Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

10 Cara Cepat Meningkatkan Penjualan Dalam Bisnis Online

by | Oct 31, 2022 | Tips & Strategi Bisnis

Bagi seorang pebisnis tentu ingin meningkatkan penjualan dengan cepat, agar bisnis semakin berkembang dan memberikan keuntungan berlipat. Namun untuk bisa seperti itu tidaklah mudah, perlu berbagai cara untuk meningkatkan penjualan, apalagi dalam bisnis online.

Para pemilik bisnis yang sebelumnya hanya berjualan secara offline pun kini mulai berusaha menarik pelanggan di dunia maya melalui berbagai cara. Dengan masuk ke dunia digital usaha yang kamu miliki juga memiliki kesempatan untuk lebih dikenal lebih luas dan menjangkau ke berbagai tempat yang sulit dijangkau jika hanya dilakukan secara offline.

Namun, sebelum mulai membangun aset digital baik itu sekedar media sosial atau bahkan website, pastikan agar tetap dapat dengan mudah diakses dan relevan dengan target pelanggan yang dituju.

Jika kamu adalah seorang pemilik bisnis online, beberapa cara berikut ini bisa dicoba untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis online mu.

1. Pahami Target Audience

Untuk memastikan bahwa kamu membuat keputusan yang tepat dan tidak asal tentang produk dan aktivitas penjualan berbasis online yang hendak kamu dijalankan, pertama-tama pahami dahulu siapa yang akan menjadi pelanggan atau customer mu . Manfaatkan berbagai tool analisis yang ada di internet untuk mengidentifikasi pola dan preferensi pembelian yang dilakukan oleh pelanggan.

2. Buatlah Bisnismu Terlihat Lebih Unik

cara cepat untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis online yang ke dua yaitu buatlah bisnismu terlihat lebih unik. Semisal, apa yang bisa ditawarkan ke customer melalui bisnismu , tetapi tidak bisa diberikan orang lain? Lalu, apa cerita di balik bisnis online mu, produk yang kamu tawarkan, dan kamu sendiri sebagai founder-nya? Setelah kamu tahu apa yang membuat bisnis online mu berbeda, selanjutnya hanya tinggal menyusun strategi pemasaran digital yang tepat. Keunikan-keunikan tersebut juga bisa kamu masukkan ke dalam tagline toko, menyorotnya di homepage, atau bahkan mengumumkannya di iklan media sosial.

3. Aktif di Komunitas Online

Cara cepat untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis online yang ke tiga yaitu aktif di komunitas online. Komunitas online seperti Facebook, Kaskus, Quora, Reddit, dan FemaleDaily dapat membantu kamu dalam memahami calon konsumen. Temukan forum-forum online yang berkaitan dengan industri yang sedang kamu geluti. Misalnya, jika kamu menjalankan bisnis perlengkapan rumah tangga, maka kamu bisa mengikuti forum-forum yang membahas tentang perlengkapan rumah tangga.

Di forum-forum tersebut kamu bisa menemukan tren terbaru di kalangan konsumen, masalah yang dihadapi konsumen, dan bahkan masukan untuk industri tersebut. Dengan begitu kamu bisa meningkatkan kualitas produk atau layanan berdasarkan temuan dari forum-forum online tersebut.

4. Buat Website

Cara cepat untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis online yang ke empat adalah dengan membuat website. Dengan banyaknya orang yang mengakses internet dalam setiap harinya tentu dapat dimaksimalkan oleh para pebisnis dengan membangun sebuah bisnis berbasis online.

Oleh karena itu website merupakan hal yang wajib dimiliki oleh bisnis online mu. Membangun website tidak hanya ditujukan untuk mereka yang memiliki produk seperti baju, aksesoris dan lainnya. Tetapi, mereka yang memiliki coffee shop atau kafe pun juga memerlukan website sebagai media untuk melakukan promosi kepada calon pelanggan.

Seperti contoh, kamu memiliki sebuah usaha yaitu sebuah restoran makanan, website yang kamu perlu miliki tidak hanya berisi daftar makanan serta harga dari makanan tersebut. Tetapi, kamu bisa menyisipkan blog yang menyediakan beragam artikel mengenai resep makanan sehat untuk para calon pelanggan.

Hal ini berguna untuk memberikan informasi yang bermanfaat kepada mereka, terlepas dari produk yang ditawarkan kepada mereka.

5. Susun Strategi Marketing

Cara cepat untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis online berikutnya adalah dengan menyusun strategi marketing. Tentu strategi marketing dalam bisnis online akan sangat berbeda dengan bisnis konvensional. Oleh karena itu menyusun strategi marketing wajib hukumnya  yang berguna dan relevan untuk menarik dan membangun audiens. Penerapan strategi marketing adalah taktik yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan trafik yang berpotensi untuk menjadi konsumen.

Selain itu, strategi yang baik akan sangat bermanfaat serta dapat membantu kamu menarik perhatian konsumen. Bahkan membuat mereka loyal pada bisnis online mu.

Salah satu cara paling efektif untuk menjalankan strategi marketing adalah dengan menambahkan blog ke website. WordPress menyediakan fitur untuk menambahkan halaman blog secara terpisah.

Di blog tersebut kamu bisa menerbitkan konten-konten yang berguna dan relevan secara konsisten untuk mendatangkan trafik ke website. Kamu juga bisa memberikan berbagai penawaran menarik di blog agar para pengunjung blog membeli produk yang kamu jual di website. Kamu bisa mempelajari lebih lanjut mengenai strategi content marketing di artikel Strategi Marketing.

6. Manfaatkan Media Sosial

Cara cepat untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis online yang ke enam adalah memanfaatkan media sosial. Media sosial tidak hanya memudahkan orang-orang untuk saling terhubung. Platform media sosial juga dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan berbasis online. Mengingat penduduk Indonesia adalah pengguna aktif media sosial populer seperti Facebook, Instagram serta Tiktok.

Agar bisa meningkatkan penjualan online melalui media sosial, kamu perlu menyusun strategi social media marketing yang tepat. Kamu perlu melakukan riset sebelum menjalankan kampanye di media sosial. Ikuti panduan di artikel Panduan Lengkap Sosial Media Marketing untuk menyusun strategi efektif untuk kampanye media sosial.

Untuk membantu lebih banyak pelanggan baru menemukan bisnis online yang kamu miliki , lebih aktiflah di media sosial. Bagikan konten-konten yang menarik bagi target audience dan lakukan itu secara konsisten. Oleh karena itu, mulai bagikan gambar atau video berkualitas tinggi dari semua produk mu di media sosial untuk menarik lebih banyak customer potensial.

7. Implementasikan SEO

Cara cepat untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis online selanjutnya adalah mengimplementasikan SEO. Saat sudah memiliki hal-hal seperti website yang cukup lengkap dari sisi mobile dan user friendly dan sudah memiliki media sosial selanjutnya tinggal mengoptimalkan keduanya.

Mengoptimalkan website tersebut dengan menggunakan sebuah teknik yang dinamakan SEO atau Search Engine Optimization. Teknik ini digunakan untuk mengoptimasi sebuah halaman dalam mesin pencari (Google, yahoo, bing).

Sebelum kamu dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas dengan SEO, implementasi dari local SEO ini dapat membuat usaha kamu akan berada pada halaman pertama pada hasil pencarian Google di daerah kamu.

Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mereka yang berada di sekitar usaha kamu. Seperti contoh, kamu memiliki sebuah restoran di daerah Surabaya. Ketika kamu telah mengoptimasinya menggunakan local SEO, maka saat orang mencari kata ‘restoran di surabaya’ maka usaha kamu akan muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google.

Kamu bisa menerapkannya dengan memasukkan local keywords di dalam konten website kamu dan mengoptimasinya menggunakan meta tags.

Lalu, menanamkannya pada Google Maps pada halaman kontak di website serta mendaftarkan bisnismu pada Google My Business. Teknik tersebut cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan terutama dengan cara online.

8. Manfaatkan Email Marketing

Cara cepat untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis online yang ke delapan yaitu memanfaatkan email marketing. Email marketing adalah pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi melalui email. Email marketing pertama kali digunakan oleh Gary Thuerk pada tahun 1978. Sejak saat itu, email dikenal sebagai salah satu alat marketing yang efektif. Pada tahun 2017, dari 205 milyar email yang terkirim setiap harinya, 120 milyar di antaranya adalah email bisnis yang di dalamnya termasuk email marketing.

Beberapa orang mungkin menganggap email marketing sebagai spam yang berpotensi mengganggu konsumen. Namun, fakta berkata sebaliknya, penggunaan email marketing terus meningkat setiap tahunnya.

9. Optimalkan Retargeting

Selain melalui email marketing, penargetan ulang (retargeting)  bisa dilakukan melalui iklan di mesin pencarian dan media sosial. Kumpulkan data traffic yang kamu peroleh, termasuk orang-orang yang memberi komentar atau like di iklan Facebook, atau mereka yang mengklik iklan mu di Google, dan mereka yang mengunjungi halaman-halaman tertentu di situs web mu. Targetkan mereka kembali untuk iklan-iklan yang akan kamu jalankan selanjutnya.

10. Pilih Platform E-Commerce yang Tepat

Cara cepat untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis online terakhir adalah pilih platform e-commerce yang tepat. Pilihlah platform yang tepat memiliki proses dan fitur manajemen yang simpel sehingga pelanggan dapat dengan mudah menavigasi akun toko online mu. Dengan begitu, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan bisnis, tanpa harus terbebani dengan pengembangan fitur.

Itulah sepuluh cara meningkatkan penjualan online yang bisa kamu ikuti. Pastikan untuk melakukan setiap stepnya secara konsisten sehingga bisnis online kamu bisa memberikan customer experience yang baik. Karena makin baik pengalaman pelanggan yang kamu berikan, makin mudah untuk mengonversinya jadi penjualan.

Jika kamu tertarik dengan bisnis online terlebih pada barang impor, kamu bisa bergabung dengan AsiaCommerce. Di AsiaCommerce kamu akan diberikan berbagai layanan yang akan memudahkan dalam bisnismu, mulai dari packing barang sampai pengiriman. Sehingga kamu dapat fokus untuk mengembangkan bisnis online mu tanpa harus memikirkan hal yang lain. Klik disini untuk informasi lebih lanjut atau pada banner dibawah ini.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments