Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Apa Manfaat dari Kegiatan Ekspor dan Impor?

by | Jul 12, 2019 | Ekspor

Diperbarui oleh Arsyad Dena Mukhtarom pada 14 Juli 2023

 

“Apa manfaat dari kegiatan ekspor dan impor?” Pertanyaan itu mungkin sempat muncul dalam benak kamu ketika kamu membaca berita-berita mengenai ekspor-impor. Kamu juga mungkin bertanya-tanya alasan ekspor-impor perlu dilakukan oleh suatu negara. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan mengupas mengenai manfaat kegiatan ekspor dan impor.

Ekspor dan impor seharusnya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ekspor adalah kegiatan menjual barang ke luar negeri. Sedangkan impor sebaliknya, yaitu kegiatan membeli barang dari luar negeri. Kegiatan ini tentu dilakukan tidak serta merta hanya untuk meningkatkan hubungan bilateral antarnegara. Manfaat yang didapat dari melakukan ekspor dan impor jelas lebih dari itu. Berikut ini adalah manfaat-manfaat dari kegiatan ekspor dan impor.

 

1. Membantu Perkembangan Sebuah Pasar Produk

Melalui aktivitas ekspor dan impor, kita dapat mendorong pertumbuhan industri di berbagai belahan dunia dan merangsang inovasi dalam pembuatan produk. Dalam persaingan yang semakin ketat, produsen ditingkat global akan saling berlomba untuk menciptakan produk yang lebih inovatif dan efisien. Hal ini tidak hanya menguntungkan dalam meningkatkan kualitas produk, tetapi juga dapat menghasilkan segmen konsumen baru yang tertarik dengan produk-produk baru tersebut.

Dengan adanya persaingan yang ketat, ekspor dan impor mendorong para produsen untuk terus berinovasi guna memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin berkembang. Inovasi-inovasi ini dapat menghasilkan produk yang lebih baru, lebih baik, dan lebih efisien dalam memenuhi kebutuhan pasar. Selain itu, dalam upaya memenangkan persaingan global, produsen juga akan berusaha menciptakan keunggulan kompetitif dengan menawarkan fitur-fitur unik atau nilai tambah pada produk mereka. Dengan demikian, aktivitas ekspor dan impor tidak hanya memperkaya pasar produk, tetapi juga memacu pertumbuhan industri melalui inovasi dan keunggulan kompetitif yang dihasilkan.

 

2. Meningkatkan Keuntungan

Dengan menjual produk ke luar negeri, terdapat potensi untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kondisi ekonomi antara dua negara yang menyebabkan perbedaan nilai mata uang. Misalnya, di Indonesia, biaya untuk makan satu kali berkisar antara 10 ribu hingga 20 ribu rupiah, sedangkan di Malaysia, biaya yang diperlukan untuk makan satu kali berkisar antara 40 ribu hingga 70 ribu rupiah. Di sinilah kita bisa melihat perbedaan nilai mata uang dan dampaknya terhadap negara lain. Namun, situasi ini dapat memberikan keuntungan jika kita menjual produk dengan harga yang lebih tinggi dari harga awalnya dan tetap terjangkau bagi pembeli.

 

Baca juga: Bagaimana Cara Ekspor ke Malaysia? Ini Langkah-langkahnya

 

3. Memperbesar Skala Produksi

Melalui ekspor dan impor kita selain meningkatkan penjualan di pasar yang lebih besar. Suatu negara juga bisa meningkatkan skala produksi dengan menambah supply material. Dengan demikian negara tersebut bisa memperbesar skala produksi dan menghasilkan lebih banyak produk.

 

4. Memperluas Jangkauan Pasar

Dengan menjalin kerja sama dengan negara lain, suatu negara memiliki kesempatan untuk memasuki pasar yang lebih luas. Semakin banyak wilayah yang dapat menjadi target ekspor, maka potensi keuntungan pun meningkat. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kemampuan negara tersebut untuk memenuhi permintaan berbagai produk dengan jumlah yang lebih banyak dan variasi yang lebih beragam.

 

5. Menghindari Persaingan Tidak Sehat di Pasar Lokal

Jika kita terus bersaing pada pasar yang sama kita tidak akan mengalami perubahan. Kita perlu sadar bahwa jumlah penduduk di suatu negara akan terus meningkat seiringnya waktu. Artinya, seiring waktu berlalu kompetitor kita akan terus bertambah di pasar yang sama. Persaingan yang sudah terlalu lama akan membawa kita ke pasar yang tidak sehat. Biasanya persaingan yang tidak sehat akan memicu peperangan harga yang akhirnya menurunkan profit yang kita dapatkan.

 

Baca juga: Merek Makanan Asal Indonesia yang Diekspor ke Luar Negeri

 

6. Menjalin Hubungan Kerja Sama Antarnegara

Melalui aktivitas ekspor dan impor, sebuah negara dapat terlibat dalam interaksi dan memberikan dampak kepada negara lain. Dengan menjaga hubungan kerja sama yang baik, kedua negara memiliki kesempatan untuk mengembangkan program-program yang saling menguntungkan. Program-program ini dapat meliputi pertukaran ilmu pengetahuan, budaya, dan peluang bisnis yang tentunya bermanfaat bagi kedua belah pihak.

 

7. Memenuhi Kekurangan Kebutuhan Suatu Negara

Dengan bantuan ekspor dan impor, suatu negara dapat bertransaksi untuk memenuhi kebutuhan yang tidak tercukupi. Misalnya, Indonesia kekurangan aluminium untuk memproduksi berbagai peralatan dapur, oleh karena itu Indonesia akan mengimpor komoditas tersebut dari berbagai negara yang menyediakan aluminium.

 

8. Mendatangkan Produk serta Inovasi Baru

Dengan keunikan yang ada pada setiap negara (budaya, sumber daya, dll) tidak jarang produk yang dihasilkan pun berbeda-beda juga. Di Cina hampir semua produk yang mendukung kebutuhan hari-hari diproduksi bahkan yang terkadang tidak kita pikirkan. Dengan mengimpor produk tersebut kita bisa menjual di negara kita dan tentu saja mendapatkan profit karena tidak diproduksi di Indonesia.

 

9. Mencegah Monopoli Suatu Produk

Melalui aktivitas ekspor dan impor, kita dapat mengurangi risiko monopoli yang disebabkan oleh keterbatasan sumber daya atau pasar yang terbatas. Dengan menjalankan kegiatan ekspor, kita dapat mencapai pasar yang lebih luas, sehingga mencegah dominasi tunggal pada suatu pasar. Selain itu, melalui impor, kita dapat memperoleh produk dengan kualitas bervariasi untuk berbagai segmen pasar yang berbeda, sehingga mencegah terjadinya monopoli.


Itulah artikel mengenai Apa Manfaat dari Kegiatan Ekspor dan Impor. Jika kamu ingin mendapatkan edukasi lebih mendalam mengenai ekspor-impor, bergabunglah bersama AsiaCommerce. Dengan menjadi membership di AsiaCommerce, kamu akan mendapatkan daftar produk-produk terbaik dan termurah yang disediakan oleh supplier terpercaya kami. Selain itu, kamu tidak perlu repot-repot untuk melakukan negosiasi, sebab kami yang akan melakukannya untuk kamu. Tunggu apalagi, klik di sini atau banner di bawah ini untuk segera memulai bisnis impianmu.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments