Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Cara Mudah Memanfaatkan SEO Untuk Bisnis Ekspor

by | May 6, 2023 | Tips & Strategi Bisnis

Mungkin sebagian Ascomers ada yang sudah memiliki bisnis dan ingin mencoba pasar ekspor. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk terjun ke pasar internasional. Salah satu cara untuk memulai bisnis ekspor agar sukses adalah dengan memanfaatkan SEO atau Search Engine Optimization. SEO bisa menjadi strategi digital marketing yang efektif dan hemat untuk membantu bisnis ekspor. Berikut cara mudah memanfaatkan SEO untuk bisnis ekspor.

 

Pengertian SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah langkah optimasi yang dilakukan agar website berada di hasil teratas pada mesin pencari, terutama Google. Dengan kata lain, SEO adalah salah satu faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan website dari bisnismu. Terutama bagi Ascomers yang ingin memanfaatkan website sebagai sarana penghasil uang.

 

Jika SEO website dari bisnismu bagus, nantinya websitemu akan muncul di halaman pertama hasil pencarian ketika pengguna internet mencari kata kunci tertentu di Google. Sehingga websitemu akan semakin dikenal dan ramai pengunjung.

 

Jenis-Jenis SEO

Dalam upaya menerapkan SEO, ada beberapa jenis SEO yang ada saat ini. Secara umum, Search Engine Optimization dibagi menjadi empat jenis, di antaranya : 

 

1. On-page SEO

Pengertian On-page SEO adalah upaya optimasi yang dilakukan secara langsung pada setiap halaman website untuk memaksimalkan konten agar bisa membantu menaikkan peringkat website di halaman hasil pencarian. Fokus utamanya ada pada konten dan HTML source code, seperti title tag, header, tag, dan meta description. Informasi inilah yang akan ditampilkan di SERP (Search Engine Result Page).

 

Dengan melakukan optimasi On-page SEO akan mempermudah web crawler menganalisis dan mengindeks konten. Berikut ini halh-hal yang termasuk dalam On-page SEO : 

  • Konten

Google menggunakan framework E-A-T (expertise, authoritativeness, dan trustworthiness) untuk menilai kualitas dari sebuah konten, halaman, dan website. Namun, per 15 Desember 2022 kemarin Google melakukan update dengan penambahan E (experience) di depan E-A-T sehingga menjadi E-E-A-T. Konten berkualitas yang dibuat oleh author terpercaya yang menceritakan pengalamannya dan mempublikasikan di website yang terpercaya lebih diprioritaskan. Jadi, jika ingin websitemu muncul di halaman pertama Google, maka kamu harus pastikan setiap kontennya memenuhi keempat kriteria framework tersebut.

 

  • Optimasi kata kunci

Menambahkan kata kunci (keyword) akan mempermudah algoritma mesin pencari dalam mengidentifikasi informasi yang tersedia. Ascomers bisa menggunakan SEO tools, seperti Google Keyword Planner atau SEObrave. Kemudian buatlah konten menggunakan kata kunci dari hasil riset melalui tools tersebut. 

 

Namun, hal yang perlu diingat adalah penggunaan kata kunci harus senatural mungkin. Jika tidak, Google akan menganggap hal tersebut sebagai keyword sutffing (terlalu banyak mencantumkan kata kunci dalam artikel).

 

  • Title tag

Tulislah title tag atau judul halaman (page title) yang unik, menarik, dan berbeda dari yang lain. Dengan cara tersebut, websitemu akan mendatangkan lebih banyak klik. Traffic organik yang dihasilkan pun akan tinggi sehingga kamu perlu membuat judul yang menarik dengan menyisipkan kata kunci di dalamnya. 

  • Header tag

Kamu dapat memudahkan pembaca dan web crawler dengan membagi segmen postingan menggunakan header tag. Tag ini nantinya membantu mesin pencari dalam menampilkan informasi yang sesuai dengan search intent. Jadi, header sangat berguna bukan hanya untuk membuat konten terlihat lebih rapi, tapi juga dapat memperbaiki performa di Google.

 

  • Image alt text

Menyisipkan deskripsi pada gambar juga menjadi hal yang penting. Dengan alt text, screen reader akan menginformasikan mesin pencari bahwa gambar yang dipakai adalah bagian dari kontenmu. Pemakaian image alt text juga akan memberi peluang kontenmu untuk berada di posisi teratas pada hasil pencarian gambar Google.

 

  • Meta description

Dalam meta description yang menarik akan menghasilkan lebih banyak klik pada websitemu. Meta description yang direkomendasikan adalah tidak lebih dari 156 karakter dan mengandung kata kunci di dalamnya. Karena letaknya tepat di bawah judul, maka penjelasan yang singkat dan menarik akan membuat pengunjung lebih penasaran untuk membacanya.

Baca juga : 6 Tips Sukses Membangun Bisnis Ekspor Bagi Pemula

 

2. Off-page SEO

Off-page SEO adalah upaya optimasi yang dilakukan di luar website untuk menaikkan peringkat di mesin pencari. Optimasi ini juga diperhitungkan oleh Google sebagai indikator untuk mengetahui seberapa bagus sebuah website, bisnis, atau produkmu di mata audiens. Hasil penerapannya akan memperbaiki page authority dan juga ranking. Off-page SEO mencakup :  

  • Link building

Upaya ini untuk mendapatkan link dari website lain ke websitemu. Setiap link yang diarahkan akan menaikkan kredibilitas dari situs. Akan tetapi, kamu tidak bisa asal mencantumkan link. Perhatikan juga kualitas blog dan website yang diajak kerja sama karena akan memengaruhi penilaian dari algoritma.

 

  • Social media marketing

Channel lain yang bisa dimanfaatkan untuk Off-page SEO adalah social media marketing. Buat akun dan bangun reputasi brand yang bagus di media sosial. Unggah postingan yang dapat membuat audiens melakukan engangement pada konten tersebut. Bagikan juga konten terbaru yang sudah di-publish di website atau blog pada websitemu. Dengan begitu, akan banyak orang yang melakukan klik sehingga mendatangkan trafik sehingga Google menilai bahwa situsmu memiliki kredibilitas.

 

  • Influencer outreach

Kamu juga bisa bekerja sama dengan brand atau influencer terkenal untuk mempromosikan websitemu. Cara ini bisa membawa pelanggan atau pengunjung baru untuk bisnis yang kamu jalankan.

 

  • Forum

Cara lain untuk optinasi dengan metode Off-page adalah dengan bergabung di forum. Contoh forum yang bisa kamu coba ada Quora, Reddit, dan Stack Overflow. Di forum tersebut kamu bisa memulai topik dan berdiskusi dengan audiens. Di samping itu, kamu juga bisa menyisipkan tautan dari blog pada websitemu untuk mendatangkan lebih banyak traffic organik.

 

3. Technical SEO

Technical SEO adalah upaya untuk mengoptimasi aspek-aspek teknis pada website agar sesuai dengan kriteria dari algoritma mesin pencari. Beberapa aspek tersebut meliputi optimasi kecepatan loading, mobile-friendly, dan arsitektur website.

 

Apabila aspek teknisnya sudah teroptimasi dengan baik, website akan muncul pada halaman teratas pencarian. Selain dari sisi performa, technical SEO juga menjamin kenyamanan pengguna dalam menjelajahi website. Selalu utamakan keamanan dan kecepatan loading agar Google dan pengunjung tidak berpaling dari websitemu. Berikut ini beberapa hal yang perlu dioptimasi dari sisi technical.

  • Kecepatan loading

Website yang membutuhkan waktu lama untuk terbuka akan mengakibatkan bounce rate yang tinggi. Oleh sebab itu, kamu perlu mengaktifkan cache website, mengompresi gambar, dan mengurangi jumlah halaman yang dialihkan. Kamu bisa menggunakan tools seperti PageSpeed Insights untuk mencari tahu apa saja yang harus dioptimasi terkait kecepatan loading.

 

  • Schema markup

Tambahkan tag ini ke kode HTML untuk mempermudah mesin pencari dalam mengidentifikasi konten. Di samping itu, schema markup juga akan memperkuat tampilan snippet di hasil pencarian.

 

  • Internal link

Cara ini menggunakan hyperlink untuk menghubungkan satu halaman dengan halaman lainnya di website yang sama. Dengan adanya internal link, crawler akan lebih mudah dalam melakukan pencarian dan pengindeksan. Selain itu, page authority juga akan meningkat, navigasi jadi lebih gampang, dan pengunjung akan lebih lama menetap.

 

  • XML sitemap

Sederhananya, XML sitemap adalah kumpulan URL halaman website. Perannya sebagai roadmap atau peta untuk mempercepat crawler dalam menjangkau halaman-halaman yang penting. Jika websitemu menggunakan WordPress, install plugin Yoast SEO untuk membangun XML sitemap.

 

  • Accelerated Mobile Pages (AMP)

Framework ini menampilkan versi lite halaman website sehingga lebih cepat terbuka di perangkat mobile. Jika AMP diaktifkan, Google akan memunculkan halaman melalui cache tertentu. Waktu loading-nya pun akan berkurang.

 

  • Setifikat SSL

Website yang memasang sertifikat SSL akan memiliki https do awal URL-nya. Itu berarti perpindahan informasi antara websitemu dengan browser pengunjung akan diamankan dan dienkripsi datanya.

 

4. Local SEO

Local SEO adalah strategi untuk meningkatkan visibilitas bisnis di search result lokal. Ascomers bisa mempromosikan brand, produk, dan layanan pada komunitas atau masyarakat setempat. Sebagai contoh, kamu mengetikkan “cafe enak Jakarta” atau “apotik terdekat”. Google akan mengidentifikasi lokasi usaha atau toko melalui alamat IP mereka dan menampilkan hasil pencarian yang kamu inginkan.

 

Berikut empat poin yang perlu diperhatikan ketika kamu berencana menerapkan strategi local SEO.

  • Profil Google My Business (GMB)

Peta yang ditunjukkan di search result lokal diambil dari profil GMB. Jadi kamu perlu membuat akun GMB terlebih dahulu dan memasukkan data yang lengkap mengenai bisnismu. Data ini nantinya akan memengaruhi peringkat SEO pada hasil pencarian di Google.

  • Lakukan riset kata kunci lokal

Buatlah daftar kata kunci yang mendeskripsikan produk atau layanan yang ditawarkan, lalu tambahkan lokasi. Misalnya, cafe enak (kata kunci) + Jakarta (lokasi). Ketika memilih kata kunci, pastikan juga kamu mengetahui seberapa bagus kata kunci yang ditargetkan berdasarkan volume pencarian (search volume) dan tingkat kesulitannya (difficulty).

  • Konten yang menyasar market lokal

Kuasai market lokal dengan membuat konten yang spesifik dan menjawab pertanyaan audiens. Misalnya kamu menjalankan bisnis kopi. Buatlah konten yang membahas asal-usul kopi, kopi lokal yang sudah mendunia, minat masyarakat terhadap kopi, cara mengolah biji kopi, dan sebagainya. 

  • Ulasan pelanggan

Ulasan menunjukkan tingkat kepercayaan bisnismu, yang nantinya akan dipertimbangkan oleh Google. Setelah melakukan transaksi atau kunjungan ke tokomu, mintalah pelanggan untuk menulis review. Misalnya bisa mengirim ulasan melalui email, media sosial, atau menyediakan halaman khusus review.

 

Strategi Memanfaatkan SEO Untuk Bisnis Ekspor

Setelah membahas mengenai perngertian dan jenis-jenis SEO, kali ini akan membahas bagaimana cara mudah memanfaatkan SEO untuk bisnis ekspor. Yuk simak strateginya berikut ini.

 

1. Buat Website Bisnismu

Website sebagai sumber informasi yang valid ketika seseorang ingin mencari tahu info tentang brand yang ditemukan. Dengan adanya website para pembeli akan lebih mudah mengenal perusahaan dan produk atau pun jasa dari bisnismu.

 

2. Menerapkan SEO

SEO memudahkan pengguna internet dalam mencari informasi dari website bisnismu. Tujuan utama dari SEO adalah agar website kamu berada di pencarian utama Google. Upaya penerapan SEO diperlukan untuk meningkatkan potensi website bisnis agar lebih mudah ditemukan.

 

3. Promosikan Produk Secara Online

Mempromosikan produk secara online juga bisa menjadi cara untuk menjangkau audiens atau pelanggan lebih luas. Penyebaran kontennya bisa cepat dan mendapatkan pembeli dengan mudah.

 

Ada banyak media sosial yang bisa Ascomers gunakan untuk cara promosi produk ekspor, seperti Facebook, YouTube, Instagram, hingga TikTok. Menariknya, Anda bisa bergabung dengan marketplace terkenal yakni Alibaba, Ebay, Shopee, dan lain-lain.

 

4. Melengkapi Keperluan Dokumen Bisnis Ekspor

Yang tidak kalah penting kamu harus melengkapi berbagai dokumen bisnis ekspor. Ada beberapa dokumen ekspor barang yang harus dipenuhi, seperti packing list, bill of lading, hingga invoice.

 

Adapun dokumen pendukung seperti certificate of origin yang harus dipersiapkan. Untuk sertifikat tersebut bisa Anda dapatkan melalui Dinas Perdagangan dan Industri. Selain itu, pada certificate of analysis bisa Anda dapatkan dalam produk skincare, minuman, dan makanan.

 

Maka dari itu, dapat dikatakan dokumen bisnis ekspor menjadi tips marketing untuk bisnis agar produk yang dijual dapat dikenal banyak orang dan mendapat banyak keuntungan lain.

 

5. Melakukan Kerjasama dengan Pihak Lain

Akan lebih baik jika kamu menguasai Bahasa Inggris ketika menjalankan bisnis ekspor. Tidak lupa, persiapkan juga berbagai dokumen penting dan pendukung ketika sedang melakukan ekspor. Dengan begitu kerjasama dengan pihak lain akan lebih baik.

 

Hal ini juga akan membuat adanya potensi konsumen tetap di bisnis ekspor. Jadi, tidak heran jika para eksportir sukses melakukan kerjasama dengan pihak lain yang dapat mendukung keberlangsungan bisnis.

 

6. Join AsiaCommerce

Jika kamu tidak ingin ribet mengurusi semua persyaratan ekspor dan tidak paham dengan regulasinya, cara paling gampang adalah dengan bergabung menjadi membership di AsiaCommerce.

Semua proses mulai dari pencarian calon pembeli hingga pengiriman ekspor sampai ke alamat tujuan akan dihandle oleh tim AsiaCommerce. Jadi kamu bisa lebih fokus untuk memasarkan produk secara online dan melakukan development pada produk yang kamu jual.

Baca juga : Ekspor ke Korea Selatan Bebas Tarif, Ini Penjelasannya

 

Nah itu dia cara memanfaatkan SEO untuk bisnis ekspor. Jika kamu tertarik dan ingin melakukan ekspor, kamu tidak perlu khawatir karena AsiaCommerce siap membantu kamu. Dengan berbagai layanan yang akan memudahkan kamu dalam melakukan ekspor. Sehingga kamu bisa tetap fokus untuk mengembangkan usaha ekspormu. Klik di sini atau banner di bawah untuk informasi lebih lanjut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments