Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Importir Wajib Kenal Apa Itu Telegraphic Transfer

by | Oct 24, 2023 | Impor

Jika Ascomers memerlukan layanan pengiriman uang ke luar negeri, salah satu metode pembayaran yang dapat digunakan adalah telegraphic transfer. Layanan telegraphic transfer adalah layanan pengiriman uang yang mencakup perbankan di sejumlah negara sehingga Ascomers akan dimudahkan untuk transfer uang ke luar negeri. Yuk simak pembahasan lengkapnya pada blog berikut ini.

Apa Itu Telegraphic Transfer?

Singkatnya, telegraphic transfer adalah layanan yang memungkinkan seseorang atau pebisnis mengirimkan uang ke rekening bank di luar negeri. Bagi masyarakat modern, mungkin istilah apa itu telegraphic transfer masih terdengar asing. Sebab layanan ini baru populer pada beberapa dekade lalu, di mana saat seseorang ingin mengirimkan uang ke luar negeri, pesan kode pengiriman uang akan dikirimkan antar bank melalui sistem telegraf.

Namun, sekarang teknologi telah berkembang. Sekarang proses pengiriman uang antar negara dilakukan secara elektronik melalui jaringan Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT), di mana prosesnya sendiri yakni bank pengirim akan menyalurkan uang melalui bank koresponden di negara tertentu hingga akhirnya diterima oleh bank penerima di negara tujuan untuk disalurkan kembali ke rekening penerima.

Cara Mengirim Uang Menggunakan Telegraphic Transfer

Freepik/onlyyouqj

Saat ini, ada banyak perbankan di Indonesia yang menyediakan layanan telegraphic transfer. Meskipun proses pengiriman uang ke luar negeri melalui TT bisa dilakukan secara tunai, namun sebaiknya Ascomers memiliki rekening di bank di bank tersebut agar mempermudah proses pengiriman uang. Selain itu, Ascomers tak perlu menukarkan mata uang terlebih dulu karena bank akan mengkonversi mata uang Rupiah ke mata uang sesuai tujuan negara pengiriman.

Untuk memulai pengiriman uang via telegraphic transfer, Ascomers juga bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Isi formulir aplikasi pengiriman uang seperti negara penerima, nama penerima, nama bank penerima yang disertai dengan kode SWIFT dari bank tersebut, serta nomor telepon penerima.
  • Kunjungi bank dengan membawa buku rekening, kartu ATM, serta kartu identitas seperti KTP.
  • Isi slip transfer antar bank dengan informasi yang benar.
  • Lakukan pembayaran dan simpan bukti transfer.
  • Tunggu proses pengiriman dana sekitar 1 – 4 hari kerja.

Dalam proses pengiriman uang melalui TT, Ascomers diharuskan mengetahui kode SWIFT dari bank tujuan karena berfungsi sebagai pembawa data untuk menyalurkan pesan antara dua lembaga keuangan. Selain itu, semua bank di dunia pun memiliki kode SWIFT tersendiri sehingga sebaiknya kamu mengetahui kode SWIFT dari bank pengirim maupun penerima agar proses transfer uang berjalan lancar.

Baca juga : 4 Cara Pembayaran Paling Praktis di AliExpress

Perbedaan Telegraphic Transfer dan Metode Lain

Dibanding metode transfer elektronik lain, perbedaan utama telegraphic transfer adalah biayanya yang terbilang tinggi. Sebab, ada komisi untuk setidaknya tiga bank yang terlibat dalam proses transfer dan biaya margin kurs mata uang yang menjadi tanggungan pengirim dana.

Makanya muncul sejumlah aplikasi pengiriman uang ke luar negeri yang menjanjikan biaya lebih rendah dibanding telegraphic transfer konvensional yang disediakan bank. Aplikasi ini juga memiliki fitur riwayat transaksi yang mudah diakses secara ­real-time sehingga memudahkan manajemen pengeluaran.

Meski demikian, telegraphic transfer lewat bank memiliki keamanan yang betul-betul terjamin karena adanya jaringan yang telah lama terbentuk dan kuat antar bank. Untuk hal lain, seperti kecepatan pengiriman, tidak ada perbedaan mutlak.

Adapun tujuan penggunaannya sama dengan banyak metode transfer lain. Salah satu tujuan telegraphic transfer adalah mengirim uang ke anggota keluarga di luar negeri. Ascomers juga dapat menggunakan metode ini untuk membayar transaksi bisnis kepada vendor atau mitra usaha di luar negeri.

Jika ingin memakai telegraphic transfer untuk bisnis, sebaiknya perhatikan biaya yang muncul. Apalagi jika menggunakannya sebagai metode transfer rutin ke luar negeri. Metode ini mungkin dapat dikatakan terbaik karena memakai konsep yang sudah mapan teruji sejak puluhan tahun silam. Tapi coba bandingkan dengan metode lain yang bisa jadi lebih memberikan keuntungan untuk bisnismu.

Kemana Saja Tujuan Pengiriman Uang dengan Telegraphic Transfer?

Freepik/rawpixel.com

Hampir seluruh bank di Indonesia melayani pengiriman uang ke luar negeri. Adapun mata uang yang didukung untuk telegraphic transfer antara lain AUD, CAD, EUR, GBP, HKD, JPY, SGD, USD, THB, serta MYR. Namun, daftar negara dengan mata uang tersebut yang melayani telegraphic transfer yang berbeda-beda. Jadi, sebaiknya Ascomers mengkonfirmasi terlebih dahulu, sebelum melakukan pembayaran.

Berapa Biaya untuk Melakukan Telegraphic Transfer?

Telegraphic transfer dikenakan biaya yang berbeda untuk setiap bank penyedia layanan. Ascomers bisa memilih apakah biaya ingin ditanggung penerima dan dipotong dari jumlah yang akan ditransferkan, atau menanggungnya dengan rincian biaya SWIFT, biaya provisi, dan biaya pengiriman uang yang diterima secara penuh.

Selain itu, Ascomers juga akan dikenakan biaya dari bank perantara dan bank penerima. Seperti yang dijelaskan di atas, SWIFT melibatkan bank mitra yang berfungsi sebagai penyalur dari bank pengirim dan bank penerima. Dan terakhir bank penerima akan mengenakan biaya setelah uang sampai. Biaya ini bisa dipotong sebelum uang disetorkan ke rekening penerima atau penerima bisa melakukan tambahan pembayaran.

Secara keseluruhan, proses ini cukup merepotkan apalagi dengan biaya-biaya yang dikeluarkan berkali-kali. Oleh karena itu, banyak layanan pengiriman uang selain bank muncul, termasuk Topremit. Anscomers bisa mengirim uang dengan proses yang cepat dan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang bikin bengkak kantong.

Baca juga : Mengenal Shipping Instruction Dalam Proses Ekspor Impor

Konsultasikan Kebutuhan Bisnismu Bersama Tim AsiaCommerce

Sebagai perusahaan dengan pengalaman dalam lingkup ekspor dan impor, AsiaCommerce menyediakan berbagai solusi dan layanan yang dapat membantumu memulai dan mengembangkan bisnis impor. Kami menawarkan konsultasi impor dan ekspor yang komprehensif, serta menjadi mitra yang dapat kamu andalkan dalam perjalanan bisnismu.

Layanan yang kami sediakan meliputi: 

– Konsultasi impor

– Konsultasi ekspor

– Layanan membership yang memungkinkan kamu memulai bisnis dengan mudah

– Konsultasi untuk melakukan distribusi melalui marketplace

– Konsultasi distribusi kepada reseller

– Layanan sourcing produk-produk berkualitas. 

AsiaCommerce siap membantu kamu merencanakan, mengatur, dan menjalankan bisnis impormu. Kami memahami bahwa bisnis ekspor dan impor bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan bimbingan dan dukungan yang tepat, kamu dapat menjalankannya dengan lancar. Segera hubungi AsiaCommerce melalui link berikut atau klik banner di bawah ini!

CTA Konsultasi Gratis
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments