Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Macam-macam Simbol Peringatan pada Kardus dan Fungsinya

by | Aug 18, 2023 | Logistik

Jika Ascomers memproduksi dan menjual barang jualanmu sendiri atau melakukan bisnis retail yang selalu menerima kiriman stok barang, penting untuk mengetahui simbol peringatan pada kardus. Penggunaan simbol pada kardus tidak bisa sembarangan dan tidak bisa kita desain sesuai keinginan kita. Ada sejumlah simbol pada kardus yang sudah diakui secara internasional. Jadi, ketika Ascomers mengirim barang ke luar negeri, penyedia jasa pengiriman sudah tahu maksud dari simbol peringatan pada kardus kemasan.

Mereka juga akan memperlakukan barangmu sesuai simbol yang tertera, ke negara mana pun kamu mengirimnya. Selain untuk pihak jasa pengiriman, simbol peringatan pada kardus juga berfungsi sebagai informasi bagi pembeli atau penerima barang. Penerima pun jadi tahu bagaimana memperlakukan kardus, apakah bisa ditumpuk, dibalikkan, atau dibanting. Bagi Ascomers yang belum familiar dengan simbol peringatan pada kardus, yuk kenali simbol-simbolnya berikut ini.

Mengenal Simbol Peringatan pada Kardus

Material packing yang sering digunakan untuk mengemas barang, salah satunya adalah kardus. Kardus memiliki ruang penyimpanan yang sangat pas untuk menjadi kemasan berbagai jenis barang. Untuk membedakan jenis barang yang ada di dalamnya, kardus akan diberikan sebuah simbol yang disesuaikan dengan spesifikasi barang di dalamnya. Tanpa kita sadari, simbol peringatan pada kardus sangat berperan besar dalam usaha menjaga keselamatan barang.

Dengan adanya simbol peringatan pada kardus bertujuan agar menjaga produk yang berada di kemasan tersebut tetap aman dan tidak mudah rusak ketika di simpan di gudang ataupun selama proses pengiriman. Kondisi kardus sendiri juga menjadi parameter layak atau tidaknya suatu barang untuk didistribusikan ke pasar.

Fungsi Simbol Peringatan pada Kardus

Simbol pada kardus ditempel bukan sebagai hiasan atau untuk memperindah kardus, melainkan memiliki fungsi yang penting, baik untuk produsen maupun konsumen. Fungsi utama dari adanya simbol peringatan pada kardus adalah memberikan informasi bagaimana memperlakukan barang tersebut. Hal tersebut penting dilakukan agar produk tetap dalam keadaan bagus, baik saat sedang di simpan di gudang, dipindah muatan, maupun saat pengiriman.

Jenis-jenis Simbol Peringatan pada Kardus

Sebagai produsen maupun konsumen, kamu perlu memahami arti dari simbol-simbol yang ada dalam kardus atau kemasan packing. Ada berbagai simbol yang bisa Ascomers jumpai dan setiap gambar dari simbol tersebut memiliki artinya tersendiri. Berikut ini beberapa daftar simbol peringatan pada kardus dan artinya.

1. Fragile (Barang Mudah Pecah)

simbol peringatan pada kardus

Fragile adalah salah satu simbol yang paling sering dijumpai di dalam kemasan kardus. Adanya simbol ini menunjukkan bahwa barang yang ada di dalam kemasan termasuk barang yang rapuh, mudah pecah, atau terbuat dari kaca. Simbol ini juga berfungsi sebagai tanda agar pihak pengiriman, distributor, atau ekspedisi selalu berhati-hati dalam membawa barang agar sampai di tempat tujuan dengan kondisi yang utuh dan aman.

Simbol fragile biasanya ditandai dengan gambar gelas yang pecah. Ascomers pasti familiar dengan simbol yang satu ini, khususnya bagi kamu penggemar belanja online.

2. Handle with Care (Tangani dengan Hati-hati)

simbol peringatan pada kardus

Simbol ini berarti bahwa barang yang ada di dalam kemasan harus dibawa dengan sangat hati-hati sehingga barang tidak jatuh dan rusak. Simbol yang satu ini memang memiliki arti yang sama dengan simbol fragile, umumnya simbol ini digunakan untuk barang yang terbuat dari kaca seperti botol, gelas, piring, dan lain-lain.

Ini juga bisa menjadi tanda untuk petugas yang membawa barang dengan simbol ini agar berhati-hati sehingga barang sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

3. Keep Dry (Simpan di Tempat Sejuk)

simbol peringatan pada kardus

Simbol ini memiliki arti bahwa barang yang ada di dalam kemasan kardus harus disimpan di tempat yang kering atau di tempat yang sejuk. Simbol ini biasanya dijumpai pada produk makanan, minuman dan barang-barang yang mudah berjamur atau tidak bisa diletakkan di tempat yang lembab. Disarankan untuk menaruh barang pada suhu tidak lebih dari 30°.

Selain itu jangan biarkan barang terpapar sinar matahari secara langsung. Meskipun ruang penyimpanan sudah kering, namun jika terpapar sinar matahari langsung akan menyebabkan barang rusak atau tidak layak dikonsumsi.

4. This Side Up (Petunjuk Bagian Atas)

simbol peringatan pada kardus

Simbol ini digunakan untuk memberitahukan posisi atas dan bawah dari sebuah kemasan agar saat ditumpuk dengan kemasan lainnya tidak menyebabkan barang yang ada di dalamnya terbalik, biasanya simbol ini dijumpai pada kemasan minuman.

Jangan sampai meletakkan kardus dengan posisi terbalik karena akan menyebabkan minuman tumpah. Simbol ini ditandai dengan gambar tanda panah menunjuk ke bagian atas.

5. Do Not Step On It (Jangan Diinjak)

simbol peringatan pada kardus

Simbol ini berarti bahwa kemasan atau kardus tidak boleh diinjak agar barang yang ada di dalam kemasan tetap terjaga kondisinya. Simbol ini ditandai dengan gambar sepatu yang menginjak sebuah garis.

Jika kamu melihat simbol ini maka jangan pernah menginjak, menekan, atau menumpuknya dengan kardus atau kemasan yang lebih berat. Selain tidak boleh diinjak, disarankan untuk tidak menumpuknya dengan jumlah yang berlebihan karena akan meningkatkan risiko kerusakan.

6. Maximum Stack (Tumpukan Maksimal)

simbol peringatan pada kardus

Simbol ini memiliki arti bahwa kardus atau packing memiliki batasan maksimal untuk bisa ditumpuk. Simbol ini ditandai dengan tanda garis yang ditumpuk beserta dengan tulisan angka di bagian atas garisnya.

Misalnya angka menunjukkan angka 8, maka kardus atau kemasan bisa ditumpuk sebanyak 8 kali, tidak boleh lebih dari itu. Jika lebih dari jumlah yang ditentukan bisa menyebabkan barang yang ada di dalamnya rusak.

7. No Stack (Barang Tidak Boleh Ditumpuk)

simbol peringatan pada kardus

Simbol ini memiliki arti yang sudah sangat jelas, menunjukkan barang tidak boleh ditumpuk. Meskipun itu hanya satu atau dua tetap bisa memungkinkan barang rusak.

Simbol ini ditandai dengan tanda kotak yang ditumpuk kemudian terdapat tanda silang. Biasanya simbol ini sering digunakan untuk makanan dan minuman dengan kemasan yang mudah rusak.

8. Recycle (Daur Ulang)

simbol peringatan pada kardus

Simbol ini berarti bahwa kardus atau kemasan yang digunakan untuk mengemas barang bisa untuk daur ulang, dengan kemasan yang bisa didaur ulang akan membuat kita bisa berpartisipasi menyelamatkan bumi.

Jika kamu masih menggunakan kantong plastik atau kresek saat berbelanja ke supermarket atau swalayan, maka mulai sekarang kamu bisa menggunakan kantong belanja yang ramah lingkungan. Jadi kamu tidak perlu membuang-buang plastik yang susah untuk didaur ulang.

9. First In First Out (Terima Lebih Dulu Jual Lebih Dulu)

simbol peringatan pada kardus

Salah satu simbol yang jarang diketahui oleh banyak orang adalah simbol First In First Out atau yang biasa disingkat dengan FIFO. Simbol ini memiliki arti bahwa barang yang pertama diterima/masuk harus dijual terlebih dahulu.

Jadi disarankan untuk menjual barang yang ada di dalam kardus yang diterima/masuk terlebih dahulu karena biasanya memiliki masa kadaluarsa lebih awal.

10. Explosive (Mudah Meledak)

Simbol ini berarti bahwa barang yang ada di dalam kemasan kardus atau packing merupakan bahan yang mudah meledak atau sensitif untuk meledak. Disarankan untuk membawa jenis barang seperti ini secara hati-hati dan jangan sampai dibanting.

Selain itu, jangan letakkan barang yang ada di dalam kemasan kardus ini berdekatan dengan bahan bakar atau bahan yang mudah terbakar lainnya. Simbol ini ditandai dengan tanda atau gambar ledakan dengan tulisan radioactive di bawahnya.

11. Temperature Limitation (Batas Suhu)

Simbol ini berarti bahwa barang yang ada di dalam kemasan kardus atau packing harus disimpan pada tempat yang memiliki suhu sesuai dengan yang sudah ditentukan, biasanya suhu yang ditentukan terdapat tulisan Celcius atau Fahrenheit.

Jika barang diletakkan pada suhu melebihi batas yang sudah ditentukan, maka bisa saja meningkatkan risiko barang mengalami kerusakan. Misalnya saja pada simbol tertera suhu maksimal 45°C, maka jangan sampai Ascomers menaruh barang tersebut di atas suhu yang sudah ditentukan.

12. Keep Tidy (Jagalah Kebersihan)

Simbol ini memiliki arti agar kita selalu menjaga kebersihan, sisa-sisa dari kemasan kardus atau packing maupun barang yang ada di dalamnya harus dibuang di tempat sampah. Jangan membuangnya secara sembarangan.

Sebagai konsumen yang cerdas, alangkah lebih baik kita lebih bijak lagi dalam mengkonsumsi sesuatu. Jangan sampai setelah mendapatkan manfaat dari barang yang sudah dibeli kemudian acuh dengan keselamatan dan kebersihan lingkungan.

13. Do Not Dispose (Barang Tidak Boleh Dibuang Langsung Ke Tempat Sampah)

Simbol ini berarti bahwa barang yang ada di dalam kemasan kardus mengandung bahan kimia yang berbahaya seperti baterai dan barang elektronik. Maka dari itu, barang yang sudah tak digunakan dilarang membuangnya secara langsung ke tempat sampah umum. Disarankan untuk memisahkannya untuk menghindari risiko yang berbahaya.

14. Contain Poison (Awas Beracun)

Simbol ini berarti bahwa barang yang ada di dalam kemasan kardus atau packing mengandung unsur racun yang berbahaya. Barang yang menggunakan simbol ini seperti obat nyamuk dan bahan kimia berbahaya lain seperti racun tikus atau pestisida, simbol ini digambarkan dengan gambar tengkorak dan tanda silang.

15. Avoid Sun Beam (Jauhkan Dari Sinar Matahari)

Simbol ini berarti bahwa kemasan kardus/packing agar dihindarkan dari cahaya sinar matahari secara langsung dan sumber panas lainnya.

Simbol ini bertujuan agar kualitas dari barang yang ada di dalam kemasan tetap terjaga, hal ini dikarenakan barang yang biasanya menggunakan simbol ini adalah makanan yang mudah meleleh seperti mentega dan coklat.

16. Flammable (Mudah Terbakar)

Simbol ini berarti bahwa barang yang ada di dalam kemasan kardus merupakan barang yang mudah terbakar. Bisa saja barang terbuat dari bahan kimia ataupun bahan lain yang bersifat tidak tahan panas.

Oleh sebab itu, disarankan untuk menyimpannya di tempat yang kering, jauh dari panas dan bahan berbakar lainnya. Simbol ini ditandai dengan gambar api yang berkobar.

17. No Cutter (Jangan Gunakan Cutter)

Simbol ini berarti bahwa saat akan membuka barang yang ada di dalam kemasan kardus jangan menggunakan cutter. Gunakanlah barang aman lainnya atau benda tidak tajam, hal ini bertujuan agar menjaga kemasan dan barang yang ada di dalamnya tetap pada kondisi yang bagus. Sebab jika barang ternyata rusak karena menggunakan cutter, maka akan sangat sulit untuk mengajukan pengembalian.

18. European Standard

Simbol ini berarti bahwa barang yang terdapat di dalam kemasan kardus sudah terbukti atau lolos uji dan memenuhi syarat keamanan negara. Jika simbol yang tertera adalah tanda European Standard maka sudah memenuhi syarat keamanan Negara Eropa, ini juga berarti bahwa barang bisa digunakan atau dikonsumsi dengan aman.

Tips Melakukan Pengiriman ke Seluruh Indonesia dengan Aman Bersama AsiaCommerce

Jika Ascomer mengalami kendala seperti kesulitan mencari orderan yang stabil, tim terbatas tapi banyak yang harus dikerjakan, tidak tahu cara mengembangkan bisnis ke seluruh Indonesia atau banyak marketplace yang harus dicoba tapi tidak punya waktu untuk mencoba satu per satu. Kamu bisa menggunakan layanan distribusi dan reseller marketplace. Kami akan membantu kamu mulai dari distribusi produk bersama ribuan reseller melalui aplikasi AsiaCommerce, menyediakan layanan dropship, membantu menjualkan produk melalui berbagai marketplace, serta manajemen stok dari barang-barangmu.

Baca juga : Mengungkap Cara Packing Paket Terbaik Ekspor ke Luar Negeri

Tunggu apa lagi? Segera klik di sini atau banner di bawah ini untuk segera meningkatkan keuntungan bisnismu hingga berkali-kali lipat. Segera bergabung bersama kami dan rasakan perbedaannya!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments