Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

8 Rekomendasi Pusat Grosir di Pasar Yiwu China

by | Sep 7, 2023 | Product Sourcing

Pasar Yiwu, yang terletak di Cina, adalah destinasi pasar grosir yang tak dapat diabaikan. Dengan panjang mencapai 7 kilometer, Yiwu International Trade City adalah salah satu pasar internasional terbesar di dunia. Bagi para pebisnis impor, pasar ini adalah tempat yang tak boleh dilewatkan.

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa begitu banyak pengusaha asing memilih Pasar Yiwu sebagai tujuan perdagangan mereka? Jawabannya sederhana: Pasar Yiwu menyediakan kebutuhan barang dengan harga yang relatif murah. Tidak kurang dari 14 ribu pengusaha asing dari lebih dari 100 negara berdagang di sini, dengan 70 ribu stan yang tersebar di dalam kompleks ini. Bahkan hingga saat ini, Pasar Yiwu melayani pesanan online antar negara.

Yang membuat Pasar Yiwu benar-benar menonjol adalah pilihan pembelian yang variatif, mulai dari satuan hingga grosir. Pasar ini buka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga 5 sore, kecuali selama liburan musim semi Cina. Tidak hanya didatangi oleh masyarakat Cina, tetapi juga oleh pengunjung internasional, termasuk dari Timur Tengah, Rusia, dan Afrika. Bagi para pebisnis impor, Pasar Yiwu adalah surga yang tak boleh dilewatkan.

Sekarang, jika kamu ingin mengekspansi bisnis impormu dengan produk unik dari Afrika, Eropa, atau Amerika, kamu tidak perlu bepergian keliling dunia. Cukup kunjungi Kota Yiwu di China. Yiwu, yang terletak di provinsi Zhejiang, salah satu provinsi terpadat di China, memiliki pasar internasional terbesar di dunia bernama International Trade Mart (ITM).

Pasar ini memiliki 75 ribu toko dan didirikan di atas tanah seluas 5,5 juta meter persegi, yang sangat luas. Bayangkan, jika kamu mengunjungi setiap toko di ITM selama 3 menit dan menghabiskan 8 jam setiap hari untuk kunjunganmu, kamu akan membutuhkan 1,5 tahun untuk mengelilingi seluruh kompleks ITM.

ITM menawarkan lebih dari 1,8 juta jenis barang dari 26 industri yang berbeda. Bagi bisnis impor, ITM menyediakan lebih dari 50 ribu jenis barang dari lebih dari 90 negara, termasuk Indonesia.

| Baca juga: Business Owner Wajib Datang ke Canton Fair 2023

Cerita Singkat Tentang Pasar Yiwu China

Sejarah pembentukan Pasar Yiwu menarik. Semula, penduduk Yiwu, mayoritas petani, hidup dalam kemiskinan. Mereka beralih ke perdagangan untuk mencari penghasilan tambahan selain dari bertani. Perdagangan dimulai dengan penjualan bulu ayam, kemudian berkembang ke barang-barang kebutuhan rumah tangga, dan akhirnya menuju ke perdagangan internasional.

Dalam perjalanan waktu, perdagangan petani Yiwu berkembang pesat dan meluas melintasi desa-desa. Perhatian pemerintah setempat segera tertuju pada kemajuan perdagangan ini. Pemerintah memasang papan semen di atas parit untuk membentuk lebih dari 700 kios pedagang di dekat Jalan Huqingmen. Pasar Yiwu terus berkembang dan mengalami perubahan positif yang signifikan.

Setiap tahunnya, sekitar 400 ribu pebisnis dari berbagai belahan dunia mengunjungi Yiwu. Di kota yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Huangzhou, terdapat perwakilan lebih dari 2.500 perusahaan dari berbagai belahan dunia. Jadi, jika kamu seorang pebisnis impor, Yiwu adalah destinasi yang tak boleh kamu lewatkan untuk memenuhi kebutuhan bisnismu.

Kelebihan dan Kekurangan Berbelanja di Pasar Yiwu

Berbelanja di Pasar Yiwu, seperti berbelanja di setiap pasar grosir lainnya, memiliki segala pro dan kontra yang perlu kamu pertimbangkan. Ini dia rangkumannya:

Kelebihan

1. Semua yang Kamu Butuhkan Ada di Sini

Yiwu adalah tempat di mana kamu bisa menemukan hampir segala sesuatu yang bisa kamu bayangkan. Mulai dari pernak-pernik hingga barang-barang rumah tangga, semuanya tersedia dengan mudah.

2. Waktu Pengiriman Cepat

Salah satu kelebihan berbelanja di Yiwu adalah waktu pengiriman yang cepat. Barang-barang sudah siap dikirim, sehingga kamu tidak perlu menunggu terlalu lama.

3. Tidak Ada Tekanan Penjualan

Ketika berbelanja di Yiwu, kamu tidak akan merasa terbebani oleh tekanan penjualan. Kamu punya banyak pilihan dan waktu untuk memutuskan.

Kekurangan

1. Hambatan Bahasa

Salah satu hambatan terbesar bagi para pebisnis asing adalah bahasa. Banyak pedagang di Yiwu tidak fasih berbahasa Inggris, sehingga kamu mungkin memerlukan seorang penerjemah atau bantuan bahasa lainnya.

2. Negosiasi Harga Sendiri

Harga di Yiwu tidak diatur, jadi kamu harus bisa bernegosiasi dengan pedagang. Ini bisa menjadi tantangan, terutama jika kamu tidak terbiasa atau tidak memiliki pengalaman dalam hal negosiasi.

3. Kualitas yang Belum Terjamin

Beberapa pedagang mungkin menawarkan produk dengan kualitas yang kurang memuaskan, dan sulit untuk menentukan kualitas sebenarnya hanya dari tampilan fisiknya.

4. Kurangnya Sertifikasi yang Dibutuhkan oleh Pemasok

Beberapa pemasok mungkin tidak memiliki sertifikasi yang dibutuhkan untuk produk tertentu. Kamu perlu memastikan bahwa produk yang kamu beli memenuhi standar yang sesuai.

Dalam berbelanja di Pasar Yiwu, penting untuk mempertimbangkan baik kelebihan maupun kekurangannya agar kamu dapat mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

| Baca juga: Cari Supplier Sambil Liburan? Kunjungi Global Sources Trade Show!

pasar yiwu
(Unsplash/Paul Evangelista)

Rekomendasi Tempat Grosir di Pasar Yiwu China

Jika kamu berencana untuk berbelanja grosir di Yiwu, ada beberapa pasar populer yang perlu kamu ketahui. Setiap pasar ini memiliki keunggulan dan beragam produk yang bisa kamu temukan. Berikut daftarnya:

1. Futian Market

Futian Market, yang terletak di Distrik 1, terkenal karena beragamnya pasar grosir yang ada di sana. Kamu bisa menemukan berbagai macam produk mulai dari sabuk, barang seni & kerajinan, scarf dan shawl Yiwu, aksesori bunga, lukisan dekoratif, produk kecantikan, hingga aksesori rambut. Salah satu produk yang sangat terkenal di sini adalah bunga buatan, dan berbagai macam komoditas kecil serta perangkat rumah tangga. Pasar ini menawarkan beragam pilihan, menjadikannya tempat yang sangat cocok untuk mencari berbagai produk.

Alamat: Pasar Futian berlokasi di Lantai A4 (Lantai 4, Bagian A) di Distrik 1 Pasar Yiwu, China.

Jam Buka: 08.00-17.00.

2. International Production Material Market

Sesuai dengan namanya, International Production Material Market menyediakan berbagai jenis bahan produksi, mulai dari kaca, produk keramik, bahan logam, peralatan pencahayaan, peralatan kayu, hingga perlengkapan yang dapat digunakan dalam produksi mesin dan bahan baku elektronik. Pasar ini berfungsi sebagai pusat sumber daya yang sangat penting bagi industri yang membutuhkan berbagai macam bahan produksi.

Alamat: Pasar ini terletak di Chouzhou North Rd. China.

Jam Buka: 08.00-17.00.

3. Huangyuan Clothing Market

Dengan sejarahnya yang lebih tua dibandingkan pasar grosir Yiwu, Huangyuan Clothing Market terkenal karena penjualan pakaian. Pasar ini memiliki koleksi pakaian yang sangat beragam. Berbagai pilihan pakaian di pasar ini pasti akan membuat pelangganmu terkesan ketika kamu menambahkannya ke toko kamu.

Alamat: Pasar ini terletak di Jiangbin Bei Rd. dan Huangyuan Rd. China.

Jam Buka: 08.00-17.00.

4. Yiwu Digital Market

Yiwu Digital Market adalah tempat terbesar untuk berbelanja peralatan teknologi, ponsel, laptop merek terkenal, produk LED, kamera digital, produk pencahayaan, dan berbagai aksesori lainnya, semuanya dengan harga yang kompetitif. Jika kamu mencari barang-barang elektronik dan produk teknologi, inilah tempat yang tepat untuk dieksplorasi.

Alamat: Pasar ini terletak di Binwang Rd, Yiwu, China.

Jam Buka: 08.00-17.00.

5. Yiwu Communication Market

Yiwu Communication Market memiliki jalanan khusus yang ditetapkan untuk jenis produk tertentu. Jalanan ini memungkinkan kamu menjelajahi berbagai vendor yang menawarkan produk serupa. Dengan demikian, kamu dapat dapat dengan mudah membandingkan sampel produk secara berdampingan untuk menilai perbedaan kualitas dan fitur.

Alamat: Alamatnya adalah Jalan Binwang 215, Yiwu, China.

Jam Buka: 08.00-17.00.

6. Yiwu Furniture Market 

Yiwu Furniture Market adalah pasar perabotan profesional berskala besar yang menawarkan berbagai jenis produk furnitur. Pasar ini menjadi destinasi utama untuk bisnis impor yang mencari perabotan berkualitas. Dengan beragam pilihan yang ditawarkan di sini, kamu dapat menemukan furnitur dengan berbagai gaya dan fungsi untuk memenuhi kebutuhan bisnis kamu.

Alamat:Terletak di Xicheng Road No.1779, Yiwu, China.

Jam Buka: 08.00-17.00.

7. Yiwu Material Market

Pasar Bahan Yiwu terkenal sebagai penyedia berbagai bahan mentah yang diperlukan dalam berbagai industri. Jika kamu membutuhkan suku cadang mesin, aksesori, atau bahan mentah, pasar grosir ini dapat menjadi sangat penting untuk dikunjungi. Pasar ini melayani berbagai industri yang membutuhkan berbagai macam bahan, menjadikannya pusat sumber daya yang esensial.

Alamat: Alamatnya adalah Airport Road, Yiwu, China.

Jam Buka: 08.00-17.00.

8. Zhejiang Timber Market

Pasar Kayu Zhejiang dikenal sebagai sumber bahan bangunan, terutama kayu yang digunakan untuk lantai dan berbagai infrastruktur. Kualitas dan daya tahan produk-produk di pasar ini sangat baik, dan kamu juga akan mendapatkan harga yang kompetitif jika kamu melakukan pembelian besar. Jika kamu memerlukan bahan bangunan, terutama produk berhubungan dengan kayu, pasar ini adalah tempat yang tepat.

Alamat: Huancheng W Rd, Yiwu, China.

Jam Buka: 08.00-17.00.

Dengan berbagai pasar ini, bersama dengan Yiwu International Trade City, Yiwu merupakan tujuan yang penting bagi bisnis impor. Rencanakan kunjungan kamu dengan cermat untuk memastikan kamu dapat memanfaatkan beragam peluang sumber daya ini.

| Baca juga: Trade Show Terpopuler Untuk Cari Produk Terbaik

Ingin Membeli Produk Grosir langsung ke China? Bergabunglah dengan Sourcing Trip Bersama AsiaCommerce

Sekarang saatnya kamu ikut serta dalam trade show terbesar untuk mendapatkan produk-produk terbaik untuk bisnis impormu. AsiaCommerce siap mendampingi langkahmu dalam perjalanan bisnis ini!

Bergabunglah dengan kami dalam Sourcing Trip AsiaCommerce untuk mengikuti pameran dagang terpopuler yaitu Canton Fair di Guangzhou dan Global Sources di Hongkong. Kamu tidak perlu khawatir tentang bahasa, negosiasi, atau transportasi yang rumit. Kami hadir untuk memastikan kamu mendapatkan pengalaman yang lancar dan berharga.

Kami menyediakan layanan yang dapat membantumu dalam mencari supplier terpercaya dari tangan pertama, membangun relasi bisnis yang kuat, serta memudahkan kamu dalam proses negosiasi tanpa harus menguasai bahasa China. Dengan bergabung dalam sourcing trip bersama AsiaCommerce, kamu akan mendapatkan akses langsung ke para pengusaha, serta mendapatkan dukungan penuh dari tim kami.

Jangan biarkan kesempatan ini lewat begitu saja. Ayo bergabung dengan kami dan jadilah bagian dari perjalanan bisnis yang penuh peluang dan potensi. Hubungi AsiaCommerce dengan klik tautan berikut atau banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjut dan reservasi tempatmu dalam perjalanan bisnis yang menguntungkan ini!

CTA Sourcing Trip
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments