Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

6 Tips Sukses Membangun Bisnis Ekspor Bagi Pemula

by | Apr 11, 2023 | Ekspor

Ekspor merupakan sebuah kegiatan perdagangan barang atau komoditas dari dalam negeri ke luar negeri. Kegiatan ekspor adalah salah satu proses bisnis yang penting karena menghasilkan banyak keuntungan dan peluang bisnis bagi negara asal komoditas tersebut. Negara atau pelaku kegiatan ekspor disebut dengan eksportir. Yuk simak pembahasan 7 tips sukses membangun bisnis ekspor bagi pemula pada blog berikut ini.

 

Peluang Bisnis Ekspor

Meskipun ekspor sudah memiliki regulasi dan peraturan yang jelas, namun tidak semua orang bisa melakukan ekspor dengan mudah. Dalam kegiatan ekspor, eksportir perlu menetapkan ke negara mana ekspor akan dilakukan, strategi pemasaran, dan berapa harga penjualannya.

 

Berikut beberapa peluang yang bisa diciptakan dari bisnis ekspor, antara lain : 

 

Eksportir

Menjadi eksportir adalah salah satu peluang bisnis yang sangat lumrah di bidang ekspor. Baik dalam bentuk mendirikan perusahaan perorangan maupun kemitraan. Eksportir akan banyak mendapat keuntungan jika Ascomers memiliki pelanggan yang rutin melakukan ekspor barang atau komoditas tertentu. 

 

Namun yang perlu Ascomers perhatikan dalam menjadi eksportir adalah memerhatikan kualitas barang dan komoditas ekspor. Karena pelanggan tentunya sudah menyiapkan barang dengan kualitas terbaik, sehingga sebagai eksportir kita harus menjaga kualitas barang hingga sampai ke alamat tujuan. Selain itu, kamu juga perlu memantau perkembangan peraturan yang berlaku setiap saat agar aktivitas ekspor bisa berjalan secara legal.

 

Jasa Pengiriman Internasional

Membuka jasa pengiriman internasional atau istilah lainnya freight forwarder bisa menjadi peluang bisnis dengan memanfaatkan aktivitas ekspor. Setiap kegiatan ekspor maupun impor pasti memerlukan jasa pengiriman. Adanya jasa pengiriman tersebut akan sangat diuntungkan dengan banyaknya kegiatan ekspor yang dilakukan.

 

Persewaan Kontainer

tips sukses membangun bisnis ekspor

Ekspor tidak selalu dikirimkan melalui udara, ada juga yang dilakukan lewat laut dan darat. Jenis pengiriman tergantung bagaimana demografi negaranya. Jasa penyewaan kontainer ini bisa dijalankan jika ekspor lewat darat dan laut cukup tinggi.

 

Dengan mengambil peluang bisnis persewaan kontainer, Ascomers akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan-perusahaan yang memerlukan ekspor lewat jalur darat dan laut, namun tidak mempunyai kontainer sendiri.

 

Jasa Asuransi Barang Ekspor

Jaminan keselamatan suatu barang selama kegiatan ekspor bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. Selama proses ekspor, barang berada dalam proses dengan waktu yang lama, sehingga rawan terjadi kerusakan dan hilang. Memiliki jasa asuransi barang ekspor bisa membantu pelanggan yakin dengan proses ekspor.

 

Ascomers hanya perlu mencari pelanggan yang sering melakukan ekspor barang rentan rusak dan hilang selama proses pengiriman. Biasanya, target pasar peluang peluang bisnis ini akan lebih tepat sasaran pada pengusaha perorangan yang perlu mengirim satu atau dua barang ke luar negeri. 

 

Tips Sukses Membangun Bisnis Ekspor Bagi Pemula

Saat ini peluang bisnis ekspor masih terbuka lebar, karena ada beberapa bisnis yang pasarnya tidak hanya berkembang pada lokal saja. Banyak produk lokal yang banyak diminati di pasar global. Contohnya adalah bisnis furnitur atau produk tekstik dari Indonesia yang mempunyai target pasar di luar negeri.

 

Bisnis UKM juga memiliki peluang besar untuk dikembangkan ke pasar luar negeri. Namun, semua hal membutuhkan proses dan perencanaan yang matang agar bisnis bisa berjalan dengan baik. Berikut ini beberapa tips sukses dalam membangun bisnis ekspor untuk pemula.

 

1. Memilih dan Menetapkan Produk untuk Negara Tujuan

Hal pertama yang harus Ascomers lakukan ketika akan membangun bisnis ekspor adalah dengan melakukan penetapan produk dan negara tujuan ekspor. Dengan cara ini, selanjutnya kamu bisa mengembangkan strategi penjualan dan pemasaran.

 

Informasi tentang tren bisnis ekspor hingga kebutuhan masyarakat luar negeri bisa didapatkan dengan melakukan survey di internet atau melalui forum bisnis. 

 

2. Melengkapi Legalitas Usaha

tips sukses membangun bisnis ekspor

Dalam kegiatan bisnis ekspor sangat penting untuk memiliki legalitas usaha. Persiapkan untuk mulai mengurus berkas mulai dari SIUP, NPWP, Nomor Induk Kepabeanan, TDP, dan sejenisnya. Dokumen tersebut sangat penting karena menyangkut proses administrasi bisnis antar negara.

 

Sebagus apapun produk Ascomers tidak akan diterima secara resmi di suatu negara jika tidak memiliki legalitas usaha. Nomor Induk Kepabeanan bisa Ascomers dapatkan dengan mendatangi Kantor Bea Cukai.

 

3. Menyiapkan Dokumen Ekspor

Ketika legalitas usaha sudah lengkap, hal selanjutnya yang dipersiapkan adalah menyiapkan dokumen-dokumen ekspor. Tujuannya adalah untuk memudahkan proses administrasi ketika produk kamu akan masuk ke negara tujuan. Dokumen ekspor yang perlu Ascomers persiapkan di antaranya adalah invoice, packing list, dan bill of lading.

 

4. Membuat dan Mendaftarkan Website Bisnis ke Portal Internasional

Agar memudahkan pembeli untuk mengakses produkmu, sebaiknya Ascomers membuat website bisnis dan katalog online. Kamu juga bisa mencantumkan semua informasi produk mulai dari deskripsi, harga, hingga contact person.

 

Beberapa platform bisnis dapat Ascomers kunjungi untuk mempromosikan bisnis. Kamu juga dituntut untuk cekatan dalam menemukan forum online yang berisikan para eksportir dan importir.

 

5. Manfaatkan Fasilitas Pemerintah

Dalam usaha mendukung bisnis lokal agar bisa go international, pemerintah Indonesia dan pihak swasta telah menyediakan berbagai fasilitas bisnis. Khususnya bisa digunakan oleh eksportir pemula. 

 

Melalui www.djpen.kemendag.go.id, Ascomers bisa melihat perwakilan perdagangan dari Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional yang ada di lima benua. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan pameran-pameran internasional yang difasilitasi oleh pemerintah Indonesia. Contohnya pameran Trade Expo Indonesia.

 

6. Manfaatkan Media Sosial sebagai Pemasaran Online Berkelanjutan

Sebagai bisnis yang berjalan skala internasional, Ascomers dapat memantau hubungan dengan konsumen melalui media sosial. Dengan akses internet yang tidak terbatas, bisnis kamu bisa dikenal lebih luas oleh konsumen di berbagai belahan dunia.

 

Buat konsumen lebih percaya pada bisnis kamu dengan melakukan komunikasi dan pemasaran lewat sosial media bisnis. Contohnya adalah Instagram, LinkedIn, Facebook, dan beberapa platform media sosial lainnya yang sesuai dengan bisnis Ascomers.

 

Ekspor banyak memberikan peluang bisnis bagi masyarakat. Jika Ascomers cermat, maka kamu akan bisa memanfaatkan peluang yang tepat. Namun tak hanya sampai di situ, Ascomers juga perlu melakukan pengelolaan keuangan agar bisnismu berjalan dengan lancar.

 

Nah itu dia 6 tips sukses membangun bisnis ekspor bagi pemula.

Jika kamu tertarik dan ingin melakukan ekspor, kamu tidak perlu khawatir karena AsiaCommerce siap membantu kamu. Dengan berbagai layanan yang akan memudahkan kamu dalam melakukan ekspor. Sehingga kamu bisa tetap fokus untuk mengembangkan usaha ekspormu. Klik di sini atau banner di bawah untuk informasi lebih lanjut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments