Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

10 Ide Bisnis Menjelang Natal dan Tahun Baru

by | Dec 21, 2022 | Tips & Strategi Bisnis

Menjelang hari natal dan tahun baru, ada banyak orang yang telah mempersiapkannya dari jauh-jauh hari sebelumnya. Beberapa diantaranya bahkan telah menabung dan menyiapkan cuti sejak awal tahun.

Pasalnya momen natal dan tahun baru ini seringkali dihabiskan dengan berkumpul dan liburan bersama orang-orang tersayang. Ada tradisi seperti berkumpul sambil bakar-bakar, baik itu di halaman rumah atau di pantai dengan diiringi suara terompet dan kembang api yang tampak indah menerangi gelapnya langit di malam hari.

Nah, momentum inilah yang dapat kamu manfaatkan sebagai ide bisnis tahun baru atau biasanya dikenal bisnis musiman. Karena natal dan tahun baru kerap diisi dengan berbagai kegiatan seperti makan-makan hingga berlibur bersama keluarga.

Meskipun hanya bisnis musiman, ide bisnis ini dapat mendatangkan keuntungan jika dilakukan dengan tepat. Berikut 10 ide bisnis menjelang natal dan tahun baru yang bisa kamu coba!

Ide Bisnis Menjelang Tahun Baru

 

1. Bisnis Kue

Dimana ada pesta, biasanya ada berbagai  kue yang berbeda dihidangkan dan dimakan bersama. Para penjual kue pastinya mendapatkan keuntungan dan pesanan yang lebih menjelang momen tersebut. Kamu bisa mencoba membuat berbagai jenis kue kering seperti pie, bolu, brownies, dll.

Lebih bagus lagi jika kamu dapat membuat kue dengan bentuk yang unik dan menarik sehingga membuat orang tertarik untuk membelinya. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan kualitas yaitu rasa kue yang enak dan bersih. Memang dari segi harganya sedikit lebih mahal, tapi pembeli pasti puas dibandingkan dengan kue murah, tapi rasanya kurang enak.

2. Bisnis Aksesoris Natal dan Tahun Baru

Ketika memasuki Hari Raya Natal biasanya ada pohon natal dengan berbagai hiasan menarik. Kamu bisa menjual pernak-pernik yang berkaitan dengan Natal seperti boneka Sinter Klas, hiasan dan pohon Natal, sarung bantal, topi Sinter Klas, hiasan untuk dinding rumah, kantor, restoran dan sebagainya.

Selain itu, bagi kamu yang kreatif cobalah untuk membuat sendiri pernak-pernik Natal dan tawarkan ke teman-teman atau titipkan di toko-toko. Jual harga sesuaikan dengan kualitas dan jangan terlalu mahal supaya barang daganganmu bisa laku terjual.

3. Bisnis Hampers atau Parsel Natal dan Tahun Baru

Banyak orang-orang ingin memberikan hadiah kepada orang yang mereka cintai di Hari Natal dan Tahun Baru. Namun, tidak sedikit orang yang tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan kado tersebut.

Daripada membeli dan membungkus kado, sebagian dari mereka lebih memilih membeli hampers yang siap dibagikan dengan orang tersayang. Melihat peluang ini, kamu bisa membuka bisnis hampers untuk Natal dan Tahun Baru.

Coba hadirkan beberapa paket hampers yang berisi berbagai hadiah, mulai dari hampers pria, hampers wanita, dan hampers anak-anak dengan harga yang  berbeda-beda. Kamu juga dapat menawarkan kartu ucapan khusus agar lebih menarik bagi mereka.

4. Bisnis Kembang Api dan Terompet

Termasuk bisnis musiman, namun bisnis ini terbukti laris manis di pasaran, terutama saat perayaan Natal dan menjelang tahun baru. Bukan hanya anak-anak saja yang suka bermain kembang api.

Namun orang-orang dewasa yang ingin turut merasakan euforia dari dua perayaan besar itu pun tentu akan membelinya.

Untuk memulai bisnis kembang api, kamu bisa membelinya di toko grosir atau distributor agar harganya murah, dan menjualnya kembali dengan harga yang sedikit lebih mahal.

5. Bisnis Kuliner BBQ

Menjelang Hari Natal dan Tahun Baru salah satu bisnis yang wajib kamu ketahui adalah bisnis kuliner BBQ. Tak sedikit dari mereka yang merayakan momen ini untuk BBQ hingga grill bersama dengan keluarga, teman maupun kekasih.

Kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka bisnis kuliner BBQ. Kamu dapat menjual daging serta menyewakan peralatan masak, panggangan, arang, hingga aksesoris makan lainnya. Jangan lupa untuk mempromosikannya melalui jejaring sosial seperti instagram dan facebook, promosikan juga kepada teman kantormu, kerabat atau teman dekat.

6. Bisnis Rental Kendaraan

Banyak orang yang menghabiskan waktu liburan akhr tahun bersama dengan teman ataupun keluarga. Namun tidak adanya transportasi sering menjadi kendala utama, terlebih jika berlibur ke tempat yang jauh dari kota.

Oleh karena itu membuka bisnis rental kendaraan adalah salah satu bisnis yang cukup menjanjikan menjelang libur tahun baru.

7. Bisnis Pakaian

Banyak dari mereka di setiap perayaan Hari Natal dan Tahun Baru selalu ingin tampil berbeda denga balutan pakaian yang dikenakan. Momen ini juga dapat kamu jadikan bisnis untuk menjual berbagai pakaian seperti gaun untuk perempuan, kemeja, celana dan baju sinter klas untuk anak-anak.

Kamu juga dapat menjual aksesoris pakaian lainnya seperti sabuk, sepatu, sandal dan pelengkap penampilan lainnya.

8. Bisnis Penginapan

Bisnis ini juga dapat kamu coba terlebih bagi kamu yang tinggal di tempat-tempat wisata. Kamu bisa membuka villa untuk disewakan sebagai penginapan.

Tak sedikit orang lebih menikmati masa libur Natal dan Tahun baru dengan menyewa penginapan bersama teman dan keluarga.

9. Bisnis Penyewaan Kamera

Di era sosial media seperti ini banyak orang ingin mengabadikan momen Natal dan Tahun Baru. Namun, tidak semua memiliki kamera yang cukup bagus untuk mengabadikan momen tersebut. Hal inilah yang dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan.

Kamu dapat menyewakan kamera milikmu ketika liburan akhir tahun telah tiba. Dengan kesepakatan sewa yang telah dibuat, kamu dapat meraup untung yang maksimal.

10. Bisnis Catering

Tidak banyak dari mereka yang memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan berbagai hidangan makanan untuk merayakan Hari Natal dan Tahun Baru. sebagian dari mereka lebih memilih memesan makanan yang sudah jadi daripada harus meluangkan waktu yang lebih untuk memasak sendiri.

Peluang inilah yang dapat kamu manfaatkan untuk membuka bisnis catering. Kamu dapat memberikan pilihan menu yang sesuai dengan khas daerah ataupun berdasarkan permintaan pelanggan.

Itulah 8 ide bisnis menjelang natal dan tahun baru yang harus kamu tahu. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis dan memanfaatkan momen Natal dan Tahun Baru, kamu bisa bergabung dengan membership AsiaCommerce. Dengan bergabung membership di AsiaCommerce kamu akan mendapat berbagai keuntungan dan layanan yang akan memudahkan bisnismu seperti, dibantu dalam pemilihan produk yang cocok sampai dengan pengiriman. Sehingga kamu tidak perlu repot hanya perlu fokus untuk mengembangkan bisnismu. Jadi tunggu apalagi? Segera beritahu kami dengan klik disini atau banner dibawah umtuk informasi lebih lanjut.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments