Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Launching produk baru memang cukup tricky bagi setiap pebisnis. Ya, hal ini menjadi keputusan riskan, terlebih masih belum banyak audiens atau massa yang mengetahui kehadiran produk tersebut. Selain riskan, meluncurkan produk baru bisa menjadi bumerang bagi suatu perusahaan atau pebisnis, “Bisa tidak ya produknya hype?” Jawabannya hanya Tuhan dan Anda yang tahu.

Langkah jitu yang bisa membuat produk baru Anda bisa mendobrak pasaran adalah membangun hype terlebih dahulu untuk produk baru tersebut. Hanya saja, membangun hype juga tidaklah gampang. Anda perlu memiliki strategi dan keberanian dalam mengeksplor ide kreatif agar produk Anda tidak hanya berkualitas, tapi bisa dikenang. Buat membantu masalah tersebut, AsiaCommerce sudah merangkum untuk Anda dengan cara-cara berikut.

  1. Riset, riset dan riset

Dilansir dalam Oxford College of Marketing, salah satu penyebab utama produk baru bisa gagal adalah kurangnya riset pasar. Riset pasar sendiri mencakup target audiens, seberapa pentingnya produk Anda bisa menjawab kebutuhan mereka. Salah satu karakteristik seorang pengusaha sukses juga adalah mereka yang bertekad, tidak membiarkan apa pun menghalangi mereka dan memiliki perasaan unik terhadap apa yang diinginkan pelanggan.  Steve Jobs misalnya, ia mengaku kurang menggemari riset pasar.  Dia pernah berkata, “Anda tidak bisa hanya bertanya kepada pelanggan apa yang mereka inginkan, lalu mencoba memberikannya kepada mereka.  Saat Anda membuatnya, mereka menginginkan sesuatu yang baru. ”  Pengusaha yang berhasil ialah mereka yang bersemangat dan bertekad untuk melakukan inovasi. Jadi, jangan lupa riset dengan teliti dan bijak, ya!

Baca juga: Bagaimana memasarkan produk ke Generasi millenial?

2. Apa yang unik dari produk tersebut ? Apa solusi masalah yang terpecahkan?

Nah, yang tidak kalah penting selain menjawab kebutuhan masyarakat, Anda perlu mempertimbangkan pertanyaan di atas. Eits, tapi gak sekedar unik ya, produk baru perlu menciptakan rasa aman bagi masyarakat untuk menyelesaikan masalah dengan kategori produk tertentu. Karena, bisa saja kegagalan peluncuran produk baru Anda nantinya sudah dimiliki oleh kompetitor. Sayang kan nantinya?

3. Beri pelanggan kesempatan untuk review produk

Cara dilakukan agar Anda dapat menjual pengalaman dalam penggunaan produk baru Anda. Kenapa penting ? Karena, hal ini bisa memberi kesan bahwa produk Anda diterima di masyarakat. Dilansir Harvad Business Review, review pelanggan dapat memengaruhi keputusan pembelian suatu produk. Sebanyak 115% kemungkinan pelanggan merekomendasikan produk yang dipakainya ke orang lain.

Sekarang tinggal bagaimana Anda bisa mengumpulkan review-review yang baik, sehingga pelanggan pun bisa menerima first impression terhadap produk baru Anda. Adapula pebisnis yang juga harus yakin kalau produk yang dijualnya adalah produk yang berkualitas.

4. Bangun kelangkaan produk dengan ekskusifitas

Apa maksudnya? Maksudnya adalah ciptakanlah sebuah produk yang dapat memberikan urgensi untuk mereka beli. Seperti halnya Apple yang meluncurkan produk iPhonenya satu tahun sekali. Buktinya? Apple sukses membuat orang berpikir bahwa tidak masalah produknya mahal, yang terpenting bagi mereka adalah kualitas yang dijual.

Baca juga: Strategi Meningkatkan Jumlah Penjualan Dalam Bisnis

Maka dari itu, Apple dikenal sebagai brand dengan ekosistem eksklusifnya. Trik ini juga bisa membantu dalam mendorong keputusan pelanggan dalam membeli produk Anda. Ekskusifitas ini juga mampu untuk menaikkan nilai produk yang Anda jual.

Penting diingat adalah Anda harus menjual sesuatu dengan jujur. Yakinkan bahwa produk Anda memiliki tujuan yang memiliki makna dan tidak merugikan orang lain. Artikel ini dibuat untuk mendorong Anda dalam upaya berbisnis lebih baik lagi kedepannya. Maka dari itu, yuk refleksikan apa yang ingin Anda raih dalam membuat produk tersebut.

Nah, itu dia cara-cara yang bisa Anda gunakan dalam membangun hype dalam meluncurkan produk baru Anda. Semoga informasi diatas berguna bagi kalian yang terus mau upgrade diri dengan ilmu dan skill baru ya! Jika kamu tertarik untuk upgrade income-mu dengan melakukan impor dan ekspor, boleh cek page AsiaCommerce disini. Kami adalah perusahaan yang bertujuan untuk membantu UMKM Indonesia dalam melakukan sourcing, import-export, distribusi dan fullfilment barang dan jasa. Tim kami akan selalu siap membantumu untuk mengembangkan usaha!