Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Cara Menarik Pelanggan Baru Agar Menjadi Pelanggan Tetap

by | Dec 28, 2022 | Tips & Strategi Bisnis

Salah satu cara untuk memastikan kesuksesan bisnis kamu jangka panjang adalah dengan menarik pelanggan baru dan menciptakan hubungan jangka panjang dengan mereka. Oleh sebab itu setiap tahapan dalam sebuah bisnis akan fokus pada kebutuhan pelanggan. Semua ini tentang bagaimana Ascomers memperluas jangkauan untuk membangun i termasuk dalam menjalankan berbagai strategi pemasaran. Selain menarik pelanggan baru, kamu juga tidak boleh meninggalkan pelanggan yang sudah setia dan mengenal produk kamu lebih dulu. Mempertahakan pelanggan lama sama pentingnya dengan mendapatkan pelanggan baru. Maka dari itu kamu jangan hanya memprioritaskan pelanggan setia saja, karena hal itu salah. Pasalnya pelanggan setia juga berasal dari pelanggan baru yang puas dengan layanan yang telah diberikan sebelumnya. Oleh sebab itu kamu perlu mengetahui cara menarik pelanggan baru dan cara mempertahankannya seperti yang akan dibahas pada artikel berikut.

 

Cara Menarik Pelanggan Baru

1. Gunakan Strategi Marketing yang Lebih Kreatif dan Menarik

Tidak hanya sekedar menggunakan berbagai platform, tapi buat juga postingan menjadi lebih menarik sehingga membuat pelanggan lebih penasaran dan tidak cepat bosan. Hal ini tidak hanya postingan yang ada di platform online, tapi juga untuk platform offline. Apalagi jika target pasar kamu adalah kaum muda milenial maka sangat penting untuk membuat postinganmu lebih menarik dan kreatif.

Selain itu, jangan hanya berpaku pada satu strategi saja. Cobalah untuk menggunakan strategi marketing yang berbeda. Meskipun terlihat beresiko akan tetapi jika memiliki manfaat dan potensi, maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Misalnya, Ascomers bisa menggunakan strategi marketing yang mencakup pemakaian teknologi baru seperti WhatsApp Marketing. Cobalah untuk membagikan promosi kepada pelanggan menggunakan WhatsApp Business.

Baca juga : 5 Strategi Branding Produk yang Wajib Kamu Coba!

2. Manfaatkan Berbagai Channel Marketing

Menggunakan banyak marketing channel akan memberikan peluang lebih besar untuk mendapatkan pelanggan baru dari berbagai kalangan. Namun menggunakannya saja tidaklah cukup. Kamu harus memaksimalkan penggunaan marketing channel tersebut dengan memanfaatkan fitur ads yang telah disediakan yang dapat membantu dalam strategi pemasaran kamu, seperti Facebook Ads, Tiktok Ads, dan fitur yang ada dalam channel marketing lainnya.

3. Cari Rekan atau Partner Bisnis

Salah satu strategi tercepat untuk menarik pelanggan baru adalah mencari dan menemukan mitra bisnis yang dapat membantu bisnis kita. Mungkin Ascomers sering melihat fenomena ini dalam kehidupan bisnis juga. Yang dimaksud partner bisnis adalah dua perusahaan bekerja sama untuk saling mempromosikan produk mereka.

Karena rahasia untuk menarik pelanggan baru terletak pada kenyataan bahwa persaingan yang terlalu ketat hanya membuka peluang bagi pelaku bisnis lain. Misalnya, Ascomers dapat berpartisipasi dalam pembagian kupon belanja atau diskon belanja. Dalam hal ini, kamu memberikan benefit, seperti kupon atau diskon kepada rekan bisnis untuk dibagikan kepada pelanggan yang membeli produk atau layanan mereka.

Jadi, jika pelanggan rekan bisnis membeli produk atau layanan dengan harga tertentu, mereka akan menerima voucher pembelian dari kamu. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menarik pelanggan baru.

4. Perluas Brand Awareness

Pada dasarnya brand awareness adalah memberikan edukasi kepada lebih banyak orang mengenai manfaat dan keunggulan produk dan layanan dari bisnis yang kamu jalankan. Brand awareness juga menjadi kunci untuk meningkatkan leads yang mana nantinya dapat diubah menjadi konversi.

Kamu dapat menggunakan berbagai cara untuk meningkatkan brand awareness, seperti menulis blog, membagikan postingan di berbagai akun sosial media kamu, dan juga melakukan iklan dengan tujuan meningkatkan brand awareness.

 

 

Cara Mempertahankan Pelanggan Lama

1. Memberikan Pelayanan yang Cepat dan Tepat

Pelanggan yang tertarik dengan produk kamu sudah pasti akan menghubungimu melalui berbagai plafform yang sudah kamu sediakan. Pelayanan yang cepat dan tepat pun juga akan memberikan rasa nyaman serta kepuasan tersendiri bagi pelanggan baru tersebut sehingga besar kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan setia dan tetap dari bisnismu.

2. Memberikan Program Loyalitas atau Diskon

Ini dapat menjadi hal yang baik bagi pelanggan baru kamu supaya tetap menggunakan produk yang kamu jual yaitu dengan memberikan diskon spesial bagi mereka. Kamu bisa memanfaatkan momen-momen tertentu untuk memberikan diskon. Misalnya saat hari besar seperti HUT RI, hari anniversary toko, hari belanja online nasional dan tanggal kembar.

Kamu juga dapat memanfaatkan data mereka untuk memberikan berupa diskon pada hari ulang tahun pelanggan tersebut. Banyak pebisnis yang memberikan diskon atau penawaran spesial lainnya untuk menjaring customer baru dan mempertahankan pelanggan lama. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini untuk membuat pelanggan tetap semakin puas.

3. Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Untuk menjaga kepuasan pelanggan, tidak berhenti hanya sampai produk atau yang layanan dirasakan oleh pelanggan. Kamu harus tetap memberikan pelayanan yang baik kepada mereka. Ascomers dapat memberikan dan menawarkan produk lain yang bisa jadi mereka butuhkan.

Tidak hanya sebatas pembelian produk, kamu juga bisa melibatkan pelanggan kamu untuk mengembangkan produk yang akan kamu jual. Sehingga mereka akan berpikir bahwa kamu telah memperhatikan kebutuhan mereka dengan baik.

4. Meningkatkan Customer Experience

Customer experience sama pentingnya dengan customer service supaya pelanggan kamu mau melakukan repeat order. Sehingga dapat diartikan bahwa kepuasan pelanggan dapat dicapai tidak hanya dari memberikan mereka informasi mengenai produk, tetapi juga setelah melakukan pembelian. Maka dari itu jangan pernah ragu untuk meminta kritik dan saran kepada mereka, baik itu berupa survei ataupun melalui pesan secara langsung. Dengan begitu mereka akan menerima kesan bahwa pelanggan sangat berarti bagi kelangsungan bisnismu.

Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace

 

Nah itulah beberapa cara untuk menarik pelanggan baru agar menjadi pelanggan tetap yang dapat kamu terapkan pada bisnismu. Mendapatkan pelanggan baru bisa memang menjadi tantangan yang berat bagi sebuah bisnis. Apalagi jika produk yang dimilikinya memulai perjalanannya sebagai produk yang belum dikenal oleh masyarakat. Terlebih lagi dengan hadirnya banyak kompetitor pada setiap bisnis, tentu akan menambah berat lagi tantanganya.

Kamu ingin mendapatkan satu juta pertamamu dalam satu bulan? Ascomers bisa daftar di program AsiaCommerce 30 Days Reseller Academy! Hanya dalam 30 hari kamu bisa belajar untuk mendapatkan 1 juta pertamamu. Sekarang sedang buka pendaftaran sampai 19 Juni 2023 dengan harga 250rb. Yuk buruan segera daftar, kapan lagi bisa dapat bimbingan ekslusif selama 30 hari biar bisa dapet cuan mandiri. Kamu bisa daftar dengan klik di sini atau klik banner yang ada di bawah ini.

Reseller Academy

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments