Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Daftar Komoditas Ekspor Vietnam yang Menjanjikan di Pasar Global

by | Nov 25, 2023 | Ekspor

Vietnam telah menjadi salah satu pemain kunci dalam perdagangan internasional dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Komoditas ekspor Vietnam menawarkan potentsi yang menarik bagi pebisnis global.

Per bulan Juni 2023. top 3 komoditas ekspor Vietnam adalah komputer serta produk elektronik, telepon dan suku cadangnya, dan berbagai mesin. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi daftar komoditas ekspor Vietnam yang menjanjikan di pasar global. Jadi, jika kamu tertarik untuk memahami potensi perdagangan internasional, simak terus informasinya!

| Baca juga: Inilah Komoditas yang Diekspor Indonesia ke Iran

1. Komputer, Produk Elektrik, Suku Cadang, dan Komponen Terkait

Berdasarkan data yang dikutip dari vietnam-briefing.com, komoditas ekspor Vietnam dengan jumlah terbanyak adalah berbagai produk seperti komputer, barang-barang listrik, suku cadang, dan komponen terkait. 

Pada bulan Juni, jumlah ekspornya mencapai 5,066 juta dolar AS, mengalami peningkatan sebesar 13,2% dibandingkan bulan sebelumnya. Dengan demikian, total ekspor tahun ini mencapai 25,587 juta dolar AS. 

Data ini menggambarkan bahwa sektor ini memiliki peran penting dalam ekonomi Vietnam, dengan tingkat pertumbuhan yang positif. Kemampuan untuk terus meningkatkan keterlibatan pengguna, kebahagiaan, dan loyalitas pelanggan di pasar global menjadikan komoditas ini menjanjikan untuk dieksploitasi lebih lanjut.

2. Telepon, Ponsel, dan Bagian-Bagiannya

Komoditas ekspor Vietnam terbanyak selanjutnya adalah telepon, ponsel, dan berbagai bagian yang terkait. Pada bulan Juni, ekspor sektor ini mencapai 4,011 juta dolar AS, menunjukkan peningkatan sebesar 37,2% dibandingkan bulan sebelumnya. 

Total ekspor hingga saat ini mencapai 24,200 juta dolar AS. Pertumbuhan yang signifikan ini mencerminkan pentingnya sektor telekomunikasi dan teknologi dalam ekspor Vietnam. Hal ini menunjukkan bahwa komoditas ekspor Vietnam di sektor ini memiliki potensi yang baik untuk terus berkembang di pasar global.

(Freepik/freepik)

3. Mesin, Peralatan, Alat, dan Instrumen

Berdasarkan data komoditas ekspor Vietnam, sektor mesin, peralatan, alat, dan instrumen menunjukkan dinamika yang menarik. Pada bulan Juni, terdapat penurunan sebesar 1,6% dibandingkan dengan bulan sebelumnya, mencapai total ekspor sebesar 3,212 juta dolar AS. 

Meskipun ada penurunan kecil, sektor ini masih memiliki kontribusi signifikan terhadap ekonomi ekspor Vietnam. Total ekspor sektor ini hingga saat ini mencapai 19,700 juta dolar AS. Untuk meningkatkan daya saing sektor ini, penting untuk terus memperbarui teknologi dan inovasi. 

| Baca juga: Sumber Daya Alam Negara ASEAN Paling Banyak Diekspor 2023

4. Tekstil dan Pakaian

Data ekspor komoditas Vietnam menunjukkan bahwa sektor tekstil dan pakaian Vietnam memiliki kinerja yang mengesankan. Pada bulan Juni, sektor ini mencatat peningkatan sebesar 4,9%, mencapai total ekspor sebesar 3,060 juta dolar AS.

Peningkatan ini mencerminkan kontribusi positif sektor tekstil dan pakaian terhadap ekonomi ekspor negara. Total ekspor sektor ini hingga saat ini mencapai 15,730 juta dolar AS. Peningkatan ini mencerminkan kontribusi positif sektor tekstil dan pakaian terhadap ekonomi ekspor negara.

5. Footwear

Sebagai salah satu komoditas utama, industri sepatu Vietnam menunjukkan performa yang menjanjikan dalam ekspor. Pada bulan Juni, sektor ini mencatat total ekspor sebesar 1,765 juta dolar AS, menunjukkan penurunan sebesar 5,4% dari bulan sebelumnya. 

Meskipun mengalami penurunan, total ekspor sepatu Vietnam selama tahun ini mencapai 9,822 juta dolar AS. Kekuatan industri sepatu ini tetap menjadi salah satu pilar ekspor Vietnam, meskipun menghadapi beberapa fluktuasi.

Daftar Komoditas Ekspor Vietnam yang Menjanjikan di Pasar Global
(Freepik/freepik)

6. Alat Transportasi Lainnya, Serta Suku Cadang dan Aksesorisnya

Berdasarkan data komoditas ekspor Vietnam, sektor alat transportasi lainnya, serta suku cadang dan aksesorisnya menunjukkan perkembangan positif. Pada bulan Juni, sektor ini mencapai total ekspor sebesar 1,173 juta dolar AS, dengan peningkatan sebesar 0,7%. 

Meskipun pertumbuhan ini mungkin tergolong moderat, sektor ini tetap memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi ekspor Vietnam. Total ekspor hingga saat ini mencapai 6,675 juta dolar AS. Dengan tren pertumbuhan yang stabil, sektor ini menjadi salah satu sektor yang menjanjikan dan dapat memberikan peluang bisnis yang baik bagi pelaku industri di Vietnam.

| Baca juga: Bikin Bisnismu Cuan Ratusan Juta dengan Komoditas Impor Singapura Ini

7. Kayu dan Produk Kayu

Industri kayu dan produk kayu memperlihatkan performa stabil sebagai komoditas ekspor Vietnam. Pada bulan Juni, total ekspor mencapai 1,090 juta dolar AS, mengalami peningkatan sebesar 3,7% dibandingkan bulan sebelumnya. Dengan total ekspor selama tahun ini mencapai 6,057 juta dolar AS, sektor ini menunjukkan kekuatannya dalam memberikan kontribusi positif terhadap ekspor Vietnam. 

Meskipun industri ini mengalami fluktuasi kecil, kontribusinya tetap signifikan. Peluang bisnis dalam perdagangan kayu dan produk kayu dari Vietnam menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan, terutama dengan perkembangan positif yang terus mereka tunjukkan.

8. Besi dan Baja 

Sektor besi dan baja merupakan komoditas ekspor Vietnam selanjutnya. Pada bulan Juni, total ekspor sektor ini mencapai 814 juta dolar AS, tetapi mengalami penurunan sebesar 12,6%. Meskipun terjadi penurunan, sektor ini tetap menjadi salah satu kontributor signifikan dalam ekspor Vietnam. Total ekspor besi dan baja hingga saat ini mencapai 4,258 juta dolar AS.

Daftar Komoditas Ekspor Vietnam yang Menjanjikan di Pasar Global
(Freepik/pvproductions)

9. Produk Perikanan

Data komoditas ekspor komoditas Vietnam menunjukkan bahwa sektor produk perikanan memiliki peran penting dalam kontribusi ekspor negara ini. Pada bulan Juni, ekspor produk perikanan mencapai total 768 juta dolar AS, mengalami penurunan sebesar 5,1%. Meskipun demikian, produk perikanan tetap menjadi salah satu sektor unggulan Vietnam dalam arena perdagangan internasional.

Dalam enam bulan terakhir, total ekspor produk perikanan Vietnam mencapai 4,146 juta dolar AS, menegaskan peran pentingnya dalam pertumbuhan ekspor negara ini. Produk perikanan Vietnam berhasil menciptakan keberlanjutan dan daya saing yang tak terbantahkan di pasar global

| Baca juga: 8 Komoditas Ekspor Indonesia ke Amerika Serikat

10. Buah-buahan dan Sayuran

Ekspor buah-buahan dan sayuran dari Vietnam menunjukkan pertumbuhan yang positif sebagai komoditas ekspor Vietnam. Pada bulan Juni, mencapai total 662 juta dolar AS. Meskipun terjadi fluktuasi dalam beberapa bulan sebelumnya, kontribusi sektor ini terhadap ekspor keseluruhan masih cukup menonjol. Total ekspor buah-buahan dan sayuran sepanjang tahun ini mencapai 2,681 juta dolar AS, menunjukkan keberlanjutan dan potensi pertumbuhan sektor ini.

Bisnis buah-buahan dan sayuran segar dari Vietnam telah menarik perhatian pasar global. Dengan berbagai produk yang ditawarkan, Vietnam mampu memenuhi permintaan konsumen yang semakin meningkat terhadap produk segar dan berkualitas tinggi.

11. Produk Plastik

Komoditas ekspor Vietnam selanjutnya adalah produk plastik yang tercatat sebesar 413 juta dolar AS pada bulan Juni. Meskipun mengalami penurunan 5.4% dari bulan sebelumnya, sektor ini tetap memiliki kontribusi yang signifikan terhadap ekspor keseluruhan negara. Total ekspor produk plastik sepanjang tahun ini mencapai 2,385 juta dolar AS, mencerminkan kestabilan dan daya saing sektor ini di pasar global.

Industri produk plastik Vietnam terus menunjukkan inovasi dan keberlanjutan dalam memenuhi kebutuhan pasar global. Dengan beragam produk berkualitas tinggi, Vietnam berhasil mendapatkan kepercayaan pelanggan di seluruh dunia.

Daftar Komoditas Ekspor Vietnam yang Menjanjikan di Pasar Global
(Freepik/freepik)

12. Kopi

Komoditas ekspor Vietnam selanjutnya adalah kopi. Pada bulan Juni, ekspor kopi dari Vietnam mencapai 377 juta dolar AS, menunjukkan ketahanan dan kekuatan sektor kopi dalam ekonomi negara. Meskipun mengalami penurunan sebesar 1.9% dibandingkan bulan sebelumnya, kontribusi sektor ini tetap signifikan. Total ekspor kopi Vietnam sepanjang tahun ini mencapai 2,390 juta dolar AS, mencerminkan dominasi pasar global oleh produk kopi berkualitas dari Vietnam.

Kopi Vietnam dikenal tidak hanya karena rasa dan aroma yang khas, tetapi juga karena praktik pertanian yang berkelanjutan. Para petani kopi di Vietnam terus berinovasi untuk memastikan kualitas dan keberlanjutan dalam rantai pasok kopi.

| Baca juga: 10 Rekomendasi Kopi Vietnam: Kopi Terbaik untuk Bisnis Terlaris

13. Benang

Komoditas ekspor Vietnam terakhir adalah benang. Industri benang di Vietnam terus menunjukkan performa yang mengesankan dengan ekspor benang mencapai 376 juta dolar AS pada bulan Juni. Meskipun mengalami penurunan sebesar 3.9% dibandingkan bulan sebelumnya, industri ini tetap menjadi kontributor utama dalam perekonomian negara. Total ekspor benang Vietnam sepanjang tahun ini mencapai 2,064 juta dolar AS, mencerminkan dominasi pasar global oleh produk tekstil berkualitas tinggi dari Vietnam.

Dengan AsiaCommerce, Menembus Pasar Global Bukan Hanya Sekadar Mimpi!

Siapkan bisnismu untuk menembus pasar global tanpa khawatir! AsiaCommerce hadir untuk membantu bisnismu menembus pasar internasional dengan lancar dan efisien. Kami menyadari bahwa ekspansi bisnis ke pasar global melibatkan berbagai aspek yang kompleks, dan itulah mengapa AsiaCommerce hadir untuk menjadi mitra terpercaya dalam menjalani perjalanan bisnis internasionalmu.

AsiaCommerce menyediakan berbagai solusi dan layanan yang dapat memudahkan proses ekspor bisnismu. Dimulai dari pengurusan bea cukai, pengelolaan logistik, hingga penanganan berbagai dokumen yang diperlukan.

Kami tidak hanya menyediakan layanan teknis, tetapi juga membantu kamu dalam mencari calon pembeli potensial yang dapat mendukung pertumbuhan bisnismu di pasar internasional.
Bersama kami, ekspansi bisnismu akan menjadi perjalanan yang lancar dan menguntungkan.

Hubungi kami melalui tautan berikut atau banner di bawah ini sekarang juga dan taklukkan tantangan di pasar global!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments