Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Mau Impor Tapi Gak Punya PT? Jasa Impor Undername Solusinya!

by | May 26, 2023 | Impor

Ascomers ingin memulai bisnis impor tetapi tidak memilki PT? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan impor tanpa harus memiliki PT sendiri. Solusinya adalah dengan menggunakan jasa impor undername atau impor dengan menggunakan nama orang lain. Apa itu impor undername dan bagaimana caranya? Yuk simak pembahasannya pada blog berikut ini.

 

Pengertian Impor Undername

Impor undername adalah proses impor barang dari luar negeri dengan menggunakan nama perusahaan lain. Dalam hal ini, perusahaan yang digunakan sebagai importir resmi tidak memiliki barang tersebut dan hanya bertindak sebagai perantara antara pihak penjual dan pembeli. Dalam proses ini perusahaan yang diamanahi sebagai importir resmi akan mengurus semua dokumen dan prosedur yang diperlukan untuk melakukan impor.

 

Manfaat Impor Undername di Indonesia

Ada banyak manfaat dari menggunakan impor undername atau importer of record (IOR), baik untuk perusahaan dan manufaktur impor di Indonesia. Beberapa manfaatnya antara lain : 

1. Kemudahan Untuk Logistik Global

Sudah jelas bahwa impor melibatkan lebih dari satu negara, pihak importer of record akan memastikan semua proses berjalan tanpa kendala dengan pajak lokal dan ketentuan hukum.

 

2. Bebas Risiko

Tidak ada risiko bea cukai akibat penundaan pengiriman dan penalti bagi importir atau manufaktur yang tidak memiliki dokumen yang sesuai prosedur dan persetujuan impor dari otoritas berwenang. 

 

3. Proses Clearance Lebih Mudah

Semua proses clearance atau pengurusan shipment atau cargo untuk kebutuhan impor seperti pajak, kepabeanan, dan dokumen terkait akan diurus oleh pihak importer of record.

 

4. Proses Transparan

Pengurusan segala dokumen dan pengiriman barang harus transparan agar sebagai pelanggan kita bisa percaya sepenuhnya kepada importir.

 

5. Tidak Perlu Membuat Badan Hukum Sendiri

Dengan menggunakan jasa impor undername, Ascomers tidak perlu mendirikan badan hukum impor di Indonesia hanya untuk tujuan impor.

Baca juga : Mengenal Freight Forwader, Jasa Layanan Impor Langsung dari China

 

Ciri-Ciri Jasa Impor Undername Terpercaya

jasa impor undername

Untuk Ascomers yang ingin menggunakan jasa impor undername, ada beberapa hal yang yang perlu diperhatikan dalam memilih perusahaan impor undername. Berikut beberapa ciri jasa impor undername terpercaya.

 

1. Memiliki Dokumen-Dokumen Penting

Ciri yang pertama adalah memiliki dokumen resmi impor. Dalam hal ini sangatlah penting bagi Ascomers untuk melakukan konfirmasi yang terkait dengan packing list serta bill of lading ataupun surat perjanjian pengangkutan yang akan dilakukan oleh pihak pengangkut.

 

2. Identitas Perusahaan

Ciri jasa impor undername terpercaya yang kedua yaitu kejelasan mengenai identitas perusahaan. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah bagaimana perusahaan jasa impor undername melakukan proses impor. Jika semua berjalan lancar dan tidak ada kendala dengan layanan yang diberikan, maka proses impor bisa segera dijalankan.

 

3. Hubungan dengan Supplier dan Seller

Yang terakhir adalah bagaimana hubungannya dengan supplier dan seller. Sebaiknya Ascomers perlu melakukan konfirmasi dan transaksi terhadap pihak seller dan supplier dapat dilakukan dengan baik dan lancar. Jika semuanya jelas dan tidak ada masalah, proses pengiriman barang bisa segera dilanjutkan.

 

Aturan yang Berlaku Pada Jasa Impor Undername

Ada beberapa aturan yang biasanya diberlakukan oleh penyedia jasa impor undername, beberapa aturan yang dimaksud di antaranya : 

1. Sebelum Pengiriman

Sebelum melakukan pengiriman barang, perusahaan yang ingin meminjam nama harus mengirimkan surat konfirmasi kepada pengirim yang berbasis di negara lain tentang perusahaan yang namanyaa aakan disebutkan. Setelah diterima oleh shipper, langkah selanjutnya adalah mengkonfirmasi detail pengiriman, seperti invoice dan dokumen lainnya.

 

Setelah semuanya selesai, tanyakan kepada perusahaan jasa impor undername tentang proses impor yang kalian butuhkan. Jika semua sudah selesai, barang dapat dikirim ke negara tujuan.

 

2. Setelah Barang Sampai

Saat barang sampai di tempat tujuan, tim agen shipping akan segera mengurus dokumen melalui penggunaan sistem khusus yang dikenal sebagai EDI atau Electronic Data Interchange. Dengan sistem tersebut, agen pengiriman harus menyelesaikan sejumlah pembayaran bea masuk, yang kemudian ditransfer ke bank terkait. Terakhir, melakukan pemberitahuan pabean tentang importasi ke bea cukai dengan tujuan untuk melengkapi dokumen yang diperlukan. 

 

Prosedur Impor Melalui Jasa Impor Undername

Setelah mengetahui manfaat dan ciri-ciri dari jasa impor undername terpercaya, selanjutnya adalah informasi mengenai bagaimana prosedur melakukan impor menggunakan jasa impor undername. Ascomers bisa menggunakan layanan dari AsiaCommerce untuk melakukan impor barang. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan : 

  1. Siapkan informasi yang diperlukan kepada AsiaCommerce yang akan membantu proses impor bisnismu.
  2. Kamu perlu menginformasukan kepada supplier, seller atau pengirim barang yang ada di luar negeri bahwa AsiaCommerce yang akan menjadi importer of record-nya.
  3. Setelah konfirmasi dengan pihak pengirim, kamu perlu memverifikasi dokumen pengiriman.
  4. Pihak AsiaCommerce akan memvalidasi dan mengkonfirmasi barang yang akan diimpor. Jika tidak ada masalah, proses pengiriman bisa dilakukan.
  5. Saat barang impor tiba di pelabuhan Indonesia, tim AsiaCommerce sudah mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk proses clearance dan freight forwarding.
  6. Untuk mewakili perusahaanmu, AsiaCommerce akan memastikan semua hal terkait biaya seperti pembayaran pajak bea cukai setelah mendapatkan bukti pembayaran dari Ascomers.
  7. Ascomers hanya perlu duduk manis di rumah atau kantor menunggu barang dikirimkan ke lokasimu.

Baca juga : Tarif Impor: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

 

Nah itu dia penjelasan bagaimana cara impor tanpa harus punya PT yaitu dengan menggunakan jasa impor undername. Kamu ingin memulai bisnis impor tapi bingung cara memulainya? Yuk bergabung dengan AsiaCommerce!

Dengan bergabung di AsiaCommerce kamu akan di berikan berbagai pelayanan yang akan memudahkan serta memenuhi kebutuhan kamu dalam berbisnis impor, mulai dari penentuan produk, konsultasi ekspor dan impor, konsolidasi paket, pengiriman logistik, inspeksi kualitas, pengadaan barang, jasa pengiriman, sampai pengurusan berbagai dokumen, perpajakan serta bea cukai, agar kamu dapat secara penuh fokus kedalam bisnis kamu. Sehingga kamu cukup memesan barang dengan jenis yang dinginkan dan menunggu barang sampai di tempat. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera bergabung bersama kami. Klik di sini atau banner di bawah untuk informasi lebih lanjut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments