Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Cara Import Barang dari China di Tahun 2024

by | Jan 3, 2024 | Impor

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan transportasi, saat ini mudal sekali kita bisa berbisnis lintas negara dan bahkan tidak harus memiliki modal yang besar. Alhasil import barang untuk dijual maupun untuk koleksi pribadi merupakan hal yang lumrah. Namun bagi Anda yang baru ingin mencoba cara import barang dari China sangat penting untuk mengetahui langkah-langkahnya yang benar sebagai pemula. Berikut ini cara import barang dari China untuk tahun 2024.

Cara Import Barang dari China

cara import barang dari china
Freepik/user6702303

Ada beberapa cara import barang dari China bagi pemula yang bisa dipraktikkan, antara lain yaitu :

1. Menggunakan Marketplace atau e-Commerce

Cara paling umum dan banyak dilakukan adalah melalui marketplace. Anda hanya memerlukan internet untuk dapat berkomunikasi dengan penjual di China. Namun, sebelum memilih marketplace mana yang digunakan, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing marketplace sebagai berikut : 

  1. Alibaba

Cara import barang dari China melalui marketplace adalah dari Alibaba. Alibaba adalah sebuah marketplace dari china yang melayani berbagai jenis bisnis, khususnya Business to Business (B2B). E-ommerce satu ini sangatlah populer untuk dijadikan sebagai tujuan belanja untuk eksportir dan importir barang china. Saat ini marketplace Alibaba menjadi salah satu e-commerce terbesar yang beroperasi di lebih dari 200 negara dunia.

Kelebihan Alibaba : 

  • Melayani pembelian dalam jumlah yang besar 
  • Memiliki banyak pilihan supplier sesuai dengan kebutuhan bisnis 
  • Salah satu pengecer terbesar yang bersaing dengan Amazon, dan terkenal memiliki harga yang lebih terjangkau

Kekurangan Alibaba : 

  • Bukan eCommerce yang ramah untuk belanja eceran 
  • Paling tidak harus melakukan pengiriman dalam jumlah tertentu, sangat jarang melayani pembelian eceran

  1. AliExpress

Aliexpress adalah sebuah marketplace online yang melayani pembelian eceran atau dalam jumlah kecil. Aliexpress merupakan anak perusahaan dari Alibaba yang membidik pasar eceran dan pembelian dalam jumlah yang lebih sedikit. Di dalam marketplace ini sangat banyak menawarkan produk ritel untuk berbagai jenis usaha kecil menengah. Dan cara import barang dari china menggunakan Aliexpress sangatlah mudah, kita hanya perlu berbelanja layaknya di marketplace biasa.

Kelebihan AliExpress : 

  • Sangat mudah untuk melakukan transaksi 
  • Mendukung berbagai jenis pembayaran 
  • Memiliki koleksi produk yang sangat banyak 
  • Memiliki harga beragam dan terjangkau

Kekurangan AliExpress : 

  • Cara pembayaran yang belum umum dilakukan di Indonesia 
  • Membutuhkan proses yang cukup lama (30-40 hari)

  1. 1688

1688.com adalah marketplace china yang juga dimiliki oleh Alibaba dan sering dijadikan salah satu cara import barang dari china. Marketplace satu ini mirip dengan AliExpress namun lebih fokus ke penjualan di Tiongkok atau China. Terdapat barang ritel dari berbagai industri seperti fashion, peralatan komputer dan teknologi, sampai dengan make up. 

Kelebihan 1688 : 

  • Pilihan produk sangat variatif dan banyak
  • Harga terjangkau dengan berbagai jenis diskon
  • Memiliki transaksi yang aman dan terpercaya

Kekurangan 1688 : 

  • Cukup sulit untuk bertransaksi karena terkendala bahasa

  1. Tmall

TMall atau Taobao Mall adalah salah satu marketplace yang dimiliki Alibaba dan kebanyakan melayani kebutuhan belanja online dalam negeri China. Menariknya Tmall memiliki koleksi produk dari luar negeri untuk dijual di China, sehingga cocok untuk menjadi pilihan eksportir. Saat ini TMall berfokus melayani beberapa negara seperti Tiongkok, Taiwan, Hongkong, dan juga Macau.

Kelebihan Tmall : 

  • Filter yang cukup ketat untuk supplier 
  • Barang – barang yang dijual sangat berkualitas 
  • Cara penggunaan yang mudah 
  • Memiliki harga yang cukup terjangkau

Kekurangan Tmall : 

  • Sangat sulit bertransaksi jika berada di Indonesia walaupun memiliki fitur pengiriman internasional

2. Melalui Jalur Pelabuhan

Cara import barang dari China ke Indonesia bisa juga melalui jalur pelabuhan, cara ini bisa dibilang sebagai cara tradisional. Anda selaku importir bertemu langsung dengan pihak seller di China, kemudian melakukan kesepakatan mulai dari harga produk, proses pengiriman, dan lain sebagainya.

Melalui jalur pelabuhan, Anda bisa import barang dari China dengan skala yang besar sehingga yang banyak terlibat adalah perusahaan besar. Selain itu, ada pula berbagai prosedur terkait ekspor impor yang perlu diperhatikan demi kelancaran proses import melalui jalur pelabuhan. Ada dua jenis pengiriman yang bisa dipilih, yaitu : 

a. LCL

Less Container Load (LCL) merupakan jasa pengiriman yang mengharuskan Anda untuk saling berbagi ruang kontainer dengan orang lain yang juga mengimpor barang dari China. Karena Anda akan berbagi kontainer dengan yang lainnya, tentunya dengan jasa pengiriman LCL. Anda dapat mengimpor barang dengan harga yang lebih murah dan juga jumlah yang sedikit tanpa ada minimal pengiriman. Jasa pengiriman jenis ini sangat cocok sekali bagi Anda yang hanya ingin mengimpor barang dengan kapasitas kecil.

Meskipun barang Anda akan digabung dengan barang milik orang lain, namun Anda tidak perlu khawatir akan tertukar atau hilang. Karena setiap barang yang diimpor akan tetap mendapatkan asuransi serta garansi, sehingga barang kiriman Anda tetap terjamin kemanannya.

b. FCL

Berbeda dengan pengiriman LCL yang mengharuskan Anda berbagi kontainer dengan orang lain. Jasa pengiriman FCL (Full Container Load) memberikan Anda kapasitas ruang yang lebih besar, sehingga Anda dapat mengimpor satu kontainer yang hanya dikhususkan untuk barang yang Anda pesan saja. Jasa pengiriman ini sangat cocok jika Anda ingin mengimpor barang dalam jumlah banyak, karena satu kontainer mampu menampung barang hingga 78 CBM.

Berbeda dengan pengiriman LCL yang tersedia untuk jalur laut dan udara, jasa pengiriman FCL hanya tersedia khusus jalur angkutan laut saja.

3. Melalui Jalur Pribadi

Mudahnya akses transportasi membuka lebih banyak kesempatan bagi orang untuk ke luar negeri. Tidak jarang yang melakukan ini untuk kepentingan bisnis, salah satunya import barang dalam skala kecil.

Anda bisa membeli produk yang diinginkan di China, kemudian menjualnya kembali di Indonesia. Namun, yang perlu diketahui adalah kebijakan pajak dan bea masuk saat membawa barang tersebut dari luar negeri.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Impor Barang Dari China

cara import barang dari china
Freepik

Saat melakukan impor barang, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar proses impor berjalan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam cara import barang dari China :

1. Identifikasi Produk yang Akan Diimpor

Tentukan produk yang ingin Anda impor dan pastikan untuk memahami regulasi dan persyaratan impor yang terkait dengan produk tersebut.

2. Pilih Supplier yang Terpercaya

Lakukan riset untuk menemukan supplier yang dapat diandalkan dan memiliki reputasi baik. Periksa ulasan, sertifikasi, dan pengalaman bisnis dari supplier sebelum membuat keputusan.

3. Hitung Biaya Impor

Hitung perkiraan semua biaya terkait dalam proses impor, termasuk biaya produk, biaya pengiriman, bea masuk, pajak, dan biaya pengiriman lokal.

4. Pahami Regulasi Impor

Kenali aturan dan regulasi impor yang berlaku di negara Anda. Pastikan bahwa produk yang Anda impor memenuhi standar keselamatan dan kualitas yang diperlukan.

5. Dapatkan Dokumen Perizinan yang Diperlukan

Pastikan untuk memperoleh semua dokumen perizinan yang diperlukan dari pihak berwenang sebelum mengimpor barang.

6. Pilih Metode Pengiriman yang Sesuai

Pilih metode pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah itu melalui udara, laut, atau darat. Pertimbangkan juga waktu pengiriman dan biaya yang terkait.

7. Rencanakan Proses Kepabeanan

Pelajari prosedur kepabeanan yang berlaku. Persiapkan semua dokumen yang diperlukan dengan cermat.

8. Asuransi Pengiriman

Pertimbangkan untuk mengasuransikan barang impor Anda agar terlindungi dari risiko kerusakan atau kehilangan selama pengiriman.

9. Lakukan Negosiasi yang Baik

Lakukan negosiasi dengan supplier untuk mendapatkan harga dan syarat-syarat yang menguntungkan bagi bisnis Anda.

10. Pantau dan Evaluasi Kinerja Supplier

Setelah transaksi selesai, pantau dan evaluasi kinerja supplier Anda untuk memastikan kelangsungan hubungan bisnis yang baik.

Import Barang dari China Anti Ribet dengan Solusi Impor AsiaCommerce

Nah itu tadi beberapa cara import barang dari China yang bisa Anda lakukan. Apakah Anda ingin impor barang dari China dengan mudah dan anti ribet? Tenang saja, AsiaCommerce siap membuat proses impormu jadi lebih mudah! Sebagai perusahaan ekspor impor, AsiaCommerce menawarkan layanan impor yang aman dan terpercaya. 

Kamu tidak perlu bingung lagi memilih jasa impor yang tepat, karena AsiaCommerce hadir dengan solusi lengkap. Dari pengurusan bea cukai, perhitungan biaya, pemantauan barang, hingga bantuan dalam pengurusan dokumen khusus yang harus disertakan, semuanya dapat diatasi oleh AsiaCommerce. Tak hanya itu, AsiaCommerce juga siap membantu negosiasi dengan supplier maupun pengurusan kebutuhan logistik sehingga proses impormu berjalan lancar dan efisien. 
Beritahu kami produk apa yang ingin Anda impor melalui link berikut atau banner di bawah ini dan biarkan AsiaCommerce menyelesaikan segala proses impornya!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments