Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Maksimalkan Email Konfirmasi Pembayaran untuk Loyalitas Pelanggan

by | Dec 12, 2023 | Tips & Strategi Bisnis

Pembeli senang akan kehadiran email konfirmasi pembayaran di dalam pesan masuk surel mereka. Mereka akan membukanya berkali-kali, mengeklik ulang link yang tercantum, bahkan hingga melabeli pesan tersebut ke dalam kategori prioritas. Jaga-jaga jika ada kabar terbaru masuk. Selain itu, email konfirmasi pembayaran bisa meningkatkan kepercayaan dari pembeli karena adanya bukti bahwa transaksi mereka telah sukses dan diterima oleh penjual.

Banyak dari pembeli yang menganggap email konfirmasi transaksional menjadi pesan yang paling berharga dalam kotak masuk surel mereka. Mengutip dari omnisend, email konfirmasi pesanan juga memiliki persentase paling tinggi untuk dibaca, yakni sekitar 60%. Hal ini membuka kesempatan untuk meningkatkan penjualan online melalui email konfirmasi pembayaran. 

Pesan konfirmasi juga merupakan titik sentuhan pertama setelah pembelian. Hal ini dapat digunakan untuk menyajikan rekomendasi produk. Produk-produk tersebut disarankan untuk diisi produk-produk sejenis atau produk-produk yang ada dirasa disukai pembeli berdasarkan cookies mereka selama berselancar di platform penjualan. 

Oleh karena itu, penting untuk memaksimalkan penjualan dengan email konfirmasi pembayaran. Berikut ini tip-tip yang dapat dilakukan agar penjualan dapat meningkat karena peran dari email konfirmasi pembayaran.

| Baca juga: Pahami Apa Itu Brand Loyalty dan Cara Meningkatkannya!

Tingkatkan Informasi Pembelian dalam Email Konfirmasi Pembayaran

Fungsi utama sebuah email konfirmasi pembayaran adalah memverifikasi bahwa pesanan pembeli sudah diterima dan akan diproses oleh penjual. Namun, tidak sebatas di situ saja, ketika informasi yang tercantum sangat lengkap dan mudah dipahami, pembeli akan melihat bahwa toko online Anda beroperasi dengan penuh profesionalisme. Dengan demikian, kepercayaan pembeli terhadap toko Anda akan meningkat. Pembeli pun akan menjadi loyal dan akan repurchase barang dari tempat Anda.

Hal-hal yang Diperlukan dalam Email Konfirmasi Pembayaran

Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk dicantumkan di dalam email konfirmasi pembayaran:

  • Nomor pesanan;
  • Perkiraan tanggal pengiriman, bahkan sebelum item telah dikirimkan;
  • Sebuah deskripsi item atau barang yang dibeli;
  • harga produk dan pajak;
  • foto produk;
  • Biaya pengiriman;
  • Link ke kebijakan Anda kembali;
  • Layanan pelanggan informasi kontak, termasuk nomor telepon.

Selain itu, pada halaman yang sama perlu didesain agar para pembeli mudah untuk melacak status pesanan mereka. Tentu saja, karena banyak pembeli perlu informasi mengenai perjalanan pesanan mereka sehingga mereka bisa bersiap untuk menerima paket atau untuk mengetahui bahwa pesanan mereka telah dikirimkan.

Email Konfirmasi Pembayaran Perlu Dikirim Secepat Mungkin

Kecepatan dari pengiriman pesan konfirmasi adalah hal yang sangat penting. Membuat pembeli menunggu hanya akan membuat mereka semakin ragu dan loyalitas atas toko Anda tidak akan muncul. Pesanan sebuah toko online adalah analogi dari bentuk fisik tanda terima cetak pada akhir transaksi yang biasa dilakukan kebanyakan orang pada toko yang melakukan interaksi tatap muka secara langsung antara penjual dan pembeli.

Dengan mengetahui hal tersebut, maka email konfirmasi pesanan perlu dikirim dalam hitungan detik. Hampir tidak pernah kita menunggu setruk pembelian selama berjam-jam ketika belanja di toko fisik, bukan?

Menawarkan Rekomendasi Produk yang Relevan

Personalisasi adalah kunci ketika Anda mencantumkan rekomendasi produk dalam email konfirmasi pesanan. Dengan demikian, rekomendasi ini perlu diusahakan untuk tercantum dalam pesan konfirmasi. Anda dapat menawarkan dua atau tiga produk berdasarkan riwayat pesanan pembeli dan tingkah laku mereka. Ini bukan Upsell, yang mana Anda menawarkan produk serupa dengan satu yang dibeli, melainkan cross-sell, dengan item terkait melengkapi produk yang dibeli.

Pertimbangkan masalah penukaran, juga. Apakah website Anda sudah menunjukkan beberapa rekomendasi produk selama proses belanja atau checkout? Bagaimana pelanggan bereaksi terhadap rekomendasi?

Baca juga: Customer Experience: Pengertian, Strategi, dan Contohnya

email konfirmasi penjualan
(Unsplash/Matthew Fournier)

 

Perlakukan Pelanggan Loyal dengan Cara Berbeda

Untuk lebih menyempurnakan pesan yang dikirim, usahakan tidak memperlakukan semua pelanggan sama. Ada perbedaan antara pembeli pertama dengan pelanggan tetap Anda. Pesan bersifat personal ini tentunya akan memberi kesan hangat dan diperhatikan kepada para pembeli.

Pertimbangkan memberikan email konfirmasi pesanan yang berbeda bagi pembeli yang melakukan repurchase. Ucapkan terima kasih atas kesetiaan mereka dan tawarkan mereka sesuatu yang istimewa untuk datang kembali. Jika toko Anda memberi diskon terhadap suatu produk, bagikan kode kupon hanya untuk mereka. Akan tetapi, jika bonus diskon bukan bagian dari model bisnis Anda, pertimbangkan untuk berbagi bonus lain seperti produk gratis atau layanan khusus untuk pelanggan tetap.

 

Desain Email Konfirmasi Pembayaran untuk Mobile Device

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sebagian besar pengguna internet mengakses keperluan mereka melalui telepon genggam. Hal ini berpengaruh juga terhadap kebiasaan pengguna yang akan membuka email melalui gawai mereka. Melihat hal tersebut, maka tidak salah untuk membuat tampilan pesan menjadi lebih mobile friendly. Desain eye-catching akan lebih mudah untuk menarik perhatian. Dengan demikian, persentase pesan konfirmasi dan promosi produk-produk Anda akan semakin meningkat.

Make It Look Good

Agar email konfirmasi pesanan tampil baik dan maksimal, perlu juga untuk mencerminkan identitas dari merek Anda. Percuma jika segala yang ditampilkan dalam desain paling eye-catching sedunia sama sekali tidak menggambarkan merek Anda. Pembeli hanya akan melihat dan tidak akan teringat dengan pesan-pesan yang Anda sampaikan. Oleh karena itu, penting sekali identitas merek Anda terpampang dalam setiap pesan yang Anda berikan.

Baca juga: Mengenal Email Marketing dan Istilahnya yang Harus Kamu Tau!

Contoh Email Konfirmasi Pembayaran

1. Nike

Email konfirmasi pembayaran

2. Google Play

Email konfirmasi pembayaran

Kesimpulan

Rumus sederhana untuk membangun loyalitas dan menjual lebih banyak dengan pesan konfirmasi adalah dengan memperkuat kepercayaan yang diperoleh pembeli selama melakukan pembelian awal, serta dengan menawarkan kesempatan untuk membeli lagi melalui rekomendasi produk.

Itulah Tips untuk meningkatkan Penjualan dan Bangun Loyalitas dari kami, semoga berguna bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda. Apakah ada yang terlewatkan atau Anda memiliki opini yang lain? Silakan masukkan ke kolom komentar dibawah.

Mulai Bisnismu Tanpa Bingung dan Pusing Bersama AsiaCommerce!

Anda bingung untuk memulai bisnis? Temukan jutaan kesempatan untuk bisnis kamu langsung tanpa ribet. Dengan bergabung menjadi member di AsiaCommerce, kamu tidak perlu bingung mencari barang yang kamu inginkan. Tim product seeker kami akan membantu mencarikan barang terbaik yang memiliki harga termurah. Klik di sini atau banner di bawah ini untuk bergabung bersama kami.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments