Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Business Owner Wajib Datang ke Canton Fair 2023

by | Aug 29, 2023 | Product Sourcing

Banyak pemilik bisnis mencari produk-produk terbaik dengan profit tinggi, salah satunya dengan mengunjungi trade show atau pameran dagang. Di pameran dagang tentu banyak produsen barang-barang berkualitas yang dicari oleh perusahaan atau para pemilik bisnis. Salah satu trade show China yang populer adalah Canton Fair 2023. Pameran Canton Fair 2023 diadakan dua kali dalam setahun di Musim Semi (Spring) dan Musim Gugur (Autumn). Lalu apa saja yang tersedia di Canton Fair 2023 dan bagaimana cara bergabungnya? Yuk simak pembahasannya pada blog berikut ini.

Apa itu Canton Fair

Canton Fair merupakan pameran dagang terbesar di Tiongkok dan secara resmi disebut China Import and Export Fair yang dimulai pada tahun 1957 dan kini menjadi salah satu acara perdagangan terbesar dalam kalender perdagangan internasional. Setiap tahun banyak sekali pebisnis dari seluruh dunia yang datang ke Guangzhou untuk menghadiri Canton Fair. Acara pameran perdagangan di Tiongkok ini diselenggarakan oleh China Foreign Trade Center (CFTC) dan diselenggarakan secara ganda oleh Kementerian Perdagangan Tiongkok dan pemerintah Provinsi Guangdong. Mengingat tanggal dimulainya dan konsistensinya, acara ini dianggap sebagai acara perdagangan tertua dan terbesar di Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Oleh karena itu, pameran dagang ini selalu menyumbang pendapatan tertinggi di Tiongkok. Bersamaan dengan pameran lain yang diadakan di Guangzhou dan Shanghai, total tempat yang dioperasikan oleh CFTC di wilayah ini hingga fasilitas pameran dunia berjumlah sekitar 10,700,000 meter persegi. Canton Fair adalah acara dua tahunan yang diadakan pada bulan April dan Oktober setiap tahunnya. Lebih dari enam belas kategori produk dipamerkan, dan Pameran ini diadakan dalam tiga Tahap, meliputi produk industri dan konsumen. Tahun lalu, pameran ini menarik lebih dari 31.000 peserta pameran dan 190.000 pengunjung ke setiap sesinya.

Baca juga : Trade Show Terpopuler Untuk Cari Produk Terbaik

Jadwal Pelaksanaan Canton Fair 2023

canton fair 2023

Canton Fair 2023 yang ke-134 diselenggarakan di China Import and Export Fair (Pazhou) Complex, Guangzhou. Jadwak terdekat diadakan pada Musim Gugur 2023 di bulan Oktobor yang mana setiap fase akan berlangsung selama 5 hari dengan interval 3 hari dan terbagi ke dalam 3 fase, di antaranya : 

Fase 1: 15 – 19 Oktober 2023

Di fase pertama ini, ada beberapa kategori produk yang dipamerkan yaitu : Peralatan Listrik Hostehold, Produk Elektronik dan Informasi Konsumen, Produk Elektronik dan Listrik, Peralatan Penerangan, Sumber Daya Energi Baru, Bahan Baru dan Produk Kimia, Perangkat Keras, Peralatan, Mesin dan Peralatan Permesinan, Peralatan Listrik dan Listrik, Mesin Umum dan Suku Cadang Mekanik, Otomasi Industri dan Manufaktur Cerdas, Mesin Konstruksi, Mesin Pertanian, Kendaraan Energi Baru dan Mobilitas Cerdas, Sepeda Motor, Sepeda, Suku Cadang Kendaraan, Kendaraan.

Fase 2: 23 – 27 Oktober 2023

Di fase dua, kategori produk yang dijual antara lain : Bahan Bangunan dan Dekorasi, Peralatan Sanitasi dan Kamar Mandi, Furnitur, Dapur dan Peralatan Makan, Keramik Penggunaan Sehari-hari, Peralatan Rumah Tangga, Jam, Jam Tangan dan Instrumen Optik, Hadiah dan Premi, Produk Festival, Dekorasi Rumah, Keramik Seni, Kerajinan Kaca, Produk Berkebun, Produk Anyaman, Rotan dan Besi, Dekorasi Besi dan Batu serta Fasilitas Outdoor Spa.

Tahap 3: 31 Oktober – 4 November 2023

Di fase 3 atau yang terakhir, berikut beberapa jenis produk yang dipamerkan : Peralatan Perawatan Pribadi, Produk Kamar Mandi, Obat-obatan, Produk Kesehatan dan Alat Kesehatan, Produk Hewan Peliharaan, Produk Bersalin dan Bayi, Mainan, Pakaian Anak, Pakaian Pria dan Wanita, Pakaian Olahraga dan Pakaian Santai, Pakaian Dalam, Bulu, Kulit, Bulu Bawah dan Terkait, Produk, Aksesori dan Perlengkapan Pakaian, Tekstil Rumah Tangga, Bahan Baku dan Kain Tekstil, Karpet dan Permadani, Sepatu, Perlengkapan Kantor, Tas dan Koper, Produk Kenyamanan Olahraga dan Pariwisata, Makanan, Revitalisasi Pedesaan.

Keuntungan Join

canton fair 2023

Ada berbagai keuntungan yang bisa Ascomers dapatkan jika datang ke Canton Fair 2023, di antaranya sebagai berikut : 

1. Bertemu Supplier China Tangan Pertama Terpercaya

Di acara pameran dagang selalu menghadirkan perusahaan mau pun produsen yang menyediakan suplai produk-produk berkualitas. Ini menjadi waktu yang tepat pagi business owner untuk mencari supplier tangan pertama dari China dan melihatnya secara langsung. Jika kamu sudah menentukan ingin mencari produk apa, bisa melihat jadwal dari tiap fasenya. Karena setiap fase menjual beberapa kategori produk yang berbeda. Maka Ascomers perlu mempersiapkan checklist produk apa saja yang ingin dicari dan kriteria supplier yang diinginkan.

2. Akses Jutaan Produk Profit Tinggi

Selain menyediakan banyak pilihan produsen, tentunya ada banyak macam-macam produk produk yang memiliki potensi profit tinggi. Produknya sendiri pun juga ada berbagai kategori dan tingkatannya, mulai dari kualitas normal hingga yang berkualitas tinggi. Apalagi produk dari China terkenal harganya yang murah dan keunikannya di pasar globlal. Maka ini bisa menjadi kesempatan yang cocok untuk Ascomers dalam mencari ide produk untuk berjualan di marketplace Indonesia nantinya.

3.  Relasi dengan Pengusaha

Hal yang tidak bisa terlewatkan ketika menghadiri pameran dagang adalah menjalin relasi dengan pengusaha atau business owner lain yang datang ke acara. Banyak business owner yang hadir bukan hanya untuk mencari supplier atau produsen, akan tetapi juga menambah relasi dengan business owner lainnya. Karena semakin luas jaringan relasi dengan pengusaha, maka akan ikut memperluas jaringan penjualan atau branding dari perusahaan atau produk yang Ascomers jual nantinya. Sesama business owner tentunya akan berbagi ilmu dan pengalamannya untuk membantu mengembangkan bisnis. Jadi, ini adalah kesempatan yang bagus bagi business owner untuk menghadiri pameran dagang seperti Canton Fair 2023.

Baca juga : Cara Mencari Distributor Resmi Kosmetik dari China

Join Canton Fair Business Trip AsiaCommerce

Jika Ascomers adalah seorang pemilik bisnis dan ingin mengunjungi trade show, maka kamu bisa bergabung bersama Sourcing Trip AsiaCommerce. Kamu bisa mengikuti pameran dagang terpopuler yaitu Canton Fair di Guangzhou dan Global Sources di Hongkong. Selain bisa melihat pameran secara langsung, Ascomers juga berkesempatan untuk menjalin potensial partners dengan pemilik bisnis lain yang tergabung dalam Sourcing Trip AsiaCommerce. Yuk tunggu apalagi, sourcing jutaan produk profit tinggi langsung ke China bersama AsiaCommerce. Klik di sini atau banner di bawah untuk informasi lengkapnya.

CTA Sourcing Trip
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments