Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Tips Memilih Produk China Untuk Dijual di Indonesia

by | Oct 10, 2022 | Impor

Mungkin sudah tak asing lagi bagi kamu bahwa produk China merajai pasar Indonesia, mulai dari elektronik, peralatan rumah tangga sampai alat medis di impor dari negara yang dikenal dengan negri tirai bambu tersebut.

Lantas mengapa barang dari China ? Barang impor dari China menjadi barang yang paling dicari serta barang yang laku keras di Indonesia. Karena barang dari China terkenal sangat murah dan bisa dijual kembali di Indonesia dengan harga yang sangat tinggi. Selain itu juga memiliki kualitas yang tidak kalah baiknya dengan barang yang lain.

Dari segi bisnis pun perbandingan harga beli dan harga jual bisa mencapai 10 kali lipat. Tentu, ada juga resiko ketika kamu hendak mengimpor barang dari china.

Yang jadi pertanyaan ketika kamu hendak mengimpor barang dari China, salah satunya adalah bagaimana caranya memilih produk dari China? Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memilih produk dari China untuk dijual di Indonesia:

1. Melalui suplier atau distributor terpercaya

Tips memilih produk China untuk dijual di Indonesia yang pertama adalah melalui suplier atau distributor terpercaya.

Kamu bisa berkunjung ke tempat industri, dengan mengunjungi supplier secara langsung ke lokasi produksi atau lokasi berjualannya akan memberikan beberapa keuntungan kepadamu, karena bisa melihat segala proses produk dan kamu juga bisa melihat secara langsung serta memilih sendiri produk untuk kamu jual kembali sesuai dengan kualitas yang di inginkan.

Selain itu, kamu juga bisa secara langsung melihat pemiliknya. Sehingga, dapat mengurangi risiko kerugian. Ditambah lagi bisa membangun kedekatan dengan pemilik. Sehingga, dapat menimbulkan kepercayaan pada kedua belah pihak. Bahkan bisa saja harga yang diberikan padamu bisa lebih rendah.

2. Melalui Marketplace

Tips memilih produk China untuk dijual di Indonesia yang kedua yaitu melalui marketplace. Dengan semakin berkembang pesatnya bertransaksi secara digital kamu dapat memanfaatkan marketplace atau e-commerce untuk mencari dan memilih produk yang tepat. Kamu dapat pesan barang apa saja yang ingin di import dari supplier secara online tanpa perlu bertatap muka secara langsung.

Cukup dengan scroll marketplace atau e-commerce di China. Selain itu kamu dapat menentukan berapa banyak produk yang akan diimpor baik eceran atau grosir dalam jumlah banyak.

Akan tetapi kamu harus benar-benar memilih marketplace yang terpercaya dan aman tentunya. Berikut beberapa marketplace terbaik di China yang aman dan terpercaya.

1. Alibaba.com

Tidak perlu diragukan lagi, marketplace raksasa asal China ini sudah menjadi salah satu marketplace yang ternama di china bahkan di dunia. Platform yang didirikan oleh Jack Ma ini, menjadi marketplace dengan company growth yang sangat pesat terutama di wilah Asia. Di Alibaba.com kamu dapat mengimpor berbagai barang secara grosir maupun eceran. Untuk pembayaran kamu dapat menggunakan beberapa cara yaitu, melalui kartu kredit, paypal, western union dan berbagai metode pembayaran yang lain

2. Taobao.com

Tak kalah bagus, Taobao juga bisa dijadikan pilihan untuk memilih produk dari China. Marketplace ini masih dalam satu kepemilikan dari Alibaba Group, Taobao.com merupakan salah satu Marketplace terbesar di China. Produk yang ditawarkan juga lebih lengkap dan relatif lebih murah jika bandingakan dengan platform yang lainnya. Jika kamu mencari barang fashion, maka Taobao adalah pilihan yang tepat karena kamu bisa dapatkan berbagai produk fashion seperti tas, sepatu, sampai baju dengan kualitas yang bagus dan juga murah .Oleh karena itu Taobao merupakan pilihan yang tepat jika ingin mengimpor barang dari China.

3. 1688.com

Satu lagi marketplace yang dapat membantu kamu dalam memilih produk dari China untuk di jual di Indonesia, yaitu dengan menggunakan layanan platform 1688.com yang merupakan anak cabang dari Alibaba. Namun situs 1688.com ini hanya menggunakan Bahasa mandarin saja, dan hanya menggunakan metode pembayaran dengan Alipay saja. Buat kamu yang gak bisa Bahasa mandarin tidak perlu khawatir, karena kamu masih bisa menggunakan fitur  dari google translate yang ditawarkan oleh website tersebut.

Untuk di 1688.com, produknya langsung dari pemasok, kemudian jika membeli semakin banyak produk maka harganya akan semakin murah. Kemudian juga di marketplace 1688.com itu ada minimal order. Biasanya dalam satu toko minimal pembeliannya dua sampai tiga buah. Namun, jika kita lebih jeli, kita akan mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan yang lainnya.

3. Baca Deskripsi Produk

Tips memilih produk China untuk dijual di Indonesia yabg ketiga yaitu baca deskripsi produk. Sebelum membeli sebuah produk atau barang, baik itu barang lokal maupun beli barang dari luar negeri. Alangkah baiknya untuk membaca deskripsinya karena membaca deskripsi itu sangatlah penting, kamu bisa mengetahui bahan, kualitas sampai kegunaanya. Banyak sekali orang yang kecewa saat barang sudah ditangan. Hal ini adalah kelalaian dari pembeli. Untuk itu, jangan lewatkan membaca mengenai penjelasan barang yang diinginkan. Lalu, kamu bisa membaca ulasan-ulasan dari konsumen yang sudah membeli. Dengan begitu, kamu bisa tau kualitas barang tersebut.

4. Baca Testimoni dari Pembeli

Untuk melihat reputasi tempat yang menjual brand lokal murah berkualitas, kamu bisa memperhatikannya dari testimoni para pelanggan sebelumnya. Mungkin bisa kamu cari tahu dari situsnya atau malah bertanya pada teman-teman yang sebelumnya mungkin sudah memesan produk yang kamu inginkan. Jangan sampai kamu dikecawakan oleh toko yang kamu pilih, ternyata mereka sering melakukan penipuan terhadap konsumen. 

5. Mengunjungi Pabrik dan Pameran Impor

Tips memilih produk China untuk dijual di Indonesia selanjutnya yaitu kamu bisa mengunjungi pabrik serta pameran import.

Ini adalah cara yang baik untuk untuk memilih barang impor karena dengan mengunjungi pabrik langsung dan mengunjungi pameran impor di China kamu akan berhadapan langsung dengan para supplier tanpa melewati perantara. Cara mendapatkan barang murah untuk dijual kembali satu ini memang sedikit membutuhkan waktu dan biaya cukup tinggi, namun akan sepadan dengan keuntungan yang akan kamu dapatkan nantinya.

Kamu dapat menawarkan beberapa harga yang pas untuk barang yang kamu mau dan mencari hal baru lainnya, kamu dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar dan harga yang lebih bersahabat serta menjaga hubungan baik dengan para supplier.

Tidak hanya mengunjungi pabrik, jika terapat event atau pameran di China saat kamu berkunjung kesana, kamu akan lebih banyak mendapatkan kesempatan dua kali lipat untuk bertemu dengan para pelaku bisnis yang berpengalaman. Kamu dapat saling bertukar Informasi mengenai bisnis impor dan produk yang sedang digandrungi dalam satu area.

6. Melalui AsiaCommerce

Tips memilih produk China untuk dijual di Indonesia yang terakhir adalah melalui AsiaCommerce. Cara ini adalah cara yang paling direkomendasikan untuk kamu, karena  dengan AsiaCommerce kamu gak perlu repot-repot untuk mengurus berbagai proses mulai pemebelian, ongkos kirim, pajak hingga pengirimannya, pembayarannya pun juga mudah untuk dilakukan.

Tidak hanya itu, kamu akan dipandu dalam pemilihan barang impor China yang sedang tren dan di cari di Indonesia.

Oleh karena itu, bagi kamu yang bingung dalam memilih produk impor China sebaiknya menggunakan dan bergabung dengan Asiacommerce.id yang sudah berpengalaman dan memiliki testimoni yang baik.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, Mulai saja dulu dengan AsiaCommerce yang memberikan layanan Impor anti ribet dan nikmati kemudahan dalam bisnismu. Klik disini atau pada gambar untuk mendaftar sekarang juga!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments