Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

7 Cara Agar Iklan di Marketplace Facebook Dilihat Orang Banyak

by | Nov 2, 2023 | Tips & Strategi Bisnis

Informasi mengenai Facebook Ads merupakan cara ampuh untuk mengoptimalisasi promosi bisnis bukanlah hal yang asing. Banyak pebisnis menggunakan Facebook Ads karena memiliki jangkauan yang luas dengan pengguna terbesar, dengan cakupan seperti Facebook, Instagram, Messenger sampai Audiens. Untuk mencapai audiens yang luas, maka diperlukan pengetahuan mengenai cara agar iklan di marketplace facebook dilihat orang banyak.

Beriklan di Facebook Marketplace tentunya memberikan keuntungan yang besar bagi bisnis kamu. Namun bagaimana cara agar iklan di marketplace facebook dilihat orang banyak? Mari simak artikel berikut sampai selesai, agar kamu lebih memahami panduan membuat iklan di Facebook yang dapat kamu terapkan di bisnismu.

Apa Itu Marketplace Facebook?

Mengutip dari techtarget.com, Facebook marketplace adalah sebuah fitur di Facebook untuk membantu pengguna Facebook mencari, membeli, dan menjual barang . Singkatnya, Facebook Marketplace adalah fitur ecommerce dari Facebook. Akan tetapi, fitur ini hanya menjadi wadah untuk display produk saja. Kamu memerlukan pihak ketiga untuk melakukan transaksi. Alternatifnya kamu dapat melakukan transaksi secara mandiri dengan pengguna lainnya.

Cara Agar Iklan di Marketplace Facebook Dilihat Orang Banyak

Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace

Untuk menjual barang di Facebook Marketplace, caranya cukup mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik menu di kanan atas Facebook.
  2. Pilih marketplace.
  3. Ketuk pilihan “jual” di bagian atas.
  4. Tambahkan judul dan harga, serta pilih kategori.
  5. Tambahkan foto untuk menambahkan foto produk kamu.
  6. Ketuk Terbitkan untuk menerbitkan tawaran Marketplace Anda.

Maksimalkan Penjualanmu dengan Facebook Ads

Facebook Ads merupakan jasa pengiklanan digital yang dibuat oleh Facebook kepada penggunanya untuk memasarkan produk atau jasa berdasarkan aktivitas pemakai, demografis, pemakaian perangkat, dan lainnya.

Penggunaan Facebook Ads dapat dikatakan sangat user friendly dan tidak rumit, hanya saja kamu perlu benar-benar memahami cara agar iklan di marketplace facebook dilihat orang banyak.

 

Kenapa Harus Facebook Ads?

Ada beberapa alasan yang membuat kamu harus menggunakan Facebook Ads. Beberapa manfaat di antaranya sebagai berikut:

1. Jangkauan Target Lebih Luas

Jangkauan Facebook Ads memang lebih luas jika dibandingkan kompetitor yang lain. Sebab Facebook Ads terintegrasi tidak hanya ke platform Facebook saja, tapi juga Instagram, serta Messenger. Bisa dibayangkan dengan tiga platform sosial media tersebut berapa jumlah penggunanya, oleh karena itu Facebook Ads memiliki peranan yang sangat besar.

Tidak hanya itu saja, fitur yang sangat digemari oleh pengguna yaitu adanya pemetaan audiens, Facebook Ads dapat memetakan audiens berdasarkan geografis serta perangkat yang mereka gunakan. Alasan inilah yang membuat kamu harus menggunakan Facebook Ads.

2. Lebih Terarah

Dengan adanya opsi target audiens dengan demografi tertentu memungkinkan Ads yang dijalankan menjadi lebih terarah. Selain itu iklan akan disebarkan di berbagai platform yang dimiliki Facebook. Facebook juga akan memberikan panduan untuk kamu dengan tahapan yang sangat mudah, sehingga kamu dapat lebih fokus untuk menjalankan kebutuhan bisnismu.

3. Analisis Untuk Menentukan Target Selanjutnya

Tidak hanya fokus pada hasil analitik atau laporan iklan yang kamu jalankan saja, Facebook Ads ternyata dapat membantu kamu untuk mengatur perencanaan campaign iklanmu. Facebook Ads akan menunjukkan hasil metrik seperti interaksi, jangkauan postingan, video dan lain sebagainya.

4. Memperkuat Brand

Facebook Ads memberikan kesempatan supaya target pasar kamu berulang kali mendapatkan iklan yang telah kamu pasang sebelumnya. Dengan demikian, iklan tersebut berpeluang membantu membangun kepercayaan dengan memberikan iklan yang sama dalam jangka waktu yang lama. Jika kepercayaan audiens telah terbentuk, maka akan memudahkan kamu untuk melakukan retargeting di masa yang akan datang.

| Baca juga: 8 Strategi Facebook Ads untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Cara Beriklan di Facebook Marketplace

Sebelum masuk ke bagian cara agar iklan di marketplace facebook dilihat orang banyak, kamu perlu terlebih dahulu untuk membuat facebook ads. Untuk dapat membuat membuat Facebook Ads, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Berikut ini kami jelaskan langkah-langkah membuat Facebook Ads yang harus kamu ketahui.

1. Membuat Facebook Page

Sebelum membuat iklan di Facebook Ads, hal pertama adalah memastikan kamu sudah mempunyai Facebook Page. Halaman ini yang nantinya akan menjadi identitas dan halaman tujuan dari iklanmu. Halaman Facebook sangat mudah untuk dibuat. Berikut ini langkah yang dapat membantumu membuat Facebook Page:

Masuk ke halaman Create Facebook Page. Lalu lengkapi semua informasi mengenai bisnismu, isi semua form yang disediakan supaya bisnismu terlihat lebih kredibel dan profesional. Setelah kamu mengisi semuanya, kamu tinggal mengklik tombol “Create Page” dan halamanmu sudah dapat digunakan.

Cara Beriklan di Facebook Marketplace agar Menjangkau Target

2. Masuk ke Facebook Ads Manager

Ketika sudah memiliki Facebook Page untuk bisnis, akun kamu akan otomatis memiliki akses ke halaman Facebook Ads Manager. Untuk melakukannya silahkan masuk ke Facebook Ads Manager.

Kamu bisa lanjut untuk membuat iklan dengan klik tombol “Create”. Kemudian tentukan tujuan campaign kamu, ada beberapa tujuan di antaranya sebagai berikut:

  • Awareness — Bertujuan agar bisnismu diketahui oleh target.
  • Traffic – Digunakan untuk membawa audiens ke dalam situs web, aplikasi, ataupun acara Facebook (Facebook Events).
  • Engagement atau Interaksi – Jika kamu ingin menambah interaksi pada iklan atau mengharapkan audiens mengirimkan pesan kepadamu, kamu dapat menggunakan engagement sebagai tujuan kampanyemu.
  • Leads atau Prospek – Untuk mendapatkan kontak atau data dari audiens kamu.
  • App Promotion atau Promosi Aplikasi – Agar iklan kamu ditampilkan kepada audiens yang tertarik untuk menginstal aplikasi kamu.
  • Sales atau Penjualan – Jika kamu ingin membawa audiens ke dalam website dan membuat mereka membeli produk atau jasa kamu.

 

3. Isi Nama Campaign Beserta Detailnya

Setelah menentukan tujuan campaign mu sekarang kamu dapat mengisi nama campaign beserta detail kolom yang telah diberikan.

 

4. Tentukan Nama Ad Set dan Target dari Tujuanmu

Di sini kamu dapat mengatur nama Ad Set beserta dengan performa target tujuanmu

 

5. Tentukan Anggaran Biaya dan Durasi Iklan

Masukan jumlah anggaran yang ingin dikeluarkan. Terdapat dua opsi, yakni anggaran harian (daily budget) atau anggaran sepanjang masa promosi (lifetime budget). Tentukan juga durasi dari iklan yang akan kamu jalankan, kamu dapat menyesuaikan sesuai dengan data dari target audiens kamu.

Cara Beriklan di Facebook Marketplace agar Menjangkau Target

 

6. Menentukan Target Audiens

Poin ini adalah poin yang paling krusial, karena akan menentukan target audiens dari iklanmu. Facebook Ads bisa membantu kamu untuk menyasar target audiens yang tepat. Pada pengaturan ini, kamu bisa memilih berbagai kriteria yang cocok untuk menerima iklan kamu seperti demografis dan interest. Jadi jangan sampai kamu salah menentukan target audiens sehingga iklanmu tidak berjalan sebagaimana mestinya.

 

7. Menentukan Penempatan Iklan

Pilih placement ads yang tepat. Terdapat banyak pilihan dan kamu bisa menyesuaikan sesuai data konsumen atau target audiens. Pilihan Advantage Placements adalah penempatan iklan yang mengalokasikan budget ad set di beberapa platform berdasarkan audiens yang bisa memberikan performa terbaik. Sedangkan untuk Manual Placements kamu bisa mengatur sendiri penempatan iklan berdasarkan data konsumen dan target audiens yang kamu inginkan.

 

8. Unggah Ads

  • Tentukan Nama Ads

Silakan masukan nama untuk Ads yang akan kamu jalankan.

  • Tentukan identitas

Identifikasi iklanmu dengan memilih Facebook Page dan Instagram akun.

cara agar iklan di marketplace facebook dilihat orang banyak
  • Atur Ads dan Masukan Caption

 Kamu dapat memilih format iklan seperti apa yang akan kamu jalankan

Cara Beriklan di Facebook Marketplace agar Menjangkau Target

Ini adalah langkah untuk menentukan materi yang hendak diiklankan. Pilih format yang sesuai dengan kebutuhan promosi mu, mulai dari single image, carousel, hingga video. Kamu juga akan mengisi deskripsi media yang sudah dicantumkan beserta caption.

Selain itu, Kamu juga bisa menambahkan tombol CTA dan memasukkan link tujuan atau destinasi yang diharapkan. Jadi, Kamu bisa mengarahkan target audiens untuk langsuk merespons iklan sesuai tujuan beriklan Kamu. Misalnya, Learn More, Shop Now, atau lainnya.

  • Atur Tracking Ads

Kamu dapat melakukan tracking iklanmu melalui fitur ini, jadi jangan sampai kamu melewatkannya.

Cara Beriklan di Facebook Marketplace agar Menjangkau Target

9. Lakukan Review

Sebelum diluncurkan, pastikan Kamu sudah melakukan review keseluruhan iklan. Tidak hanya fokus pada detail seperti target audiens atau durasi iklan, pastikan juga bahwa tampilan ikan sesuai dengan harapan Kamu. Kamu bisa melakukan pembayaran untuk meluncurkan iklan.

10. Luncurkan Iklan

Jika sudah iklan sudah siap, langkah terakhir adalah meluncurkan atau menerbitkan iklan. Agar iklan aktif, pastikan kamu sudah melakukan pembayaran yang bisa dilakukan melalui penggunaan kartu kredit, kartu debit, atau lainnya.

| Baca juga: Cara Melakukan Pembayaran di Facebook Ads

Cara Agar Iklan di Marketplace Facebook Dilihat Orang Banyak

1. Menyajikan Marketplace di Facebook

Cara agar iklan di marketplace facebook dilihat orang banyak yang pertama adalah dengan menampilkan marketplacemu. Sebelum kamu dapat menjual barang di marketplace Facebook, pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur ini di akun Facebookmu. Cara menampilkan marketplace di Facebook sangat mudah, cukup klik ikon toko di menu bawah aplikasi Facebook atau di sidebar kiri halaman utama Facebook jika menggunakan komputer.

2. Menyuguhkan Barang Menarik dan Berkualitas di Marketplace Facebook

Salah satu cara agar iklan di marketplace facebook dilihat orang banyak adalah dengan menawarkan barang yang menarik dan berkualitas. Pastikan produk yang kamu jual sesuai dengan kebutuhan dan selera pasar. Berikan informasi lengkap tentang kondisi, spesifikasi, harga, dan cara pembayaran. Unggah foto yang jelas dan menarik, hindari foto buram, gelap, atau terlalu terang.

3. Memaksimalkan Fitur Boost Listing di Marketplace Facebook

Cara agar iklan di marketplace facebook dilihat orang banyak selanjuntya adalah dengan memanfaatkan fitur boost listing dapat meningkatkan visibilitas postinganmu di marketplace Facebook. Dengan membayar sejumlah uang, postinganmu dapat ditampilkan di bagian atas hasil pencarian. Caranya mudah, klik tombol “Boost Listing” di bawah postingan barangmu, pilih durasi, anggaran, dan metode pembayaran yang diinginkan.

4. Membuat Grup atau Halaman Khusus

Cara agar iklan di marketplace facebook dilihat orang banyak dengan membuat grup. Selain menggunakan fitur marketplace, kamu bisa membuat grup atau halaman khusus untuk menjual barang-barangmu.

Grup atau halaman ini menjadi tempat untuk berinteraksi dengan calon pembeli, memberikan informasi tambahan, dan membangun komunitas seputar produk yang kamu jual. Buat grup atau halaman dengan mengklik tombol “Buat” di menu atas aplikasi Facebook dan pilih opsi “Grup” atau “Halaman”.

5. Memanfaatkan Media Sosial Lain

Pemanfaatan media sosial lain seperti Instagram, Twitter, TikTok, atau YouTube dapat menjadi cara agar iklan di marketplace facebook dilihat orang banyak. Dengan konten yang menarik dan relevan, kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Sertakan tautan atau arahan ke marketplace Facebook dalam deskripsi atau caption kontenmu.

6. Membangun Hubungan Baik dengan Pembeli

Membangun hubungan yang baik dengan pembeli adalah salah satu cara agar iklan di marketplace facebook dilihat orang banyak. Dengan memberikan layanan yang ramah, cepat, dan profesional, serta merespons pertanyaan atau keluhan dengan baik, kamu dapat meningkatkan kepercayaan, loyalitas, dan reputasimu sebagai penjual.

7. Berbagi Post ke Grup atau Teman

Untuk meningkatkan jangkauan postinganmu di marketplace Facebook, bagikan postmu ke grup atau teman. Caranya mudah, klik tombol “Bagikan” di bawah postinganmu dan pilih opsi “Bagikan ke Grup” atau “Bagikan ke Teman”. Pilih grup atau teman yang relevan dengan barang yang kamu jual untuk memaksimalkan potensi pemaparan produkmu.

Itulah panduan cara agar iklan di marketplace facebook dilihat orang banyak. Meski seolah banyak langkah yang harus dijalankan, nyatanya, langkah-langkah tersebut sangat mudah dilalui. Kamu hanya perlu pelan-pelan dalam setiap prosesnya dan perhatikan detail-detail penting seperti identitas bisnismu. Dengan demikian, kamu dapat segera beriklan menggunakan Facebook Ads dan bisnismu akan segera didatangi ribuan pembeli.

Pasarkan Produkmu Dengan Lebih Efisien Bersama AsiaCommerce!

Kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan cara agar bisnismu cuan maksimal di tahun 2024. AsiaCommerce hadir sebagai mitra terpercaya untuk membantumu meningkatkan pendapatan bisnismu. Dengan layanan distribusi unggulan dari AsiaCommerce, produk bisnismu akan tersebar luas melalui berbagai marketplace terkemuka. Tak hanya itu, AsiaCommerce akan menghubungkan bisnismu dengan beragam reseller dan dropshipper potensial, membuka peluang lebih besar untuk pertumbuhan bisnismu.

AsiaCommerce tidak hanya berhenti pada distribusi produk. Kami juga siap mendukungmu dalam optimalisasi digital marketing bisnismu. Melalui strategi pemasaran digital yang terarah, bisnismu akan mendapatkan visibilitas lebih tinggi di dunia maya, menjangkau target pasar yang lebih luas. Kami juga memberikan dukungan dalam manajemen stok, store operating, dan order processing agar bisnismu dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif.

Jangan biarkan kesempatan emas ini terlewatkan. Bergabunglah bersama AsiaCommerce sekarang dan rasakan sendiri transformasi positif dalam skala bisnismu. Klik tautan berikut atau banner di bawah ini sekarang juga!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments