Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Halo Ascomers! Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi akan komoditasnya di berbagai sektor. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor pada Desember 2020 meningkat mencapai 16,54 miliar Dollar AS atau meningkat 8,39% disbanding ekspor Desember 2019 meningkat 14,63%. Tentunya, hal ini mendukung para pebisnis maupun reseller dalam menentukan prospek ekspor yang berpeluang mendapat keuntungan menjanjikan.

Secara umum, kita sudah tahu bahwa bangsa kita dari zaman dahulu hingga saat ini sangat terkenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah dan hal tersebut telah mendapat pengakuan dari berbagai negara diseluruh dunia. Karenanya, kita harus paham sebagai warga negara, sudah seharusnya dapat memaksimalkan potensi sumber daya alam tersebut dan menjaga kelestariannya!

Nah, dalam kesempatan artikel pada kali ini, kami telah merangkum beberapa informasi seputar komoditas dalam negeri yang potensial, dan ingin memberitahukannya, nih, ke Ascomers apa aja sih barang-barang yang laris manis untuk diekspor dari negeri kita yang tercinta ini?

5 Komoditi Potensial Ekspor Indonesia yang Dicari Dunia!

Halo Ascomers! Berikut adalah komoditas asli Indonesia yang telah dideteksi sebagai komoditi potensial ekspor:

1.Produk Perikanan dan Kelautan

Foto: unsplash.com

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki luas kelautan terbesar nomor dua setelah laut china selatan. Namun faktanya, negara kitalah yang menjadi negara dengan penghasil ikan terbanyak dan terbesar di dunia. Sebagai negara kepulauan yang luas akan kekuatan maritimnya, tentunya produk perikanan dan kelautan merupakan salah satu komoditi potensial.

Meskipun komoditi ini masih belum termasuk ke dalam komoditas utama ekspor Indonesia, akan tetapi ada peningkatan yang dialami Indonesia dalam segi penjualan produk perikanan dunia. Maka dari itu, perlu kita sadari bahwa sektor ini perlu kita genjot arus ekspornya ke seluruh dunia. Alhasil, negara kita akan berpeluang menjadi negara eksportir perikanan nomor satu terbesar di dunia.

Dilansir dari akun Instagram Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Invesitasi (@kemenkomarves), adapula komoditas ekspor perikanan Indonesia yang terdiri dari enam jenis, yaitu Udang, Tuna, Cumi, Kepiting, Rumput Laut dan Nila. Diantara enam komoditas tersebut, Udang memiliki ekspor dengan nilai tertinggi yaitu 37%, diikuti Tuna dengan 15%, Cumi 11%, Kepiting 8%, Rumput Laut 7%, dan Nila 1%.

2. Produk Tekstil Kulit

Foto: builder.id

Lanjut dengan hasil kekayaan sumber daya alam yang sangat luar biasa diberbagai sektor, terdapat satu contoh kecil yang mungkin tidak kita sangka sebelumnya. Yap, produk tersebut adalah produk yang terbuat dari kulit hewani. Produk kulit beserta turunannya merupakan salah satu komditi yang sedang naik daun di pasar global.

Secara umum, bahan baku kulit seperti kulit kambing, kerbau, sapi, rusa, hingga buaya merupakan bahan kulit yang sering diolah oleh para pengrajin ataupun UKM. Usaha tersebut memiliki nilai jual yang cukup fantastis dengan nilai trasanksi dari ekspor produk kulit pada tahun 2016-2017 mencapai 25 juta Dollar Amerika Serikat.

3. Peralatan Medis

Foto: unsplash.com

Siapa sangka negara kita memiliki potensi komoditi ekspor di bidang kesehatan seperti halnya peralatan medis? Dengan kondisi pandemi yang belum usai, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Didi Sumedi menyebutkan potensi ekspor peralatan medis RI pada 2021 dapat menembus 4,54 miliar Dollar AS atau setara dengan Rp. 63,4 triliun. Potensi ini berasal dari surplus produksi industri dalam negeri, loh!

Berdasarkan data tersebut, terdapat alat kesehatan yang tercatat kapasitas produksi pada Desember 2021 adalah alat pelindung diri (APD) coverall yang mencapai 356,41 juta helai, pakaian bedah (surgical gown) sebanyak 224,35 juta helai, dan masker beda sebanyak 3,65 miliar helai. Sejumlah negara yang menjadi destinasi ekspor untuk APD coverall adalah Korea Selatan, Belanda, Prancis, Australia, Amerika Serikat, Kenya dan Afrika Selatan. Di sisi lain, negara tujuan ekspor masker mencakup Singapura, China, Malaysia, dan Hong Kong.

4. Tanaman Obat

Foto: Medicinetea

Selain komoditi alat kesehatan yang mungkin tak disangka-sangka oleh kita memiliki keuntungan yang tinggi, komoditi ini mungkin cukup tidak asing, karena Indonesia terkenal dengan tanaman-tanaman herbalnya yang berkhasiat dan tentunya berkualitas dunia. Bukan hanya itu, negara kita juga merupakan satu negara produsen tanaman obat terlengkap di dunia, keren bukan?

Adapun nilai trasanksi ekspor untuk tanaman obat, Indonesia berhasil meraup 17,6 juta Dollar AS. Hal tersebut dikarenakan permintaan produk yang meningkat akan produk tanaman obat tradisional di berbagai negara maju dan juga peningkatan produktivitas yang terjadi untuk tanaman obat lokal. Adapun tanaman-tanaman herbal yang memiliki daya ekspor tinggi dari Indonesia adalah tanaman mahkota dewa, daun cincau, temulawak, lidah buaya, herbal kratom, kayu ular, tanaman pasak bumi dan lain-lain.

5. Rempah-rempah

Foto: bibitbunga.com

Sejarah berkata bahwa negara kita dahulunya memang dituju karena menjadi negara dengan penghasil rempah-rempah yang kompleks dengan kualitas terbaik di dunia. Dengan demikian, rempah-rempah dalam negeri seperti buah pala, cengkeh, tembakau, dan sejenisnya, merupakan komoditi ekspor Indonesia yang sangat berpotensi untuk meraup keuntungan.

Karena itu, produk rempah-rempah Indonesia masih menjadi rempah-rempah yang diminati oleh negara-negara tetangga dan dipercaya dalam permintaan produk tersebut. Adapun negara tujuan ekspor rempah-rempah dari Indonesia mencakup Amerika Serikat, India, Tiongkok, Vietnam dan Belanda.  

Baca juga nih biar produkmu laku ke pasaran Internasional: Ini Cara Ampuh Agar Bisnismu Dapat Tembus Pasar Internasional

Nah, gimana Ascommers? Tertarik untuk menjadi produsen dari 5 komoditi yang udah disebutkan diatas? Bingung gimana caranya memasarkan produk-produk tersebut untuk diekspor? Jangan khawatir! AsiaCommerce siap membantu dalam bisnis ekspor Anda. Ekspor mudah bareng AsiaCommerce bisa buat anda lebih fokus ke bisnis dan tidak perlu pusing terkait pengiriman pesanan. Caranya anda cukup klik link ini lalu isi form sesuai kebutuhan ekspor anda. Setelah itu, tim kami akan segera menghubungi anda. Yuk jadi agen perubahan untuk ekonomi Indonesia yang lebih baik!