Di era serba teknologi saat ini sudah ada banyak platform marketplace yang bisa Ascomers pilih untuk berjualan online. Setiap platform memiliki ciri khas dan pasarnya tersendiri. Ascomers bisa memilih marketplace yang paling sesuai dengan kebutuhan dan target pasar dari produk yang dijual. Saat ini belanja melalui marketplace banyak disukai orang karena banyaknya promo dan pilihan produknya yang beragam. Namun, dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh marketplace, jumlah toko online di marketplace juga sangat banyak. Jika Ascomers tidak bisa bersaing dengan toko lainnya, bisnismu akan sulit untuk berkembang. Berikut ini cara meningkatkan penjualan di marketplace agar jualanmu laris manis.
1. Pahami Pembeli
Kenapa memahami pembeli ada di urutan pertama? Karena tujuan dari berjualan adalah menarik minat dari para pembeli. Sebesar apa pun usahamu tapi jika tidak ada satu pun pembeli yang tertarik maka akan sia-sia. Jika dijelaskan dengan lebih rinci, ada 2 jenis pembeli yang ada pada marketplace, yaitu pembeli yang peduli harga dan pembeli yang tidak peduli harga.
Pembeli Peduli Harga
Pembeli jenis ini bisa dibilang adalah mayoritas pembeli yang ada di marketplace, biasanya mereka tidak memeriksa harga produk di situs resmi dari produsen. Mereka lebih cenderung memeriksa langsung di marketplace dan biasanya mencari produk dengan harga yang paling murah. Jenis pembeli yang seperti ini yang menyebabkan para seller melakukan banting harga dan saling bersaing untuk memberikan harga termurah di kategori produknya.
Pembeli Tidak Peduli Harga
Pembeli yang satu ini tidak fokus pada harga yang termurah, mereka lebih mengutamakan kualitas dan orisinalitas dari barang yang dijual. Mereka lebih memperhatikan review dan rating dari pembeli sebelumnya. Terkadang mereka melihat barang dari toko atau website resminya. Intinya mereka mempertimbangkan banyak faktor sebelum memutuskan.
2. Cara Upload Produk
Cara seller mengupload produk juga berpengaruh pada ketertarkan pembeli pada sebuah produk. Ada beberapa hal yang perlu Ascomers perhatikan dalam mengupload produk mulai dari penulisan deskripsi hingga penggunaan foto produk. Berikut ini beberapa tips yang bisa Ascomers terapkan untuk upload produk.
Jangan copy-paste deskripsi produk
Sebaiknya Ascomers menghindari melakukan copy-paste deskripsi dari produk orang lain. Kamu bisa membuat deskripsi produk yang original, sehingga produkmu nantinya akan terlihat unik. Yang perlu Ascomers perhatikan adalah tetap mencantumkan deskripsi sesuai spesifikasi dan nilai dari produkmu apa adanya.
Tulis deskripsi yang lengkap dan on-point
Sebuah riset menyatakan sekitar 87% dari 1000 responden bahwa informasi produk menjadi faktor dari seseorang dalam menentukan pembelian produk. Ascomers bisa menuliskan deskripsi produk secara lengkap dan on-point. On-point maksudnya adalah memberikan keterangan informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh calon pembeli. Seperti spesifikasi, fitur, dan fungsi dari porduknya. Manfaatkan hal ini agar lebih banyak pengunjung yang membeli tanpa banyak bertanya.
Gunakan foto sendiri atau edit foto yang ada
Sama halnya dengan deskripsi produk, penggunaan foto sendiri akan membuat produk yang Ascomers jual terlihat unik. Tetapi jika Ascomers tidak memiliki foto produk sendiri, kamu bisa edit foto yang sudah ada. Kamu bisa menggunakan foto produk dari produsen atau pabriknya. Rata-rata produsen yang sudah sering menjual produknya pasti sudah mempunya stok foto dari produknya.
Gunakan foto dengan kualitas yang bagus
Untuk menjaga dan memastikan kualitas foto yang terbaik, kamu bisa menggunakan foto produk yang diambil sendiri. Alternatif lainnya, Ascomers bisa gunakan foto yang ada dan edit kualitas fotonya. Lalu tambahkan watermark pada foto dengan nama dari toko Ascomers.
3. Promosi
Selain membuat katalog produk di marketplace, Ascomers juga perlu melakukan promosi produk yang kamu jual. Berikut strategi promosi yang bisa Ascomers gunakan untuk mempromosikan produk.
Gunakan media sosial
Ascomers bisa memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk meningkatkan penjualan. Upload produk dan berikan informasi yang jelas mengenai produk yang kamu jual. Selain itu, Ascomers juga bisa mengedukasi pengguna media sosial tentang produk yang dijual. Konten edukasi bisa tentang cara penggunaan maupun kelebihan dari produk.
Konten yang diupload juga bisa bervariasi, kamu juga bisa membuat konten berupa video yang mengikuti tren atau lucu-lucuan untuk menarik engangement dari audiens. Gunakan tagar atau ciri khas tertentu untuk memudahkan calon pembeli dalam mencari produk yang kamu jual.
Gunakan website
Buat website dan isi dengan konten produk yang dijual dan konten yang berhubungan dengan produk yang dijual. Kontennya bisa berupa tutorial penggunaan, kelebihan produk, dan lain sebagainya. Lakukan optimasi kata kunci yang ditargetkan agar websitemu bisa berada pada posisi teratas di laman hasil pencarian. Jika Ascomers tidak tahu cara membuat dan optimasi kata kunci, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website agar lebih praktis.
Baca juga : 5 Strategi Branding Produk yang Wajib Kamu Coba!
4. Tingkatkan Performa Toko
Ascomers juga melakukan peningkatan performa pada toko. Berikut ini beberapa hal yang bisa Ascomers lakukan untuk meningkatkan performa dari toko.
Balas chat pembeli dengan responsif
Kecepatanmu atau admin dalam merespon chat pembeli mencerminkan keseriusan dan integritas sebuah toko dalam menjual produk. Pembeli bisa saja berasumsi produk yang kamu jual tidak berkualitas atau tidak sesuai dengan deskripsi yang dituliskan. Oleh karena itu kecepatan waktu dalam merespon chat sangatlah penting.
Selain itu, menjawab pertanyaan calon pembeli dengan lengkap dan jelas akan memberikan kesan yang baik. Hal tersebut agar calon pembeli puas dengan jawabannya dan meminimalisir banyaknya pertanyaan yang diajukan.
Cepat dalam memproses pesanan
Segera proses pesanan yang masuk, karena kecepatan dalam memproses pesanan akan memengaruhi rating dan performa dari toko. Selain itu, pesanan yang cepat diproses bisa memberikan kesan yang bagus. Hal tersebut juga akan mengurangi pembeli yang bertanya tentang barangnya sudah dikirimkan atau diproses atau belum.
Upgrade ke akun premium
Apakah akun biasa tidak cukup? Sebenarnya sudah cukup, namun dengan meng-upgrade ke akun premium bisa membuat tokomu terlihat lebih terpercaya. Jadi pembeli akan lebih percaya untuk membeli produk dari tokomu. Kamu juga bisa meningkatkan level dari tokomu dengan menyelesaikan transaksi dan mempertahankan performa yang bagus.
5. Tingkatkan Cara Komunikasi
Bentuk komunikasi yang intensif dan baik dengan para calon pembeli. Ada beberapa cara yang bsia kamu terapkan berikut ini.
Siapkan template chat
Menggunakan template chat terbukti lebih efisien dibandingkan kamu mengetik secara manual setiap pertanyaan dari calon pembeli. Karena kebanyakan pertanyaan yang ditanyakan calon pembeli adalah pertanyaan sama atau yang serupa. Maka penggunaan template chat akan lebih efisien dalam menjawab pertanyaan.
Selalu follow up
Follow up adalah cara untuk memastikan calon pembeli tetap tertarik dan melakukan pembelian di toko kita. Misalnya jika pada hari pertama calon pembeli masih bertanya-tanya tentang produknya, tetapi masih belum melakukan checkout produk yang ditanyakan. Ascomers bisa melakukan follow up pelanggan tersebut dengan bertanya apakah ada kendala atau pertanyaan lain. Hal tersebut bisa membuat pelanggan merasa lebih dekat dan terdorong untuk segera melakukan checkout barang.
Cepat tanggap
Respon dengan baik dan cepat pertanyaan maupun keluhan dari calon pembeli. Dengan begitu kamu akan terlihat lebih peduli dengan mereka. Mereka tentunya akan semakin percaya dengan tokomu karena sangat responsif terhadap pengunjung.
6. Atur Keuangan Toko
Walaupun berjualan secara online, Ascomers tetap harus melakukan rekap keuangan dari semua transaksi di toko. Buat catatan serapi mungkin agar mudah memantau pemasukan dan pengeluaran dari toko yang kamu kelola. Selain mencatat secara manual, Ascomers juga bisa menggunakan aplikasi jika tidak ingin ribet dalam menulis. Pastikan untuk mencatat setiap biaya yang keluar dan masuk agar kamu bisa mengetahui berapa keuntungan yang didapatkan.
Baca juga : 7 Cara Mengurangi Pengeluaran Bisnis
7. Sediakan Beragam Metode Pembayaaran
Cara meningkatkan penjualan di marketplace selanjutnya yang bisa Ascomers terapkan yaitu dengan menyediakan berbagai macam metode pembayaran. Dengan menyediakan berbagai opsi pembayaran, calon pelanggan akan melakukan pembelian dapat memiliki banyak pilihan dalam melakukan pembayaran yang sesuai kebutuhan. Metode pembayaran yang tersedia biasanya mulai dari transfer bank, e-wallet, kartu kredit, pembayaran via minimarket, hingga cash on delivery (COD).
Ascomers tak perlu khawatir masalaah keamanan karena sebagian besar marketplace menyediakan keamanan yang tinggi untuk seluruh metode pembayarannya. Jadi, pelanggan kamu tidak perlu khawatir dengan adanya risiko penipuan karena semua pembayaran akan masuk dan ditampung oleh marketplace sebagai pihak ketiga. Dana yang dibayarkan baru akan diberikan ke rekening penjual setelah pelanggan mengkonfirmasi pesanan sudah sesuai dan diterima dengan baik.
Nah itu dia penjelasan mengenai cara meningkatkan penjualan di marketplace. Kamu ingin mendapatkan satu juta pertamamu dalam satu bulan? Ascomers bisa daftar di program AsiaCommerce 30 Days Reseller Academy! Hanya dalam 30 hari kamu bisa belajar untuk mendapatkan 1 juta pertamamu. Sekarang sedang buka pendaftaran sampai 19 Juni 2023 dengan harga 250rb. Yuk buruan segera daftar, kapan lagi bisa dapat bimbingan ekslusif selama 30 hari biar bisa dapet cuan mandiri. Kamu bisa daftar dengan klik di sini atau klik banner yang ada di bawah ini.
[…] Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace […]