian dan alas kaki yang ramah untuk dikenakan pada hampir semua kondisi cuaca. Hal ini juga yang membuat produk-produk di atas memiliki nilai penjualan yang cukup stabil dari masa ke masa.

Ada juga produk pakaian unisex yang juga menjadi salah satu tren di kalangan masyarakat Australia. Anda hanya perlu memperhatikan keragaman dari desain yang ditawarkan, kualitas dari bahan yang digunakan, serta gaya busana yang tak lekang oleh waktu dan dapat dipakai oleh siapa saja tanpa ada batasan jenis kelamin.

2. Produk Organik dan Ramah Lingkungan

Masyarakat Australia sangat peka terhadap kelestarian alam dan lingkungan. Hal ini membuat produk-produk organik yang ramah lingkungan menjadi salah satu produk yang berkembang cukup pesat di Negara Kangguru ini.

Anda dapat menawarkan produk-produk yang terbuat dari bahan organik atau bahan hasil daur ulang, peralatan rumah tangga yang dapat digunakan kembali, dan produk-produk utama dalam rumah tangga dan kehidupan sehari-hari dengan penerapan zero-waste atau bebas limbah.

3. Produk Teh dan Kopi

Masyarakat di Australia secara alamiah memiliki ketertarikan yang kuat untuk produk kopi dan teh dengan mengutamakan keaslian dan profil rasa, hingga teknik penyeduhan untuk menghasilkan rasa yang mewah dan unik.

4. Produk Elektronik

Dalam beberapa waktu terakhir, beberapa produk elektronik laris di Australia, khususnya beberapa produk seperti TV 4K, game consoles, hingga komputer/PC menjadi produk-produk favorit bagi masyarakat melek teknologi yang ingin memenuhi rumah mereka dengan produk elektronik berkualitas tinggi.

5. Produk Makanan

Seperti yang telah dibahas pada segmentasi sebelumnya, bahwa masyarakat Australia sangat memperhatikan kualitas kesehatan serta kelestarian alam. Sehingga, berbagai produk makanan populer di Australia juga sangat memperhatikan aspek gizi dan komposisi nutrisi yang terkandung dalam setiap produk.

Selain produk makanan sehat, Australia dan Indonesia memiliki kesamaan dalam kecintaannya terhadap produk is. yang manis seperti kue, cokelat, dan biskuit kering.

6. Peralatan Olahraga

Australia memiliki budaya olahraga yang kuat, dengan aktivitas seperti kriket, rugbi, renang, dan selancar yang sangat populer. Manfaatkan hal ini dengan menawarkan peralatan dan aksesoris olahraga berkualitas tinggi. Mulai dari peralatan kebugaran dan peralatan pelatihan hingga perlengkapan olahraga luar ruangan dan air, memenuhi gaya hidup aktif masyarakat Australia dapat menghasilkan permintaan yang signifikan terhadap produk Anda.

7. Produk Kesehatan & Kecantikan

Produk kesehatan dan kecantikan terus memiliki permintaan yang tinggi di Australia. Menawarkan beragam produk perawatan kulit, perawatan rambut, dan perawatan pribadi yang memenuhi berbagai kebutuhan dan preferensi. Pertimbangkan untuk memasukkan pilihan alami dan organik, serta produk yang mengatasi masalah khusus seperti perlindungan terhadap sinar matahari, anti penuaan, dan keberlanjutan.

8. Aksesoris Handphone

Karena masyarakat Australia sangat bergantung pada perangkat seluler mereka, menawarkan serangkaian aksesori elektronik seluler dapat memberikan keuntungan. Mulai dari casing ponsel dan pelindung layar hingga kabel pengisi daya dan headphone nirkabel, sediakan aksesori berkualitas tinggi yang meningkatkan fungsionalitas dan gaya ponsel cerdas dan tablet.

9. Peralatan Kerja dan Rumah

Meningkatnya pekerjaan jarak jauh telah meningkatkan permintaan akan peralatan kantor di rumah. Menyediakan kursi ergonomis, meja yang dapat disesuaikan, solusi pencahayaan, dan pilihan penyimpanan yang menciptakan ruang kerja yang nyaman dan produktif. Tekankan pentingnya kantor rumah yang lengkap untuk produktivitas dan keseimbangan kehidupan kerja.

10. Mainan Anak-Anak

Pasar mainan Australia berkembang pesat, menjadikannya peluang bagus bagi penjual. Tawarkan beragam mainan anak-anak, mulai dari mainan pendidikan dan perkembangan hingga peralatan bermain di luar ruangan dan permainan papan. Ikuti tren terkini dan pastikan produk Anda memenuhi standar keamanan.

Peluang Bisnis Untuk Eksportir Indonesia

Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, sesungguhnya terdapat peluang yang besar bagi perkembangan produk Indonesia di pasar Australia. Terlebih lagi, ragam budaya yang berhasil menciptakan keunikan produk Indonesia yang sulit ditemukan pada negara lain. 

Contohnya seperti Batik yang dapat dijadikan bahan utama pembuatan beragam jenis produk fesyen yang memiliki identitas, berkelas, dan tidak dapat ditiru oleh negara lain. Ada pula produk rempah-rempah, kopi, teh, dan kerajinan tangan Indonesia yang memiliki ciri khas tersendiri serta sulit untuk diduplikasi.

Selain itu, keberadaan perjanjian Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) juga memperluas kesempatan bagi pelaku usaha Indonesia masuk ke pasar Australia.

Dalam perjanjian IA-CEPA, pemerintah bertujuan untuk meningkatkan nilai ekspor terhadap komoditi tekstil, otomotif, serta elektronik. Sebaliknya, Australia memiliki tujuan untuk mempermudah pengadaan izin untuk memasok produk hasil ternak dan tani seperti daging sapi beku, daging domba, ternak hidup, susu, gandum, wortel, kentang, dan buah sitrus.

Tidak hanya IA-CEPA, Indonesia Trading House Australia (ITHA) turut bekerjasama dalam membantu perkembangan UMKM agar dapat lebih cepat masuk ke pasar global dengan menargetkan komoditas produk makanan dan minuman, produk merk artisan seperti produk-produk kerajinan, furniture, produk fesyen, dan sepatu.  

Baca juga : Peluang Ekspor ke Australia yang Wajib Diketahui Eksportir

Cara Mudah Untuk Ekspor Produk Terbaik Anda

Anda dapat dengan mudah dan aman ekspor ke pasar Australia dengan layanan solusi ekspor AsiaCommerce. AsiaCommerce hadir sebagai solusi terbaik untuk memastikan kelancaran ekspansi bisnismu. Kami tidak hanya menyediakan layanan pengurusan bea cukai yang efisien, tetapi juga menangani semua aspek logistik untuk memastikan produk-produkmu sampai ke tangan pelanggan dengan cepat dan tepat waktu.

AsiaCommerce juga membantu mencarikan calon pembeli potensial untuk produk Anda. Kami memahami pentingnya memiliki jaringan yang kuat di pasar asing, dan itulah mengapa kami siap membantu Anda untuk mengidentifikasi peluang bisnis yang menjanjikan.Jadi, tidak ada lagi alasan untuk ragu atau khawatir ketika hendak mengekspansi bisnismu ke Asia Tenggara. Segera klik di sini atau banner di bawah ini agar bisnismu bisa berekspansi sekarang juga!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments