Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

8 Strategi Facebook Ads untuk Meningkatkan Bisnis Anda

by | Nov 5, 2018 | Tips & Strategi Bisnis

Diperbarui oleh Arsyad Dena Mukhtarom pada 23 Juni 2023

Apakah Anda pernah beriklan di internet?  Bagaimana dengan budget yang Anda keluarkan? Apakah terlalu banyak? Jika demikian, cobalah beralih menggunakan strategi Facebook Ads.Jika demikian, cobalah beralih menggunakan strategi Facebook Ads. Facebook Ads adalah solusi memperkenalkan bisnis Anda dalam jangkauan yang lebih luas. Budget yang Anda akan keluarkan akan lebih sedikit, dan Anda akan membantu calon pelanggan Anda untuk menemukan dan berinteraksi dengan bisnis Anda dengan lebih baik. 

Biasanya para pebisnis menggunakan akun Facebook mereka untuk mulai membuat fanpage sebagai sarana penyaluran informasi mengenai bisnis mereka. Semakin banyak jumlah like fanpage Anda, semakin banyak pula orang yang mengikuti perkembangan bisnis Anda. Untuk mengoptimalkan fungsi fanpage sebagai sarana pengenalan dan promosi bisnis, perlu sebuah tool agar fungsi fanpage lebih maksimal. Tool tersebut dinamakan Facebook Ads.

Berikut ini adalah beberapa jenis Facebook Ads yang dapat membantu Anda untuk mengiklankan bisnis Anda serta untuk menjangkau calon konsumen bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Facebook Video Ad

Iklan video menawarkan konten yang lebih menarik. Video menjadi lebih populer di kalangan setiap pengunjung facebook setiap harinya. Bahkan, 50% dari orang-orang yang mengunjungi Facebook setiap hari menonton setidaknya satu video sehari, dan statistik ini diperkirakan akan meningkat setiap tahunnya. Jika Anda sedang mencari jenis iklan yang sangat mudah untuk menarik atensi konsumen, cobalah untuk menggunakan Facebook Video Ad. 

Berikut adalah contoh tampilan dalam Facebook video ad untuk inspirasi.

Jenis Facebook Ads

Apa yang membuat iklan ini berdampak besar?

Iklan ini memiliki visual yang menarik serta relevan dengan apa yang diperhatikan kebanyakan orang, tak terlalu lama, singkat, dan cukup untuk memberikan informasi tentang produk yang dicari orang-orang dalam momen tertentu.
Iklan ini juga mempunyai nilai proporsi yang pas. Bisnis tersebut menunjukan sebagian besar pilihan hadiah liburan dalam situs mereka. Dari video tersebut, orang akan berpikir bahwa di situs itulah mereka akan berhenti mencari, dan mulai melakukan penawaran.

Lalu bagaimana Anda bisa membuat iklan video Anda sendiri? Pertama, pahami kebutuhan iklan video dalam Facebook Ads termasuk panjang dan ukuran video. Disarankan untuk membuat iklan sesingkat mungkin dengan informasi yang menarik, meskipun Facebook memungkinkan Anda untuk mengunggah video yang jauh lebih panjang. Anda hanya perlu membuat video yang menampilkan produk atau layanan yang bisnis Anda jalani. Lalu Anda tinggal dan mengunggah langsung ke manajer iklan Facebook dengan mengikuti petunjuk yang tertera.

 

Facebook Photo Ad

Strategi Facebook ads lain yang bisa Anda gunakan adalah jenis Facebook Photo Ad. Sesuai namanya, iklan yang Anda sebarkan adalah iklan berupa gambar yang memuat informasi bisnis Anda dalam satu bingkai desain. Ini adalah salah satu jenis yang paling populer dari iklan sejak Facebook Ads. Ukuran optimal untuk iklan foto News Feed adalah 1200×628 pixel. Perlu diingat, Anda harus menyesuaikan porsi iklan berdasarkan kebutuhan sasaran. Tidak semua informasi bisa dimuat dalam satu iklan foto karena akan membuat mata yang melihatnya menjadi pusing.

Berikut adalah contoh dari iklan foto dari NatureBox:

Jenis Facebook Ads

Mengapa iklan ini sangat menjanjikan? Iklan itu sangat relevan. Sebab, semua orang suka ngemil! Kebanyakan orang yang melihat ini adalah penggemar dari beberapa perusahaan langganan gaya hidup. Di dalam iklan tersebut terdapat berbagai penawaran menarik. Apa saja penawaran tersebut?

Yang pertama adalah sampel gratis atau percobaan gratis atas produk yang diiklankan. Tentu saja iklan ini membuat sebagian besar orang tertarik dan memutuskan mencobanya karena mereka bisa merasakan produk bisnis tersebut tanpa mengeluarkan uang (kecuali ongkos kirim). Kedua, iklan tersebut menyebutkan aspek positif yang mereka tawarkan, yaitu produk makanan yang sehat dan lezat.

 

Baca juga: Influencer Marketing: Pengertian, Jenis, Manfaat, serta Contohnya

 

Facebook Multi-Product Ad

Iklan multiproduk memungkinkan pengiklan untuk menampilkan beberapa produk dalam satu iklan. Orang-orang akan melihat gambar yang diiklankan dan mengeklik pada link tertera untuk setiap produk yang berbeda. Anda dapat mempromosikan beberapa hal yang dapat membantu meningkatkan awareness bisnis Anda. Dari mulai produk yang ditawarkan, website blog, hingga iklan ebooks dan webinar yang akan bisnis Anda jalani. Strategi facebook ads jenis ini dapat dibuat di Facebook Power Editor.

Berikut adalah contoh dari iklan multi-produk dari Shutterfly, bersama dengan gambar tambahan yang digunakan dalam iklan. Setiap gambar memiliki tawaran yang berbeda, untuk menarik banyak demografis yang berbeda dalam satu iklan.

Jenis Facebook Ads

Mengapa iklan ini bagus? Iklan ini bagus sebab mereka menggunakan kombinasi warna yang sangat memanjakan mata dan gambar yang menarik secara visual. Produk yang ditawarkan pun adalah produk yang sedang dalam periode diskon. Kode dan batas akhir tanggal penjualan juga tidak lupa tertera jelas dalam deskripsi iklan. Iklan ini juga memiliki nilai positif lainnya, yaitu menunjukkan berbagai cara menggunakan Shutterfly secara implisit.

 

Facebook Local Ad

Strategi Facebook Ads selanjutnya adalah Facebook Local Ad. Iklan lokal di Facebook hanya bekerja jika bisnis Anda memiliki lokasi fisik (memiliki kantor tetap). Jika Anda termasuk dalam kategori ini, Facebook local ad sangat cocok untuk Anda, karena Anda dapat mengakses sasaran yang lebih spesifik.

Jika transaksi sering terjadi di toko fisik Anda, Anda dapat mempersiapkan iklan Facebook yang muncul di lokasi sekitar toko Anda. Disarankan untuk mengiklankan bisnis Anda beberapa hari sebelum bisnis Anda melakukan event menarik, cuci gudang atau diskon akhir tahun misalnya. 

Contoh iklan dari Mizzou Kampus bersantap:

Jenis Facebook Ads

Mengapa iklan tersebut begitu efektif?

Iklan tersebut kemungkinan hanya ditampilkan kepada mahasiswa di area yang dekat dengan toko tersebut. Hal ini mirip seperti iklan-iklan pada plang atau papan iklan di sisi jalan yang mempromosikan toko atau rumah makan di area itu. Selain itu, pasar Mizzou cukup memberi informasi bahwa mereka menyediakan segala macam kebutuhan makanan berat.

Iklan tersebut pun memberi tombol untuk langsung mengarahkan pembeli menuju area pasar Mizzou. Hal ini membuat pelanggan menjadi lebih mudah untuk mengikuti arah menuju tempat tersebut.

 

Facebook Offer Ad

Sebuah iklan penawaran adalah bentuk dari iklan Facebook yang memungkinkan bisnis dapat mempromosikan diskon pada produk atau layanan yang dimiliki. Manfaat jenis iklan ini adalah mempersingkat perjalanan pembeli dalam menjelajahi website dan membuat pembeli langsung menuju halaman produk atau layanan yang sedang diskon. 

Anda juga dapat menjaring calon pelanggan yang sesuai dengan target penjualan Anda, karena facebook membuka sebanyak mungkin opsi target yang dibutuhkan. Selain itu, Anda akan mendapatkan semua informasi yang diperlukan untuk melakukan evaluasi dari iklan yang digunakan. Hal lain yang Anda dapatkan adalah Anda akan tahu apakan target pasar Anda memutuskan untuk membeli atau tidak. Terakhir, Anda juga akan tahu durasi yang diperlukan untuk orang berinteraksi dengan iklan Anda, serta  jumlah orang yang telah benar-benar berinteraksi dengan iklan yang Anda buat.

Berikut ini adalah contoh dari tawaran iklan dari Market Jasper.

strategi facebook ads - facebook offer ads

Dalam contoh ini, kita tahu persis seberapa besar diskon yang diberikan, tanggal berakhirnya diskon, dan cara mendapatkan diskon tersebut. Visualisasi gambar yang ditampilkan sangat berwarna-warni, set-up yang dibangun pun sangat baik sehingga mampu mempengaruhi minat pembeli.

 

Facebook Event Ad

Event adalah bagian besar dari kebanyakan bisnis, tapi mendapatkan pengunjung bagi bisnis kecil yang menjalankan event adalah kerumitan lainnya. Jika Anda bingung untuk mendapatkan peserta bagi event yang akan bisnis Anda jalankan, maka strategi Facebook Ads yang cocok untuk menggaet peserta tersebut adalah dengan menggunakan Facebook Event Ad. Facebook Event Ad adalah iklan promosi suatu acara atau kegiatan. Biasanya, iklan akan langsung memuat CTA yang mengarahkan pengguna ke halaman pembelian tiket. Iklan jenis ini bertujuan untuk mendorong target pasar untuk menghadiri acara yang akan Anda jalani. 

Iklan ini akan muncul di News Feed pengguna tertentu yang kategorinya telah Anda sesuaikan. Facebook akan secara otomatis mempromosikan acara Anda kepada audiens yang spesifik sehingga  orang-orang yang tertarik dengan acara Anda akan menghadiri acara tersebut.

strategi facebook ads - facebook event ads

Mengapa iklan ini merupakan salah satu iklan yang baik?

Foto tersebut menggambarkan seribu kata mengenai betapa menyenangkan konser ini. Tidak hanya itu di pantai, itu juga diambil pada hari yang indah dan panorama panggung yang tampak luar biasa. Hal itu jelas menjadi sesuatu yang diharapkan selama acara berlangsung, dan itu menarik mata sebagian besar orang melalui News Feed mereka. Selain itu, terpampang jelas adanya informasi biaya tiket sehingga pengguna sudah mendapatkan informasi krusial ini.

Facebook Retargeting Ad

Sebuah iklan penargetan ulang akan mempromosikan iklan untuk daftar orang yang telah teridentifikasi. Apakah Anda pernah mendapatkan iklan yang mirip dengan situs-situs yang pernah Anda kunjungi? Jika iya, maka Anda telah melihat contoh iklan penargetan ulang.

Facebook juga memiliki fitur serupa. Pengiklan dapat beriklan ke daftar pelanggan dengan mengunggah daftar alamat email mereka yang sudah masuk Editor Power untuk membuat target khusus.

Contoh facebook retargeting ad:

strategi facebook ads - retargeting ads

Apa yang menyebabkan ini cocok dijalankan?

Gambar yang ditampilkan tidak terlalu banyak, dan memberi mewah yang menarik ketika pelanggan. Hotel mewah tersedia dengan penawaran eksklusif untuk para pengunjung, ini tentu membuat sebagian besar orang tidak bisa melepaskan pandangannya dari iklan ini. Dengan demikian, iklan ini berpotensi untuk menarik pelanggan yang telah ditargetkan.

Facebook Boosted Post

Facebook ads yang satu ini cukup berbeda dari iklan facebook ads di atas karena tidak dibuat dalam ads manager. Anda dapat memasukkan lebih banyak deskripsi sebab tidak adanya batasan untuk jumlah kata yang digunakan. Anda juga dapat memiliki copy link.

Fitur boost postingan ini sayangnya memberi sedikit keleluasaan bagi Anda untuk mengatur target Anda. Penawaran, penargetan, dan harga tidak banyak bisa Anda ubah. Anda juga tidak bisa menjalankan setiap jenis A/B testing, karena dengan fitur ini Anda hanya mempromosikan postingan yang sudah tersedia.

Berikut ini adalah contoh dari boosted post dari Fabletics.

strategi facebook ads - boosted ads

Apa yang membuat iklan ini menarik?

Gambar model fit cenderung bekerja lebih praktis. Warna dan pencahayaan cocok dengan warna teks dan kotak teks latar belakang. Lalu terdapat informasi bahwa sebuah pakaian workout seharga $25 memiliki diskon tambahan, yakni tambahan pengiriman gratis.

 

Baca juga: 5 Strategi Digital Marketing B2B yang Paling Efektif

 

Itulah artikel mengenai Strategi Facebook Ads yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan bisnis Anda. Platform Facebook Ads Manager akan memandu Anda menggunakan berbagai strategi di atas dengan mudah.

Anda bingung untuk memulai bisnis? Temukan jutaan kesempatan untuk bisnis kamu langsung tanpa ribet. Dengan bergabung menjadi member di AsiaCommerce, kamu tidak perlu bingung mencari barang yang kamu inginkan. Tim product seeker kami akan membantu mencarikan barang terbaik yang memiliki harga termurah. Klik di sini atau banner di bawah ini untuk bergabung bersama kami.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments