Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

8 Tips Agar Bisnismu Menjadi Brand Top of Mind

by | Jan 9, 2024 | Tips & Strategi Bisnis

Saat merekmu menjadi “top of mind” bagi pelanggan, itu berarti bisnismu berhasil menanamkan kesan yang mendalam dan langgeng. Menjadi merek yang selalu muncul di pikiran konsumen saat mereka membutuhkan produk atau layanan tertentu adalah salah satu kunci kesuksesan dalam pemasaran. Namun, mencapai status ini bukanlah tugas yang mudah. Mari baca lebih lanjut untuk mengetahui tips agar bisnismu menjadi brand top of mind.

Apa Itu Brand Top of Mind?

(www.indomieusa.com)

Dari channelsight.com, Brand Top of Mind adalah suatu kondisi di mana sebuah merek menjadi yang pertama kali terlintas dalam pikiran konsumen ketika mereka membutuhkan produk atau layanan tertentu di suatu niche atau industri. 

Hal ini menunjukkan tingkat kesadaran tinggi di kalangan konsumen terhadap merek tersebut. Meskipun tidak semua konsumen akan memikirkan merek yang sama, namun terdapat indikasi jelas mengenai popularitas perusahaan-perusahaan dalam suatu industri.

Jadi, secara sederhana, brand top of mind dapat diartikan sebagai merek yang selalu diingat oleh konsumen dan masyarakat secara luas ketika mereka memerlukan suatu produk atau layanan. 

Merek ini berhasil menanamkan dirinya sebagai pilihan utama di benak konsumen, menciptakan kesan yang mendalam dan langgeng dalam pikiran mereka. Keberhasilan mencapai status “top of mind” menandakan bahwa merek tersebut telah berhasil mengukir posisinya dengan kuat dalam persepsi dan preferensi konsumen.

Baca juga: Arti Brand Positioning: Strategi dan Contohnya dalam Bisnis

Manfaat Brand Top of Mind Bagi Bisnis

Brand top of mind memberikan keuntungan utama yang jelas. Jika brand-mu adalah yang pertama muncul di benak konsumen, mereka akan secara naluriah mencari produk-mu saat membutuhkannya. Namun, pentingnya top of mind awareness tidak berhenti di situ. Keuntungan utama ini membawa berbagai manfaat lain yang tak terduga.

1. Pemasaran Menjadi Lebih Efektif

Karena publik sudah familiar dengan brand-mu, kampanye pemasaran-mu akan lebih mudah diingat dan bermakna. Bahkan, ketika pesaing mengiklankan produk mereka, konsumen mungkin saja memikirkan produk-mu.

2. Public Relation Menjadi Lebih Mudah

Ketika brand-mu sudah menjadi nama yang dikenal luas, menarik perhatian media menjadi lebih mudah.

3. Peringkat Pencarian Meningkat

Jika banyak orang mencari brand-mu di mesin pencari, mesin pencari akan memberikan peringkat tinggi pada situs-mu dan meningkatkan posisi situs-mu untuk kata kunci terkait.

4. Nilai dan Integritas Brand Meningkat

Brand yang mencapai top of mind awareness seringkali memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dan dapat menetapkan harga yang lebih tinggi.

5. Prospek Lebih Banyak

Semakin banyak orang yang mengetahui produk-mu, semakin mudah membawa mereka melalui perjalanan eCommerce menuju konversi. Keuntungan ini membuka peluang untuk pertumbuhan bisnis yang lebih cepat.

Dengan memahami arti brand top of mind, kamu dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan meningkatkan visibilitas brand-mu agar selalu dikenang oleh konsumen.

Cara Agar Bisnis Menjadi Brand Top of Mind

8 Tips Agar Bisnismu Menjadi Brand Top of Mind
(www.sehataqua.co.id)

Salah satu kunci untuk mencapai status brand top of mind adalah melalui strategi branding yang efektif. Tanpa strategi ini, bisnis mungkin kesulitan bersaing, terutama dalam industri yang sudah dipenuhi oleh banyak merek top of mind, seperti FMCG dan otomotif.

Namun, jangan khawatir! Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mencapai hal tersebut.

1. Lakukan Inovasi Produk

Berbeda dan unik adalah kunci. Pastikan bisnismu memiliki identitas yang unik dan konsisten, sehingga meskipun banyak produk serupa di pasaran, brand-mu selalu dikenang oleh masyarakat.

2. Riset Strategi Brand/Produk Serupa dari Kompetitor

Lakukan riset terhadap produk dan strategi pemasaran kompetitor. Hal ini membantu kamu untuk beradaptasi dan memperbarui strategi pemasaran agar lebih efektif.

3. Riset Kebutuhan Customer

Lakukan riset mendalam untuk memahami kebutuhan pelanggan. Dengan mengetahui apa yang diinginkan pelanggan, kamu dapat meningkatkan brand awareness.

4. Buat Tagline dan Slogan yang Eye-Catching

Tagline yang kuat dapat membedakan bisnismu dari pesaing. Carilah contoh-contoh tagline dari brand-brand terkenal di dunia di sini.

5. Beri Pengalaman Berbelanja Terbaik

Pengalaman berbelanja yang tak terlupakan dapat meninggalkan kesan mendalam pada pelanggan. Pastikan setiap interaksi, baik online maupun offline, memberikan pengalaman yang positif.

6. Bangun Visibilitas Brand Secara Online

Keberadaan online sangat penting. Gunakan media sosial, eCommerce, dan optimalkan SEO agar brand-mu terlihat di berbagai platform.

7. Program Omnichannel Loyalty

Program ini membantu menjaga konsistensi dan memberikan pengalaman yang memuaskan pada setiap interaksi pelanggan. Berikan poin loyalitas untuk setiap pembelian, baik online maupun offline.

| Baca juga: Omnichannel: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya

8. Susun Strategi Iklan yang Menarik dan Efektif

Buat strategi iklan yang sesuai dengan kelompok target pelanggan. Dengan demikian, produkmu bisa mencapai target market yang telah kamu tentukan.

Dengan menerapkan tips ini, bisnismu memiliki peluang lebih besar untuk menjadi brand top of mind di mata konsumen.

Contoh Brand Top of Mind

8 Tips Agar Bisnismu Menjadi Brand Top of Mind
(gaya.tempo.co)

Berikut adalah contoh-contoh brand top of mind yang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam pikiran konsumen.

1. Indomie

Meskipun banyak merek mi instan yang beredar, namun Indomie tetap menjadi pilihan utama dan disebutkan ketika berbicara tentang mi instan. Bahkan, pesaing terkuatnya, Mie Sedaap, belum mampu menggantikan posisi Indomie. Keberhasilan Indomie tak hanya terbatas di Indonesia, melainkan juga diakui secara global sebagai salah satu Global Brand 2017 versi Brand Footprint Kantar World Panel, lembaga riset dari WPP Group.

2. Baygon

Meskipun ada berbagai merek obat nyamuk di pasaran, seperti Hit, Vape, hingga Domestos Nomos, yang terpikirkan pertama kali oleh banyak orang saat berbicara tentang obat nyamuk adalah Baygon. Merek ini telah hadir sejak tahun 1950 dan terus menjaga posisinya sebagai brand top of mind di kategori obat nyamuk.

3. Pampers

Ketika kita berbicara tentang popok sekali pakai, maka brand yang langsung terlintas di pikiran adalah Pampers. Meskipun ada berbagai merek popok lainnya, Pampers berhasil mencapai posisi nomor 1 dalam kelas popok untuk bayi dan menjadi asosiasi utama ketika orang berbicara tentang popok sekali pakai.

4. Aqua

Saat orang berencana untuk membeli air mineral, merek yang sering kali diucapkan adalah Aqua. Meskipun ada banyak merek air mineral lainnya seperti Ades, Club, Cleo, dan Le Minerale, Aqua tetap menjadi pilihan utama. Keberhasilan Aqua sebagai pelopor air kemasan di Indonesia menjadikannya brand top of mind di ranah air mineral.

Baca juga: Pahami Apa Itu Brand Loyalty dan Cara Meningkatkannya!

Buat Bisnismu Lebih Dikenal dengan Layanan Distribusi AsiaCommerce!

Kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan cara agar bisnismu lebih dikenal oleh khalayak luas. AsiaCommerce hadir untuk membantumu meningkatkan brand awareness terhadap bisnismu. Dengan layanan distribusi unggulan dari AsiaCommerce, bisnismu akan didistribusikan melalui berbagai marketplace terkemuka, dan kamu juga akan dipertemukan dengan beragam reseller dan dropshipper yang dapat memperluas jangkauan pasar bisnismu.

AsiaCommerce tidak hanya menawarkan distribusi yang efisien, tapi juga memberikan dukungan dalam optimalisasi digital marketing bisnismu. Tim profesional kami siap membantumu dalam manajemen stok, store operating, serta order processing untuk memastikan bahwa bisnismu berjalan lancar dan efektif.

Jangan biarkan bisnismu terpinggirkan, buatlah bisnismu lebih dikenal dengan layanan distribusi AsiaCommerce! Hubungi kami sekarang melalui tautan berikut atau banner di bawah ini untuk memulai langkah menuju keberhasilan bisnis yang lebih besar dan dikenal oleh lebih banyak orang.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments