Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Content Marketing : Pengertian, Contoh Serta Manfaatnya Untuk Bisnis

by | Oct 23, 2016 | Tips & Strategi Bisnis

Istilah content marketing mungkin sudah tidak asing lagi, apalagi bagi mereka yang gencar melakukan promosi melalui konten. Baik yang bersifat menghibur, edukatif dan bermanfaat. Content marketing merupakan salah satu metode pemasaran digital yang sangat ampuh. Pada dasarnya konten marketing adalah suatu cara yang dapat menyampaikan informasi atau pesan kepada orang-orang yang melihatnya.

Lantas content marketing itu sebenarnya apa? Kenapa banyak perusahaan berbondong-bondong membuat content marketing? Apa manfaat yang didapat dari content markting untuk bisnis?

Nah, pada artikel berikut ini akan membahas tuntas mengenai arti dari content marketing, contoh content marketing serta manfaatnya untuk bisnis. Jadi simak hingga selesai ya!

 

Pengertian Content Marketing

Content marketing adalah teknik pemasaran digital yang relevan dan konsisten terhadap audience yang bertujuan menarik perhatian para audiens yang dituju. Seperti yang telah dijelaskan di atas, content marketing juga merupakan suatu cara untuk menyampaikan informasi atau pesan melalui sebuah konten, baik melalui gambar, video, tulisan maupun suara. Terlebih sekarang semua itu dapat dijadikan satu kesatuan dalam bentuk konten.

Namun, content marketing bukan hanya sekedar membuat konten untuk audiens saja. Ketika menjalankan content marketing kamu juga harus menyediakan konten yang bermanfaat bagi audiens untuk dapat membantu mereka memecahkan masalah.

Content marketing yang bertujuan untuk membangun relasi yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu lama juga dibuat supaya memberikan value ke audiens, alih-alih meminta mereka langsung membeli produk.

Maka dari itu konten yang dibuat pun harus relevan agar tercipta perasaan butuh dari audiens, sehingga dapat membangun kedekatan emosi dengan konten yang dibuat.

Bagaimana, menarik bukan? Setelah mengetahui arti dari content marketing, selanjutnya adalah bagaimana kamu membuat konten itu sendiri semenarik mungkin. Untuk membantu kamu dalam memaksimalkan strategi content marketing, berikut kami siapkan beberapa contoh content marketing yang dapat kamu terapkan pada bisnismu.

 

Contoh Content Marketing Serta Penerapannya

Untuk membantu kamu lebih memahami mengenai content marketing dibawah ini akan kami berikan contoh content marketing untuk membantu bisnismu semakin berkembang.

Beberapa contoh content marketing yang dapat kamu coba gunakan:

1. Content Marketing di Social Media

Berdasarkan We Are Social jumlah pengguna internet diseluruh dunia mencapai 5,16 miliar orang pada tahun 2022. umlah tersebut mencapai 57,2% dari populasi global yang totalnya 8,01 miliar orang. Sedangkan pengguna social media sendiri mencapai 4,7 miliar orang. Ini membuktikan bahwa pengguna internet khususnya social media menjadi target utama untuk melakukan pemasaran digital.

Di Indonesia sendiri ada sejumlah platform social media yang banyak digunakan seperti Instagram, Tiktok, Facebook, LinkedIn, Pinterest dan lain sebagainya. Beberapa platform tersebut terbukti efektif sesuai dengan tujuan dan target audience tertentu.

Menggunakan social media sendiri kamu dapat membuat konten yang beragam serta menarik, mulai dari konten berupa foto, video, cerita, kuis, dan lain sebagainya.

 

2. Content Marketing pada Website

Content marketing pada website sendiri biasanya menggunakan copywriting atau pemasaran menggunakan teks. Website sendiri menjadi salah satu hal terpenting dalam bisnis karena sebagai wadah untuk mengenalkan produk kepada mereka pengguna internet.

Untuk memaksimalkannya kamu dapat membuat tampilan website lebih menarik dibarengi dengan penggunaan copywriting, sehingga membuat pengunjung betah untuk berlama-lama menjelajahi isi dari website mu. Penggunaan content marketing pada website jangka panjang pun akan memberikan dampak yang signifikan bagi bisnismu.

 

3. Content Marketing di Blog

Berbeda dengan konten website, content marketing di blog bisa kamu lakukan dengan menulis tulisan yang lebih bebas. Kamu juga dapat memperbaharuinya setiap saat ataupun memposting konten baru setiap harinya.

Content marketing melalui media blog sendiri biasanya berisikan artikel yang lebih panjang dan jelas. Tidak hanya itu saja konten yang digunakan pun juga dapat diberisikan konten yang lebih edukatif dan bermanfaat bagi pembacanya. Supaya content marketing di blog berjalan dengan baik dan berhasil jangan lupa untuk menerapkan teknik SEO di dalamnya.

 

4. Content Marketing Melalui Video

Video sendiri merupakan konten yang dapat dijadikan content marketing. Karena dengan konten video pelanggan lebih senang dan mempelajari produk melalui video. Statistik pun menunjukan bahwa lebih dari 80% orang memutuskan untuk membeli produk setelah melihat onten video, hal ini dapat ditunjukkan dengan banyaknya platform digital yang kini mulai menggunakan video.

Hal ini jelas menjadikan konten video menjadi salah satu jenis konten yang menjadi andalan untuk mendapatkan pelanggan dengan lebih efektif. Sebagai contoh saja, banyak pelanggan atau pembeli memutuskan untuk membeli produk setelah melihat konten video atau review dari influencer. Ini didasari karena video dapat menjelaskan lebih detail dan kompleks sehingga meyakinkan orang untuk membeli produk tersebut.

 

5. Membuat E-Book

Content marketing pada website ataupun blog sebenarnya sudah cukup baik untuk membuat konten informasi yang lengkap. Akan tetapi, jika  kamu membutuhkan konten  yang lebih panjang, ebook adalah salah satu media yang bisa diandalkan.

Menggunakan ebook, kamu dapat memberikan informasi yang lengkap dan detail bagi para audiens. Umumnya, topik yang perlu diulas dalam sebuah ebook adalah topik yang spesifik dan memberikan banyak data lengkap, seperti hasil riset, hasil ujicoba dan lainnya.

 

6. Membuat Podcast

Content marketing dengan podcast pun tidak ketinggalan untuk dapat kamu terapkan dalam bisnismu. Ya, beberapa tahun belakangan memang pendengar podcast di Indonesia meningkat drastis. Sehingga kurang afdol rasanya jika kamu tidak memanfaatkannya sebagai salah satu konten untuk menunjang pengembangan bisnismu.

Dengan adanya podcast diharapkan pemahaman audiens terhadap produk bisa menjadi lebih baik.

 

7. Membuat Infografis Menarik

Infografis adalah jenis content marketing yang mengandalkan visual dengan tambahan teks yang jelas dan ringkas di dalamnya. Teks tersebut memuat informasi seputar produk atau informasi tertentu, sementara visualnya bisa berupa grafis dan diagram yang berisi data faktual.

Dalam infografis, topik yang dimuat tidak perlu terlalu melebar, jadi cukup  satu pembahasan utama saja.

Misalkan kamu ingin mempromosikan produk Impor, maka tampilan informasi tentang apa saja produk impornya, berbagai fitur yang dimiliki dan manfaatnya bagi pengguna.

 

Manfaat Content Marketing Untuk Bisnis

Ada beberapa manfaat penting dari penggunaan content marketing untuk bisnis, berikut diataranya seperti yang dijelaskan dibawah:

1. Meningkatkan Penjualan

Sangat jelas sekali semua tujuan dan manfaat dari teknik marketing adalah untuk meningkatkan penjualan. Namun dengan penerapan content marketing untuk berbisnis dapat mempengaruhi pelanggan dan pengunjung untuk melirik produkmu hingga akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian.

 

2. Meningkatkan Kepercayaan Audiens

Kepercayaan audiens tidak datang begitu saja, dan salah satu membangun kepercayaan audiens adalah dengan content marketing. Ketika kamu membuat konten yang memberikan manfaat kepada audiens, maka mereka akan beranggapan bahwa kamu expert di bidang tersebut. Dengan begitu, mereka tak akan ragu untuk membeli produk-produk yang kamu tawarkan.

 

3. Meningkatkan Trafik

Jika bisnis semakin dikenal dan berkembang maka otomatis trafik yang ada pada website pun akan semakin meningkat. Hal ini pun mendajikan keuntungan tersendiri bagimu karena jika trafik tinggi maka pemasukan pun akan meningkat.

 

4. Memperluas Jaringan Pelanggan

Tentu kamu kamu pebisnis tidak mau hanya hanya memiliki pelanggan itu-itu saja. Dengan adanya content marketing semakin memperbesar peluang bagi mu untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan baru.

 

5. Meningkatkan Brand Awareness

Content marketing yang menarik tentunya akan meningkatkan brand awareness. Brand awareness adalah kemampuan audiens untuk langsung mengenali suatu brand hanya dengan melihat sesuatu, baik warna, logo, image, dan sebagainya.

Dengan konten-konten promosi yang menarik, para audiens akan memiliki pemahaman tentang brand tersebut.

Nah itulah pengertian, contoh serta manfaat content marketing untuk bisnis. Menarik bukan? Jika kamu ingin memulai bisnis tapi masih bingung bisnis apa yang cocok kamu jalankan kamu bisa melakukan Konsultasi Gratis dengan chat ke Customer Support Whatsapp kami atau klik banner yang ada di bawah ini.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments