Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

4 Cara Menjual Barang ke Luar Negeri yang Wajib Dicoba

by | Dec 11, 2023 | Ekspor

Bagi para pemiik bisnis, memperluas jangkauan pasar dengan cara menjual barang ke luar negeri menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai. Dengan mengetahui cara menjual produk ke luar negeri, maka peluang memperluas pasar dan membawa produk menjadi go international semakin terbuka. Tak hanya itu, dengan mengirimkan produk ke luar negeri melalui ekspor menjadi prestasi tersendiri. Tak hanya itu, hal tersebut bisa menjadi bukti bahwa bisnis mereka dikenal dan diakui oleh konsumen dari berbagai negara. Hal itu juga menjadi motivasi bagi pengusaha untuk terus menghasilkan produk-produk inovatif. Berikut ini penjelasan mengenai cara menjual barang ke luar negeri yang wajib Anda coba.

Cara Menjual Barang ke Luar Negeri

cara menjual barang ke luar negeri

Memperluas pasar hingga ke luar negeri bukanlah sesuatu yang mudah, namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Dengan strategi yang tepat dan berkelanjutan, Anda bisa memasarkan produk ke luar negeri. Berikut beberapa cara menjual barang ke luar negeri yang bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi hingga mancanegara.

1. Melakukan Promosi Produk Melalui Media Sosial

Langkah pertama dari cara menjual barang ke luar negeri adalah membuat media sosial khusus sebagai akun resmi bisnis Anda. Hal ini bukan saja penting dalam pemasaran internasional, namun pemasaran bisnis pada umumnya. Sekarang ini media sosial telah memegang peranan besar dalam proses pemasaran.

Melalui media sosial, Anda bisa memberikan materi-materi promosi terkait produk yang Anda miliki. Anda juga bisa menjalin komunikasi yang interaktif dengan audience pada skala yang lebih luas. Aspek ini dapat membuat audience lebih tertarik dengan produk maupun brand Anda.

2. Memasang Iklan Digital di Berbagai Platform

Iklan merupakan salah satu cara menjual barang ke luar negeri yang cukup efektif. Agar cakupan iklan Anda lebih luas dan bisa sampai mancanegara, Anda dapat memasang iklan digital. Ada berbagai platform yang bisa Anda manfaatkan untuk pemasangan iklan digital, beberapa diantaranya adalah Google Ads dan Facebook Ads.

Jenis iklan yang pertama adalah Google Ads, salah satu iklan yang paling sering diterapkan dalam cara menjual barang ke luar negeri. Sesuai dengan namanya, Google Ads memungkinkan Anda memasang iklan di mesin pencari Google. Lalu, mengapa Google?

Jawabannya simpel, Google merupakan salah satu mesin pencari yang terbanyak digunakan. Memasang Google Ads memungkinkan Anda melakukan kustomisasi target pasar, seperti demografi audience dan wilayah mana yang ingin Anda sasar. Dengan begitu, iklan yang Anda pasang bisa lebih tepat sasaran dan memperbesar kemungkinan terjadinya konversi ke penjualan.

Facebook Ads

Selain Google Ads, Facebook Ads juga merupakan jenis iklan yang cukup sering digunakan. Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan, sehingga dapat menjaring peluang yang besar bagi bisnis Anda. Tak hanya Facebook, Anda juga bisa mengintegrasikan iklan di Instagram yang masih satu linier.

Pemasangan iklan di Facebook dan Instagram biasanya mengandalkan aspek visual yang menarik. Pastikan Anda menggunakan foto, video, atau unsur visual lainnya yang menggugah audience. Anda juga bisa memasang katalog produk yang lengkap dan informatif untuk memudahkan audience mengenali produk.

3. Memasarkan Produk Melalui Marketplace Internasional

Cara menjual produk ke luar negeri selanjutnya bisa melalui marketplace internasional, seperti Amazon dan eBay. Memasarkan produk melalui marketplace internasional dapat memperbesar peluang bisnis Anda. Tak sedikit orang yang lebih memilih berbelanja melalui marketplace yang sudah terpercaya.

Faktor review pelanggan juga memberikan nilai tambah yang bisa Anda manfaatkan saat berjualan di marketplace. Karena itu, pastikan Anda memberikan produk dan layanan terbaik untuk konsumen. Jangan lupa perhatikan juga aspek kurir pengiriman agar tidak menyebabkan masalah pada produk yang Anda kirim nantinya.

4. Membuat Website Bisnis

Cara menjual barang ke luar negeri tidak hanya membuat media sosial khusus, Anda juga perlu memiliki website resmi dari brand atau bisnis yang dimiliki. Website dapat berperan sebagai identitas bisnis yang membuat brand Anda lebih kredibel. Selain itu, memiliki website akan memudahkan calon konsumen saat ingin melakukan pembelian.

Dalam membuat website, pastikan halaman web Anda menarik dan user friendly. Buatlah fitur-fitur yang mudah digunakan dan tidak membutuhkan loading yang lama. Anda juga bisa melakukan optimasi website melalui SEO agar lebih mudah ditemukan. 

5. Mengirimkan Email Penawaran dan Promosi

Cara menjual barang ke luar negeri terakhir yang tak kalah efektifnya adalah mengirimkan email marketing. Email ini dapat berisi penawaran khusus dan materi promosi lainnya terkait dengan produk Anda. Untuk data email sendiri bisa Anda dapatkan melalui website atau pengisian formulir melalui media sosial.

Agar tidak jadi spam, sebaiknya Anda memberikan variasi dalam konten email yang dikirim kepada audience. Anda tidak harus selalu mengirimkan promosi dan menawarkan produk, tapi juga konten yang bersifat informatif. Email marketing bisa membangun interaksi dan hubungan yang baik dengan audience Anda.

Strategi Pemasaran Produk ke Luar Negeri

Untuk memasarkan produk ke negara lain, diperlukan langkah-langkah yang pada prinsipnya sama dengan langkah menyiapkan marketing plan di dalam negeri. Salah satunya adalah menyiapkan strategi segmentasi pasar. Memasarkan produk ke luar negeri berarti memperluas segmentasi geografis pemasaran produk.

Dengan begitu, tentu saja akan ada konsekuensi terhadap pasar yang akan dibidik, sehingga perlu dilakukan review kesesuaian antara produk yang akan dijual dengan pasar setempat, dari sisi segmentasi demografi, psikografi, dan perilaku konsumen.

Langkah ini penting untuk memastikan strategi apa yang akan diambil untuk mendapatkan pasar di luar negeri. Karena dengan demikian, para pebisnis dapat mengetahui nilai-nilai apa saja yang dapat diterapkan secara tepat kepada pasar yang akan dituju.

Yang tidak kalah penting adalah mempelajari hukum perdagangan, hak cipta dan perlindungan konsumen di luar negeri. Hal ini berkaitan dengan lancar tidaknya aktivitas bisnis yang sedang dijalankan di kemudian hari. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan analisis rantai nilai (value chain) dari bisnis seperti suplier, distribusi, kompetitor, dan lainnya. Dengan begitu, bisnis yang dijalankan di luar negeri bisa menjadi bisnis yang berkelanjutan.

Mencari Distributor di Luar Negeri

Dulunya untuk membuka usaha distributor barang impor atau luar negeri memang cukup sulit dan juga membutuhkan biaya yang besar. Tapi sekarang semakin berkembangnya zaman dan juga teknologi yang semakin maju, maka kita bisa lebih mudah untuk mendapatkan supplier barang impor ini karena komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Jika Anda ingin membuka usaha distributor barang impor maka sekarang adalah waktu yang tepat. Selain bisa mendapatkan barang dengan harga yang terjangkau, Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan supplier barang impor dari luar negeri. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan supplier dari luar negeri baik itu secara offline maupun secara online yang memang lebih memudahkan kita.

Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk langsung saja kita simak berbagai cara untuk mendapatkan supplier barang impor di bawah ini:

1. Mencari Supplier di Marketplace atau E-commerce

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari supplier barang untuk usaha Anda di marketplace atau e-commerce. Sekarang ini memang ada begitu banyak e-commerce yang bisa kita pilih. Namun meskipun demikian, hanya ada beberapa e-commerce yang terkenal di seluruh dunia sehingga banyak digunakan oleh supplier barang impor, antara lain e-Bay, Alibaba dan AliExpress. Selain itu, ketiga e-commerce tersebut juga terkenal di kalangan importir.

Tapi jika Anda memang ingin membeli barang dalam jumlah yang banyak, lebih disarankan untuk menggunakan Alibaba. Karena di Alibaba Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang jauh lebih murah, namun tetap ada jumlah minimal pembeliannya.

2. Carilah Distributor Barang Impor di Indonesia

Siapa bilang untuk mendapatkan barang impor harus mendapatkan supplier di luar negeri? Karena di Indonesia sendiri juga sudah banyak distributor barang impor contohnya di Jakarta atau Batam. Meskipun bukan supplier langsung dari luar negeri, tapi harga yang ditawarkan pun biasanya tidak berbeda jauh.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari mencari barang impor di Indonesia adalah pengiriman yang lebih mudah, pengiriman akan jauh lebih cepat, tidak perlu mengurus perizinan bea impor dan perizinan impor lainnya.

3. Mengikuti Komunitas Importir

Nah, manfaat lainnya dari berkembangnya teknologi adalah Anda bisa dengan mudah mengikuti komunitas importir. Dengan bergabung ke komunitas ini tentunya Anda akan mendapatkan berbagai informasi dan juga bertukar pikiran dengan banyak orang mengenai impor barang mulai dari supplier luar negeri, bagaimana proses untuk impor barang dan juga berapa biaya yang biasanya perlu dikeluarkan untuk membeli produk-produk dari luar negeri tersebut.

4. Mengunjungi Event Pameran Barang Impor

Cara mendapatkan supplier barang impor atau luar negeri yang selanjutnya adalah dengan mengunjungi event pameran barang impor yang ada di kota Anda. Misalnya saja saat Anda mengunjungi pameran dan ingin mendapatkan supplier dari China, maka harus mendatangi booth supplier China.

Dengan mengunjungi secara langsung event pameran ini maka Anda bisa melihat produk, harga dan mengetahui secara jelas bagaimana kualitas dari barang tersebut. Nah, jika Anda tertarik maka bisa melakukan negosiasi untuk saling bekerjasama.

5. Mengunjungi Secara Langsung Gudang Distributor

Dan cara yang terakhir untuk bisa mendapatkan supplier barang impor atau luar negeri adalah dengan mengunjungi secara langsung gudang distributor. Memang sih Anda perlu memiliki budget besar karena biaya untuk mengunjungi negara dimana tempat gudang distributor berada.

Meskipun demikian, ada berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi distributor secara langsung seperti prosedur impor barang yang sudah jelas, negosiasi secara langsung, bisa mengetahui kualitas dari produk yang Anda ingin beli, kelegalan pabrik dan lain sebagainya.

Baca juga : Perluas Jangkauan Produkmu dengan Ekspansi Bisnis

AsiaCommerce Siap Bantu Jual Barangmumu ke Luar Negeri

Anda tidak perlu lagi merasa kebingungan tentang cara menjual barang ke luar negeri seperti pasar Asia Tenggara. Bersama AsiaCommerce, Anda dapat dengan mudah dan aman memperluas jangkauan bisnismu ke negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

AsiaCommerce hadir sebagai solusi terbaik untuk memastikan kelancaran ekspansi bisnismu. Kami tidak hanya menyediakan layanan pengurusan bea cukai yang efisien, tetapi juga menangani semua aspek logistik untuk memastikan produk-produkmu sampai ke tangan pelanggan dengan cepat dan tepat waktu.

AsiaCommerce juga membantu mencarikan calon pembeli potensial untuk produk Anda. Kami memahami pentingnya memiliki jaringan yang kuat di pasar asing, dan itulah mengapa kami siap membantu Anda untuk mengidentifikasi peluang bisnis yang menjanjikan.

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk ragu atau khawatir ketika hendak mengekspansi bisnismu ke Asia Tenggara. Segera klik di sini atau banner di bawah ini agar bisnismu bisa berekspansi sekarang juga!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments