Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Apa Manfaat dari Kegiatan Ekspor dan Impor di Tahun 2024?

by | Nov 15, 2023 | Ekspor

“Apa manfaat dari kegiatan ekspor dan impor?” Pertanyaan itu mungkin sempat muncul dalam benak kamu ketika kamu membaca berita-berita mengenai ekspor-impor. Kamu juga mungkin bertanya-tanya alasan ekspor-impor perlu dilakukan oleh suatu negara. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan menjabarkan manfaat kegiatan ekspor dan impor.

Ekspor dan impor seharusnya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mengutip dari investopedia.com, Ekspor adalah kegiatan menjual barang ke luar negeri. Sedangkan impor sebaliknya, yaitu kegiatan membeli barang dari luar negeri.

Kegiatan ini tentu dilakukan tidak serta merta hanya untuk meningkatkan hubungan bilateral antarnegara. Manfaat yang didapat dari melakukan ekspor dan impor jelas lebih dari itu. Berikut ini adalah manfaat-manfaat dari kegiatan ekspor dan impor.

1. Membantu Perkembangan Sebuah Pasar Produk

Manfaat dari kegiatan ekspor dan impor yang pertama adalah dapat mendorong pertumbuhan industri di berbagai belahan dunia dan merangsang inovasi dalam pembuatan produk. Dalam persaingan yang semakin ketat, produsen ditingkat global akan saling berlomba untuk menciptakan produk yang lebih inovatif dan efisien. Hal ini tidak hanya menguntungkan dalam meningkatkan kualitas produk, tetapi juga dapat menghasilkan segmen konsumen baru yang tertarik dengan produk-produk baru tersebut.

Dengan adanya persaingan yang ketat, ekspor dan impor mendorong para produsen untuk terus berinovasi guna memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin berkembang. Inovasi-inovasi ini dapat menghasilkan produk yang lebih baru, lebih baik, dan lebih efisien dalam memenuhi kebutuhan pasar.

Selain itu, dalam upaya memenangkan persaingan global, produsen juga akan berusaha menciptakan keunggulan kompetitif dengan menawarkan fitur-fitur unik atau nilai tambah pada produk mereka. Dengan demikian, aktivitas ekspor dan impor tidak hanya memperkaya pasar produk, tetapi juga memacu pertumbuhan industri melalui inovasi dan keunggulan kompetitif yang dihasilkan.

manfaat dari kegiatan ekspor dan impor
(Freepik/freepik)

2. Meningkatkan Keuntungan

Manfaat dari kegiatan ekspor dan impor yang kedua adalah potensi untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kondisi ekonomi antara dua negara yang menyebabkan perbedaan nilai mata uang.

Misalnya, di Indonesia, biaya untuk makan satu kali berkisar antara 10 ribu hingga 20 ribu rupiah, sedangkan di Malaysia, biaya yang diperlukan untuk makan satu kali berkisar antara 40 ribu hingga 70 ribu rupiah.

Di sinilah kita bisa melihat perbedaan nilai mata uang dan dampaknya terhadap negara lain. Namun, situasi ini dapat memberikan keuntungan jika kita menjual produk dengan harga yang lebih tinggi dari harga awalnya dan tetap terjangkau bagi pembeli.

| Baca juga: Bagaimana Cara Ekspor ke Malaysia? Ini Langkah-langkahnya

3. Memperbesar Skala Produksi

Melalui ekspor dan impor kita selain meningkatkan penjualan di pasar yang lebih besar, suatu negara juga bisa meningkatkan skala produksi dengan menambah supply material. Dengan demikian negara tersebut bisa memperbesar skala produksi dan menghasilkan lebih banyak produk. Hal ini menjadi manfaat dari kegiatan ekspor dan impor yang sangat menguntungkan suatu negara.

4. Memperluas Jangkauan Pasar

Manfaat dari kegiatan ekspor dan impor selanjutnya adalah jangkauan pasar menjadi lebih luas. Dengan menjalin kerja sama dengan negara lain, suatu negara memiliki kesempatan untuk memasuki pasar yang lebih luas. Semakin banyak wilayah yang dapat menjadi target ekspor, maka potensi keuntungan pun meningkat. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kemampuan negara tersebut untuk memenuhi permintaan berbagai produk dengan jumlah yang lebih banyak dan variasi yang lebih beragam.

5. Menghindari Persaingan Tidak Sehat di Pasar Lokal

Manfaat dari kegiatan ekspor dan impor adalah jika kita terus bersaing pada pasar yang sama kita tidak akan mengalami perubahan. Kita perlu sadar bahwa jumlah penduduk di suatu negara akan terus meningkat seiringnya waktu. Artinya, seiring waktu berlalu kompetitor kita akan terus bertambah di pasar yang sama. Persaingan yang sudah terlalu lama akan membawa kita ke pasar yang tidak sehat. Biasanya persaingan yang tidak sehat akan memicu peperangan harga yang akhirnya menurunkan profit yang kita dapatkan.

| Baca juga: Merek Makanan Asal Indonesia yang Diekspor ke Luar Negeri

6. Menjalin Hubungan Kerja Sama Antarnegara

Manfaat dari kegiatan ekspor dan impor adalah negara dapat terlibat dalam interaksi dan memberikan dampak kepada negara lain. Dengan menjaga hubungan kerja sama yang baik, kedua negara memiliki kesempatan untuk mengembangkan program-program yang saling menguntungkan. Program-program ini dapat meliputi pertukaran ilmu pengetahuan, budaya, dan peluang bisnis yang tentunya bermanfaat bagi kedua belah pihak.

7. Memenuhi Kekurangan Kebutuhan Suatu Negara

Manfaat dari kegiatan ekspor dan impor selanjutnya adalah suatu negara dapat bertransaksi untuk memenuhi kebutuhan yang tidak tercukupi. Misalnya, Indonesia kekurangan aluminium untuk memproduksi berbagai peralatan dapur, oleh karena itu Indonesia akan mengimpor komoditas tersebut dari berbagai negara yang menyediakan aluminium.  

8. Mendatangkan Produk serta Inovasi Baru

Dengan keunikan yang ada pada setiap negara (budaya, sumber daya, dll) tidak jarang produk yang dihasilkan pun berbeda-beda juga. Di Cina hampir semua produk yang mendukung kebutuhan hari-hari diproduksi bahkan yang terkadang tidak kita pikirkan. Dengan mengimpor produk tersebut kita bisa menjual di negara kita dan tentu saja mendapatkan profit karena tidak diproduksi di Indonesia.  

manfaat dari kegiatan ekspor dan impor
(Freepik/freepik)

9. Mencegah Monopoli Suatu Produk

Melalui aktivitas ekspor dan impor, kita dapat mengurangi risiko monopoli yang disebabkan oleh keterbatasan sumber daya atau pasar yang terbatas. Dengan menjalankan kegiatan ekspor, kita dapat mencapai pasar yang lebih luas, sehingga mencegah dominasi tunggal pada suatu pasar. Selain itu, melalui impor, kita dapat memperoleh produk dengan kualitas bervariasi untuk berbagai segmen pasar yang berbeda, sehingga mencegah terjadinya monopoli.

Bergabunglah Bersama AsiaCommerce Agar Manfaat dari Kegiatan Ekspor dan Impor Dapat Kamu Rasakan!

Itulah artikel mengenai Apa Manfaat dari Kegiatan Ekspor dan Impor. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat dari kegiatan ekspor dan impor lebih banyak lagi, bergabunglah bersama AsiaCommerce.

Dengan menjadi membership di AsiaCommerce, kamu akan mendapatkan daftar produk-produk terbaik dan termurah yang disediakan oleh supplier terpercaya kami. Selain itu, kamu tidak perlu repot-repot untuk melakukan negosiasi, sebab kami yang akan melakukannya untuk kamu. Tunggu apalagi, klik di sini atau banner di bawah ini untuk segera memulai bisnis impianmu.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments