Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

9 Marketplace untuk Jualan ke Luar Negeri dengan Mudah 2024

by | Nov 15, 2022 | Marketplace

Seiring berjalannya waktu serta perkembangan industri digital membuat semakin banyak penjual yang memanfaatkan marketplace sebagai tempat untuk menjual produk secara daring. Hal ini tentu karena batasan jarak sudah semakin pudar dengan hadirnya berbagai marketplace lokal dan global. Jika kamu ingin mendistribusikan produkmu ke seluruh Indonesia, kamu bisa menggunakan marketplace lokal. Sedangkan jika kamu ingin mengekspansi bisnis kamu ke pasar global, kamu perlu menggunakan marketplace untuk jualan ke luar negeri.

Kamu tidak perlu takut dan ragu untuk masuk ke pasar global. Dengan memasuki pasar global, kemungkinan untuk mendapatkan customer dan meningkatkan penjualan menjadi lebih tinggi. Sebab saat ini ribuan hingga jutaan orang pembeli di seluruh dunia telah masuk ke pasar global melalui berbagai e-commerce dan marketplace.

Lantas apakah kamu mau ketinggalan masuk ke pasar global dengan skala internasional? Jika kamu tidak mau ketinggalan dan ingin berjualan online dengan mudah, kamu dapat menggunakan salah satu dari banyak marketplace besar yang tersedia. Berjualan di marketplace untuk jualan ke luar negeri juga akan mendorong jenis lalu lintas pelanggan yang akan memberi kamu kesempatan untuk mengambil penjualan kamu ke tingkat berikutnya.

Untuk mencapai pembeli dari luar negeri, maka kamu perlu mencari tahu marketplace terbaik untuk berjualan di pasar internasional. Berikut ini daftar marketplace untuk jualan ke luar negeri yang dapat kamu pilih menjadi platform penjualanmu.

Daftar Marketplace untuk Jualan ke Luar Negeri dengan Mudah

1. Amazon

9 Marketplace untuk Jualan ke Luar Negeri dengan Mudah

Marketplace untuk jualan ke luar negeri dengan mudah yang pertama adalah Amazon. Kita tahu bahwa Amazon adalah e-commerce paling terkenal di dunia hingga sampai saat ini, amazon sering dijadikan patokan utama oleh para pelaku ecommerce untuk melihat cara suatu marketplace bekerja dengan baik.

Selain basis pelanggan terbesar di Amerika Serikat, dominasi amazon di dunia juga terlihat sangat jelas dengan menghasilkan pendapatan lebih dari $100 miliar pada tahun 2021. Meski demikian, sama dengan beberapa marketplace lokal, para pelanggan banyak yang tidak merasa aman untuk berbelanja, karena para penjual atau vendor di Amazon tidak semuanya memiliki brand yang tervalidasi dan sah.

2. eBay

eBay merupakan marketplace untuk jualan ke luar negeri selanjutnya. Perusahaan e-commerce multinasional ini berkantor pusat di San Jose, California. eBay didirikan pada tahun 1995 oleh Pierre Omidyar. Pierre Omidyar menawarkan layanan penjualan melalui Internet menggunakan metode customer to customer dan bisnis to customer. Ebay sekarang menjadi bisnis bernilai miliaran dolar dengan kantor lokal di lebih dari 30 negara.

Menurut data dari SimilarWeb, sepanjang bulan Juni 2023 eBay telah dikunjungi oleh lebih dari 701.7 juta pengguna aktif. Sama seperti Amazon, mayoritas pengguna eBay berasal dari Amerika Serikat.

eBay menawarkan transfer uang secara digital melalui PayPal, yang merupakan anak perusahaan eBay dari tahun 2002 hingga 2015. Website ini gratis untuk digunakan bagi pembeli, tapi penjual dikenakan biaya untuk daftar item dari barang-barang yang dijual.

| Baca juga: 11 Marketplace China Terbaik dan Termurah 2023

3. Shopify

9 Marketplace untuk Jualan ke Luar Negeri dengan Mudah

Marketplace untuk jualan ke luar negeri selanjutnya adalah Shopify. Shopify adalah salah satu platform e-commerce terkemuka. Platform ini dikenal dengan fitur-fitur canggihnya yang melayani bisnis kecil dan perusahaan besar.

Selain mendukung pengembangan situs web untuk toko online, platform Shopify juga menawarkan sistem POS untuk memfasilitasi penjualan di dalam toko. Fitur e-commerce lainnya termasuk berbagai gateway pembayaran, pajak otomatis, dropshipping, dan banyak lagi.

Shopify menawarkan banyak fleksibilitas dalam hal tema–direktori tema Shopify menawarkan berbagai macam template gratis dan berbayar. Jika kamu memerlukan bantuan, tim layanan pelanggan Shopify tersedia 24/7 melalui email, obrolan langsung, dan telepon.

Platform ini memiliki forum komunitas untuk membahas segala hal mulai dari menyiapkan toko Shopify kamu hingga memaksimalkan fitur Shopify.

Kebanyakan orang menggunakan Shopify untuk bisnis dropshipping berskala internasional. Tapi bukan berarti tidak bisa digunakan untuk bisnis skala kecil, kamu juga bisa menggunakannya untuk bisnis lokal, tidak masalah. Sebab simpel dan mudah untuk diatur, kamu bisa membangun toko online sesuai keinginan kamu sendiri.

4. Alibaba

Siapa yang tidak tahu Alibaba, marketplace untuk jualan ke luar negeri asal China ini merupakan salah satu pasar B2B terbesar di dunia yang menjadi rumah bagi jutaan pelanggan dari lebih dari 200 negara di seluruh dunia.

Pasar global ini adalah rumah bagi hampir semua pemasok produk, memproduksi berbagai macam barang bahkan yang paling unik dan aneh yang dijual melalui berbagai saluran. Lebih dari 100 juta produk dalam 40 kategori berbeda ada dalam e-commerce ini. 

| Baca juga: 10 Marketplace Alternatif Seperti Alibaba

5. Rakuten

Marketplace untuk jualan ke luar negeri berikutnya yaitu Rakuten Inc. Rakuten Inc adalah perusahaan yang melayani jutaan pelanggan, juga mengoperasikan situs e-commerce terbesar di Jepang.

Kehadiran globalnya memberi kesempatan kepada pengecer online untuk menjual berbagai macam produk di tingkat internasional di lebih dari 10 kategori. Penjual yang berpartisipasi di pasar ini harus terus aktif menjual produk, karena ada biaya untuk memelihara akun penjual.

6. Walmart

Marketplace untuk jualan ke luar negeri selanjutnya adalah Walmart. Layaknya Amazon, pasar Walmart sangat ideal untuk penjual menengah hingga besar yang ingin meningkatkan eksposur mereka. 

Proses untuk bergabung dengan Walmart memang cukup sulit. penjual diharuskan mengisi sejumlah formulir sebelum mereka bisa memasarkan produk mereka. Namun tidak usah khawatir, setelah aplikasi disetujui, penjual akan memiliki akses ke lebih dari 110 juta pembeli yang berbelanja online setiap bulannya.

7. Etsy

Etsy adalah platform belanja online seperti eBay dan Amazon yang menghubungkan komunitas pembeli dan penjual online. Yang membedakan Etsy dari kedua namanya adalah fokusnya pada kerajinan dan barang antik. Marketplace untuk jualan ke luar negeri ini memang dikhususkan untuk menjual handicraft ataupun produk-produk buatan tangan yang berkonsep vintage.

Meski dikhususkan untuk menjual barang-barang kerajinan, bukan berarti tidak bisa menjual produk lain di Etsy. Produk lainnya pun sangat beragam, antara lain kerajinan tangan, perhiasan, seni, elektronik, alat tulis, bahkan bahan makanan. Lalu ada ada juga stiker, cetakan, perencana, atau bahan cetakan lainnya. Fitur lain yang menarik dari Etsy adalah barang dapat dijual sebagai file digital yang dapat dibeli, diunduh, dan digunakan pembeli. 

Secara keseluruhan, biaya untuk berjualan di Etsy sangat rendah, sehingga menawarkan lebih banyak keuntungan biaya kepada penjual. Selain itu, Etsy mendukung berbagai metode pembayaran untuk pengguna dan penjualnya. Alhasil, penjual dapat menarik dana dengan cepat dan mudah, tidak seperti eBay, di mana penjual hanya dapat menarik dana melalui PayPal, belum lagi biaya yang jauh lebih tinggi.

8. BookScouter

Jika kamu berkeinginan untuk berjualan buku bekas ke berbagai negara, kamu tidak perlu khawatir lagi. Ada sebuah marketplace untuk jualan buku bekas ke luar negeri, yaitu BookScouter. Marketplace untuk jualan ke luar negeri yang satu ini menawarkan fitur yang unik dan menarik yang membedakannya dari marketplace buku lainnya. Di BookScouter, Kamu tidak hanya dapat membuka toko online untuk menjual buku bekas, tetapi juga dapat memanfaatkan berbagai fitur canggih yang akan mempermudah dan meningkatkan efisiensi bisnis kamu.

Salah satu keunggulan utama dari BookScouter adalah kemampuannya untuk membandingkan harga buku antara seller yang ada di platform ini. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah mengetahui harga pasaran buku yang ingin dijual, memastikan harga yang kompetitif, dan mengoptimalkan keuntungan yang kamu dapatkan. Selain itu, BookScouter juga menawarkan fitur-fitur lain seperti penilaian kondisi buku, sistem pembayaran yang aman, dan layanan pengiriman yang terpercaya untuk memastikan pengalaman transaksi yang positif bagi semua pihak.

9. AsiaCommerce

9 Marketplace untuk Jualan ke Luar Negeri dengan Mudah

Marketplace untuk jualan ke luar negeri selanjutnya adalah AsiaCommerce. Seperti namanya, AsiaCommerce menyediakan berbagai produk dari berbagai negara di Asia, terutama negara-negara di Asia Tenggara dan China. Oleh karena itu, kamu pun dapat menjual produk bisnismu di AsiaCommerce untuk mendapatkan konsumen dari luar negeri. 

Selain itu, AsiaCommerce masih memiliki banyak layanan lainnya untuk membantu para pemilik bisnis, UMKM dan pelaku e-commerce di Asia Tenggara sebagai penyedia layanan pengadaan barang, solusi ekspor-impor, hingga membantu pengiriman internasional dan distribusi marketplace internasional. Dengan demikian, kamu dapat menjalankan bisnismu dengan lebih mudah dan aman.

Ingin Produkmu Terjual dengan Mudah ke Luar Negeri? Hubungi Saja AsiaCommerce!

Jika kamu ingin memulai bisnis di pasar global tapi masih bingung mulai dari mana, kamu dapat bergabung dengan AsiaCommerce! Dengan bergabung di AsiaCommerce kamu akan dibimbing dan diberikan berbagai layanan yang memudahkan bisnis kamu, sehingga kamu bisa fokus mengembangkan bisnis yang kamu jalani. Klik di sini atau banner di bawah ini untuk mendapatkan solusi dari masalahmu!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments