Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Impor Barang dari China? Pahami Langkah-Langkah Berikut!

by | Apr 12, 2022 | Impor

Di era globalisasi dan serba digital sekarang ini, bisnis impor semakin banyak diminati bahkan oleh kalangan muda sekalipun. Bukan tanpa alasan, kemudahan dalam akses teknologi, informasi, dan transaksi menjadi alasan mengapa banyak pebisnis impor baru mulai bermunculan.  China menjadi salah satu negara tujuan untuk melakukan impor. Negara China memang menjadi primadona bagi importir Indonesia dan menjadi pemasok barang impor paling besar bagi indonesia. Nah, apa aja sih langkah yang harus dilakukan sebelum melakukan impor barang dari china ? 

Mungkin sering menjadi pertanyaan, kenapa sih harus negara China yang menjadi tujuan impor ? 

Seperti yang sudah kamu tau, China mampu memproduksi barang dengan harga yang murah tapi dengan kualitas yang layak untuk digunakan. Jika kamu tertatik dengan bisnis impor dari China, langkah-langkah berikut wajib buat kamu ketahui.  

 

Impor Barang dari China! Pahami Langkah-Langkah Berikut 

 

 

1. Menentukan Barang dan Pasar 

Penting buat kamu sebelum melakukan kegiatan impor dari China untuk menentukan jenis barang terlebih dahulu. Langkah ini menjadi yang paling awal karena kamu harus mengetahui apa yang ingin kamu jual dan siapakah target pasarnya. 

Tentukanlah target pasarmu siapa, apakah mereka dari kalangan remaja atau dewasa. Setelah menentukan siapa pasarmu maka selanjutnya adalah melakukan researh terhadap target pasarmu apakah mereka benar-benar membutuhkan produk yang akan kamu jual. 

Baca Juga : Peluang Bisnis Online di Tahun 2022

2. Menentukan Suplier 

Langkah kedua yang harus kamu pahami sebelum mealukan impor barang dari china adalah menentukan suplier untuk barangmu. Ini merupakah hal yang cukup penting karena barangmu berasal dari suplier. Tips buat kamu nih, jangan asal memilih suplier melainkan dengan melakukan survey terlebih dahulu mengenai suplier yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.  

Dalam mencari informasi sebaiknya dilakukan secara detail sekaligus pelajari pula latar belakang dari suplier tersebut. Bandingkan satu suplier dengan supllier yang lain, karena kamu harus memilih supllier yang menjual barang lebih murah. Lakukan dengan hati-hati dan tentukan suplier secara tepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Ada banyak platform untuk dapat terhubung dengan suplier salah satunya dengan memanfaatkan marketplace. 

3. Tentukan Pembayaran 

Langkah ketiga yang harus kamu pahami sebelum melakukan impor barang dari china adalah menentukan pembayaran. Langkah ini juga cukup penting mengingat suplier kamu berasal dari negara China sehingga kamu harus menentukan metode pembayaran yang akan kamu gunakan untuk bertransaksi. Kamu bisa memanfaatkan paypal, transfer melalui bank, melalui credit card dan lain sebagainya.  

4. Tentukan Jalur Pengiriman 

Pengiriman merupakan hal yang sangat krusial. Ketika kamu impor barang dari china yang perlu diperhatikan salah satunya adalah pengiriman. Importir harus paham berapa lama barang akan sampai dari mulai perjalanan sampai dikirim ke tujuan.  

Ada beberapa pilihan untuk motode pengiriman yang dapat kamu pilih, melalui jalur udara dan juga melalui jalur laut.  

A. Pengiriman melalui jalur udara 

Ilustrasi pesawat kargo @unsplash

Perlu untuk kamu ketahui bahwa pengiriman melalui jalur udara ini umumnya digunakan ketika kuantitas barangnya hanya sedikit dan bersifat urgent. Biaya yang diperlukan untuk pengiriman jalur udara pun memang jauh lebih mahal, karena untuk tarif dibebankan pada volume atau ukurannya. Jadi walaupun kamu mengirim barang yang ringan tetapi volume yang dimiliki nya besar akan tetap dikenakan tarif dari besarnya barang tersebut. Sedangkan untuk estimasi pengirimannya jelas akan lebih cepat, maka tidak heran jika biaya yang diperlukan untuk pengiriman melalui jalur udara ini lebih mahal. 

B. Pengiriman Melaluii Jalur Laut 

Metode pengiriman yang kedua adalah melalui jalur laut, yang sering digunakan untuk pengiriman dalam jumlah besar. Selain itu jika dilihat dari segi biaya, pengiriman melalui jalur laut jauh lebih murah jika dibandingkan melalui jalur udara. Karena biaya yang dibebankan berdasarkan perhitungan cubic meter. 

Lantas bagaimana untuk estimasi pengirimannya ? Jika dibandingkan dengan jalur udara pengiriman melalui jalur laut ini tentunya lebih lama. Maka tak heran jika metode pengiriman ini tarifnya lebih murah ketimbang pengiriman jalur udara. 

Baca Juga : Bisnis Impor dari China, Peluang Usaha yang Menguntungkan

Alasan Mengapa Impor Barang dari China 

 

1. Harga yang Relatif Lebih Murah 

Satu alasan yang sangat mendasar, yaitu harga yang sangat amat murah. Jauh jika dibandingkan dengan barang-barang yang diproduksi lokal meski memiliki kualitas yang hampir sama. Jika kamu pernah membeli barang lokal melalui marketplace dapat dibandingkan bahwa selisih harga yang ditawarkan berkali-kali lipat lebih murah barang yang diproduksi oleh China.  

Inilah yang membedakan China dengan yang lain, mereka berani menekan biaya produksi besar-besaran untuk menghasilkan barang yang murah. Dengan harga yang murah tersebut, China mampu menjual jutaan barang setiap harinya. 

2. Produk Berkualitas 

Meski menjual produk yang sangat murah bukan berarti mereka memberikan kualitas yang murahan dan ala kadarnya. Produk yang dihasilkan China tersebut tentunya sudah memenuhi standart dari negara tersebut. Kualitasnya pun tak kalah dengan produk yang diproduksi di dalam negeri. 

Bahan yang digunakan untuk produksi serta teknik pembuatannya pun sudah sama canggihnya dengan yang ada dinegara lain. China terus menjaga kualitas barangnnya serta membuat barang produksinya semurah mungkin. 

3. Produksi Cepat 

Selain produksinya yang bagus dan harganya murah, China dikenal sebagai produsen yang dapat memproduksi barang dengan jumlah besar dengan proses yang sangat cepat. Sehingga buat kamu importir yang mengimpor barang dari China tidak perlu khawatir akan kehabisan stok. Selain dikenal memiliki teknologi canggih, China juga memiliki pekerja yang disiplin dan tangguh. Jadi tak hayal jika produksi mereka begitu banyak dan cepat. 

Baca Juga : Cara Impor Barang Dari China Untuk Pemula

Syarat Impor Barang dari China 

 

Buat kamu yang melakukan impor melalui marketplace seperti Alibaba ataupun Aliexpress, syarat dibawah ini sepertinya tidak pelu untuk kamu lakukan. Namun jika kamu melakukannya sendiri dengan berkomukasi langsung dengan perusahaan suplier di China maka terdapat beberapa syarat yang wajib untuk kamu penuhi. 

  • Memiliki kelengkapan perizinan impor seperti API, NIK, NPWP dan kelengkapan lainnya. 
  • Menyiapkan dokumen seperti invoice, packaging, HS code number dan brosur barang. 
  • Membawa semua surat dan kelengkapan dokumen lalu dibawa ke kantor bea cukai. 

Itulah beberapa langkah-langkah yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan impor barang dari China. Jangan takut untuk memulai bisnis ini, apalagi jika hanya perkara ijin dan surat menyurat lainnya. Buat kamu yang merasa langkah diatas terlalu rumit dan tergolong susah untuk dijalankan, kamu tidak usah khawatir karena sekarang telah banyak jasa pengadaan barang impor salah satunya adalah AsiaCommerce 

AsiaCommerce sendiri merupakan jasa impor untuk bisnis e-commerce. Dikenal sebagai jasa impor legal dan transparan yang menyediakan solusi dan layanan dari berbagai klasifikasi produk. Yuk, bergabung dengan kami dan nikmati berbagai layanan yang kami berikan. Klik disini untuk pelajari lebih lanjut. 

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments