Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Mengenal Email Marketing dan Istilahnya yang Harus Kamu Tau!

by | Nov 26, 2022 | Tips & Strategi Bisnis

Mengenal Email Marketing dan Istilahnya adalah hal terbaik yang bisa dilakukan bagi kamu sebelum memperlajarinya lebih lanjut. Sama halnya ketika kita memiliki barang, kita harus mengenal dan memahami apa saja panel dan fungsinya yang ada pada barang tersebut.

Begitu juga dengan email marketing. Kamu bisa saja mengirim email secara masal saat ini juga, akan tetapi tanpa mengenal email marketing dan istilahnya itu sendiri untuk kedepannya bisa dipastikan bahwa email marketingmu tidak akan bertahan lama.

Lantas apa itu email marketing dan istilahnya? Berikut kita akan bahasa apa itu email marketing dan istilah-istilahnya.

Apa itu Email Marketing?

Apa itu Email Marketing?

Email marketing merupakan salah satu metode online marketing yang dilakukan dengan cara megnirimkan email kepada konsumen atau calon pelanggan. Tujuannya pun berbeda-beda, mulai dari mengedukasi pelanggan, melakukan branding, hingga meningkatkan penjualan.

Cara kerjanya pun cukup sederhana. Kamu bisa mendapatkan email calon konsumen dengan berbagai cara, mulai dari memberikan penawaran menarik seperti ebook gratis, pendaftaran webinar gratis atau memberikan akses gratis dalam jangka waktu terbatas.

Setelah mendapatkan alamat email calon pelanggan, kamu dapat mengirim email menarik yang sejalan dengan tujuan utama kamu. Jadi pada akhirnya, calon pelanggan mungkin tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis kamu dan melakukan pembelian.

Apa Saja Manfaat Email Marketing?

Apa Saja Manfaat Email Marketing?

Email marketing memiliki beberapa manfaat yang masih relevan, sehingga masih banyak digunakan oleh pebisnis. Berikut manfaat dari email marketing yang harus kamu tau :

  1. Biaya yang dikeluarkan relaif lebih kecil, namun hasilnya maksimal
  2. Jangkauannya pun lebih luas. Bahkan di 2024 diprediksi ada lebih dari 5 miliar pengguna email diseluruh dunia.
  3. Lebih dari 80 persen kosumen mengecek emailnya setiap hari.
  4. Lebih efektif dibandingkan dengan social media marketing.
  5. Mudah dijangkau oleh konsumen dari berbagai perangkat.

Baca Juga : Cara Impor Barang Dari China Untuk Pemula

Nah, setelah mengetahui apa itu email marketing dan berbagai manfaatnya. Kamu juga perlu mengetahui istilah-istilah yang ada dalam email marketing

Istilah-Istilah dalam Email Marketing

Istilah-Istilah dalam Email Marketing

1. Acceptance Spam Report Rate

Merupakan tingkat dimana kamu dapat dilaporkan sebagai SPAM tanpa merusak reputasi pengirimanmu

2. Acceptance Rate

Acceptance rate adalah persentase email yang masuk ke server email penerima. Namun, email yang masuk ke server bukan berarti masuk ke inbox penerima.

Baca Juga : Barang Impor dari China Ini Laku Keras di Indonesia

3. Bounce Rate

Bounce rate didefinisikan sebagai persentase email yang kamu kirim tetapi tidak diterima oleh server email penerima. Ada dua jenis bounce, hard bounce dan soft bounce. Rasio bounce yang dapat diterima adalah kurang dari 5%.

4. Bulk Mail

Bulk mail adalah email marketing yang sekaligus dikirim ke sekelompok besar orang.

5. Clicks Per Delivered

Clicks per delivered adalah Persentase jumlah klik dibagi dengan jumlah email yang dikirim ke kotak masuk audience.

6. Clicks Per Open

Berbeda dengan istilah sebelumnya, clicks per open adalah persentase dari jumlah klik dibagi dengan jumlah email yang dibuka penerima.

7. Cost Per Thousand/Mille (CPM)

Cost per thousand/mille (CPM) adalah biaya yang dikeluarkan per 1000 impression.

8. Click-Through Rate (CTR)

Click-through rate (CTR) adalah persentase penerima yang mengklik URL di dalam email-mu.

Persentase CTR dihitung dari jumlah unique click dibagi jumlah email yang dibuka.

9. Conversion Rate

Conversion Rate adalah Persentase penerima yang menanggapi CTA bisnis kamu dalam campaign atau promosi email.  Bisa digunakan untuk mengukur keberhasilan campaign.

10. Email Campaign

Email campaign adalah Serangkaian email nurturing prospek yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran secara keseluruhan.

11. Double Opt-In

Double Opt-In adalah Metode yang disarankan untuk membuat daftar email, mengharuskan pelanggan untuk mengonfirmasi keikutsertaan mereka dengan mengklik CTA di email konfirmasi atau menanggapi email konfirmasi.

12. Email Filter

Sesuai dengan namanya. Email filter adalah teknik yang digunakan untuk memblokir email berdasarkan pengirim, subjek, atau konten tertentu.

Baca Juga : Cara Melakukan Pembayaran di Facebook Ads

13. Email Sponsorships

Email sponsorships adalah email yang berisi konten dari sponsor. Sponsor akan membayar agar iklan mereka dimasukkan ke dalam badan email.

14. Landing Page

Landing page adalah Halaman khusus untuk pengambilan prospek di situs web bisnis kamu yang ditautkan dari email untuk memberikan informasi tambahan yang terkait langsung dengan produk atau layanan yang dipromosikan dalam ajakan bertindak untuk memberikan informasi tentang pengguna.

15. List Segmentation

List segmentation adalah daftar target penerima email yang lebih detail dan relevan. Hal ini bertujuan agar email marketing lebih tersegmentasi untuk meningkatkan respon yang tinggi.

16. Opt-In (Subscribe)

Subscribe atau Opt-In adalah istilah yang sangat umum dalam email marketing.

Secara singkat, subscribe dapat diartikan sebagai keinginan untuk menerima email secara rutin dari sebuah perusahaan.

Jadi, jika ada pelanggan yang men-subscribe email newsletter-mu, berarti mereka ingin terus mendapat update informasi atau konten darimu.

17. Opt-Out (Unsubscribe)

Unsubscribe atau Opt-Out merupakan istilah ketika pelanggan memilih untuk tidak menerima email dari kamu, dan meminta penghapusan dari daftar email bisnis kamu.

18. Personalization

Personalisasi pada email marketing adalah mengubah cara orang dalam menerima dan merespons suatu email. Email ini tidak hanya sekadar menyapa nama pelanggan pada saat mengirimkan email, namun juga dengan mengingat identitas basic penerima email, seperti mengingat tanggal dalam momen penting, seperti tanggal ulang tahun.

19. Soft Bounce

Soft Bounce terjadi ketika email gagal terkirim disebabkan oleh masalah sementara, seperti inbox penerima penuh, server sedang down, email dianggap sebagai spam atau ukuran email yang terlalu besar.

20. Whitelist Email

Whitelist Email Tanda bahwa sender email kamu telah disetujui oleh penerima email. Sehingga ketika kamu mengirimkan email, lalu subscriber memasukkan domain kamu ke dalam whitelist email. Maka email akan disetujui dan akan selalu masuk ke kotak pesan utama si penerima.

Nah itulah penjelasan mengenai email marketing dan beberapa istilah yang akan sering kamu temui. Tentunya dengan membaca dan memahami istilah-istilahnya di atas akan memberikan kemudahan bagi kamu dalam aktifitas email marketing.

Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis, tidak ada salahnya kamu bergabung dengan AsiaCommerce. Kamu juga bisa melakukan konsultasi gratis dengan kami. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments