Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

10 Marketplace Alternatif Seperti Alibaba

by | Oct 13, 2022 | Marketplace

Ada banyak alternatif marketplace selain Alibaba yang bisa jadi lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Sekarang Alibaba sangat mudah untuk menemukan pabrik dan supplier di China. Namun faktanya banyak supplier China tidak bisa ditemukan di Alibaba. Mungkin hal tersebut terjadi karena Anda hanya mengandalkan marketplace Alibaba untuk mencari produk yang dicari. Ambil contoh mencari produk sapu tangan di Alibaba akan sangat jarang atau mungkin tidak ada. Benefit utama dari Alibaba adalah Anda bisa mengakses ribuan katalog produk dari berbagai supplier dengan pencarian yang sederhana dan tampilannya mudah dipahami. Sebagai tambahan, Alibaba dipenuhi oleh perantara dan perusahaan perdagangan. Jadi Anda harus menyortir sendiri supplier yang bagus dan memperluas pencarian supplier grosir. Untuk mencari supplier bagus dan berkualitas, berikut beberapa alternatif Alibaba yang bisa Anda coba.

 

1. Global Sources

Marketplace Alternatif Seperti Alibaba: Global Sources

Global Sources adalah marketplace online China yang menghubungkan secara langsung antara pembeli dengan supplier di seluruh dunia. Dengan lebih dari 1,5 juta supplier, Global Sources bisa dikatakan sebagai kompetitor utama dari Alibaba yang memiliki spesialisasi dalam produk elektronik dan aksesoris. Supplier di Global Sources cenderung lebih mapan dan memiliki kualitas lebih tinggi dari Alibaba. Sehingga, minimum jumlah pesanan sering kali lebih tinggi. Sebagai tambahan, Global Sources juga menambahkan layanan lainnya seperti pencarian produk, riset pasar, dan logistik untuk membantu pembeli mendapatkan hasil yang maksimal.  Dua kali dalam setahun mereka juga mengadakan Global Sources Summit For Online Sellers yang merupakan salah satu pameran terbaik di dunia untuk pameran dagang bagi penjual atau pun supplier. 

 

Kelebihan dari Global Sources :

– Penyedia supplier terbesar kedua setelah Alibaba

– Cepat & mudah untuk mencari supplier secara online

– Kualitas supplier lebih baik dibandingkan Alibaba

– Supplier produk elektroniknya lebih bagus dari Alibaba

– Mengadakan pameran dagang di Hongkong untuk supplier dua kali dalam setahun

– Acara rutin Summit Conference yang wajib untuk dihadiri

 

Kekurangan dari Global Sources :

– Minimum jumlah pesanan lebih tinggi dari Alibaba secara rata-rata

– Jumlah supplier lebih sedikit dari Alibaba

 

2. Canton Fair

Marketplace Alternatif Seperti Alibaba: Canton Fair

Canton Fair mengadakan pameran dagang yang diadakan di Guangzhou untuk pebisnis yang mencari produk dari China. Pameran tersebut dibagi ke dalam 3 fase, setiap fase menampilkan variasi produk yang berbeda. Fase pertama menampilkan produk elektronik dan mesin. Fase kedua menampilkan bahan bangunan & perabotan rumah tangga. Dan fase ketiga menampilkan hadiah dan mainan. Di Canton Fair, Anda bisa melihan dan menyentuh contoh produk, melihat pabrik secara langsung, dan Anda akan bekerjasama dengan pabriknya bukan dengan perantara. Canton Fair menarik ratusan ribu pengunjung dari seluruh dunia dan peluang besar untuk melihat produk terbaru dan tren dari China. Ini adalah cara yang bagus untuk bertemu supplier potensial dan produsen secara langsung serta bernegosiasi di tempat. 

 

Kelebihan Canton Fair :

– Bertemu ratusan pabrik hanya dalam kurun waktu satu minggu

– Bisa melihat dan menyentuk produk sampel sebenarnya

– Mencari pabrik bukan di Alibaba

– Negosiasi dan mencapai kesepakatan di tempat

 

Kekurangan Canton Fair :

– Harus pergi ke China untuk hadir dalam acara

– Transportasi dan penginapan bisa jadi mahal

 

3. Made in China

Made in China

Made in China adalah sebuah perusahaan online yang menghubungkan produsen dan supplier China dengan pembeli internasional. Website madeinchina.com menawarkan berbagai macam produk mulai dari elektronik dan mesin sampai pakaian dan dekorasi rumah. Pembeli bisa mencari melalui katalog besar yang memiliki lebih dari 40 juta produk. Permintaan barang dan pemesanan bisa dilakukan langsung dengan suppliernya. Made in China juga menawarkan sejumlah layanan tambahan seperti quality control dan logistik. Dibandingkan dengan Alibaba dan Global Sources, Made in China adalah perusahaan B2B terbesar ketiga di China. Namun, mereka menawarkan lebih banyak indusri dan produk berbasis konstruksi dari supplier mana pun. Semua supplier di Made in China sudah terverifikasi kualitasnya dan Anda dapat melihat laporan audit lengkap supplier untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang setiap vendor. 

 

 Kelebihan Made in China :

 – Marketplace terbesar ketiga setelah Alibaba dan Global Sources

 – Cepat dan mudah dalam mencari supplier secara online

 – Memiliki jangkauan industri terbesar dan supplier berbasis konstruksi di China

 

 Kekurangan Made in China :

 – Lebih kecil dari Alibaba

 – Supplier di Made in China cenderung lebih mahal dari Alibaba

 

4. 1688

1688

1688 adalah sebuah jaringan supplier yang sebenarnya dimiliki oleh Alibaba yang melayani bisnis – bisnis China. Faktanya, 1688 hampir identik dengan Alibaba tapi menargetkan pada pelanggan di China dan websitenya menawarkan berbagai jenis produk termasuk elektronik, mesin, pakaian, dan masih banyak lagi. Di website 1688.com semuanya berbahasa mandarin, jadi Anda memerlukan seorang translator atau google translate untuk memahaminya. Secara umum, 1688 adalah sebuah salinan dari Alibaba kecuali berbahasa mandarin dan Anda bisa menemukan banyak kesamaan produk dan supplier di platformnya. Namun berhati-hatilah dalam menggunakan platform 1688, karena standar kualitasnya bisa lebih rendah di China dibandingkan dengan di US dan Eropa.  Banyak supplier di 1688 tidak terbiasa melakukan ekspor produk ke luar negeri. Namun harganya akan lebih murah dibanding Alibaba.

 

 Kelebihan 1688 :

 – Cepat dan mudah dalam menemukan supplier secara online

 – Banyak jaringan dari penjual China

 – Harga lebih murah dibanding Alibaba

 

Kekurangan 1688 :

– Website berbahasa mandarin

– Kualitas produk lebih rendah dari Alibaba

– Suppliernya tidak terbiasa ekspor barang ke luar negeri

5. Yiwugo

Yiwugo

Yiwugo adalah supplier resmi dari Yiwu Market yang merupakan pasar komoditas kecil terbesar di dunia yang terletak di Yiwu, China. Lebih dari 1.8 juta produk berbeda yang terjual di Yiwu Market yang dibagi menjadi 5 distrik dengan lebih dari 10.000 toko dan menghasilkan lebih dari $5M dalam transaksi per hari. Didirikan pada tahun 1980-an dan menjadi pusat utama untuk perdagangan komoditas kecil di China. Ini sebenarnya merupakan tujuan utama untuk pembeli lokal dan mancanegara yang diketahui memiliki harga yang murah dan berbagai macam jenis produk. Yiwu Market buka sepanjang tahun dan paling sibuk saat tahun baru China serta pada pameran musim gugur. Mereka memiliki spesialisasi pada perhiasan, mainan, pakaian, sepatu, tas dan produk lain yang memiliki nilai dollar yang rendah. Minimal jumlah pembeliannya kecil di kisaran 10 unit dan Anda bertanggung jawab untuk bernegosiasi dan pengiriman dengan supplier.

 

 Kelebihan Yiwugo :

 – Cepat dan mudah dalam menemukan supplier secara online

 – Terhubung dengan 10.000 penjual di China

 

 Kekurangan Yiwugo :

 – Lebih kecil dari Alibaba

 – Tidak ada proses pemeriksaan yang nyata dari penjual

 – Produk yang murah dan kualitas rendah

 – Variasi produk yang lebih sedikit dibanding Alibaba

 

Baca juga : 11 Produk Terlaris di Marketplace 2022

 

6. Thomasnet

Thomasnet

Thomasnet adalah sebuah resource online untuk mencari dan menghubungkan dengan produsen dan supplier di US. Di website, ada search engine yang memperbolehkan pengguna untuk mencari produk secara spesifik dan layanan secara langsung dari produsen supplier dan distributor. Mereka juga memiliki sebuah forum dimana pengguna dapat bertanya dan berbagi informasi tentang pengalaman mereka dengan berbagai macam supplier. Untuk mencari supplier di Thomasnet, hal yang perlu Anda lakukan adalah memasukan produk Anda ke kolom pencarian. Bisa mencari berdasarkan kata kunci produk, tipe, nama perusahaan dan Anda bisa mempersempit hasilnya berdasarkan lokasi industri atau sertifikasi.

 

 Kelebihan Thomasnet :

 – Mudah dalam menemukan pabrik di US

 – Berinteraksi dengan penjual lainnya dalam forum

 – Waktu pengerjaan yang cepat dengan supplier US

 – Tidak ada kendala bahasa

 

 Kekurangan Thomasnet :

 – Harga lebih mahal dibanding marketplace China

 – Secara signifikan lebih kecil dari Alibaba

 

7. DHGate.com

DHGate.com

DHGate adalah sebuah marketplace online yang menghubungkan produsen dan grosir China dengan pembeli dari seluruh dunia. Mereka menawarkan berbagai macam jenis produk termasuk elektronik, pakaian, sepatu, dan masih banyak lagi. Tak seperti Albaba, kebanyakan penjual di DHGate adalah bisnis perorangan dan bukan pabrik. Sehingga DHGate tidak bagus untuk menemukan supplier pribadi. Namun ini adalah tempat yang baik untuk mencari berbagai macam jenis produk dalam jumlah pesanan yang kecil untuk pengujian target pasar. 

 

 Kelebihan DHGate :

 – Minimal pemesanan produk yang kecil

 – Program proteksi penjual untuk menjamin semua pembelian

 – Pengawasan barang dari supplier ke pembeli

 – Berbagai macam jenis produk tersedia

 

 Kekurangan DHGate :

 – Quality control yang buruk

 – Barang dagangannya cenderung lebih murah

 

8. Tradekey

Tradekey

Tradekey adalah marketplace B2B yang menghubungkan perusahaan China dengan pembeli dan supplier internasional. Didirikan pada tahun 2006, mereka memiliki 9.6 juta anggota dari 225 negara. Tradekey menawarkan seperangkat alat dan layanan untuk membantu perusahaan menemukan dan terhubung dengan pembeli dan supplier internasional termasuk produk, informasi perusahaan serta sistem keamanan berkirim pesan. Mereka juga menawarkan berbagai layanan tambahan, seperti riset pasar, promosi pameran dagang, dan pengembangan desain website. 

 

 Kelebihan Tradekey :

 – Cepat dan mudah dalam menemukan supplier secara online

 – Memiliki jaringan penjual China yang luas

 

 Kekurangan Tradekey :

 – Secara signifikan lebih kecil dibanding Alibaba

 – Websitenya terlihat seperti desain tahun 90-an

 

9. EC21

EC21

EC21 adalah marketplace B2B global yang menghubungkan pembeli dengan supplier di seluruh dunia dengan lebih dari 2.5 juta pengguna dari 190 negara. Mereka menawarkan berbagai jenis kategori produk termasuk bahan kimia, elektronik, makanan & minuman, kesehatan & kecantikan, bahan galian, serta kemasan & kertas. Di website EC21, Anda bisa memposting penjualan barang, permintaan pembelian, dan melihat profil dari perusahaan supplier. Pembeli bisa menemukan produk dengan menggunakan kolom pencarian, menjelajahi kategori produk atau membuat permintaan pembelian.  Anda juga bisa menemukan supplier dengan mencari melalui daftar supplier atau menghadiri pameran dagang dari EC21. EC21 terbuka untuk semua perusahaan dan websitenya gratis untuk digunakan. 

 

 Kelebihan EC21 :

 – Cepat dan mudah dalam menemukan supplier secara online

 – Jaringan supplier China yang luas

 – Bisa memposting permintaan pembelian dan mendapat respon dari penjual

 

 Kekurangan EC21 :

 – Secara signifikan lebih kecil dari Alibaba

 – Tidak ada proses pemeriksaan yang nyata dari penjual

 

10. AsiaCommerce

AsiaCommerce

AsiaCommerce adalah perusahaan ekspor impor yang memiliki spesialisasi layanan dalam membantu klien melakukan pencarian barang dan importasi untuk para pengusaha UKM atau pebisnis. Dengan kata lain, Anda tidak perlu khawatir atau bingung tentang urusan mencari supplier luar negeri atau urusan impor lagi karena semuanya akan dibantu diuruskan oleh AsiaCommerce. Secara garis besar, AsiaCommerce mempunyai 5 kelebihan yang membedakan dengan marketplace lain, yaitu :

  1. Membantu Mencari Supplier atau Produk Trending yang Anda Cari
  2. Membantu Menggabungkan Semua Pesanan Anda Menjadi Satu Pengiriman Agar Hemat Biaya
  3. Melakukan Quality Check dan Mencegah Penipuan dari Supplier
  4. Bisa Mengurus Semua Dokumen Bea Cukai yang Rumit Termasuk Barang yang Mempunyai Larangan dan Batasan
  5. Telah Terintegrasi dengan E-commerce, Fulfillment, Sampai ke Tim Resellers Untuk Penjualan Anda

 

Baca juga : Apa Beda AsiaCommerce dengan Forwarder Lain?

 

Nah itu dia 10 marketplace alternatif seperti Alibaba. Anda dapat menemukan supplier yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Anda bisa langsung mulai melakukan Request Impor Barang dengan mengisi form request atau melakukan Konsultasi Gratis dengan chat ke Customer Support Whatsapp kami.

Marketplace Alternatif Seperti Alibaba:  request-impor

Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Fakhri Muhammad
Admin
1 year ago

Good information!