Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

8 Strategi Marketing Tiktok Untuk Tingkatkan Penjualan!

by | Nov 17, 2022 | Tips & Strategi Bisnis

Tiktok merupakan platform yang sedang digemari oleh berbagai kalangan saat ini sebagai sosial media untuk berbagi video. Popularitasnya bahkan mengalahkan sosial media pada umumnya, Tiktok juga menambah daftar media sosial yang perlu dijelajahi sebagai media marketing untuk bisnis. Terlebih bisnis yang menyasar kalangan muda, pasalnya sebagian besar pengguna Tiktok didominasi oleh generasi muda.

Maka dari itu marketing Tiktok wajib untuk dipelajari terlebih bagi kamu yang ingin meningkatkan penjualan. Apalagi seiring dengan popularitasnya Tiktok terus berinovasi, salah satunya dengan dihadirkannya Tiktok Ads. Fitur TikTok ini membantu bisnis melakukan kampanye marketing yang cukup diminati.

Lantas bagaimana cara melakukan promosi melalui Tiktok ? Berikut kami telah merangkum 10 strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan!

Apa Itu Marketing Tiktok?

Marketing Tiktok atau Tiktok marketing adalah sebuah metode pemasaran digital, baik itu brand, produk atau layanan melalui platform Tiktok. Dalam penerapannya kamu perlu untuk memperhatikan aktivasnya seperti analisis dan mengenal cara kerja platform tersebut terlebih dahulu. Tujuannya supaya kegiatan promosi yang kamu lakukan dapat menghasilkan dampak maksimal.

8 strategi marketing tiktok untuk tingkatkan penjualan!

Berikut ini strategi marketing TikTok yang perlu kamu lakukan supaya bisnis makin laris manis.

1. Cari Ide Konten Menarik Untuk Tiktok

Strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan yang pertama adalah mencari ide konten menarik. Membuat konten menarik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan konten di blog atau website. Kamu bisa mengetahui keyword populer yang banyak dicari melalui tools Ahrefs atau Ubersuggest. Kemudian jadikan kata kunci tersebut untuk konten kamu.

Selain itu, kamu juga bisa bertanya ke audiens atau melakukan polling terkait topik pilihan yang disukai. Biasanya seputar product launching, tutorial, dan hashtag challenge.

2. Menggunakan Hashtag yang Sesuai

Beberapa brand atau pengusaha online telah melakukan strategi marketing melalui TikTok karena dapat menghasilkan keuntungan yang sangat banyak. Jangkauan pengguna TikTok pun sangat luas, mulai dari anak-anak, remaja, manula hingga paruh baya, semuanya tertarik menonton TikTok sebagai hiburan yang menyenangkan. 

Oleh karena itu, TikTok merupakan media sosial yang memiliki potensi besar sebagai media kampanye online. Sekarang hanya tinggal bagaimana kamu dapat menjangkau para pengguna TikTok dengan strategi marketing yang tepat.

Salah satu strategi marketing yang patut dicoba di TikTok adalah menggunakan hashtag. Hashtag adalah tag untuk topik tertentu agar lebih mudah ditemukan, biasanya dengan menambahkan hashtag (#). Artinya, jika kamu mencari topik, nama, acara, atau bahkan produk dengan tagar tertentu, kamu akan menemukannya dengan mudah.

Baca Juga : Cara Menentukan Harga Jual Biar Cuan Maksimal

Twitter yang pada awalnya mempopulerkan penggunakan hashtag. Namun seiring berjalannya waktu, hashtag juga digunakan di berbagai media sosial termasuk TikTok. Dengan menggunakan hashtag tertentu dalam caption, kamu membantu konsumen menemukan produk, layanan, atau brand bisnis kamu. Konten video TikTok juga sangat bergantung pada hashtag. Saat kamu memilih menu discover, video yang ditampilkan diurutkan berdasarkan hashtag dan popularitas. Kemudian, agar video yang kamu buat bisa dilihat, pilihlah hashtag yang lebih spesifik yang bisa menjadi ciri khas TikTok mu.

3. Mengikuti Tren dan Membuat Konten Menarik

strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan yang ketiga yaitu mengikuti tren dan membuat konten menarik. Strategi marketing TikTok didasarkan pada video yang berisi berbagai tren dan banyak hal menarik. Untuk memenuhi keinginan banyak orang akan sebuah video yang menghibur, kamu perlu memikirkan dan merencanakan konten menarik apa yang akan ditampilkan dalam video TikTok kamu.

Tapi perlu diketahui bahwa tren TikTok dapat berubah dengan cepat. Jadi, saat kamu mendapatkan momen tertentu yang sesuai dengan produk atau layanan yang ingin kamu promosikan, atau saat kamu ingin mengenalkan bisnis kamu, segera buat konten. Saat tren berakhir, kamu perlu mengikuti tren berikutnya yang mungkin muncul agar tindakan yang kamu lakukan tapat sasaran.

4. Kerjasama dengan Influencer 

strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan selanjutnya adalah kerjasama dengan influencer. Kamu dapat melakukan kerjasama dengan influencer TikTok untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan memikat lebih banyak audience. Untuk melakukan kerjasama, kamu perlu mencari tahu influencer mana yang sedang tren dan memiliki banyak pengikut.

Selanjutnya, yang juga tak kalah penting, kamu perlu tahu persis influencer mana yang ingin kamu ajak bekerja sama. Untuk melakukan ini, pertama-tama lakukan analisis audiens target influencer. Apakah audiens mereka cocok atau tidak dengan target pasar mu. Jika sesuai, kamu bisa mulai bekerja sama. Jangan lupa untuk menggunakan fitur Duet with Me yang membuat kolaborasi menjadi lebih interaktif.

Baca Juga : 7 Marketplace Global Terbaik Untuk Jualan Online

5. Buat Deskripsi yang Jelas

strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan yang kelima adalah buat deskripsi yang jelas. Seseorang akan tertarik untuk melihat video atau membuat konten jika memiliki deskripsi yang jelas. Caption yang dipadukan dengan hashtag merupakan strategi marketing di TikTok yang bisa dibilang tepat. Ini karena hashtag dapat mendatangkan lebih banyak penonton, sementara deskripsi membantu untuk lebih memahami konten yang dibuat.

Selain deskripsi yang jelas, kamu dapat menggunakan berbagai efek TikTok untuk membuat video lebih unik dan menarik, seperti new interactive, funny, world, dan lain sebagainya. Kamu juga dapat menggunakan efek green screen untuk mengubah latar belakang video.

6. Konsisten Memposting Konten

strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan selanjutnya adalah konsisten memposting konten. Konsisten dalam mengunggah konten promosi adalah hal terpenting dalam marketing TikTok.

Banyaknya video yang diunggah pasti akan membuat lebih banyak orang mengunjungi akunmu. Mereka biasanya tidak hanya melihat satu video, mereka dapat meilihat beberapa video sekaligus. Jadi semakin banyak video yang kamu unggah, membuka peluang semakin banyak video yang akan mereka tonton juga. 

Tujuan dari semua itu adalah agar followers kamu selalu mendapatkan informasi terbaru tentangmu. Kemudian, jika ada banyak suka, video kamu akan ditampilkan di halaman for you page.

7. Membuat Hashtag Challenge

Strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan berikutnya adalah membuat hashtag challenge. Tiktok hashtag challenge memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi,karena menggunakan tagar untuk melibatkan komunitas TikTok dalam kampanye brand kamu. Seorang pemilik merek membuat challenge atau tantangan bagi pengguna TikTok untuk berpartisipasi dengan menambahkan hashtag tertentu. Hashtag ini pada akhirnya akan meningkatkan nama merek kamu di komunitas TikTok.

Baca Juga : Cara Impor Barang Dari China Untuk Pemula

Semakin banyak orang melakukan tantangan ini, brand kamu akan semakin viral dan populer. Teknik ini sangat efektif di komunitas TikTok karena pengguna program ini dikenal sangat aktif menggunakan hashtag.

TikTok Branded Hashtag Challenge memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi, sehingga kamu dapat menggunakannya di User Generated Content atau UCG. Salah satu brand yang unggul dalam teknik marketing ini adalah “Guess”. Dengan hashtag #InMyDenim, brand ini mengajak penggunanya untuk memamerkan gaya terbaiknya dalam balutan jeans brand “Guess”.

Dalam contoh ini, kita bisa melihat korelasi langsung antara Tantangan Tiktok Branded Hashtag Challenge dan dampaknya terhadap penjualan produk, karena pengikut tantangan ini diminta untuk memiliki produk jeans sebelum akhirnya membuat konten dan berpartisipasi dalam tantangan ini.

8. Gunakan Tiktok Ads

Strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan yang terakhir adalah gunakan Tiktok ads. TikTok Ads merupakan fitur tambahan yang tidak boleh dilewatkan. Dimana fitur ini memfasilitasi bisnis untuk menjangkau target audiens lebih banyak melalui iklan berbayar. Kamu juga bisa menjangkau target audience mu menjadi lebih cepat.

TikTok menawarkan empat jenis produk iklan: 

  1. InFeed Ads: iklan muncul saat pengguna scroll feed
  2. Promotes Hashtag Challenge: iklan yang mengajak pengguna menggunakan hashtag challenge
  3. Branded Effect/Filter: filter atau efek khusus yang berisi informasi produk
  4. Brand Takeover: iklan eksklusif berupa image, gif, atau video yang hanya muncul sehari sekali saat pertama membuka aplikasi.  

Dari keempatnya, InFeed Ads adalah yang paling populer. Untuk bisnis kecil, jenis ini juga yang paling menguntungkan.

Pasalnya selain budget untuk memasang iklan relatif kecil, iklan itu nantinya juga akan muncul di feed audiens kamu. Bahkan, untuk membuat iklan semakin optimal, ada pilihan penargetan minat dan penargetan perilaku. 

Nah, bagaimana? Tertarik menggunakan TikTok sebagai strategi marketing untuk meningkatkan penjualan? Tunggu apa lagi! Langsung eksekusi saja strategi marketing Tiktok tersebut supaya penjualanmu semakin meningkat. 

Jika kamu masih bingung mengenai produk apa yang akan kamu promosikan di Tiktok, kamu tidak perlu khawatir. Di AsiaCommerce kamu akan dibimbing dan dibantu dalam pemilihan produk yang tepat untuk kamu jual kembali. Tidak hanya itu saja, kamu juga akan diberikan berbagai layanan yang memudahkan kamu dalam membangun dan mengembangkan bisnis kamu. Klik disini atau baner dibawah untuk informasi lebih lanjut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments