Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Ini Langkah Mudah Bisnis Impor China ala AsiaCommerce

by | Apr 30, 2022 | Impor

Diperbarui oleh Aviccena Izzul Wirawan pada 24 Juni 2023

Mengimpor barang dari China telah terbukti menjadi taktik yang sukses untuk global sourcing di segala bisnis. Produk yang dibuat China seperti sepatu, baju, elektronik, furnitur, dan perabotan rumah sangat populer di seluruh dunia. Cara ini adalah hal yang menjanjikan untuk memulai bisnis impor Anda. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan mengenai langkah mudah bisnis impor china.

Bagaimanapun, mengimpor barang dari China bukanlah hal yang mudah, terutama untuk orang yang baru akan terlibat dalam bisnis ini. Proses Impor itu sendiri bisa menjadi sangat kompleks, membingungkan, dan mahal. Sehingga, keuntungan yang diharapkan sering kali akan terhapus akibat lamanya waktu yang dibutuhkan untuk transit, biaya pengiriman yang naik atau berfluktuasi, biaya peraturan, dan delay yang tidak diharapkan.

Berikut adalah langkah mudah bisnis impor China ala AsiaCommerce, jasa yang menangani expor dan impor China ke seluruh dunia.

1. Identifikasi Barang yang Anda Inginkan

Langkah mudah bisnis impor china yang pertama adalah menentukan barang yang Anda inginkan. Idealnya, perusahaan perdagangan membuat uang dengan menjual produk. Memilih produk yang salah berarti Anda akan kehilangan modal waktu dan budget. Jika Anda ingin menjadi importir yang sukses, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih produk yang cocok untuk dijual kembali.

langkah mudah bisnis impor china

Anda lebih baik mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai barang yang ingin Anda impor. Dapatkan penjelasan deskriptif, informasi komposisi barang, dan jika memungkinkan, Anda harus mendapatkan sampel produk. Informasi tentang barang ini adalah hal yang sangat penting dalam impor. Ketika tiba waktunya, Anda akan mudah untuk menentukan klasifikasi harga dari produk impor Anda. Nomor klasifikasi harga (HS Code) akan digunakan untuk menentukan tingkat tugas yang akan diaplikasikan pada barang Anda.

Kami menyarankan:

  • Mulailah melakukan impor dengan produk yang Anda suka: Hal itu akan membuat Anda sangat bersemangat dengan kerja Anda.
  • Mulailah dengan produk yang unik: karena Anda bisa menjualnya dengan harga tinggi.
  • Mulailah dengan produk yang bisa Anda shipping dengan kuantitas besar: hal ini akan membuat tarif shipping menjadi lebih murah untuk setiap unitnya.

Baca juga: Cari Barang China dengan Mudah? Simak Cara Pasti Berikut!

2. Pastikan Barang Impor Tersebut Disetujui di Negara Anda.

Langkah mudah bisnis impor china yang kedua adalah memastikan barang impor tersebut merupakan barang yang diizinkan. Tidak semua barang dapat diimpor secara serta merta oleh Anda. Beberapa barang bahkan dilarang untuk diimpor, sebab suatu negara tentu memiliki perbedaan regulasi untuk mengimpor barang. Pastikan bahwa produk yang Anda import tunduk pada izin, larangan, atau peraturan apapun oleh pemerintahan negara Anda. 

Tanggung jawab importir (Anda) adalah untuk memastikan bahwa barang sesuai dengan peraturan umum dan peraturan tertentu. Jika Anda tipe orang yang tidak mau direpotkan dengan pihak bea cukai. Anda bisa meminta bantuan pada penyedia jasa impor dari China yang ada di negara Anda.

Selain itu, sebagai importir atau penyewa jasa importir, perlu memerhatikan keamanan barang yang diimpor, seperti barang yang gagal memenuhi standar kesehatan atau barang yang melanggar batasan dapat berakhir membuat Anda menghabiskan uang yang lumayan hanya untuk denda. Pada akhirnya barang seperti itu akan ditahan dan mungkin akan dihancurkan oleh pihak bea cukai.

3. Klasifikasi Barang Anda dan Kalkulasi Land Cost

Langkah mudah bisnis impor China yang ketiga adalah mentukan nomor klasifikasi tarif 10 digit untuk setiap item yang Anda import. Angka-angka ini bersama dengan sertifikat origin atau Surat Keterangan Asal (SKA) akan digunakan untuk menentukan tingkat kewajiban yang harus Anda bayarkan ketika mengimpor barang. Lalu lakukan kalkulasi biaya landed cost.

Landed Cost adalah total biaya pengiriman darat termasuk harga beli, ongkos kirim, asuransi dan biaya lainnya sampai ke pelabuhan tujuan. Dalam beberapa kasus juga termasuk biaya bea cukai dan pajak lainnya yang dikenakan pada pengiriman.

Perhatikan incoterms (kumpulan istilah yang dibuat untuk menyamakan pengertian antara pedagang dan pembeli dalam perdagangan internasional) dan kalkulasi total landed cost sebelum Anda mulai memesan.

Kami menyarankan:

  • Dapatkan harga produk dari supplier
  • Dapatkan harga ongkir dari perusahaan China freight forwarding
  • Dapatkan bea cukai, bea & pajak hingga transportasi darat ke gudang Anda.

Begitu barang lancar hingga telah berada di kapal maka semua resiko ada di tangan pembeli.

4. Temukan Supplier Anda di China dan Mulailah Memesan Produk Import China Anda

langkah mudah bisnis impor china

Langkah mudah bisnis impor China selanjutnya yaitu menemukan supplier. Hal ini merupakan hal yang penting dari proses import China. Pesanlah pesanan Anda di vendor, shipper atau eksportir dan kenali persyaratan pengiriman yang akan digunakan. Saat Anda sudah memilih supplier, mintalah P/I (Proforma Invoice) untuk pembelian prospektif Anda termasuk system number yang harmonis, deskripsi dan manfaat per item. P/I Anda harus menunjukkan berat dan dimensi barang yang dikemas serta jangka waktu pembelian Anda.

Apa itu proforma invoiceProforma invoice adalah dokumen yang tidak mengikat yang bisa membantu penganggaran pembelian masa depan Anda. Ini hanya Invoice pengganti sementara yang dikirimkan oleh penjual ke pembeli sebelum mengirimkan barang atau memberikan jasa. Mudahnya, proforma invoice hanyalah sebuah dokumen yang menyatakan komitmen penjual untuk menyediakan barang atau layanan yang telah ditentukan kepada pembeli dengan harga tertentu.

Dalam penyedia jasa impor yang sudah terpercaya seperti AsiaCommerce, Anda bisa langsung browsing katalog untuk melihat berbagai macam produk terbaik dalam koleksi kami yang sudah terjamin kualitasnya. Sebab seluruh produk kami telah dikurasi langsung oleh kurator profesional kami. Jadi Anda tidak perlu repot untuk mencari produk terbaik dari supplier di China serta memilih produk terbaik untuk Anda import. Karena produk di AsiaCommerce terjamin terbaik kualitasnya juga pastinya sesuai dengan tren masa kini.

Baca juga: Potensi Import Barang Unik China Ini Patut Untuk Anda Coba

5. Aturlah Transportasi Kargo Import China Anda

langkah mudah bisnis impor china

Langkah mudah bisnis impor china selanjutnya adalah dengan mengatur kargo yang diperlukan. Ada banyak biaya yang terkait dengan pengiriman (shipping) barang. Termasuk di dalamnya biaya kontainer, packaging, penanganan terminal, dan biaya broker. Broker adalah perorangan yang mengatur transaksi antara pembeli dan penjual untuk mendapatkan komisi ketika transaksi dilaksanakan. 

Seorang broker yang juga bertindak sebagai penjual atau pembeli menjadi pihak utama dalam kesepakatan. Broker merupakan pihak independen yang layanannya digunakan secara ekstensif di beberapa industri. Tugas utamanya adalah membawa penjual dan pembeli  bersama-sama. Dengan demikian seorang broker merupakan fasilitator atau orang ketiga antara pembeli dan penjual. Sebagai contoh broker real estate yang memfasilitasi penjualan properti.

Detail yang harus dicek dalam impor China:

  1. Pengiriman jalur laut
  2. Pengiriman udara
  3. Pelayanan kurir.

Kami menyarankan:

  • Selalu pertimbangkan bahwa delay akan terjadi selama proses import China

Sebagai contoh, barang yang bagus mungkin tidak diproduksi secara tepat waktu, kapal mungkin tidak berlayar sesuai jadwal, hingga barang mungkin sedang ditahan oleh bea cukai. Persiapkanlah rencana cadangan. 

Jangan harapkan kargo Anda akan meninggalkan pelabuhan segera setelah semuanya terpenuhi di perusahaan. Karena itu pasti akan membutuhkan waktu paling tidak 1-2 hari untuk transportasi kargo Anda dari perusahaan ke pelabuhan. Dan proses dari keputusan bea cukai membuat kargo Anda harus tinggal di pelabuhan paling tidak 1-2 hari.

Lagi pula, dalam beberapa kasus hanya terdapat satu frekuensi rute di tiap minggunya. Jika ketinggalan pada hari yang ditentukan dalam minggu ini Anda harus menunggu hingga hari yang ditentukan minggu depan.

  • Pilihlah partner impor terbaik

Partner impor atau perusahan yang melayani bantuan impor barang mulai dari pengiriman sampai pengurusan. Partner impor bisa berupa individu maupun perusahaan. Tujuannya jelas agar mendapatkan barang dari produsen. Umumnya partner impor yang memberikan layanan all in akan membantu segala proses impor, mulai dari proses pencarian supplier barang, proses pembelian serta transaksi barang di supplier, proses QC, mengatur shipment barang dari negara asal sampai negara tujuan impor. Selain itu partner impor akan mengurus semua keperluan dokumen mulai dari izin serta proses pengeluaran barang. Juga yang paling penting adalah mereka akan mendistribusikan ke alamat tujuan atau customer.

Keuntungan yang didapatkan adalah Anda dapat mengatur waktu seefisien mungkin untuk tetap fokus pada penjualan dan bisnis, sekaligus memanfaatkan partner impor serta membangun relasi untuk kerja sama yang akan terjadi di kemudian hari.

6. Lacak Kargo Anda dan Persiapkan Kedatangannya

Langkah mudah bisnis impor china selanjutnya yaitu melacak kargo Anda. Shipping barang secara internasional membutuhkan banyak waktu. Sebagai contoh, barang yang dikirimkan dari China, rata-rata membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 20 hari untuk mencapai Indonesia. Lamanya pengiriman barang dari China ke Indonesia tergantung pada metode pengiriman yang Anda ambil, normalnya dengan airmail shipping akan memakan waktu kurang lebih 7-12 hari kerja, sementara untuk express shipping akan memakan waktu hingga kurang lebih 3-7 hari kerja.

Selama waktu itu, cek commercial invoice Anda, buat daftar paket, biaya Landed Cost, dan semua hal lain yang berhubungan dengan freight document.

Commercial invoice merupakan dokumen yang diwajibkan oleh bea cukai untuk menentukan nilai sebenarnya dari barang impor untuk penilaian tugas dan pajak. Sebuah commercial invoice selain harus terdapat identitas pembeli dan penjual, juga harus terdapat:

  1. Tanggal dan syarat penjualan,
  2. Kuantitas, berat dan volume dari barang yang dikirim,
  3. Tipe kemasan (packaging)
  4. Deskripsi lengkap barang
  5. Nilai satuan dan nilai total, dan
  6. Asuransi, ongkos kirim dan biaya lainnya.

Jika terjadi masalah yang perlu dipecahkan, Anda harus tahu langkah apa yang harus Anda ambil untuk barang Anda ketika diperiksa oleh bea cukai di negara Anda.

7. Dapatkan Kiriman Anda dan Mulailah Keuntungan Bisnis Import China

Langkah mudah bisnis impor China yang terakhir adalah menerima barang pesanan Anda. Ketika barang sudah sampai, buatlah arrangement pada broker bea cukai Anda untuk membersihkan barang Anda dari bea cukai (dan dari karantina jika ada). Jika semuanya berjalan lancar, itu menjadi hak Anda untuk mengambil barang Anda.

Apakah Anda Kesulitan mencari supplier? Apakah Anda kesulitan saat pengurusan bea cukai? dan pada saat pengurusan dokumen khusus untuk barang impor Anda? Tenang saja, AsiaCommerce menyediakan semua solusi mudah untuk membantu kesulitan Anda. Di AsiaCommerce, kami memiliki beberapa pelayanan yang bisa membantu masalah impor Anda. Dari mulai pengurusan bea cukai, pengurusan logistik, hingga pengurusan dokumen-dokumen tambahan lainnya. Klik di sini atau banner di bawah ini untuk menemukan jawaban Anda.

Subscribe
Notify of
guest

13 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Novi
Novi
5 years ago

Pengen gabung… Hanya saja biaya ny..

tedy
tedy
4 years ago
Reply to  Novi

biaya gabung brpa?

Mustakim
Mustakim
5 years ago

Kenapa ya klo gabung harus bayar

kalamuddin
kalamuddin
5 years ago

apa saya booleh ber gabung di grup ini, saya ingin belajar banyak haal itu grup ini saya berharang bisa ber gabung d grup ini terima kasih

0822 3653 9628

Heru
Heru
5 years ago

Saya ingin belanja di alibaba bagaimana caranya? Berapa biaya yg harus di keluarkan selain dari harga produk?

teny setiawaty
teny setiawaty
5 years ago

Min mau tau lebih banyak ttg asiacommerce, bisa minta katalognya juga ga?

Dedi
Dedi
5 years ago

Bagaimana cara gabung di asiacommeece?

putra
putra
5 years ago

Dengan hormat,
Kami dari PT. Kencan Multi Indonesia, sebagai Perusahaan Jasa Kepabeanan yang menangani Customs Clearance Import via Bandara Maupun pelabuhan seluruh nusantara. Dan menyewakan Undername bagi Consigne yang belum lengkap untuk persyaratan dan izin importnya.

Keterangan tambahan :
1. Surat Registrasi Pabean ( NIK )
2. Angka Pengenal Importir ( API )
3. N P I K ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
4. IT ( Besi Baja, Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki –
lainnya )
5. NPWP, SIUP, TDP & Akte Notaris
6. Kadin & Others Sub Bidang
7. Pengurusan Izin SIUP JPT
8. Pengurusan Izin Sucopindo ( LS )
9. Pengurusan Izin Label SNI ( Berbahasa Indonesia )
10. Pengurusan Izin BPOM
11. Pengurusan SNI
12. Pengurusan Izin & Limbah Pabrik B3, B1, B2 & Izin Oprasionalnya
13. Pengurusan Surat Izin Lainnya

Product dan Service kami antara lain :
1. Sea and Air Cargo Service
2. Export & Import Customs Clearence Service
3. International Courier Service
4. Domestic Service
5. Export Service
6. Consigne / Undername
7. Borongan ( All-In )
8. Door to Door Services

Demikianlah Penawaran Jasa ini kami ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya yang baik kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami

PUTRA
PT. Kencana Multi Indonesia
IEC Building Suite 112
Jln. Jatinegara Barat No. 166H 13330 – Indonesia
Mobile : 0852 7220 7021
Phone : 021 857 1208
Email : putra.kmilogistics@gmail.com
http://www.kmiindonesia.com

Hendri
Hendri
5 years ago

Saya ingin belanja bagai mana caranya

Dita
Dita
5 years ago

Pngen gabung sih ,, tp knpa harus bayar ya ..

Muhamad nurhadi
Muhamad nurhadi
5 years ago

Saya mau gabung sbg member tapi mau liat dulu barang2nya seperti apa

Belanja online
4 years ago

Kalau misalnya saya beli produk dari luar China, apakah untuk dijual di Indonesia harus punya izin dulu?

ibnusaidi
4 years ago

PT.ELANG LAUT LOGISTICS
Alamat : Ruko Rajawali Center Block B 27
Jln Raya Ps.Minggu Jakarta Selatan
Pasar Minggu Jakarta Selatan

Jam Kantor beroperasi :
Senin s/ d Jum’ at 08: 30 s/ d 17: 00
Sabtu 08: 30 s/ d 13: 30

Buat anda baik pribadi maupun perusahaan yang belum begitu paham soal import namun ingin menghindari pengeluaran tak terduga akibat beban pajak impor dan berbagai resiko lainnya, Kami memberikan solusi Import Door To Door. Dimana semua biaya dapat diketahui dengan jelas sebelum melakukan import, tidak ada hidden cost.

Untuk info lebih jelas hubungi ane:

Ibnu Saidi
Mobile: 0812 8285 5583 | WhatsApp: 0878 8712 2184
E-mail: cs.ibnusaidi@gmail.com

trackback

[…] Baca juga: Langkah Mudah Bisnis Impor China Ala AsiaCommerce […]