Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Cara Jitu Jualan Laku Lewat Instagram Shopping

by | Apr 6, 2021 | Tips & Strategi Bisnis

Mungkin bagi Anda yang sering memainkan aplikasi Instagram entah untuk keperluan pribadi, bisnis maupun sebagai kreator, sudah mengetahui keberadaan fitur terbaru Instagram Shopping. Pada Oktober 2020 lalu, Instagram resmi merilis fitur terbarunya Instagram Shopping di Indonesia. Hal ini dilakukan Instagram untuk memberikan wadah bagi para pelaku bisnis dan kreator untuk memberikan label produk termasuk dengan harganya melalui unggahan feed, Story dan juga IGTV.

Melalui peluncuran fitur ini, Instagram memiliki komitmen dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar mampu beradaptasi dengan transformasi digital dan juga membantu perekonomian dalam negeri. Apalagi dengan pengguna Instagram di Indonesia yang mencapai 69,2 juta pengguna (Data dilansir Napoleon Cat), masih menjadi salah satu platform kuat untuk meningkatkan maupun meluaskan tingkat penjualan produk. Selain jumlah penggunanya yang cukup tinggi, terdapat fenomena KOL (Key Opinion Leader) atau yang sering kita dengar influencer merajalela dalam mendukung ekspansi marketing penjualan para pelaku bisnis lokal. Instagram pun kini dikenal sebagai social commerce.

Baca juga: Brand & Produk : Manakah Yang Lebih Penting dalam bisnis?

Lalu, apa itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping adalah serangkaian fitur di Instagram yang memudahkan konsumen berbelanja produk yang terpampang di foto dan video Anda, langsung dari aplikasi di mana pun mereka berada.

Dilansir Instagram Internal Data pada bulan Mei 2018, Instagram memiliki 1 milyar pengguna di seluruh dunia dengan 80% mengikuti bisnis dan brand. Survey mengatakan, terdapat 2 dari 3 orang yang berpendapat bahwa Instagram mampu menjadi wadah interaksi antara pengguna dengan brand. Adanya 83% pengguna yang menemukan produk ataupun jasa baru melalui Instagram dan 81% pengguna melakukan riset pembelian terhadap jasa atau produk yang akan dibelinya (“Project Instagram” oleh Ipsos, Nov 2018). Layaknya toko retail tradisional, sebuah brand dapat memberikan tag harga dan stiker pada konten organiknya di Instagram. Melalui Instagram Shopping, calon pelanggan dapat menemukan berbagai produk yang Anda tawarkan sekaligus melihat dan bisa langsung berbelanja di platform Anda.

Baca juga: Content Marketing Untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Cara Membuat Instagram Shopping

Setelah mengetahui apa itu Instagram Shopping, lalu apa tujuan dan manfaat yang Instagram inginkan dalam merilis fitur tersebut, berikut telah kami rangkum bagaimana cara membuat Instagram Shopping:

  1. Pastikan akun Instagram bisnis Anda telah disetujui untuk menggunakan fitur Instagram Shopping.
  2. Bagi akun yang belum disetujui (approved), Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:
  3. Login akun Facebook Page Anda
  4. Pastikan akun Facebook Page Anda sudah menjadi akun berkategori bisnis
  5. Membuka Business Manager dan membuat katalog produk Anda secara manual. Produk pun harus berupa fisik bukan jasa.
  6. Setelah membuat katalog di Facebook Page, login kembali ke akun Instagram Anda.
  7. Setelah masuk, klik profil. Lalu, klik tiga garis di bagian kanan atas dan pilih pengaturan. Pilih menu bisnis, lalu pilih menu shopping. Setelah itu, sambungkan katalog produk yang sudah Anda buat melalui Facebook Page.
  8. Setelah tersambung, Anda bisa cek menu shop di akun Instagram Anda. Namun, untuk beberapa kasus, menu shop tidak akan langsung muncul di profil akun Instagram Anda. Hal ini dikarenakan adanya proses approval oleh pihak Instagram. Jadi, Anda perlu menunggu proses tersebut selama waktu yang ditentukan.

Cara Jitu Memanfaatkan Fitur Instagram Shopping

Selain menghadirkan fitur Instagram Shopping melalui akun bisnis Anda, tentu hal tersebut perlu didukung dengan cara-cara efektif agar penjualan Anda dapat maksimal. Nah, apa saja cara-caranya? Berikut kami rangkum:

  • Product tagging

Dalam tagging produk Anda, janganlah sampai tag produk tersebut bertumpukan dengan tag produk lainnya. Pasalnya, hal itu akan membuat orang yang melihatnya kebingungan dalam melihat produk Anda.

  • Katalog Produk

Disini, Anda harus memastikan kalau produk Anda sudah direpresentasikan dengan baik, dari sisi hasil foto produk hingga penyusunan produk di katalog. Mengapa? Karena produk Anda lah yang nantinya akan menjual first impression yang bagus pada sebuah brand.

  • Algoritma Instagram

Perhatikan dan pastikan konten-konten yang dibuat untuk produk Anda nantinya mengikuti algoritma Instagram. Dengan harapan, produk tersebut nantinya muncul di halaman explore.

  • Tagar/hashtag

Supaya konten produk Anda muncul di halaman explore, cara paling mudah adalah gunakan hashtag popular dengan jumlah tag yang banyak.

Ta-da! Itulah cara mudah dalam memanfaatkan fitur terbaru Instagram Shopping secara efektif. Nah, semoga informasi diatas berguna bagi anda yang terus mau mengembangkan diri dengan ilmu dan skill baru ya! Jika anda tertarik untuk upgrade income dengan melakukan impor dan ekspor, boleh cek page AsiaCommerce disini. Kami adalah perusahaan yang bertujuan untuk membantu UMKM Indonesia dalam melakukan sourcing, import-export, distribusi dan fullfilment barang dan jasa. Atau Anda bisa juga gabung dengan reseller network kami untuk terus mendapatkan info ter-update dengan klik link ini! Tim kami akan selalu siap membantu Anda dalam mengembangkan usaha!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments