Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Bagaimana Cara Menjadi Wirausaha yang Sukses Berusaha Dari Nol?

by | May 18, 2022 | Tips & Strategi Bisnis

Diperbarui oleh Arsyad Dena Mukhtarom pada 5 Juli 2023

Memulai bisnis memang bukanlah perkara yang mudah, tapi bukan juga hal yang sulit untuk dilakukan. Meski demikian, banyak orang yang memutuskan untuk berhenti ketika di tengah jalan menemukan tantangan baru yang mereka hadapi. Namun tenang saja, pertanyaan “bagaimana cara menjadi wirausaha yang sukses berusaha dari nol” akan kami jawab agar kamu dapat memantapkan diri untuk memulai bisnis yang sudah kamu dambakan.

Seperti yang kita ketahui, cukup banyak pebisnis yang memulai bisnis mereka dengan modal besar. Namun, bukan berarti kita tidak dapat memulai bisnis dengan modal seadanya. Toh, jumlah pebisnis sukses saat ini yang memulai bisnisnya dengan modal seadanya tidak kalah banyak. Bahkan sebagian dari mereka memulai bisnis benar-benar dari nol. 

Perlu diingat, resiko akan selalu beriringan dengan segala keputusan yang akan kita ambil. Dengan mengetahui hal itu, kita tidak perlu lagi khawatir akan segala resiko yang akan datang. Sebab, menjalankan bisnis adalah resiko itu sendiri. Yang terpenting adalah cara kita bersikap dan mempersiapkan diri untuk resiko yang akan datang. Yuk, kita baca tips dari AsiaCommerce tentang bagaimana cara menjadi wirausaha yang sukses berusaha dari nol.

 

1. Yakinkan Dirimu 

Mulailah untuk menetapkan hati sebelum memutuskan pilihanmu. Apabila kamu masih setengah hati saat merintis bisnis, kamu akan sangat mudah untuk dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih menghasilkan uang, bisnismu malah menghasilkan hikmah untuk dipelajari–meskipun itu hal yang baik juga.

Tidak perlu takut, toh, ketika pertama kali melakukan sesuatu, persentase untuk gagal berada di angka yang tinggi. Kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat berarti untuk bisnis-bisnismu selanjutnya.

Akan tetapi, jika kamu tidak ingin belajar dari pengalaman sendiri, kamu dapat belajar dari pengalaman-pengalaman pebisnis lainnya. Tidak hanya kisah suksesnya saja, tapi kamu perlu perhatikan juga kegagalan-kegagalan yang mereka alami agar kamu dapat menghindari kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan oleh orang lain.

Sekali lagi, yakinkan dirimu bahwa apapun yang terjadi, kamu akan menang dan mendapatkan pengalaman yang tak tergantikan.

 

2. Melakukan Riset Pasar 

Cara memulai bisnis dari nol selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Melalui riset pasar, kamu akan mempelajari dinamika dalam berbisnis. Kamu akan mengetahui target pasarmu, karakteristik calon customermu, hingga kompetitor bisnismu. 

Kamu bisa melakukan riset pasar melalui berbagai marketplace seperti Shopee dan Bukalapak. Selain itu, kamu juga bisa melakukan riset melalui search engine dan media sosial seperti Google dan Instagram.

Kamu tidak bisa memulai bisnis tanpa melakukan riset pasar terlebih dahulu. Sebab, kamu akan kesulitan untuk mengidentifikasi peluang dari bisnis yang akan kamu jalani.

 

Baca Juga: Pahami Cara Riset Produk Terlaris Untuk Mendominasi Market

 

 

3. Tentukan Jenis Bisnis 

Setelah kamu menyelesaikan riset pasar, kamu harus menentukan jenis bisnismu. Misal, setelah kamu melakukan riset, ternyata kamu menemukan bahwa target pasarmu cenderung membutuhkan bisnis jasa pelayanan dibandingkan bisnis produk. Oleh karena itu, kamu memutuskan untuk melakukan bisnis pelayanan untuk memenuhi kebutuhan target pasarmu.

Alternatif lainnya, kamu bisa menentukan jenis bisnismu berdasarkan kesukaan atau passion kamu. Sebab kamu menyukainya, kamu akan lebih bersemangat menghadapi berbagai tantangan dan rintangan.

Hal yang penting setelah menentukan jenis bisnismu, kamu perlu membuat branding yang unik agar bisnismu dapat dikenal konsumen dengan mudah.

 

4. Persiapkan Modal 

Banyak orang takut untuk memulai bisnis karena mengira bisnis selalu menggunakan modal yang besar. Memang kebanyakan bisnis menggunakan modal besar, tapi tidak semua bisnis harus menggunakan modal besar untuk memulai. Jika kamu kesulitan perihal modal, kamu dapat memulainya dengan berbisnis kecil-kecilan ataupun memanfaatkan social media terlebih dahulu. 

Catat semua apa yang akan dikeluarkan dan biaya yang dibutuhkan. Tekan juga pengeluaran yang akan digunakan supaya lebih hemat dan tidak terkesan membuang-buang biaya. Sebagai contoh, jika kamu masih mencoba-coba lebih baik memulai bisnis dengan menjadi dropshipper terlebih dahulu karena dengan itu kamu tidak perlu mempunyai stok barang sehingga dapat menekan pengeluaran. Hal itu akan terbayarkan dengan apa yang nantinya akan didapatkan. 

 

5. Persiapkan Model Bisnis 

Jawaban dari pertanyaan “bagaimana cara menjadi wirausaha yang sukses berusaha dari nol?” selanjutnya yaitu dengan mempersiapkan model bisnis. Dengan merencanakan model bisnis, kamu akan mendapatkan pemahaman tentang strategi bisnis yang akan kamu jalankan. 

Pertimbangkan apakah kamu ingin mengembangkan dan memproduksi produk sendiri atau menjadi distributor yang tidak perlu terlibat dalam proses produksi. Jika kamu memilih menjadi distributor, kamu bisa mempertimbangkan untuk menjadi distributor barang impor. Barang impor memiliki permintaan yang tinggi dan biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih murah dari pasar lokal, sehingga kamu dapat menjualnya kembali dengan harga yang kompetitif di pasar. 

Baca Juga: Bisnis Dropship : Keuntungan dan Cara Memulainya

 

 

6. Pelajari Business Plan dengan Baik 

Memulai usaha dari nol berarti perlu adanya perencanaan yang matang. Cara memulai bisnis yang tepat yaitu dengan mempelajari perencanaan bisnis. Setiap perencanaan yang kamu buat dapat dituangkan ke dalam business plan. Di dalam bisnis plan tersebut kamu dapat membuat rencana bisnis kamu dalam beberapa tahun ke depan, tujuan yang akan kamu raih dan upaya yang akan dilakukan untuk meraih tujuan tersebut. 

Bisnis plan sering dianggap sebagai faktor penting sebelum memulai bisnis dari nol. Karena memudahkan dalam proses pemodalan dan untuk menilai apakah bisnis yang akan kamu bangun memungkinkan untuk dimulai. 

Selain itu, dengan bisnis plan kamu juga dapat menggunakannya untuk meyakinkan investor supaya ikut andil dalam pengembangan serta pemodalan bisnismu. Buatlah visi misi yang jelas dan berbagai inovasi untuk memberikan kepercayaan terhadap bisnismu tersebut.

 

7. Fokus Pada Satu Target 

Memiliki portofolio bisnis yang beragam memang dapat menghasilkan keuntungan yang melimpah. Namun, perlu diingat bahwa memiliki terlalu banyak bisnis juga bisa menyebabkan kehilangan fokus yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerugian. Penting untuk tidak terburu-buru dalam mengejar keuntungan. 

Sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa bisnis utama kamu telah mencapai stabilitas yang baik, baik dari segi sumber daya manusia, modal, dan kebutuhan lainnya. Setelah bisnis utama stabil, kamu dapat merencanakan langkah bisnis selanjutnya dengan hati-hati dan mempelajari dengan seksama bisnis baru yang akan kamu jalankan.

 

 

8. Pelajari Strategi Bisnis 

Rencana bisnis merupakan hal yang sangat penting jika kamu ingin memulai bisnis tanpa memiliki modal awal. Pendekatan ini dapat menjadi cara yang efektif untuk membangun bisnis yang menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang.

Rencana bisnis memainkan peran krusial dalam menjaga keberlangsungan bisnis saat menghadapi tantangan baik dari dalam maupun luar. Dalam situasi memulai bisnis dari nol, penting untuk mempersiapkan strategi bisnis yang efektif guna mencapai kesuksesan.

 

Bagaimana Cara Menjadi Wirausaha yang Sukses Berusaha Dari Nol?

 

9. Tingkatkan Kualitas Diri 

Jawaban yang tidak kalah penting dari pertanyaan “bagaimana cara menjadi wirausaha yang sukses berusaha dari nol?” yaitu dengan meningkatkan kualitas diri kita sendiri. Memulai bisnis tentunya tidak akan terlepas dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Apalagi ketika kamu menjalankan bisnis ini sendirian. 

Di dalam bisnis kamu dituntut untuk selalu belajar meningkatkan kualitas diri, karena di dalam bisnis kamu akan melakukan penjualan, pemasaran dan membangun networking, semua itu harus kamu kuasai. Itulah sebabnya kamu harus terus meningkatkan kualitas diri melalui berbagai cara seperti mengikuti workshop, online course, maupun seminar.

 

10. Evaluasi serta Tingkatkan Kualitas Produk dan Layanan 

Evaluasi merupakan salah satu langkah penting yang tidak boleh diabaikan ketika memulai bisnis. Melalui proses evaluasi, setiap kesalahan dapat dengan mudah diidentifikasi dan diperbaiki. Tidak ada pengusaha yang baru merintis bisnis yang terlepas dari kesalahan. Oleh karena itu, evaluasi membantu dalam terus meningkatkan bisnis di semua aspek yang dilakukan.

Kualitas produk dan layanan juga merupakan bagian penting dari evaluasi. Selalu melakukan inovasi dan memberikan yang terbaik dalam hal produk dan pelayanan kepada konsumen. Hal ini bertujuan agar konsumen merasa puas dan betah berada dalam bisnis yang kamu bangun dari awal. Dengan memberikan pelayanan terbaik, konsumen akan mempercayai bisnismu dan memilihnya sebagai pilihan utama.

 

Baca juga: 10 Merek Elektronik China yang Lagi Ngehits

 

Itulah berbagai jawaban untuk pertanyaan “bagaimana cara menjadi wirausaha yang sukses berusaha dari nol?” versi AsiaCommerce. Sudah siapkah kamu untuk memulai bisnis pertamamu?

Jika kamu kebingungan untuk memulai bisnismu, maka kini kamu tidak perlu khawatir lagi. AsiaCommerce akan membimbing kamu dari awal hingga kamu mahir. Selain itu, AsiaCommerce akan membantumu menemukan produk-produk terbaik dan termurah dengan profit tinggi dari supplier terpercaya di luar negeri. Segala dokumen akan kami urus, jadi kamu dapat fokus dalam pengembangan bisnismu. Klik di sini atau banner di bawah ini untuk menemukan solusi dari kekhawatiranmu!

 

–   

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments