Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Kenali Jenis-jenis Kontainer Berdasarkan Fungsi dan Dimensinya

by | Sep 11, 2023 | Impor

Dalam dunia logistik, kontainer memegang peranan yang sangat penting. Kontainer tidak hanya diangkut dalam kapal saja, namun ada juga yang diangkut melalui kereta, pesawat bahkan truk. Ada berbagai jenis kontainer untuk mengangkut barang dengan berbagai ukuran dan jenis muatannya. Lalu apa saja sih jenis-jenis kontainer dan fungsinya? Yuk, simak pembahasannya pada blog berikut ini.

Pengertian Kontainer

Kontainer atau istilah lain dari peti kemas adalah box besar berbentuk persegi panjang untuk mengemas dan mengirim barang dalam jumlah besar. Adanya kontainer memudahkan proses perpindahan barang tanpa harus membongkar barang di dalamnya. Kontainer juga harus mempunyai struktur dan material yang kokoh agar keamanan barang yang dimuat bisa terjamin dan dapat ditumpuk untuk memudahkan penyimpanan.

Jenis-jenis Kontainer Berdasarkan Ukuran dan Dimensinya

Pada dasarnya, kontainer memiliki standar ukuran utama yang hampir sama di seluruh dunia. Berdasarkan ukurannya, jenis kontainer dibagi menjadi 3 jenis, yaitu : 

1. Kontainer 20 Feet

Kontainer standar yang paling kecil biasanya berukuran 20 feet. Ukuran ini bisa memuat barang dengan kapasitas 33 cbm atau sekitar 20 ton.

2. Kontainer 40 Feet

Kontainer yang ukurannya dua kali lipat dari 20 feet. Berukuran medium size, kontainer ini paling banyak digunakan dalam perdagangan internasional. Kontainer ini dapat memuat barang hingga 70 cbm atau sekitar 30 ton.

3. Kontainer 45 Feet

Kontainer jenis ini adalah yang terbesar. Mampu mengangkut muatan hingga 80 cbm atau sekitar 30 ton lebih.

Selain ukuran 3 kontainer utama di atas, terdapat 2 macam tipe ukuran berdasarkan tinggi kontainer yaitu standar dan high cube. Ukuran utama dan ukuran tinggi dapat digabungkan menjadi dimensi ukuran kontainernya. 

a. Kontainer 20 Feet Standar, memiliki dimensi 6 m x 2.4 m x 2.6 m dengan berat kosong sekitar 2,200 kg.

b. Kontainer 40 Feet Standar, memiliki dimensi 12.2 m x 2.4 m x 2.6 m dengan berat kosong sekitar 3,800 kg.

c. Kontainer 40 Feet High Cube, memiliki dimensi 12.2 m x 2.4 m x 2.9 m dengan berat kosong sekitar 4,200 kg.

d. Kontainer 45 Feet High Cube, memiliki dimensi 13.7 m x 2.4 m x 2.6 m dengan berat kosong sekitar 4,800 kg.

Ukuran kontainer juga sering disebut dengan istilah TEUs (Twenty Foot Equivalent Unit). Kontainer 20 feet dapat diartikan sebagai 1 TEUs, sehingga 2 TEUs adalah kontainer 40 feet

Baca juga : Jasa Import Door to Door Dari China, Ini Tips Lengkap Memilihnya!

Jenis-jenis Kontainer Berdasarkan Fungsinya

Setelah mengetahui jenis kontainer berdasarkan ukuran dan dimensinya, berikut ini jenis-jenis kontainer berdasarkan fungsinya.

1. Dry Container

Jenis kontainer kargo umum (Kontainer Kering). Ini adalah jenis kontainer yang paling sering kita jumpai di jalan raya. Kontainer ini memiliki ukuran 20’, 40’ dan 45’. Dry container merupakan jenis kontainer yang tidak memiliki bagian khusus pada badan kontainer dan biasanya digunakan untuk memuat barang umum yang tidak memerlukan penanganan khusus.

2. Refrigrated Container

Jenis kontainer ini memiliki pendingin yang suhunya dapat diatur hingga suhu rendah. Berfungsi untuk memuat barang yang memerlukan penanganan suhu terjaga agar tetap dingin. Tipe kontainer ini memiliki ukuran 20’ dan 40’.

Refrigrated Container juga disebut kontainer refeer, biasanya digunakan untuk mengangkut produk makanan yang cepat basi atau busuk seperti ikan, daging, coklat buah, sayuran dan produk kimia yang harus dijaga suhunya.

3. Open Top Container

Jenis kontainer dengan bukaan dari atas pada struktur kontainernya. Fungsi jenis ini dikhususkan untuk memuat barang seperti mesin, alat berat, barang berstruktur kaca yang memiliki dimensi besar. Penggunaannya cukup unit karena barang dimasukkan dari atas karena tidak mudah untuk dimasukkan melalui pintu depan kontainer.

4. Open Side Container

Merupakan jenis kontainer yang memiliki pintu bukaan dari samping. Kontainer ini dikhususkan untuk mengangkut barang berdimensi panjang yang tidak dapat dimasukkan melalui pintu depan dan bukaan atas.

5. Flat Track Container

Kontainer dengan struktur rata, tidak memiliki penutup pada samping kanan dan kirinya dan penutup bagian atas. Berfungsi untuk mengangkut barang dengan dimensi panjang dan lebar yang tidak bisa diangkut dengan kontainer biasa.

6. ISO Tank Container

Kontainer dengan tangki. Fungsinya untuk memuat cairan atau bahan kimia cair yang berbahaya maupun tidak berbahaya. Kontainer jenis ini mungkin jarang kita lihat di jalanan, namun biasanya banyak digunakan oleh perusahaan industri besar untuk mengangkut bahan bakar, oil diessel, petroleum dan sebagainya. Muatan tanknya bisa mencapai 21.000 hingga 26.000 liter tergantung kapasitas dan densitas muatannya.

7. Ventilation Container

Kontainer yang memiliki ventilasi atau jalur keluar masuknya udara. Sistem ventilasi terletak di bagian atas dan samping kontainer. Berfungsi untuk mengangkut barang dengan tingkat kelembapan tinggi sehingga membutuhkan ventilasi untuk menjaga kualitas barang. Sistem penggunaan ventilasinya ada 2, yaitu; ventilasi natural dan ventilasi mekanik.

8. Bulk Container

Jenis kontainer yang dirancang untuk muatan yang bersifat curah seperti biji-bijian, pasir, batuan kecil yang belum dikemas. Kontainer ini memudahkan perpindahan barang-barang curah karena kontainer bisa dimiringkan. Muatan curah dimasukkan melalui bagian atas kontainer dan dikeluarkan melalui bagian bawah kontainer.

9. Hanging Container

Jenis kontainer dengan gantungan (hanger). Fungsinya untuk memuat garmen atau pakaian secara digantung secara aman. Garmen digantung pada hanger dalam kontainer persis seperti yang kita lihat di toko ritel. Tujuannya agar pakaian tidak rusak dan tetap rapi saat dipindahkan dari kontainer ke toko secara langsung. Selain itu, juga dapat menghemat waktu dan tenaga saat proses pemindahan.

Impor Lancar Bersama AsiaCommerce

Jika Ascomers ingin membeli barang impor dengan lancar tanpa harus bingung memilih jenis kontainer, kamu bisa menggunakan layanan solusi impor dari AsiaCommerce. Kamu bisa impor dengan aman dan lancar menggunakan soulusi impor dari AsiaCommerce. Kamu cukup memberitahukan barang yang ingin diimpor, lalu kami akan mencarikan produk terbaik untukmu. Selain itu, kamu tidak perlu repot-repot mengurus dokumen bea cukai atau khawatir adanya biaya tambahan. Kami akan urus semua prosesnya, kamu hanya perlu menunggu di rumah karena barangnya akan kami antarkan sampai tujuan dengan aman. Jadi kamu bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnismu.

Baca juga : Memilih Shipping Agency Terbaik dalam Bisnis Impor

Nah itu dia jenis kontainer berdasarkan fungsi dan dimensinya. Dengan menggunakan layanan impor request, kamu hanya perlu menyerahkan nama produk, jenis produk, kriteria produk, dan informasi tambahan lainnya pada form request. Kami akan membantu kamu mulai dari quality check produknya, pengurusan segala berkas, pengiriman sampai alamat tujuan, pokoknya kamu hanya tinggal duduk manis di rumah atau di kantor menunggu barang sampai. Yuk tunggu apalagi, klik di sini atau banner di bawah ini agar kamu bisa segera mendapatkan kemudahan dalam melakukan impor!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments