Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Pahami Pelanggan Bisnismu dengan Marketing Funnel

by | Sep 14, 2023 | Tips & Strategi Bisnis

Marketing Funnel biasanya sering digunakan dalam sebuah bisnis. Fungsi dari marketing funnel yaitu membantu bisnis mengidentifikasi masalah dalam proses pembelian dan mencari cara untuk mengatasi hambatan tersebut, serta menentukan efektivitas iklan dan strategi pemasaran lainnya. Untuk penjelasan lebih lengkap, Ascomers bisa menyimak blog berikut ini.

Apa Itu Marketing Funnel?

Marketing Funnel adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat minat pelanggan dan tahapan pembelian produk atau layanan bisnis. Dalam marketing funnel biasanya terdiri dari beberapa tahap, mulai dari menarik perhatian calon pelanggan, menyaring mereka, membuat penawaran, dan akhirnya mengonversi mereka menjadi pelanggan yang aktif.

Pada setiap tahap dalam marketing funnel, perusahaan atau bisnis harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat untuk membantu pelanggan melewati setiap tahap dan mengubah mereka menjadi pelanggan yang setia.

Tahapan-Tahapan Marketing Funnel

Tahap-tahap marketing funnel biasanya terdiri dari sebagai berikut :

1. Kesadaran (Awareness)

Tahap ini adalah tahap awal di mana pelanggan mulai mengetahui produk atau layanan bisnis melalui iklan atau promosi yang dijalankan oleh bisnis.

2. Minat (Interest)

Di tahap ini pelanggan mulai tertarik dengan produk atau layanan bisnis dan mulai mencari informasi lebih lanjut mengenai produk atau layanan tersebut.

3. Pertimbangan (Consideration)

Pada tahap ini pelanggan mulai membandingkan produk atau layanan bisnis dengan produk atau layanan lain yang tersedia di pasaran.

4. Keputusan (Decision)

Di tahap ini pelanggan mulai memutuskan untuk membeli produk atau layanan dari sebuah bisnis.

5. Tindakan (Action)

Tahap ini adalah tahap terakhir di mana pelanggan melakukan pembelian produk atau layanan bisnis.

Baca juga : Flywheel Marketing: Arti, Manfaat, Perbedaan dengan Funnel Marketing

Strategi Marketing Funnel

marketing funnel

Adapun beberapa strategi marketing funnel untuk setiap tahapan yaitu :

1. Awareness

Strategi marketing funnel pertama adalah kesadaran (awareness). Contohnya, bisnis mengadakan kampanye iklan di media sosial untuk meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian calon pelanggan.

2. Interest

Strategi selanjutnya yaitu minat atau interest. Salah satu contoh yang sering dilakukan bisnis membuat yaitu content marketing yang bermanfaat dan menarik bagi pelanggan, seperti artikel dan video tutorial tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Consideration

Strategi berikutnya adalah meningkatkan pertimbangan pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa dari sebuah bisnis. Bisnis mengoptimalkan website dan platform digital lainnya agar mudah diakses dan dipahami oleh pelanggan. Selain itu, Ascomers bisa menggunakan fitur chatbot untuk membantu memberikan informasi yang cepat pada pelanggan.

4. Decision

Strategi lainnya yang perlu Anda lakukan yaitu dengan memberikan solusi. Bisnis perlu menawarkan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, serta menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan melalui layanan pelanggan yang baik dan aktif di media sosial.

5. Action

Langkah selanjutnya, bisnis perlu mengoptimalkan proses pembelian dengan menyediakan opsi pembayaran yang mudah dan aman, serta memberikan layanan purnajual yang baik untuk membuat pelanggan melakukan pembelian dan menjadi pelanggan setia bisnis.

6. Program Loyalitas

Setelah berhasil membuat pelanggan melakukan konversi dan membeli produk, pelanggan tersebut perlu di-maintain untuk menjadi program loyalitas pelanggan dan repeat order. Supaya bisnis Ascomers berjalan lancar, kamu harus mampu mempertahankan pelanggan lama.

Misalnya, mintalah mereka membuat user-generated content atau konten review produk. Setelah mereka membagikan konten review produk di media sosial mereka misalnya, Ascomers bisa memberikan voucher atau kode diskon untuk pembelian selanjutnya.

Manfaat Marketing Funnel

Manfaat dari marketing funnel ini membuat Ascomers mampu memahami bagaimana calon pelanggan mengetahui brand-mu dan hingga tahapan yang akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan pembelian. Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari menggunakan marketing funnel, di antaranya :

1. Mengukur tingkat minat pelanggan terhadap produk atau layanan bisnis.

2. Mengetahui di mana pelanggan berada dalam proses pengambilan keputusan pembelian.

3. Menyesuaikan strategi pemasaran sesuai dengan tingkat minat pelanggan.

4. Mengidentifikasi hambatan dalam proses pembelian pelanggan dan mencari cara untuk mengatasi hambatan tersebut.

5. Menentukan efektivitas iklan dan strategi pemasaran lainnya.

6. Membantu bisnis meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan nilai pelanggan.

7. Menjadi alat yang bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya dengan membuat proses pelayanan pelanggan lebih efektif dan terorganisasi.

Baca juga : Personalized Marketing, Strategi untuk Meningkatkan Penjualan

Optimalkan Pendapatan Bisnis Impormu Bersama AsiaCommerce

Jika Ascomers ingin meningkatkan pendapatan bisnismu secara optimal, AsiaCommerce siap membantu kamu menjangkau pelanggan-pelanggan potensial di seluruh Indonesia. Kami akan meningkatkan efektivitas strategi digital marketing bisnismu, memasarkan produk-produkmu ke ribuan reseller dan dropshipper yang akan membantu menjualkan produkmu, serta membantu memasarkan produkmu melalui berbagai marketplace terkemuka.

Tidak hanya itu, kami juga menyediakan layanan picking dan packing barang serta dukungan operasional toko dengan menyediakan tim operasional yang handal dan sudah profesional dalam mengelola produkmu dengan efisien. Tunggu apa lagi? Klik di sini atau banner di bawah ini untuk segera memperluas jangkauan bisnis dan meraih keuntungan lebih besar bersama AsiaCommerce!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments