Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Ketahui Inventory Control Untuk Memaksimalkan Bisnismu

by | Sep 23, 2023 | Logistik

Dalam sebuah bisnis, inventory control merupakan hal yang sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis. Dalam hal ini berhubungan langsung dengan penyimpanan serta persediaan barang. Dengan penerapan yang baik, perusahaan dapat berkembang dengan lebih baik dan kepuasan pelanggan bisa tercapai.

Apa Itu Inventory Control?

Inventory control merupakan sebuah kegiatan untuk mengontrol dan mengelola persediaan sumber daya yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Proses ini bertujuan supaya sumber daya perusahaan mampu dikelola secara maksimal, sehingga dapat menghasilkan keuntungan baik bagi perusahaan maupun pelanggan.

Dengan menerapkan hal tersebut, sebuah perusahaan akan memperoleh banyak manfaat, seperti menyeimbangkan antara persediaan dalam perusahaan dan permintaan para konsumen. Selain itu, perusahaan juga dapat meminimalisir pengeluaran dalam sisi operasional. Karena dengan adanya pengontrolan dan pemantauan persediaan barang yang baik, perusahaan menjadi bisa mengoptimalkan perputaran barang.

Perusahaan akan menjadi lebih mudah dalam memantau kapan harus memesan barang dan kapan harus menjual barang. Dimana hal tersebut akan mempermudah proses produksi, sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih berkualitas.

Tugas Inventory Control

inventory control
Freepik/Lifestylememory

Seorang inventory control memiliki peranan penting dalam kesuksesan perusahaan manufaktur dan memiliki beberapa tugas atau tanggung jawab di antaranya : 

1. Menghitung stok barang di gudang

Menghitung stok barang di gudang merupakan tugas utama. Setelah persedian stok barang di gudang telah terhitung secara rinci, maka inventory control bertugas untuk merekapnya secara rutin dan berkala.

2. Melakukan pengecekan dan rekap data

Tugas selanjutnya adalah pengecekan dan perekapan data stok barang yang tersedia atau yang harus dikeluarkan. Setelah melakukan rekap data, staff inventory control bertugas untuk melaporkannya kepada supervisor.

3. Menjamin ketersedian SDM

Selain mendata barang, inventory control juga bertugas untuk menghitung kebutuhan pegawai berdasarkan jumlah barang yang dijual, luasan perusahaan, dan faktor-faktor lain yang terkait.

4. Melakukan pendataan terhadap barang-barang

Seluruh barang-barang yang tersedia di gudang harus didata secara berkala. Tujuannya, untuk menjamin ketersediaan stok barang agar mencukupi permintaan konsumen.

5. Membuat laporan

Tugas yang terakhir adalah membuat laporan berisikan data vendor, mulai dari hasil penjualan dan pembelian barang, hingga laporan-laporan lainnya.

Baca juga : Mengenal Apa Itu Putaway dalam Proses Pengelolaan Gudang

Fungsi Inventory Control

Pada dasarnya memiliki fungsi untuk memantau dan mengontrol persediaan dan pergerakan stok barang. Berikut adalah beberapa fungsi lain, antara lain :

  • Mengantisipasi keterlambatan pengiriman bahan baku atau barang jadi yang diperlukan oleh perusahaan.
  • Memastikan bahwa barang yang dipesan telah sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak perlu ada proses pengembalian.
  • Melakukan antisipasi apabila ada barang yang mengalami kenaikan harga secara mendadak.
  • Mendapatkan laba atau keuntungan dari pembelian yang telah dilakukan sebelumnya.
  • Menampung barang yang hanya dihasilkan secara musiman.
  • Memberikan pelayanan terbaik kepada pasar atau konsumen dengan selalu menyediakan produk-produk yang diperlukan.

Perbedaan Inventory Control dan Inventory Management

Di balik nama yang hampir mirip, ternyata inventory management dan inventory control adalah dua hal yang berbeda, namun tetap saling terhubung satu sama lain. Secara sederhana, inventory control adalah salah satu bagian dari serangkaian sistem inventory management.

Kegiatan yang lebih berfokus pada bagian operasi dan memiliki peranan penting dalam manajemen pergudangan. Kegiatannya meliputi scanning barang, hingga mempersiapkan unit untuk diatur dan dirakit.

Sedangkan inventory management adalah suatu bentuk pengawasan inventaris, mulai dari barang mentah hingga persediaan barang jadi. Di mana di dalamnya mencakup kegiatan pemesanan produk, pemilihan lokasi penyimpanan, perkiraan inventaris, serta berbagai proses lainnya.

Baca juga : Ingin Memulai Bisnis Impor? Ketahui Berbagai Jenis Gudang Ini!

Maksimalkan Cuan Bisnismu Melalui AsiaCommerce

Jika Ascomers ingin memaksimalkan cuan untuk bisnismu, AsiaCommerce siap membantu kamu menjangkau pelanggan-pelanggan potensial di seluruh Indonesia. Kami akan meningkatkan efektivitas strategi digital marketing bisnismu, memasarkan produk-produkmu ke ribuan reseller dan dropshipper yang akan membantu menjualkan produkmu, serta membantu memasarkan produkmu melalui berbagai marketplace terkemuka.

Tidak hanya itu, kami juga menyediakan layanan picking dan packing barang serta dukungan operasional toko dengan menyediakan tim operasional yang handal dan sudah profesional dalam mengelola produkmu dengan efisien. Tunggu apa lagi? Klik di sini atau banner di bawah ini untuk segera memperluas jangkauan bisnis dan meraih keuntungan lebih besar bersama AsiaCommerce!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments